Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON PROGRAM STUDI ILMU HUKUM

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON PROGRAM STUDI ILMU HUKUM"— Transcript presentasi:

1 UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON PROGRAM STUDI ILMU HUKUM
ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR Yanto Heryanto, S.Sos., M.Si UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON FAKULTAS HUKUM PROGRAM STUDI ILMU HUKUM TAHUN 2015

2 Latar Belakang ISBD dalam Konteks
Budaya, Negara, dan Masyarakat Indonesia Kenyataan bahwa bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dengan segala keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayannya, yang biasanya tidak lepas dari ikatan-ikatan primodial, kesukuan, dan kedaerahan. Proses pembangunan yang sedang berlangsung dan terus-menerus menimbulkan dampak positif dan dampak negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan perubahan mental manusia pun terkena pengaruhnya Kemajuan ilmu pengetahuan dalam tekonologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya Kenyataan bahwa bangsa Indonesia terdiri dari berbagai suku bangsa dengan segala keanekaragaman budaya yang tercermin dalam berbagai aspek kebudayannya, yang biasanya tidak lepas dari ikatan-ikatan primodial, kesukuan, dan kedaerahan. Proses pembangunan yang sedang berlangsung dan terus-menerus menimbulkan dampak positif dan dampak negatif berupa terjadinya perubahan dan pergeseran sistem nilai budaya sehingga dengan perubahan mental manusia pun terkena pengaruhnya Kemajuan ilmu pengetahuan dalam tekonologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia menimbulkan konflik dengan tata nilai budayanya

3 PENGERTIAN ISBD Ilmu budaya adalah suatu ilmu pengetahuan mengenai aspek-aspek yang paling mendasar dalam kehidupan manusia sebagai makhluk budaya (homo humanus). Sedangkan masalah-masalah yang menyertainya sering disebut sebagai humanities yang merupakan pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan tentang konsep-konsep yang dapat digunakan untuk masalah-masalah manusia dan kebudayaan. ISBD merupakan mata kuliah dasar mengenai pengembangan kepribadian dan wawasan sosial budaya mahasiswa dalam menanggapi dan memecahkan masalah sosial budaya dan kemasyarakatan yang timbul pada masyarakat.

4 Secara sederhana ISBD adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan Dengan mempelajari the humanities andaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi, lebih berbudaya dan lebih halus.

5 Manusiawi, sikap yang menghargai manusia sebagai mahluk yang memiliki martabat yang tinggi dengan segala hak-haknya (harus diperlakukan sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan atau sesuai dengan fitrahnya mahluk tuhan) Berbudaya, perilakunya dituntun oleh akal budi sehingga mendatangkan kebahagiaan bagi dirinya dan lingkungannya serta tidak bertentangan dengan kehendak ALLAH Halus, kehalusan bertingkah laku perbuatan lemah lembut, sopan santun, budi bahasa dan beradab.

6

7

8 Pengetahuan budaya ( the humanities )
Prof Dr.Harsya Bactiar mengemukakan bahwa ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar yaitu : Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ) sosial ( social scince ) Pengetahuan budaya ( the humanities )

9 Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince )
Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah. Caranya ialah dengan menentukan hukum yang berlaku mengenai keteraturan-keteraturan itu, lalu dibuat analisis untuk menentukan suatu kualitas. Hasil analisis ini kemudian digeneralisasikan. Atas dasar ini lalu dibuat prediksi. Hasil penelitian benar dan salah Ilmu-ilmu sosial ( social scince ) . ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. Tapi hasil penelitiannya tidak benar, hanya mendekati kebenaran. Sebabnya ialah keteraturan dalam hubungan antara manusia ini tidak dapat berubah dari saat ke saat. Pengetahuan budaya ( the humanities ) bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Untuk mengkaji hal ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti. Pengetahuan budaya (the humanities) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian (disilpin) seni dan filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi-bagi lagi ke dalam berbagai hiding keahlian lain, seperti seni tari, seni rupa, seni musik,dll. Sedangkan ilmu budaya dasar (Basic Humanities) adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

10 TUJUAN ISBD Mengembangkan kesadaran akan menguasai pengetahuan tentang keanekaragaman dan kesederajatan manusia sebagai individu dan makhluk sosial dalam kehidupan bermasyarakat.  Menumbuhkan sikap kritis, peka dan arif dalam memahami keragaman dan kesederajatan manusia dengan landasan nilai estetika, etika dan moral dalam kehidupan bermasyarakat.  Memberikan landasan pengetahuan dan wawasan yang luas serta keyakinan sebagai bekal bagi hidup bermasyarakat, selaku individu dan makhluk sosial yang beradab dalam mempraktekkan pengetahuan akademik dan keahliannya.  Makhluk sosial yang beradab dalam mempraktekkan pengetahuan akademik dan keahliannya.

11 VISI ISBD Berkembangnya mahasiswa sebagai manusia terpelajar yang kritis, peka dan arif dalam memahami keragaman, kesetaraan, dan kemartabatan manusia yang dilandasi nilai-nilai estetika, etika, dan moral dalam kehidupan bermasyarakat

12 MISI ISBD Memberikan landasan dan wawasan yang luas, serta menumbuhkan sikap kritis, peka, dan arif pada mahasiswa untuk memahami keragaman, kesetaraan, dan kemartabatan manusia dalam kehidupan bermasyarakat selaku individu dan makhluk social yang beradab serta bertanggungjawab terhadap sumber daya dan lingkungannya.

13

14 Ruang lingkup kajian mata kuliah ISBD
Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities) Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.

15 Pokok-pokok bahasan ISBD
Manusia Sebagai Makhluk Budaya Manusia dan dan Cinta Kasih Manusia dan Keindahan Manusia dan Keadilan Manusia dan Pandangan Hidup Manusia dan Penderitaan Manusia dan kegelisahan Manusia dan harapan

16 Manusia sebagai makhluk Budaya
PENGERTIAN BUDAYA & KEBUDAYAAN : BUDAYA : Langevela : Aktivitas yg bersifat manusiawi & rohani. Alfred Whitehead : karya akal, budi, daya Edward B Taylor : hasil karya manusia Ditjen Kebudayaan : sistem nilai dan gagasan utama

17 KEBUDAYAAN : Ki Hajar Dewantara
Kebudayaan ( buah budi manusia ) adalah hasil perjuangan manusia thd dua pengaruh kuat, yakni zaman & alam yg merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan & kesukaran didalam hidup & penghidupannya guna mencapai keselamatan & kebahagiaan yg pada lahirnya bersifat tertib & damai. Koentjaraningrat Kebudayaan berarti keseluruhan gagasan dan karya manusia yg harus dibiasakan dg belajar beserta keseluruhan dari hasil budi pekertinya

18 FUNGSI KEBUDAYAAN : Mendasari, mendukung, dan mengisi masyarakat dengan nilai-nilai hidup untuk dapat bertahan, menggerakkan serta membawa masyarakat kepada taraf hidup tertentu antara lain : - Hidup lebih baik - Lebih manusiawi - berperikemanusiaan

19 JENIS & RAGAM KEBUDAYAAN :
. Mohammad Yusuf Melatoa dalam Ensiklopedia Suku Bangsa Di Indonesia menyatakan Indonesia terdiri dari 500 etnis suku bangsa yang tinggal di lebih dari pulau besar dan kecil. Mereka masing-masing memiliki kebudayaan yang berbeda dengan yang lainnya.

20 MANUSIA PENCIPTA & PENGGUNA KEBUDAYAAN :
Manusia sebagai pencipta kebudayaan memiliki kemampuan daya sbb : Akal, intelegensia dan intuisi Perasaan dan emosi Kemauan Fantasi Perilaku

21 AKAL BUDI : PENGGUNAAN CIPTA, RASA & KARSA DALAM MENANGGAPI REALITA KEHIDUPAN MANUSIA SERTA DALAM BERAKTIFITAS & BERKARYA DALAM MASYARAKAT.

22 Hakekat Makhluk Budaya.
Manusia : “Majemuk Tunggal” dan “Dwi Tunggal”. Budaya : “budi – daya”, kekuatan / kemampuan dari akal. Suwardi Suryaningrat : Kodrati manusia makhluk budaya memiliki cipta (IQ), rasa (EQ), karsa (SQ). Menjadi kunci kehidupan. Makhluk budaya : “pencipta” dan “pendukung” kebudayaan. Pencipta : melahirkan / menghasilkan produk kebudayaan baik fisik nonfisik. Pendukung : pengguna, pengembang dan pelestari

23 kebutuhan2 makhluk budaya :
1. BERDASAR SUSUNAN KODRAT : -- ASPEK JASMANI BERSIFAT MATERIAL : MAKAN MINUM, DSB. -- ASPEK ROHANI BERSIFAT RELIGIUS : TENTRAM, DAMAI, INDAH, DSB. 2. BERDASAR SIFAT KODRAT : -- SBG. MAKHLUK INDIVIDU : PUNYA KEBUTUHAN PRIBADI YG. BERBEDA DG. YG. LAIN. -- SBG. MAKHLUK SOSIAL : KEBUTUHAN YG. SAMA DG. YG. LAIN.

24 kebutuhan2 makhluk budaya :
3. BERDASAR HAKEKAT KEDUDUKAN KODRAT : -- SBG. MAKHLUK TUHAN Y.M.E. : TAAT PADA HUKUM2 TUHAN Y.M.E. -- SBG. PRIBADI MANDIRI : BEBAS MERDEKA, INDEPENDEN 4. KEBUTUHAN BIOLOGIS : BERSIFAT ALAMIAH.

25 Pengertian budaya menurut istilah
Kebudayaan adalah keseluruhan dari hasil manusia hidup bermasyarakat berisi aksi-aksi terhadap dan oleh sesama manusia sebagai anggota masyarakat yang merupakan kepandaian, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat kebiasaan.

26 kesimpulan : Semua manusia yang ada di muka bumi ini memiliki hati nurani yang sama. Yang menyebabkan mereka berbeda hanyalah tingkat keimanan, serta seberapa besar hati mereka telah terkontaminasi oleh nikmatnya dunia yang fana ini. Budaya ataupun kebudayaan itu sendiri datangnya dari manusia. Kritis dalam memandang suatu budaya ataupun kebudayaan.

27 MANUSIA & KEINDAHAN

28 KEINDAHAN Kehidupan manusia dari zaman ke zaman tak terpisahkan dari keindahan. Manusia pada umumnya senang pada sesuatu yg indah & baik. Keindahan alam adalah “ keharmonisan yg menakjubkan dari hukum2 alam ”, yg dibukakan unt mereka yg mempunyai kemampuan unt menerimanya. Keindahan seni adalah keindahan buatan mns / hasil ciptaan mns yaitu buatan seseorang yg mempunyai bakat unt menciptakan sesuatu yg indah.

29 Keindahan Sebagai Nilai Hakiki
Sejak zaman Yunani Kuno keindahan telah dipandang sebagai nilai hakiki dlm kehidupan manusia. Sebagai nilai, keindahan sesuatu yg abstrak. Sesuatu itu disebut indah karena mempunyai daya pesona. Melalui media / obyek tertentu manusia bisa mangalami apa yang disebut keindahan. Jadi keindahanpun berkaitan erat dengan daya2 intelektif / kesadaran manusia.

30 Keindahan & Moralitas Penting untuk ditegaskan bahwa keindahan & moralitas itu berkaitan erat satu sama lain. Keindahan yg terlepas dari moralitas justru bisa merusak kehidupan manusia itu sendiri. Karena terlepas dari moralitas, orang cenderung untuk tdk mempersoalkan lagi mana yg baik & mana yg buruk. Dengan demikian orang akan mudah membuat segala macam rasionalisasi, pembenaran diri demi nikmatnya suatu keindahan. Artinya kebaikan bagi orang lain bisa dikorbankan demi kenikmatan keindahan.

31 Estetika adalah ilmu yang membahas keindahan, bagaimana ia bisa terbentuk, dan bagaimana seseorang bisa merasakannya, filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris, yang kadang dianggap sebagai penilaian terhadap sentimen dan rasa

32 Perasan keindahan (Sensibilitas Estetis)
Melalui panca indra manusia dapat merasakan sesuatu. Apabila manusia merasakan akan sesuatu itu menyenangkan dan sebagainya timbul perasaan puas. Rasa kepuasan itu lahir setelah perasaan keindahan yang ada pada setiap orang itu bangkit.

33 KEINDAHAN Dibutuhkan manusia agar hidup yang dijalaninya menjadi indah sentosa. Manusia dan keindahan tidak bisa dipisahkan karena keduanya berkaitan satu sama lain.

34 Keindahan Unsur emosional / perasaan yang menyenangkan pada manusia, yang ditimbulkan dari unsur-unsur karya, bersifat apresiatif, membangkitkan kekaguman dan penghargaan. Konsep tentang "keindahan" yaitu : Konsep Obyektif Konsep Subyektif

35 Keindahan subjektif adalah keindahan yang biasanya ditinjau dari segi subyek yang diharuskan menghayatinya. Keindahan obyektif adalah keindahan yang memang ada pada obyeknya, yang diharuskan menerima sebagaimana mestinya.

36 Keindahan dan kebaikan komparatif
Kebaikan merupakan sesuatu yang muncul dari hasil komparasi (perbandingan) dengan yang lainnya, yang kemudian muncul sebab akibat. materi sebab akibat komparatif baik dan indah

37 Kebaikan dan keindahan karena hukum kausalitas
Manusia harus bisa menentukan mana yang baik dan yang buruk sesuai dengan sebab dan akibat yang ditimbulkannya.

38 Inner Beauty Kekuatan kecantikan/ keindahan
yang muncul dari dalam hati nurani. Inner beauty dapat diukur dari : Kerelaan untuk membantu orang lain. Kerendahan hati Kesabaran Keimanan terhadap Tuhan YME

39 Apakah keindahan(kecantikan) fisik itu penting?
Ya, memang jelas penting. FAKTA : Banyak orang yang dalam keseharian berusaha untuk membuat dirinya tampil lebih menarik dengan hanya memperdulikan apa yang tampak dari luar saja agar terlihat lebih cantik, ganteng atau terlihat lebih indah, tapi tidak mengindahkan agama. Memakai susuk Operasi plastik Pemakaian(suntik) silikon Sedot lemak, dll.

40


Download ppt "UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI CIREBON PROGRAM STUDI ILMU HUKUM"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google