Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehgilang ramadhan gilang Telah diubah "6 tahun yang lalu
2
MERANGKAI MASA DEPAN BANGSA DAUROH MARHALAH I KAMMI IAIN PALOPO Sejarah dan filosofi gerakan KAMMI
3
Kita buka mata, telinga, hati dan perhatian kita untuk melihat negeri yang kita cintai ini, agar semakin tumbuh sifat kebangsaan dan cinta akan perubahan menuju kehidupan yang lebih baik. Indonesiaku… DAUROH MARHALAH I KAMMI IAIN PALOPO
4
Secara konsepsi: Kesempurnaan Ajaran Islam Secara aplikasi : Jati Diri KAMMI DAUROH MARHALAH I KAMMI IAIN PALOPO
5
KAMMI lahir pada 29 Maret 1998 PK.13.00 wib atau bertepatan dengan tanggal 1 Dzulhijah 1418 H yang dituangkan dalam naskah Deklarasi Malang Kelahiran KAMMI mengambil momentum pada pelaksanaan Forum Silahturahmi Lembaga Dakwah Kampus (FS-LDK) X se-Indonesia yang diselenggarakan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) KAMMI lahir didasari sebuah keprihatinan yang mendalam terhadap krisis nasional tahun 1998 yang melanda Indonesia. KAMMI lahir didasari sebuah keprihatinan yang mendalam terhadap krisis nasional tahun 1998 yang melanda Indonesia. Krisis kepercayaan terutama pada sektor kepemimpinan telah membangkitkan kepekaan para pimpinan aktivis dakwah kampus di seluruh Indonesia yang saat itu berkumpul di UMM - Malang. Krisis kepercayaan terutama pada sektor kepemimpinan telah membangkitkan kepekaan para pimpinan aktivis dakwah kampus di seluruh Indonesia yang saat itu berkumpul di UMM - Malang. Sejarah Kelahiran KAMMI
7
Mengapa KAMMI?
8
Mengapa KAMMI??? Formatur memilih nama KAMMI dengan dua pertimbangan (buku panduan acara, musyawarah daerah 1 KAMMI Sumatera Selatan, Palembang 5-6 Desember 1998) yaitu: 1.Sejarah telah membuktikan bahwa gerakan massa yang berhasil di indonesia adalah gerakan yang memiliki basis kultural, kultural di indonesia adalah Islam dan sebagian besar rakyat Indonesia lebih mendengar arahan Ulama’ daripada pemerintah. Karena kata-kata ulamalah yang menjadi legetimasi masyarakat Indonesia untuk ambil bagian dalam sebuah gerakan massa secara lebih jauh tanpa misal. 2. FSLDK Nasional X adalah cara lemahirkan mahasiswa- mahasiswa yang aktif dalam kegiatan ke-Islaman. Adalah suatu yang wajar jika kemudian merumuskan wadah perjuangan menggunakan label Muslim Indonesia tidak Indonesia.
9
Penggunaan nama KAMMI memiliki Lima Konsekuensi, Yaitu: 1. 1. KAMMI harus menjadi kekuatan terorganisir yang menghimpun berbagai elemen mahasiswa muslim baik perseorangan maupun lembaga yang sepakat bekerja dalam format bersama KAMMI (Kesatuan). 2. 2. KAMMI harus membangun gerakan yang berorientasi kepada aksi riil dan sistematis dengan dilandasi gagasan konseptional yang matang tentang reformasi dan pembentukkan masyarakat madani (Aksi) 3. 3. Aktivis KAMMI adalah kalangan mahasiswa dari berbagai strata dan seluruh daerah di Indonesia (Mahasiswa) 4. 4. Kekuatan inti KAMMI adalah kalangan mahasiswa yang memiliki komitmen perjuangan keIslaman dan kebangsaan yang jelas dan benar dan senantiasa menunjukkan akhlakul karimah dalam setiap aktivitasnya (Muslim) 5. 5. Gerakan KAMMI dilandasi pemahaman akan realitas bangsa Indonesia dan berbagai kemajemukannya, sehingga KAMMI akan bekerja untuk kebaikan dan kemajuan bersama rakyat, bangsa dan tanah air Indonesia (Indonesia).
10
Tafsir lambang KAMMI pertama kali di bahas di Muktamar Lampung tepatnya oleh Komisi C. Pembuat draft tafsir lambang KAMMI adalah Yuli Widy Astono yang ketika itu masih menjabat ketua KAMMI Bogor. -Warna Dasar Putih melambangkan kesucian. -Globe Warna Biru Laut melambangkan da’wah universal yang mencakup bumi Allah di manapun kita berada. Dan Peta Indonesia melambangkan komitmen KAMMI dalam mempertahankan NKRI dan untuk mewujudkan Masyarakat Islami di Indonesia. -Tangan Kanan yang Mengangkat Globe melambangkan da’wah KAMMI menggunakan kekuatan dalam mengemban da’wah ini. -Lima Bunga Mawar Warna Merah yang Mengelilingi Tangan melambangkan kelembutan dalam berda’wah dan jumlah Lima Kuntum Bunga Mawar melambangkan Rukun Islam. -Gradasi Warna Hijau melambangkan tahapan – tahapan da’wah KAMMI dalam membumikan ajaran Islam di Bumi Allah. -Tulisan KAMMI bercetak tebal dengan warna hijau tua menjelaskan ketegasan KAMMI sebagai gerakan mahasiswa yang berasaskan Islam. Arti Lambang KAMMI
11
KAMMI adalah LANDASAN FILOSOFIS : VISI KAMMI Wadah perjuangan permanen yang akan melahirkan pemimpin masa depan yang tangguh dalam upaya mewujudkan masyarakat Islami di Indonesia. DAUROH MARHALAH I KAMMI IAIN PALOPO
12
LANDASAN FILOSOFIS : MISI KAMMI 1. Membina keislaman, keimanan, dan ketaqwaan mahasiswa muslim Indonesia. 2. Menggali, mengembangkan, dan memantapkan potensi dakwah, intelektual, sosial, dan politik mahasiswa. 3. Mencerahkan dan meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia menjadi masyarakat yang rabbani, madani, adil, dan sejahtera. 4. Memelopori dan memelihara komunikasi, solidaritas, dan kerjasama mahasiswa Indonesia dalam menyelesaikan permasalahan kerakyatan dan kebangsaan. 5. Mengembangkan kerjasama antar elemen masyarakat dengan semangat membawa kebaikan, menyebar manfaat, dan mencegah kemungkaran (amar ma`ruf nahi munkar). DAUROH MARHALAH I KAMMI IAIN PALOPO
13
PRINSIPNo Kemenangan Islam adalah jiwa perjuangan KAMMI jiwa perjuangan KAMMI1. Kebathilan adalah musuh abadi KAMMI 2. Perbaikan adalah tradisi perjungan KAMMI 3. Kepemimpinan umat adalah strategi perjuangan KAMMI 4. Persaudaraan adalah watak muamalah KAMMI 5. PRINSIP GERAKAN KAMMI DAUROH MARHALAH I KAMMI IAIN PALOPO
14
Sistematika Gerakan KAMMI OntologiDakwah Epistemolo gi Gerakan Aksiologi KAMMI Sistematika Gerakan Mabda’Worldview Kemenangan Islam adalah Jiwa Perjuangan KAMMI Pandangan Hidup KAMMI Kebatilan adalah Musuh Abadi KAMMI FikrahParadigma Solusi Islam adalah Tawaran Perjuangan KAMMI Konsepsi Tawaran Perubahan KAMMI ManhajMetodologi Perbaikan adalah Tradisi Perjuangan KAMMI Pilihan Isu strategis dan Sikap Gerakan KAMMI Kepemimpinan adalah Strategi Gerakan KAMMI Persaudaraan adalah Watak Mu’amalah KAMMI DAUROH MARHALAH I KAMMI IAIN PALOPO
15
KAMMI adalah Gerakan Da’wah Tauhid KAMMI adalah Gerakan Da’wah Tauhid KAMMI adalah Gerakan Intelektual Profetik KAMMI adalah Gerakan Intelektual Profetik KAMMI adalah Gerakan Sosial Independen KAMMI adalah Gerakan Sosial Independen KAMMI adalah Gerakan Politik Ekstraparlementer KAMMI adalah Gerakan Politik Ekstraparlementer PARADIGMA GERAKAN
16
1. Kami adalah orang-orang yang berpikir dan berkendak merdeka. Tidak ada satu orang pun yang bisa memaksa kami bertindak. Kami hanya bertindak atas dasar pemahaman, bukan taklid, serta atas dasar keikhlasan, bukan mencari pujian atau kedudukan. 1. Kami adalah orang-orang yang berpikir dan berkendak merdeka. Tidak ada satu orang pun yang bisa memaksa kami bertindak. Kami hanya bertindak atas dasar pemahaman, bukan taklid, serta atas dasar keikhlasan, bukan mencari pujian atau kedudukan. 2. Kami adalah orang-orang pemberani. Hanyalah Allah yang kami takuti. Tidak ada satu makhluk pun yang bisa menggentarkan hati kami, atau membuat kami tertunduk apalagi takluk kepadanya. Tiada yang kami takuti, kecuali ketakutan kepada-Nya. 2. Kami adalah orang-orang pemberani. Hanyalah Allah yang kami takuti. Tidak ada satu makhluk pun yang bisa menggentarkan hati kami, atau membuat kami tertunduk apalagi takluk kepadanya. Tiada yang kami takuti, kecuali ketakutan kepada-Nya. 3. Kami adalah para petarung sejati. Atas nama al-haq kami bertempur, sampai tidak ada lagi fitnah di muka bumi ini. Kami bukan golongan orang yang melarikan diri dari medan pertempuran atau orang-orang yang enggan pergi berjihad. Kami akan memenangkan setiap pertarungan dengan menegakkan prinsip-prinsip Islam. 3. Kami adalah para petarung sejati. Atas nama al-haq kami bertempur, sampai tidak ada lagi fitnah di muka bumi ini. Kami bukan golongan orang yang melarikan diri dari medan pertempuran atau orang-orang yang enggan pergi berjihad. Kami akan memenangkan setiap pertarungan dengan menegakkan prinsip-prinsip Islam. 4. Kami adalah penghitung risiko yang cermat, tetapi kami bukanlah orang-orang yang takut mengambil risiko. Syahid adalah kemuliaan dan cita-cita tertinggi kami. Kami adalah para perindu surga. Kami akan menyebarkan aromanya di dalam kehidupan keseharian kami kepada suasana lingkungan kami. Hari-hari kami senantiasa dihiasi dengan tilawah, dzikir, saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran, diskusi-diskusi yang bermanfaat dan jauh dari kesia-siaan, serta kerja-kerja yang konkret bagi perbaikan masyarakat.Kami adalah putra-putri kandung dakwah, akan beredar bersama dakwah ini ke mana pun perginya, menjadi pembangunnya yang paling tekun, menjadi penyebarnya yang paling agresif, serta penegaknya yang paling kokoh. 4. Kami adalah penghitung risiko yang cermat, tetapi kami bukanlah orang-orang yang takut mengambil risiko. Syahid adalah kemuliaan dan cita-cita tertinggi kami. Kami adalah para perindu surga. Kami akan menyebarkan aromanya di dalam kehidupan keseharian kami kepada suasana lingkungan kami. Hari-hari kami senantiasa dihiasi dengan tilawah, dzikir, saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran, diskusi-diskusi yang bermanfaat dan jauh dari kesia-siaan, serta kerja-kerja yang konkret bagi perbaikan masyarakat.Kami adalah putra-putri kandung dakwah, akan beredar bersama dakwah ini ke mana pun perginya, menjadi pembangunnya yang paling tekun, menjadi penyebarnya yang paling agresif, serta penegaknya yang paling kokoh. Kredo Gerakan KAMMI
17
5. Kami adalah orang-orang yang senantiasa menyiapkan diri untuk masa depan Islam. Kami bukanlah orang yang suka berleha-leha, minimalis dan loyo. Kami senantiasa bertebaran di dalam kehidupan, melakukan eksperimen yang terencana, dan kami adalah orang-orang progressif yang bebas dari kejumudan, karena kami memandang bahwa kehidupan ini adalah tempat untuk belajar, agar kami dan para penerus kami menjadi perebut kemenangan yang hanya akan kami persembahkan untuk Islam. 5. Kami adalah orang-orang yang senantiasa menyiapkan diri untuk masa depan Islam. Kami bukanlah orang yang suka berleha-leha, minimalis dan loyo. Kami senantiasa bertebaran di dalam kehidupan, melakukan eksperimen yang terencana, dan kami adalah orang-orang progressif yang bebas dari kejumudan, karena kami memandang bahwa kehidupan ini adalah tempat untuk belajar, agar kami dan para penerus kami menjadi perebut kemenangan yang hanya akan kami persembahkan untuk Islam. 6. Kami adalah ilmuwan yang tajam analisisnya, pemuda yang kritis terhadap kebatilan, politisi yang piawai mengalahkan muslihat musuh dan yang piawai dalam memperjuangkan kepentingan umat, seorang pejuang di siang hari dan rahib di malam hari, pemimpin yang bermoral, teguh pada prinsip dan mampu mentransformasikan masyarakat, guru yang mampu memberikan kepahaman dan teladan, sahabat yang tulus dan penuh kasih sayang, relawan yang mampu memecahkan masalah sosial, warga yang ramah kepada masyarakatnya dan responsif terhadap masalah mereka, manajer yang efektif dan efisien, prajurit yang gagah berani dan pintar bersiasat, prajurit, diplomat yang terampil berdialog, piawai berwacana, luas pergaulannya, percaya diri yang tinggi, semangat yang berkobar tinggi. 6. Kami adalah ilmuwan yang tajam analisisnya, pemuda yang kritis terhadap kebatilan, politisi yang piawai mengalahkan muslihat musuh dan yang piawai dalam memperjuangkan kepentingan umat, seorang pejuang di siang hari dan rahib di malam hari, pemimpin yang bermoral, teguh pada prinsip dan mampu mentransformasikan masyarakat, guru yang mampu memberikan kepahaman dan teladan, sahabat yang tulus dan penuh kasih sayang, relawan yang mampu memecahkan masalah sosial, warga yang ramah kepada masyarakatnya dan responsif terhadap masalah mereka, manajer yang efektif dan efisien, prajurit yang gagah berani dan pintar bersiasat, prajurit, diplomat yang terampil berdialog, piawai berwacana, luas pergaulannya, percaya diri yang tinggi, semangat yang berkobar tinggi. Kredo Gerakan KAMMI
18
Strategi Perubahan KAMMI 1. 1. Mewujuudkan pribadi muslim yang di ridhai Allah (Bina’ al-fardli al- muslim) yaitu peribadi muslim yang paripurna, yang penuh dengan moralitas iman,islam,taqwa dan ihsan [al-Baqarah:177] 2. 2. Mewujudkan rumah tangga dan keluarga Islami (bina’ al-usrah al- islamiyah) yang di ridhai Allah, yaitu rumah tangga yang sakinah diliputi mawaddah serta rahmah anugerah ilahi. [Ar-ruum:21]. 3. 3. Mewujudkan masyarakat dan lingkungan Islami (bina’ al-ijtima’i al- islamiyah) yang marhamah, yaitu lingungan yang kondusif dan layak menerima berkah Allah karena warganya yang beriman dan bertaqwa [al-A’raf:96]. 4. 4. Mewujudkan negara (bina’ daulat al-islamiyah) yang diridhai Allah yaitu baldat yang thayyibah dan diliputi magefirah Allah. [Saba’:15]. 5. 5. Mewujudkan peradaban dunia yang di ridhai Allah dengan kepemimpinan Islam atas alam (Ustadziyat al-a’lam), yaitu dunia yang hasanah dan berkesinambungan dengan dunia akhirat yang hasanah.
19
Turunannya perlu diperjelas lagi agar menjadi realistis, berikut diantaranya: 1. 1. Penyebaran wacana dan opini 2. 2. Penanaman Motivasi pada masyarakat 3. 3. Melakukan mobilitasi vertikal dan network antar bidang. Satu catatan lain, bahwa perubahan sebuah sunnatullah untuk melakukan perubahan secara bertahap (tadarruj) seperti halnya menciptakan manusia secara bertahap.
20
Maka KAMMI menyusun dirinya atas unsur-unsur sebagai berikut: 1. Qa’idah ijtima’iyah (basis sosial), yaitu lapisan masyarakat yang simpati dan mendukung perjuangan KAMMI yang meliputin masyarakat umum, mahasiswa, tokoh masyarakat dll. 2. Qoidah al-Harakiyah (basis operasional), yaitu lapisan kader KAMMI yang bergerak ditengah2 masyarakat untuk merealisasikan/mengeksekusi tugas2 dakwah yang telah digariskan KAMMI. 3. Qai’dah fikriyah (basis Konsep), yaitu kader pemimpin yang mampu menjadi tauladan masyarakat, memiliki kualifikasi ilmu dalam bidangnya. 4. Qai’dah siyasiyah (basis kebajikan), kader Ideolog pemimpin gerakan yang menentukan arah gerak dakwah KAMMI, berdasarkan kondisi dan situasi yang berkembang.
21
-Kaderisasi Kepemimpinan Nasional -Nalar Politik, Kebijakan Publik dan Intelektualitas kepemudaan -Membangun Masyarakat Islam -Menumbuhkan Ekonomi Kerakyatan -Hubungan Masyarakat -Melahirkan Muslimah Negarawan Fokus Gerakan KAMMI
22
Khidmatul Ummah DAUROH MARHALAH I KAMMI IAIN PALOPO
23
Advokasi Umat DAUROH MARHALAH I KAMMI IAIN PALOPO
24
Tahapan Sebagaimana Kami telah mengutus kepadamu Rasul di antara kamu yang membacakan ayat-ayat Kami kepada kamu dan mensucikan kamu dan mengajarkan kepadamu Al-Kitab dan Hikmah, serta mengajarkan kepada kamu apa yang belum kamu ketahui. (2:151)
25
INPUT PROSES DAUROH MARHALAH I, II DAN III (Training Kader + Struktur) OUTPUT OUTCOME IMPACT MUSLIM NEGARAWAN ASPEK-ASPEK LAIN ASPEK-ASPEK LAIN
26
GERAKAN DAKWAH YG KOKOH MELAYANI SDM-SISTEM- SRN/PSRN MUSLIM NEGARAWAN DAUROH MARHALAH I KAMMI IAIN PALOPO
27
Muslim Negarawan??? Dalam visi Gerakan KAMMI termaktub visi melahirkan “pemimpin masa depan yang tangguh di Indonesia “. Pertanyaannya, sosok seperti apakah manusia yang tangguh dalam sebuah negara? Imajinasi kita mengenai orang yang kuat dalam konteks sebuah bangsa adalah sosok negarawan. Sehingga perbedaan mendasar antara politisi dan negarawan terletak pada peran-peran perubahannya. Hal yang cukup dari keduanya dibedakan oleh Nukholish Majid (Kalau politisi lebih mementingkan kepentingan diri dan kelompoknya, sedangkan negarawan lebih disibukkan bekerja untuk kepentingan bangsa dan kepentingan generasi masa depannya. Mengingat hal tersebut KAMMI diharapkan dapat melahirkan manusia-manusia yang dapat memikirkan bangsa dan generasi penerusnya di masa depan daripada kepentingsn diri dan kelompoknya.
28
Muslim Negarawan Kompetensi Kritis Ideologi Islam Yang Mengakar Pengetahuan Keislaman Idealis dan Konsisten Kredibilitas Moral Memiliki Basis Pengetahuan dan Pemikiran yang Mapan Wawasan Keindonesiaan Kepakaran dan Profesionalisme Berkontribusi pada Pemeceahan Problematika Umat dan Bangsa Kepemimpinan Pereka Komponen Bangsa pada Upaya Perbaikan Diplomasi dan Jaringan
29
Ada apa dengan
30
Adakah kesamaan antara nilai-nilai KAMMI dengan nilai-nilai yang Anda miliki? Adakah kesamaan antara nilai-nilai KAMMI dengan nilai-nilai yang Anda miliki? Adakah Prinsip-prinsip KAMMI memiliki kesamaan dengan prinsip hidup Anda? Adakah Prinsip-prinsip KAMMI memiliki kesamaan dengan prinsip hidup Anda? Adakah arah perjuangan KAMMI memiliki kesamaan dengan arah perjuangan Anda? Adakah arah perjuangan KAMMI memiliki kesamaan dengan arah perjuangan Anda? Selamat berjuang, dan bekerja untuk dunia dan akhirat. Kita akan bertemu dalam amal. Berlomba-lomba dalam kebaikan Selamat berjuang, dan bekerja untuk dunia dan akhirat. Kita akan bertemu dalam amal. Berlomba-lomba dalam kebaikan Review
31
Wujudkan diri ANTUM sebagai kekuatan transformatif dari nilai dan ajaran Islam di dalam proses pembangunan kembali ummat dan bangsa di berbagai bidang SELAMAT BEKERJA Allah bersama kita. DAUROH MARHALAH I KAMMI PALOPO
32
JAZAKUMULLAH KHAIRAN KATSIRA
33
GILANG RAMADHAN, S.H Masamba, 05 Februari 1996 Alamat : Jl. Andi Nyiwi (Eks. Cakalang Baru) Kota Palopo No. HP: 082393804085 Pendidikan: S1 Jurusan Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah) Fakultas Syariah IAIN Palopo Motto: “Merangkai Kata, Meninggalkan Jejak dan Mimpikan Masa Depan”. Pengalaman Organisasi : Anggota Rohani Islam SMAN 1 Masamba (2012) ; Ketum KAMMI Komisariat IAIN Palopo (2017). BIODATA PEMATERI
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.