Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehSOFIAN ZAKARIA ZAKARIA Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
Menggambar Grafik
2
Anggota Kelompok 1.ANDY TEGUH PRASETYO16010303 2.SOFIAN ZAKARIA16010314 3.FADIL AKBAR16010126 4.M. BUDI R.16010308
3
Pengertian Octave merupakan salah satu perangkat lunak yang sangat membantu kita jika kita ingin menampilkan grafik dari data-data yang kita miliki. Octave memiliki fasilitas powerful untuk melakukan plotting melalui salah satu perangkat lunak open source GNUPLOT. Pada Bab ini, kita akan belajar beberapa materi sederhana tentang penggambaran grafik di Octave. Kita akan menggunakan kata ”plotting” sebagai pengganti kata menggambar.
4
Plotting Dua Dimensi Untuk melakukan plotting dua dimensi, kita cukup menggunakan perintah plot(x,y) dengan x merupakan variabel untuk sumbu x dan y merupakan variabel untuk sumbu y. Coba ketikkan perintah berikut ini di Prompt. >> x=[-5:0.1:5]; >> plot(x,sin(x))
5
Plotting Dua Dimensi Kita dapat memilih warna dan jenis garis untuk grafik yang kita buat. Sebagai contoh, kita dapat menulis perintah berikut. >> plot(x,sin(x),’ro’) Hasil yang diperoleh adalah nampak pada Gambar
6
Plotting Dua Dimensi Notasi ’ro’ menandakan gambar dicetak dengan warna merah (red) dan digunakan lingkaran sebagai penanda kordinat. Warna dan gaya untuk simbnol dan garis di perintah plot dapat dilihat di tabel
7
Hal yang Berkaitan dengan Plotting Dalam membuat grafik, tentunya kita terkadang ingin menampilkan legenda, judul, maupun grid pada grafik tersebut. Kita dapat mengetik perintah-perintah pada Tabel 4 ini di prompt.
8
Hal yang Berkaitan dengan Plotting Contoh Project >> title(’Perbandingan Grafik Sinus dan Cosinus’) >> xlabel(’nilai x’) >> ylabel(’nilai y’) >> grid on >> legend(’sin(x)’,’cos(x)’) Hasil dari perintah tersebut dapat dilihat di Gambar
9
Plotting 3 Dimensi dan Permukaan (surface) Misalkan kita diberikan sebuah fungsi x(t) = sin(t) y(t) = cos(t) dengan 0 ≤ t ≤ 10. Kita dapat menggambar grafik 3 dimensi (t, x, y) dengan perintah sebagai berikut.
10
Plotting 3 Dimensi dan Permukaan (surface) >> x=y=linspace (-8,8,41); >> [X,Y]=meshgrid(x,y); >> Z=sin(sqrt(X.ˆ2+Y.ˆ2))./sqrt((X).ˆ2+(Y).ˆ2); >> surf(X,Y,Z) Hasil dari perintah tersebut dapat dilihat di Gambar Di bawah Perintah meshgrid digunakan untuk membuat grid atau suatu daerah dengan panjang dan lebar sesuai dengan x dan y secara berurutan.
11
Plotting 3 Dimensi dan Permukaan (surface) Selain menggunakan perintah surf, kita juga dapat menggunakan perintah mesh. Hasil permukaan yang menggunakan perintah mesh dapat dilihat di Gambar.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.