Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehSonny Muljana Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
Oleh : Cosmas Haryawan -- Pengenalan UML --
Sequence Diagram Oleh : Cosmas Haryawan -- Pengenalan UML --
2
Sequence Diagram System Sequence Diagram (SSD)
Merupakan suatu diagram interaksi yang memodelkan suatu skenario tunggal yang dijalankan pada sistem Digunakan untuk memperlihatkan interaksi antar obyek dalam perintah yang berurut. Tujuan utama adalah mendefinisikan urutan kejadian yang dapat menghasilkan output yang diinginkan
3
Komponen Utama Partisipan : obyek atau entitas yang bertindak dalam sequence diagram Kotak segiempat bernama Message : komunikasi antar obyek partisipan Garis dengan tanda panah Time : waktu / lifeline Garis putus-putus vertikal Action Kotak segiempat kecil yang terdapat pada lifeline
4
Partisipant Pada UML 1 disebut dengan nama Obyek
Diletakkan dari kiri ke kanan Setiap Partisipant terhubung dengan lifeline Standar penamaan Instance Name : Class Name
5
Time / Lifeline Mewakili waktu pada arah vertikal, dimulai dari atas ke bawah Garis putus-putus yang menempel di partisipant lifeline
6
Action Mewakili sebuah eksekusi operasi dari partisipant
Kotak kecil segiempat di lifeline Panjang kotak berbanding lurus dengan durasi activation
7
Message Message berpindah dari 1 lifeline ke lifeline yang lain
Message yan pertama kali muncul di SSD terletak paling atas, kemudian message yang berikutnya berada di bawahnya Terdapat 3 macam : Synchronus Asynchronus Reply / Return
8
Message… Synchronous Asynchronous Reply/Return
Pesan yang dikirim oleh 1 obyek ke obyek lain dan obyek pertama menunggu sampai hasil aksi selesai. Asynchronous Pesan yang dikirim oleh 1 obyek ke obyek lain dan obyek pertama tidak menunggu sampai hasil aksi selesai. Reply/Return Menunjukkan nilai kembali dari obyek ke obyek yang mengirim pesan
9
Message … the analyst object makes a call to the system object which is an instance of the ReportingSystem class. The analyst object is calling the system object's getAvailableReports method. The system object then calls the getSecurityClearance method with the argument of userId on the secSystem object, which is of the class type SecuritySystem the secSystem object returns userClearance to the system object when the getSecurityClearance method is called. The system object returns availableReports when the getAvailableReports method is called.
10
Recursive Suatu Obyek yang memanggil dirinya sendiri
Digambarkan dengan menambah kotak kecil pada activation Cotoh : system object memberi pesan ke dirinya sendiri : menentukan Laporan apa saja yang ada
11
Contoh lain
12
Hapus Partisipant Partisipant bisa menghapus dirinya sendiri atau bisa juga dihapuskan oleh object lain
13
Petunjuk membuat SD Tentukan scope dari system
Identifikasi participating objects Gambar lifelines untuk tiap object Gambar duration tiap object pada lifeline Tambahkan object messages dari atas ke bawah pada diagram (time-based) Check ulang diagram untuk kelengkapannya
14
Guards Kondisi : suatu syarat agar message dikirim
the guard is the text "[pastDueBalance = 0]." By having the guard on this message, the addStudent message will only be sent if the accounts receivable system returns a past due balance of zero
15
Combined fragments digunakan untuk mengelompokkan message, tergantung kondisi tertentu disebut juga Interaction Fragment (Kerangka Interaksi) UML 2 specification mengidentifikasi 11 operator untuk combined fragments.
16
Format Combined op (operator): applied to the enclosed interaction(s)
(some operators require arguments, such as diagrams names, parameters, constants and guards) op [:arguments] diagram name | interaction [ [guard] ] [guard]: a boolean expression the interaction is executed according to the guard’s value interaction: a (fragment of a) sequence diagram (it can contain other frames) if we need to enclose more interactions, we’ll separate them with an outlined line (see next slide) diagram name: needed if we want to refer to a diagram defined elsewhere
17
Contoh satu set interactions dipisahkan dengan garis putus-putus
interaction_i dijalankan jika guard_i bernilai benar op interaction_1 [guard_1] … interaction_n [guard_n]
18
Operator Combined Fragment
Alternatives (alt) choice of behaviors – at most one will execute depends on the value of the guard (“else” guard supported) Option (opt) Special case of alternative hanya berisi 2 pilihan Break (break) Represents an alternative that is executed instead of the remainder of the fragment (like a break in a loop) Parallel (par) Concurrent (interleaved) sub-scenarios, fragmen berjalan secara pararel Negative (neg) Identifies sequences that must not occur (interaksi yang salah)
19
Operator… Critical Region (region) Loop (loop)
Fragmen tidak dapat disela dengan kejadian lain pada participating lifeline Loop (loop) Optional guard: [<min>, <max>, <Boolean-expression>] Tanpa Guard berarti tidak ada batas
20
Alternative
21
Option if a student's past due balance equals zero, then the addStudent, getCostOfClass, and chargeForClass messages are sent. If the student's past due balance does not equal zero, then the sequence skips sending any of the messages in the option combination fragment.
22
Loop
23
Ref
24
Ref…
25
Break almost identical in every way to the option combined fragment, with two exceptions. a break's frame has a namebox with the text "break" instead of "option." when a break combined fragment's message is to be executed, the enclosing interaction's remainder messages will not be executed because the sequence breaks out of the enclosing interaction Breaks are most commonly used to model exception handling
26
Pararel
27
Critical Region
28
Kapan perlu SD Saat ingin mengetahui perilaku beberapa obyek pada use case tunggal Bagus dalam menunjukkan kolaborasi diantara obyek namun tidak bagus dalam memberikan definisi yang pasti tentang perilaku tersebut
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.