Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Interaksi Manusia & Komputer Minggu 4, 5 April 2010

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Interaksi Manusia & Komputer Minggu 4, 5 April 2010"— Transcript presentasi:

1 Interaksi Manusia & Komputer Minggu 4, 5 April 2010
ASPEK KOMPUTER Interaksi Manusia & Komputer Minggu 4, 5 April 2010

2 Komputer Komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan berbagai tugas : Menerima input Memproses input sesuai perintah Menyimpan perintah dan hasil pengolahan Menyediakan output dalam bentuk informasi Memberikan informasi

3 Lanjutan …. Komputer terdiri atas beberapa perangkat yang saling berinteraksi untuk berbagai keperluan : - alat masukan : penulisan dan menunjuk - alat keluaran : layar, suara - memori : RAM, hardisk - prosessor : kecepatan proses, jaringan

4 Sistem komputer secara umum
Sistem komputer memiliki beberapa peralatan seperti : Layar (screen) / monitor : terdapat beberapa windows, yaitu area-area berbeda/terpisah yang berjalan secara mandiri satu dengan lainnya. Keyboard (papan ketik) Mouse (pointer)

5 Lanjutan …. Alat-alat tersebut mendukung interaksi untuk menjalankan sistem. Alat-alat tersebut menentukan gaya interaksi yan didukung oleh sistem Jika menggunakan peralatan yang berbeda, maka antarmuka (interface) akan mendukung gaya interaksi yang berbeda

6 Peralatan masukan teks
1. KEYBOARD (papan ketik) · alat input / masukan umum · layout terstandarisasi (QWERTY)

7 Keyboard ARAB Layout Keyboard RUSIA Layout

8 Lanjutan …. pola QWERTY dianggap tidak optimal, jari lebih cepat lelah, misal : mengetik kata yang banyak mengandung huruf a maka jari kelingking yang paling lemah menanggung beban yang lebih berat. lebih cocok bagi yang kidal desain keyboard yang lain dinilai lebih memudahkan / mengetik lebih cepat, namun masyarakat terlanjur terbiasa dengan pola QWERTY, sehingga menyebabkan keengganan untuk berubah menggunakan desain keyboard lain

9 Lanjutan …. Alternatif keyboard lain : a. Alfabetik : Tombol-tombol diatur berdasarkan urutan abjad biasanya banyak ditemui pada mainan anak-anak untuk belajar mengenal alfabet

10 Lanjutan …. b. Dvorak : Huruf yang sering dipakai ditempatkan pada jari-jari yang dominan (lebih kuat) Huruf yang lain diletakkan diantaranya Condong pada pemakai tangan kanan (bukan kidal) Menambah kecepatan mengetik sekitar % dan mengurangi rasa lelah Karena dominasi konsep QWERTY, membuat desain ini tidak berkembang 70 % ketukan jatuh pada home row sehingga jari-jemari yang harus mencapai huruf yang tidak berada pada home row mempunyai kerja yang lebih ringan

11

12 Jenis keyboard lain : Chord Layout :
dengan tombol yang lebih sedikit keyboard jenis ini lebih efektif. Huruf diketikkan sebagai kombinasi dari penekanan tombol. Kalau keyboard pada umumnya utk mengetik 10 huruf harus terjadi 10 ketukan, hal ini tidak berlaku untuk chord layout . Dapat mempunyai kecepatan mengetik 200 kata/menit

13 Lanjutan …. Special Keyboard : biasanya dibuat khusus untuk mereka yg memerlukan keyboard khusus. Contoh : Keyboard MALTRON yang dibuat khusus bagi mereka yang kidal.

14 Keyboard CHORD Layout Keyboard MALTRON

15 Keyboard Proyeksi : dikembangkan utk menghemat tempat
Keyboard Proyeksi : dikembangkan utk menghemat tempat. Keyboard ini bekerja dengan menggunakan sensor gerak. Keyboard Jari : digunakan hanya dengan menggerakkan jari tangan, tidak harus diatas suatu permukaan. Teknologi yang digunakan adalah Bluetooth wireless networking technology.

16 Keyboard Proyeksi Sensor Keyboard Jari

17 Peralatan masukan teks yang lain
Pengenal tulisan tangan Teks yang ditulis dengan tangan dapat dimasukkan ke dalam komputer, menggunakan sebuah pena komputer dan tablet digital. alat pengorganisasi pribadi genggam (organizer), dapat menangani teknologi pengenalan tulisan tangan dan menyingkirkan penggunaan keyboard besar yang memakan tempat.

18 PDA PC Tablet

19 Peralatan penempatan posisi & penunjuk
MOUSE · Alat penunjuk yang dipegang · Bentuk sudah dikenal · Mudah digunakan

20 Karakteristik Mouse Bergerak di bidang datar
Mempunyai 1 – 3 tombol yang berfungsi sebagai pemilih, penanda, menggambar, dll Diletakkan di atas meja : perlu tempat khusus, tidak melelahkan, Mendeteksi gerakan, Gerakan mouse sesuai dengan gerak kursor di layar Tidak mengaburkan/mengganggu layar Mampu menunjuk secara akurat dan cepat sebab alat dan kursornya terlihat

21 Lanjutan … mouse mekanis mouse optis
menggunakan sebuah bola karet yang dapat berputar bebas pada tempatnya sehingga pada saat mouse digerakkan bola akan menggerakan beberapa sensor yang ada dalam tubuh mouse mouse optis terdiri atas 2 buah LED yang mengeluarkan cahaya merah dan inframerah dan 2 buah lensa (photo transistor) untuk mendeteksi gerakan (memerlukan landasan khusus yang bisa mengubah warna LED)

22 2. Trackball : Prinsip kerjanya hampir sama dengan mouse
Pada mouse user harus menggerakkan seluruh badan mouse utk melakukan suatu aktivitas, pada trackball user hanya menggerakkan bola untuk memindahkan kursor. Macam macam trackball

23 Joystick : banyak digunakan untuk menggerakkan karakter pada permainan komputer (game). Bukan hanya joystick tp peralatan lain yg menyerupai aslinya. Peralatan Masukan untuk Game

24 Layar Sentuh (Touch screen) : alat ini sensitif pada sentuhan, bisa mendeteksi adanya jari2 atau pena untuk menulis di layar. Pena Cahaya (Light Pen) : beroperasi dengan menyentuh layar dan mendeteksi pancaran cahaya dari fosfor layar selama proses pemindaian.

25 Sidik Jari : digunakan sebagai sarana pengamanan dalam melakukan akses ke komputer karena sidik jari mempunyai ciri yang unik. Biometrik Mata : suatu sistem biometrik yang memiliki teknologi keakuratan dan proteksi yang kuat karena berada dalam bola mata. Ada dua proses : Retina scanning dan Iris Scanning

26 Beberapa alat pembaca sidik jari

27

28 Piranti Input untuk mereka yang berkebutuhan khusus

29

30 Piranti Output Layar Tampilan
digunakan untuk melihat apa yang diketikkan dan informasi apa yang diberikan oleh komputer sebagai hasil dari suatu proses prinsip kerja aliran elektron dilepaskan oleh penembak elektron (electron gun) kemudian difokuskan dan dibelokkan oleh medan listrik pada layar yang berlapiskan fosfor dan pada saat elektron mengenai lapisan fosfor akan muncul pendaran pada titik kontak antara elektron dengan lapisan fosfor

31 layar komputer

32 Lanjutan … Biasanya menggunakan tabung sinar katoda / CRT (Cathode Ray Tube) CRT Aliran elektron yang dipancarkan dari pemancar alektron (electon gun), difokuskan dan diarahkan oleh medan magnet, mengenai layar yang dilapisi fosfor yang membuatnya bersinar. 3 jenis : raster scan, random scan, direct view

33 Keuntungan dari CRT murah
cukup cepat untuk animasi yang butuh kecepatan kemampuan menampilkan warna yang banyak penambahan resolusi menambah juga harganya

34 Kelemahan dari CRT memakan banyak tempat karena bentuknya besar sekali, karena adanya pemancar elektron dan komponen pemusat di belakang layar masalah dengan ”jaggies”, garis diagonal yang harus terpotong dalam rangka proses pemindaian (scan) horizontal raster adanya kedipan, pembacaan yang susah, kontras yang rendah dapat menyebabkan ketegangan dan kelelahan mata

35 Hal-hal yang harus diperhatikan berkaitan dengan radiasi
X-rays (sinar X) : sebagian besar telah diserap oleh layar (tapi bukan di bagian belakang) radiasi UV (ultra violet) dan IR (infra red) dari fosfor pada level yang tidak signifikan emisi frekuensi radio ditambah dengan ultrasound (~ 16 kHz) medan elektrostatik merembes melalui tabung ke pengguna, intensitasnya tergantung pada jarak dan kelembaban, dapat menyebabkan ruam (luka) di kulit medan elektromagnetik (50Hz – 0.5MHz), menyebabkan arus induksi dalam material penghantar (konduktor), termasuk tubuh manusia, menyebabkan kemungkinan munculnya katarak pada operator VDU (Video Display Unit) dan masalah gangguan reproduksi (mandul, keguguran, cacat lahir pada bayi) kewaspadaan bagi orang hamil

36 disarankan jaga jarak mata dengan layar
Jangan gunakan font yang terlalu kecil ukurannya jangan memandangi layar dalam waktu lama tanpa istirahat jangan tempatkan layar secara langsung di depan jendela yang terang cahayanya kerjalah dalam lingkungan dengan suasana cahaya yang memadai dan nyaman

37 Liquid Crystal Display (LCD)
lebih kecil, lebih ringan, tanpa masalah radiasi Menggunakan sistem pengalamatan matriks yang biasa digunakan pada notebook, mulai populer pada desktop memiliki prinsip serupa dengan arloji digital dimana lapisan tipis kristal cair diapit oleh 2 lempengan kaca, lempengan diatas transparan dan terpolarisasi, lempengan yang bawah melakukan refleksi cahaya dari luar melalui lempengan atas dan kristal, dan merefleksi (memantulkan) balik ke mata polarisasi akan berubah seiring dengan perubahan tegangan listrik yang masuk dalam LCD juga terjadi kedipan namun lambat sehingga mata tidak terasa lelah LCD memungkinkan munculnya warna tingkat kelelahan yang ditimbulkan lebih sedikit dibandingkan kalau menggunakan layar CRT mengurangi tegangan di mata karena sifat refleksi alamiah cahaya dibandingkan dengan pancaran cahaya pada CRT

38 Piranti Output

39 Posisi Menggunakan Komputer yang Aman
Ketika kita menggunakan komputer dan kadang-kadang kita merasakan rasa lelah, nyeri khususnya dibagian tangan, atau mata terasa penat, Hal tersebut bisa disebabkan karena kita salah didalam mengatur posisi anggota tubuh kita. Kita harus mengatur posisi sehat di depan komputer.

40 Posisi Tubuh (Posisi Tubuh) : Badan pada posisi tegak didepan komputer dan jarak pandang antara mata dan monitor sekitar 45-70cm.

41

42 posisi tubuh yang tepat, ketika menggunakan komputer
Posisi kepala dan leher harus tegak dengan wajah menghadap langsung kelayar monitor. Leher tidak boleh membungkuk atau mengadah karena hal ini dapat menyebabkan sakit pada leher. Posisi punggung yang baik saat menggunakan komputer adalah posisi punggung yang tegak, tidak miring ke kiri atau ke kanan, tidak membungkuk dan tidak bersandar terlalu miring ke belakang. Untuk mendapatkan posisi punggung yang baik, seharusnya ditunjang dengan tempat duduk yang baik dan nyaman. Posisi pundak yang baik adalah posisi pundak yang tidak terlalu terangkat dan tidak terlalu ke bawah. Bila otot-otot di bahu masih tegang, ini berarti posisi pundak belum benar.

43 Lanjutan …. Posisi lengan yang baik adalah apabila dapat mengetik dan menggunakan mouse yang nyaman. Masing-masing orang mempunyai posisi nyaman tersendiri. Posisi lengan yang baik adalah bila tangan berada disamping badan, dan siku membentuk sudut yang lebih besar dari 90 derajat. Posisi kaki pada saat bekerja dengan komputer, kaki harus dapat diletakan di lantai atau sandaran kaki dengan seluruh tapak kaki menyentuh lantai dan siku yang membentuk sudut tidak kurang dari 90 derajat.

44

45 Posisi Komputer Bagi pengguna komputer desktop, sesuaikan posisi keyboard, monitor, dan mouse agar kita bisa mendapatkan posisi yang cocok untuk tubuh kita (seperti pada no 1).

46 Penggunaan Mouse Ketika menggunakan mouse usahakan agar pergelangan tangan berada pada posisi tidak menggantung atau lebih rendah dari mouse. Usahakan agar posisinya sejajar antara pergelangan tangan dan mouse. Posisi jari tangan usahakan agar selalu lurus.

47 Penggunaan Keyboard Seperti pada penggunaan mouse, ketika menggunakan keyboard usahakan agar selalu sejajar seperti terlihat pada gambar.

48 Cara Berkomputer Variasilah dalam bekerja dan istirahatlah secara periodik. Ikuti aturan 20/20 (setiap 20 menit bekerja, istirahatlah 20 detik dengan mengalihkan pandangan ke jarak ± 6 cm Ambil beberapa detik untuk menarik nafas panjang Jangan lupa untuk mengedipkan mata Periksakan mata secara rutin.


Download ppt "Interaksi Manusia & Komputer Minggu 4, 5 April 2010"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google