Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehLeony Tedjo Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
Disusun Oleh: Wiji Abdul Rohman Anita Hendrastuti Ika Dyah Damayanti Dewi P Muhammad Ikhsan Dosen Pengampu: Prof.Dr. H. Mulyoto, M.Pd
2
BAB IV MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR
3
MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR
A. Pengertian G. Pemilihan untuk Multimedia B. Jenis Media Pembelajaran H. Penggunaan Media dalam Pembelajaran C. Pengembangan Media Sederhana I. Belajar Jarak Jauh D. Dasar Design Visual J. Online Learning E. Elemen Design Visual F. Pemilihan Media K. Sumber Belajar
4
A. PENGERTIAN Secara umum media pembelajaran adalah sesuatu yang mengantarkan pesan pembelajaran antara pemberi pesan kepada penerima pesan (media pembelajaran sebagai penghubung). Konsep pembelajaran terdiri perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).
5
Klasifikasi sumber belajar:
A. PENGERTIAN Alat peraga Alat pembelajaran Perbedaan alat peraga dengan alat pembelajaran terletak pada fungsinya. Sumber belajar Klasifikasi sumber belajar: Sumber belajar yang dirancang (recources by design) b. Sumber belajar yang dimanfaatkan (recources by utilization).
6
B. JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
Media Visual Media visual dibedakan menjadi 2: Media visual yang tidak diproyeksikan Contoh: gambar mati (still picture), ilustrasi, karikatur, poster, bagan, diagram, grafik, peta datar, model (realia), papan. Media visual yang diproyeksikan Contoh: OHP, film bingkai (Slide), film rangkai (filmstrip), projector (opaque projector).
7
B. JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
Media Audio Media audio dibedakan menjadi 2: Media audio tradisional Contoh: audio kaset, audio siaran, telepon. Media audio digital Contoh: media optik, audio internet, radio internet. Bentuk program audio: Contoh: program wicara, wawancara, diskusi, buletin, warta berita, program dokumenter, program feature dan majalah udara, drama audio.
8
B. JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
Membangun ketrampilan mendengarkan, dengan cara: Konsentrasi Perhatian Kontak pandang Menggunakan bahasa tubuh Memahami simbol komunikasi Mengulangi pesan Mempertanyakan (klarifikasi)
9
B. JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
Media Audiovisual Jenis media audiovisual: Slide suara Televisi (program televisi, dan fungsi televisi). Multimedia Jenis multimedia Penggunaan multimedia
10
C. PENGEMBANGAN MEDIA SEDERHANA
Prinsip Umum (kesederhaan, kesatuan, penekanan, keseimbangan, warna). Pembuatan transparansi (Overhead Transparansi/ OHT).
11
Unsur design visual (unsur visual, unsur teks, unsur afektif).
D. DASAR DESIGN VISUAL Unsur design visual (unsur visual, unsur teks, unsur afektif). Panduan yang dapat membantu dalam menciptakan tampilan visual yang jelas dan efektif: Relefansi Koherensi dan konsistensi Proporsi dan kontras Kesatuan dan arah Gambar yang besar
12
D. DASAR DESIGN VISUAL Smaldino (2005) mengelompokkan keputusan mendesain menjadi beberapa kelompok: Elemen-elemen Pola Susunan
13
Elemen design visual dibedakan menjadi 3 kelompok: Elemen visual:
E. ELEMEN DESIGN VISUAL Tujuan media visual: keterbacaan, membantu pengamat secara cepat melihat pesan, dan memfokuskan perhatian pada hal yang pokok. Elemen design visual dibedakan menjadi 3 kelompok: Elemen visual: Realis, analogis, organisasional
14
c. Elemen yang menambah daya tarik: kejutan, tekstur, interaksi.
D. DASAR DESIGN VISUAL Elemen verbal: gaya huruf, huruf besar, warna huruf, ukuran huruf, jarak antar huruf, jarak diantara garis. c. Elemen yang menambah daya tarik: kejutan, tekstur, interaksi.
15
Model tertutup dan model terbuka dalam pemilihan media
F. PEMILIHAN MEDIA Prinsip umum (variabel bebas, variabel pelajar, lingkungan belajar, lingkungan pengembangan, ekonomi dan budaya). Faktor praktis Model tertutup dan model terbuka dalam pemilihan media
16
G. PEMILIHAN UNTUK MULTIMEDIA
Aspek yang perlu dipertimbangkan untuk pemilihan multimedia: Kesesuaian dengan kurikulum Interaksi peserta didik Mendukung materi pembelajaran Mudah dimanfaatkan Kualitas teknis
17
H. PENGGUNAAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN
Prinsip umum penggunaan media Langkah penggunaan Model ASSURE dalam penggunaan media A =Analyze learner characteristict (menganalisis karakteristik pembelajar) S =State objectives (menyatakan tujuan) S =Select methods, media, and materials (memilih metode, media, dan materi) U =Utilize media and materials (memanfaatkan media dan materi) R =Require learner participation (meminta partisipasi pembelajar) E =Evaluate (menilai)
18
Pengertian belajar jarak jauh Belajar jarak jauh dan telekomunikasi
I. BELAJAR JARAK JAUH Pengertian belajar jarak jauh Belajar jarak jauh dan telekomunikasi Peranan BJJ Fungsi komunikasi pembelajaran Jenis sistem telekomunikasi (siaran radio) Teknologi pendukung belajar jarak jauh (Synchoronous, Asychoronous)
19
Belajar jarak jauh Synchoronous
I. BELAJAR JARAK JAUH Belajar jarak jauh Synchoronous contoh: teknologi telepon, speakerphone, conference call, video conferencing, internet chat. Belajar jarak jauh Asychoronous contoh: teknologi pendukung bjj asychoronous, teknologi telepon, faximile, , konferensi elektronik, kelas website.
20
Lingkungan belajar tradisional versus belajar online
J. ONLINE LEARNING Pengertian Lingkungan belajar tradisional versus belajar online a. Lingkungan belajar jarak jauh tradisional: belajar korespondensi, belajar mandiri, belajar bagaimana belajar. b. Lingkungan belajar online: Open (flexible) learning, distributed learning, pemanfaatan program belajar melalui online learning, Local Area Network, Wide Area Network. Keterbatasan belajar melalui internet.
21
Sumber belajar yang “didesign” dan “dimanfaatkan”
K. SUMBER BELAJAR Pengertian pesan (message), orang (people), bahan (materials), peralatan (device), teknik (teknique), lingkungan (setting). Sumber belajar yang “didesign” dan “dimanfaatkan” Penggunaan sumber belajar Pendidikan jarak jauh berbasis web
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.