Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
UPT Pelayanan Pendidikan Unila
RAGAM MEDIA DALAM PEMBELAJARAN Oleh Ngadimun Hd UPT Pelayanan Pendidikan Unila
2
Taman Kotaku Indah Metro-ku Tercinta
3
IDENTITAS Nama : Ngadimun Hd Lahir : Di Metro, 7 Januari 1950
Pendidikan: SD di Metro, lulus 1963 SMP di Metro, lulus 1966 SPG di Metro, lulus 1969 Sarjana Muda STIP Muh Metro, lulus 1974 S1 Adm Pendidikan Unila, lulus 1983 S2 Penelitian & Ev. Pend. IKIP Yogyakarta, lulus 1997 S3 Penelitian & Ev. Pend. UNJ, lulus 9 Maret 2011 Pekerjaan: Guru SD 1969 – 1977 Guru SGO 1977 – 1991 Dosen FKIP 1991 – 2015 Dosen STKIP Al ITB 2011 – sekarang
4
Tujuan Instruksional Umum
Dapat menjelaskan adanya beragam media yang dapat dipilih sebagai media pembelajaran. Tujuan Instruksional Khusus Dapat menjelaskan: pengertian media pembelajaran klasifikasi jenis media dalam pembelajaran karakteristik masing-masing jenis media
5
MEDIA MEDIA PEMBELAJARAN
“Alat komunikasi yang digunakan untuk membawa suatu informasi” MEDIA PEMBELAJARAN Alat komunikasi untuk menyampaikan materi pembelajaran
6
KLASIFIKASI JENIS MEDIA PEMBELAJARAN
(Heinich dkk, 1996) l Yang tidak diproyeksi l Yang diproyeksikan l Audio l Video l Multimedia berbasis komputer l Multi media kit
7
Media Tidak Diproyeksikan
(Media Display/Displayed Media) m Realia: benda nyata yang digunakan sebagai bahan belajar m Model: benda tiga dimensi yang merupakan representasi dari benda sesungguhnya m Bahan Grafis: gambar atau visual yang penampilannya tidak diproyeksikan (gambar, grafik, chart, poster, kartun) m Display: bahan pameran/display yang penggunaannya dipasang di tempat tertentu
8
MACAM GRAFIK 1. Grafik batang: untuk membandingkanobjek sejenis
Grafik gambar: angka dilambangkan dg gambar 3. Grafik lingkaran: keterbacaannya tinggi 4. Grafik garis: paling akurat, bisa data kompleks
11
Indikator: Siswa dapat menyimpulkan data pada grafik Soal bentuk
Indikator: Siswa dapat menyimpulkan data pada grafik Soal bentuk Kuncinya ?
12
CHART Pengertian: Chart: Representasi grafis untuk tata hubungan
Flow Chart: menggambar proses atau alur kejadian Kartun: Poster:
13
LANGKAH POKOK PENGEMBANGAN SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR PENCAPAIAN ALOKASI WAKTU PENGALAMAN BELAJAR MATERI POKOK SUMBER BAHAN/ ALAT PENENTUAN SOAL UJIAN Pusat Sekolah © 2003-Direktorat Dikmenum
14
Panduan Pemanfaatan Bahan Grafis
Seleksi gambar berdasarkan pembentukan kompetensi Seleksi gambar sesuaikan waktu yg tersedia Satu ide untuk satu gambar Kurang tepat untuk mengenal definisi Perhatikan estetika penampilan & kualitas produksi
15
Bahan Pameran (display)
Pengertian: Medium yg dipasang di tempat tertentu, misal: bulletin board, papan tulis magnetis, flip chart
16
Pemilihan media visual,
Agar memperhatikan: Tujuan Pembelajaran (Kompetensi Dasar) Karakteristik siswa Kondisi yang ada Materi pembelajaran
17
Media Yang Diproyeksikan
Over Head Projector (OHP): alat untuk memproyeksikan gambar atau tulisan pada transparansi film Slide projector: alat untuk memproyeksikan gambar atau tulisan pada film positif
18
Media Audio Berbagai cara untuk merekam dan menyampaikan suara untuk tujuan pembelajaran (media dengar) Kelebihan Kekurangan 1. Fleksibel 2. Relatif murah 3. Ringkas 4. Mudah dibawa (portable) 1. Memerlukan peralatan khusus 2. Memerlukan kemampuan khusus untuk pemanfaatannya
19
Media Video Format media yang memanfaatkan tabung katoda/LCD untuk menayangkan pesan dalam bentuk animasi dan film Kelebihan 1. Memanipulasi waktu dan ruang 2. Menampilkan objek yang terlalu kecil, besar, dan berbahaya 3. Cocok untuk mempelajari keterampilan motorik 4. Menyajikan gambar dengan lambat Kekurangan Memerlukan peralatan dan kemampuan khusus untuk memanfaatkannya
20
Media Berbasis Komputer
Media yang dioperasikan melalui komputer, yang biasa dikenal sebagai perangkat lunak (software) Kelebihan 1. Memungkinkan terjadinya interaksi mahasiswa dan materi pelajaran 2. Proses belajar secara individual sesuai kemampuan mahasiswa 3. Menampilkan unsur audiovisual 4. Langsung memberikan umpan balik 5. Menciptakan proses belajar yang berkesinambungan Kekurangan 1. Peralatan untuk memanfaatkannya masih mahal 2. Perlu keterampilan khusus untuk mengoperasikannya
21
Multi Media Berbasis Komputer
Media yang mengintegrasikan berbagai bentuk materi seperti: teks, gambar, grafis, dan suara yang dioperasikan dengan komputer Bentuk q Hypermedia, gabungan teks, grafik & audio-video q Video interaktif q CD-Rom q Digital video interactive q Virtual reality
22
Multi Media Kit Paket bahan ajar yang terdiri dari beberapa jenis media digunakan untuk menjelaskan materi tertentu, yang biasanya dilengkapi dengan buku panduan
23
Pertimbangan Pemilihan dan
Pemanfaatan Media Memperhatikan: 1. Tujuan pembelajaran yang akan dicapai 2. Karakteristik mahasiswa 3. Kondisi yang ada (ketersediaan perangkat lunak dan perangkat kerasnya 4. Materi perkuliahan
24
Mari upayakan Media Pembelajaran bagi Siswa SD
Buku Pelajaran Gambar dengan ukuran memadai & menarik Tape Recorder dengan kaset audio (suara) Video Player dengan VCD (suara & gambar) Komputer: File-file gambar suara, CD pembelajaran, program (bermacam-macam soft ware), akses internet
25
Mari Akses Internet Alamat Akses Internet http://stkipalitb.ac.id
Alamat
26
atas perhatian Bp/Ibu sekalian.
Terima kasih, atas perhatian Bp/Ibu sekalian.
27
Semoga bermanfaat Sampai jumpa !
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.