Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

X Akomodasi Perhotelan 1

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "X Akomodasi Perhotelan 1"— Transcript presentasi:

1 X Akomodasi Perhotelan 1
Kelompok 4 : Khusnul Khotimah Laifa Qodariyanti Mey Ernita Sari Nur Lailatul Faizah X Akomodasi Perhotelan 1 SMK Negeri 1 Jombang

2 TAHAPAN PRODUKSI : MATERIAL PADA BLENDER

3 MATERIAL PADA BLENDER VARIASI POLA WARNA PADA OBJEK RENDER IMAGE
PENGERTIAN MATERIAL VARIASI POLA WARNA PADA OBJEK RENDER IMAGE TAHAPAN PRODUKSI PADA BLENDER

4 PENGERTIAN MATERIAL BLENDER

5 Material adalah proses pewarnaan sebuah objek yang tampak pada permukaan objek tersebut. Material obyek : 1. reflectivity 2. transparency 3. refraction Digunakan untuk menciptakan berbagai variasi warna tingkat kekasaran/kehalusan obyek.

6 Variasi pola warna pada obyek

7 Langkah memberikan warna pada obyek ada beberapa tahapan
Klik kanan untuk menseleksi objek yang ingin diberikan warna.

8 Pilih material dengan ikon
Pilih new untuk material baru

9 4. Ubahlah nama “Material
4. Ubahlah nama “Material.001” menjadi “Merah” sebagai contoh objek tersebut diberikan warna merah.

10 5. Selanjutnya anda dapat memilih Field Box berwarna putih pada Diffuse, lalu ubahlah warna putih tersebut menjadi warna merah. Secara otomatis objek akan langsung berubah menjadi warna merah.

11 6.Anda dapat melakukan kembali langkah di atas dengan memberikan warna pada bagian objek yang lain. Buatlah hingga menjadi seperti gambar berikut.

12 RENDER IMAGE

13 1. Pilih View Camera

14 2. Untuk dapat mengambil sudut kamera yang tepat anda dapat melakukan pengaturan penglihatan kamera, dengan langkah tekan tombol N lalu berikan ceklis Field Box kosong Lock Camera to View.

15 3.Selanjutnya Anda dapat melakukan perubahan pengambilan posisi kamera dengan menekan scroll tengah pada mouse lalu tahan dan geser mouse hingga mendapatkan posisi pengambilan objek seperti gambar berikut.

16 4. Anda dapat memberikan warna latar dan pencahayaan ketika Render Image dengan melakukan pengaturan pada fitur World, dengan langkah: - Pilih fitur World dengan memilih ikon pada menu Properties. - Berikan ceklis pada Field Box kosong Blend Sky. - Ubahlah Zenith Color menjadi warna putih. - Dan berikan ceklis pada Field Box kosong Environment Lighting.

17

18 5.Untuk dapat melihat hasil Render Image Anda dapat menekan tombol F12.

19 6. Untuk kembali ke tampilan Default Anda dapat menekan tombol ESC.

20 TAHAPAN PRODUKSI PADA BLENDER

21 1. Buka Blender 2. Load file atau buat objek yang diinginkan untuk diberi material. Screenshot di bawah bisa diklik, dan saya beri sedikit tambahan berupa tembok lantai dan langit-langit.

22 3. Pertama, pemberian material
3.Pertama, pemberian material. Saya ingin memberi warna coklat pada meja. Caranya adalah dengan mengeklik Meja di 3D view maupun outliner. Setelah itu buka tab material di properties editor di sisi kanan layar kerja

23 4. Tambahan singkat tentang specular, transparency, dan mirror.

24 5. Dari penjelasan tentang mirror di langkah sebelumnya, saya ingin membuat lantainya menjadi lantai keramik.

25 6. Kita masuk ke textures, karena saya ingin membuat mejanya terbuat dari kayu. Dalam keadaan meja ter-select, pindah posisi tab dari tam material ke tab textures yang berada disebelahnya.

26 Texture pada screenshot di atas, sudah tersedia
Texture pada screenshot di atas, sudah tersedia. Jika belum maka klik New dan terxture baru akan dibuat. Kembali ke topik utama, pada dropdown type pilih Image or Movie sehingga tampilannya menjadi seperti berikut ini.

27 Kemudian, klik Open untuk membuka gambar, dan pilih gambar texture kayu yang sesuai. Texture kayu dapat mudah dicari, di internet dengan keyword utama "3d texture". Lalu berikut ini hasil dari texturingnya.

28 TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA


Download ppt "X Akomodasi Perhotelan 1"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google