Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
PRESENTASI JARINGAN KOMPUTER
Data Link And Network Layer Andi Dahsyat Armanda D
2
DAFTAR ISI DATA LINK NETWORK LAYER
3
Masalah masalah bentuk Data Link Layer
Data link layer berfungsi untuk mengatasi masalah pada saluran yang dapat merusak frame yakni dengan mengirim kembali data frame tetapi kekurangannya frame tidak dapat terkirim berulang–ulang kali, fungsi lainnya adalah menjadi mekanisme pengaturan lalu lintas data yang memungkinkan pengirim mengetahui jumlah ruang buffer yang dimiliki penerima pada saat tertentu.
4
DATA LINK Data link layer menggunakan layanan dari physical layer untuk mengirim dan menerima bit melalui saluran komunikasi. Ia juga memiliki sejumlah fungsi, seperti : Menyediakan layanan antarmuka yang terdefinisi dengan baik ke lapisan jaringan. Mengatasi kesalahan transmisi. Mengatur aliran data sehingga mencegah transmisi data menjadi penuh atau membanjiri sipenerima.
5
DATA LINK Untuk mencapai tujuan ini, lapisan data link mengambil paket itu akan dari lapisan jaringan dan merangkum mereka menjadi frame untuk transmisi. setiap frame berisi frame header, bidang payload untuk memegang paket, dan kerangka Trailer, seperti yang diilustrasikan pada Gambar. 3-1. Manajemen Bingkai membentuk jantung dari apa lapisan data link tidak. Pada bagian berikut kita akan memeriksa semua masalah yang disebutkan di atas-secara rinci.
6
DATA LINK
7
DATA LINK Fungsi dari lapisan data link adalah untuk memberikan layanan kepada lapisan jaringan. Layanan utama adalah mentransfer data dari lapisan jaringan pada mesin sumber ke dia dia lapisan jaringan pada mesin tujuan. Pada mesin source merupakan entitas, sebut saja proses, di lapisan jaringan yang tangan beberapa bit untuk data link layer untuk transmisi ke tujuan. Tugas lapisan data link adalah untuk mengirimkan bit ke mesin tujuan sehingga mereka dapat diserahkan ke net-.
8
DATA LINK lapisan bekerja di sana, seperti ditunjukkan pada Gambar. 3-2 (a). Transmisi yang sebenarnya mengikuti jalan Gambar. 3-2 (b), tapi lebih mudah pada gambar 3-2(a)
9
DATA LINK Lapisan data link dapat dirancang untuk menawarkan berbagai layanan yang sebenarnya services.The yang ditawarkan bervariasi dari protokol protokol. Tiga kemungkinan yang masuk akal bahwa kita akan mempertimbangkan pada gilirannya adalah: 1. layanan connectionless diakui. 2. Diakui layanan connectionless. 3. koneksi mengakui berorientasi layanan.
10
DATA LINK tidak ada usaha dibuat untuk mendeteksi kerugian atau pulih dari itu pada lapisan data link. Layanan kelas ini tepat ketika tingkat kesalahan sangat rendah, sehingga recovery yang tersisa untuk lapisan yang lebih tinggi. Hal ini juga sesuai untuk lalu lintas real time, seperti suara, dimana data akhir lebih buruk daripada data yang buruk Langkah berikutnya dalam hal keandalan diakui layanan connectionless. Ketika layanan ini ditawarkan, masih ada koneksi logis yang digunakan, tetapi setiap frame dikirimkan secara individual diakui.
11
DATA LINK Langkah berikutnya dalam hal keandalan diakui layanan connectionless. Ketika layanan ini ditawarkan, masih ada koneksi logis yang digunakan, tetapi setiap frame dikirimkan secara individual diakui. Dengan cara ini, pengirim mengetahui apakah frame telah tiba dengan benar atau hilang. Jika belum tiba dalam interval waktu tertentu, dapat dikirim lagi. Layanan ini berguna melalui saluran tidak dapat diandalkan, seperti sistem nirkabel (WiFi) adalah contoh yang baik dari kelas ini layanan
12
PEMBINGKAIAN DATA LINK
untuk memberikan layanan kepada lapisan jaringan, lapisan data link harus menggunakan layanan yang disediakan kepadanya oleh lapisan fisik. Apa lapisan fisik yang dilakukan adalah menerima aliran bit mentah dan berusaha untuk mengirimkannya ke tujuan. Jika saluran berisik, karena untuk sebagian nirkabel dan beberapa link kabel, lapisan fisik akan menambahkan beberapa redundansi sinyal untuk mengurangi tingkat kesalahan bit ke tingkat ditoleransi.
13
DATA LINK Namun, aliran bit yang diterima oleh lapisan data link tidak dijamin akan bebas dari kesalahan. Beberapa bit mungkin memiliki nilai yang berbeda dan jumlah bit yang diterima mungkin kurang dari, sama dengan, atau lebih dari jumlah bit yang ditransmisikan. Hal ini sampai ke lapisan data link untuk mendeteksi dan, jika perlu, memperbaiki kesalahan.
14
DATA LINK Putus aliran bit menjadi frame lebih sulit daripada itu pada awalnya muncul. Sebuah desain yang baik harus membuatnya mudah bagi penerima untuk menemukan awal frame baru saat menggunakan sedikit bandwidth saluran. Kita akan melihat empat metode: 1. Byte count. 2. Flag bytes with byte stuffing. 3. Flag bits with bit stuffing. 4. Physical layer coding violations.
15
DATA LINK Metode framing pertama menggunakan lapangan di header untuk menentukan jumlah byte dalam frame. Ketika lapisan data link di tempat tujuan melihat jumlah byte, ia tahu sekarang banyak byte mengikuti dan karenanya di mana akhir dari frame adalah. Teknik ini Tampil pada Gambar. 3-3 (a) untuk empat contoh frame kecil ukuran 5, 5, 8, dan 8 byte, Masing-masing.
16
DATA LINK Masalahnya dengan algoritma ini adalah bahwa hitungan dapat kacau oleh kesalahan transmisi. Misalnya, jika jumlah byte dari 5 di frame kedua dari Gambar. 3-3 (b) menjadi 7 karena sedikit sandal tunggal, tujuan akan keluar dari sinkronisasi. Ini kemudian akan dapat menemukan awal yang benar dari frame berikutnya. Bahkan jika checksum yang salah sehingga tujuan tahu bahwa frame buruk, masih memiliki cara untuk mengatakan di mana frame berikutnya dimulai.
17
DATA LINK Mengirim bingkai kembali ke sumber meminta pengiriman ulang tidak membantu baik, karena tujuan tidak tahu berapa banyak byte untuk melewatkan untuk mendapatkan awal transmisi tersebut. Untuk alasan ini, metode hitungan byte jarang digunakan dengan sendirinya.
18
DATA LINK Metode framing kedua mendapat sekitar masalah sinkronisasi setelah kesalahan dengan memiliki setiap frame awal dan akhir dengan byte khusus
19
DATA LINK Seringkali byte yang sama, yang disebut byte flag, digunakan baik sebagai awal dan akhir delimiter.This byte ditunjukkan pada Gambar. 3-4 (a) sebagai FLAG. Dua byte flag berturut-turut menunjukkan akhir dari satu frame dan awal berikutnya. Dengan demikian, jika penerima pernah kehilangan sinkronisasi hanya dapat mencari dua byte flag untuk menemukan akhir frame dan awal frame berikutnya.
20
Network Layer
21
Network Layer
22
Referensi Tanenbaum, Andrew S,. Jaringan Komputer. Jilid 5. Prenhallindo. Jakarta. 1944
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.