Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN 1 & 2. LINGKUNGAN PEMROGRAMAN BAHASA C Akar dari bahasa C adalah BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun Selanjutnya bahasa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN 1 & 2. LINGKUNGAN PEMROGRAMAN BAHASA C Akar dari bahasa C adalah BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun Selanjutnya bahasa."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN 1 & 2

2 LINGKUNGAN PEMROGRAMAN BAHASA C Akar dari bahasa C adalah BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun 1967. Selanjutnya bahasa ini memberikan ide kepada Ken Thompson, yang kemudian mengembangkan bahasa yang disebut bahasa B pada tahun 1970. Perkembangan selanjutnya dari bahasa B adalah bahasa C oleh Dennis Ricthie sekitar tahun 1970-an di Bell Telephone Laboratories Inc. (sekarang adalah AT&T Bell Laboratories).

3 SEJARAH BAHASA C Bahasa C pertama kali digunakan di computer Digital Equipment Corporation PDP- 11 yang menggunakan system operasi UNIX. C adalah bahasa standar, artinya suatu program ditulis dengan versi bahasa C tertentu akan dapat dikompilasi dengan versi bahasaC yang lain dengan sedikit modifikasi. Kepopuleran C membuat versi-versi yang banyak untuk komputer mikro. Untuk menstandarisasikannya maka dibentuk komite pada tahun 1983 yang menetapkan standar ANSI untuk bahasa C.

4 ADAPUN KARAKTERISTIK BAHASA C YAITU: Bahasa C tersedia hampir di semua jenis Komputer Kode bahasa C sifatnya adalah Portabel (dapat digunakan di semua jenis komputer). Bahasa C hanya menyediakan sedikit kata-kata kunci Proses executable program lebih cepat Dukungan pustaka yang banyak Bahasa C adalah pemrograman yang terstruktur dan merupakan bahasa tingkat tinggi, namun dapat pula dikatakan sebagai bahasa tingkat menengah karena mempunyai kemampuan seperti bahasa low level(tingkat rendah).

5 Dasar-Dasar Pemrograman C Suatu bahasa C ditulis dari beberapa elemen, antara lain: Pernyataan Satu atau beberapa ekspresi yang diakhiri dengan tanda titik koma (;). Blok Pernyataan Terdiri dari satu atau beberapa pernyataan yang diawali dengan tanda { dan diakhiri dengan tanda }. Blok pernyataan selalu diawali dengan suatu instruksi. Blok Fungsi Terrdiri dari satu atau beberapa pernyataan yang dirancang untuk melakukan proses tertentu. Blok fungsi dimulai dengan nama fungsi dan diikuti tanda () dan tanda { diakhiri tanda }.

6 CONTOH PENULISAN PROGRAM C

7 KETERANGAN : Pemakaian #include pustaka (library) yang biasa digunakan, yaitu :  conio.h  Tampilan Layar : clrscr(), textcolor(), textbackground(), textattr(),dll.  stdio.h  standartinput/output: clrscr(), printf(), scanf(), puts(), gets(), getch(),cprintf(), dll.  stdlib.h  standart library (akses file / stream) : fopen(), flose(), fread(), fwrite(), fprintf(), fscanf(), dll.  alloc.h/malloc.h  pengalokasian memori (memori dinamis) : malloc(), free(), calloc(), dll Pemakaian Escape Sequnce pada fungsi output (printf(),gets(),dll). Karakter Escape Sequence sering digunakan untuk menampilkan hasil output, seperti mengganti baris, membunyikan bel, dll).

8 Tipe Data Tipe Kapasitas Memori Size (Range)Keterangan char1 byte-128 s/d 127Character int2 byte-32768 s/d 32768Integer (Bilangan) long4 byte -21474386 s/d 21474386 Bilangan Bulat float4 byte3.4E-38 s/d 3.4+38Real presisi tunggal double8 byte1.7E-308 s/d 1.7E+308Real presisi ganda

9 TABEL PENENTU FORMAT DATA DALAM C++ Kode Penentu Format Keterangan %cMenampilkan karakter %d atau %iMenampilkan bilangan integer bertanda dalam desimal %fMenampilkan bilangan float (pecahan) %gMenampilkan bilangan double (pecahan) %sMenampilkan karakter (string) %oMenampilkan bilangan integer tidak bertanda dalam oktal %X Menampilkan bilangan integer tidak bertanda dalam hexsadesimal %uMenampilkan bilangan tidak bertanda (unsigned)

10 Variabel Variabel merupakan suatu pengenal atau identifier yang digunakan untuk memberikan suatu nilai tertentu di dalam pemrograman. Variabel adalah representasi tempat penyimpanan dalam memori komputer bagi nilai dari sebuah tipe tertentu. Besar kecilnya tempat penyimpanan ini bergantung pada tipe value yang disimpan.

11 ATURAN DALAM PENDEKLARASIAN VARIABLE : 1.Variabel dapat dideklarasi dengan menggunakan gabungan huruf dan angka dengan syarat karakter pertama haruslah huruf. 2.Variabel yang dideklarasi tidak boleh menggunakan spasi, apabila ingin menggunakan spasi lebih baik gunakan garis bawah(underscore). 3.Variabel yang dideklarasi tidak boleh menggunakan simbol-simbol khusus seperti : $, &, ?, <, dan sejenisnya. 4.Panjang variable bebas, tetepi yang bisa dikenali hanyalah 31 karakter pertama. Apabila nama variable panjang sebaiknya disingkat, misalnya Nomor induk pegawai disingkat NIP.

12 Karakter Escape KarakterKeterangan \0Karakter NULL (Tulisannya berupa \ dan angka nol) \aKarakter bel atau alert \bKarakter backspace (mundur satu spasi) \fFormfeed (ganti halaman) \nLinefeed (disebut juga newline atau pindah baris) \rCarriage return (menuju kolom pertama, baris yang sama) \tTab horisontal \vTab vertikal \\Karakter \ \’Karakter petik tunggal \”Karakter petik ganda \?Karakter tanda tanya

13 DEKLARASI VARIABEL Deklarasi variabel : Tipe_data nama_variabel; Tipe_data nama_variabel1, nama_variabel2; NoDeklarasiArtiIlustrasI 1int A; Memesan tempat dalam memori komputer ruang sebesar integer (4 byte) dan member nama tempat penyimpanan itu sebagai A. A 2float C; Memesan tempat dalam memori komputer ruang sebesar float (4 byte) dan member nama tempat penyimpanan itu sebagai C. C 3double D; Memesan tempat dalam memori komputer ruang sebesar double (8 byte) dan member nama tempat penyimpanan itu sebagai D. A

14 Deklarasi konstanta Dalam bahasa C++, konstanta dideklarasikan menggunakan preprocessor #define. Contoh: #define phi 3.14 #define NIM “001”

15 Assigmnet Assignment adalah pengesetan suatu variabel dengan value tertentu. Boleh dikatakan bahwa suatu value dari suatu tipe tertentu diletakan ke tempat penyimpanan (memori komputer) yang bernama sesuai dengan variabel. Syarat assignment dapat dilakukan adalah bahwa variabel sudah dideklarasikan terlebih dahulu. Rumus assignment : variabel = value; Contoh : int a ; //deklarasi a = 2; //assignment

16 Sekuens Runtunan (sequence) adalah sederatan intuksi primitif dan/aksi yang akan dilaksanakan (dieksekusi) oleh komputer berdasarkan urutan penulisannya. Ada sequence yang jika diubah urutan intruksi/aksinya akan mempengaruhi eksekusi program, dan ada sequence yang jika diubah urutan intruksi/aksinya akan tetap menghasilkan hasil yang sama.

17 Operator Operator merupakan intruksi khusus yang dikenai untuk variable. Ada beberapa jenis operator, yaitu :  Operator Penugasan  Operator Aritmatika  Operator Pembandingan  Operator Logika  Operator Bitwise  Operator Unary

18 OPERATOR PENUGASANA Operator penugasan dalam bahasa C++ berupa tanda sama dengan atau “=”. Contoh : nilai = 70, A = x * y

19 OPERATOR ARITMATIKA Operator Aritmatika merupakan operator yang digunakan untuk fungsi/operasi matematika, operator aritmatika dasar untuk C dan tanpa proses include : * : untuk perkalian / : untuk pembagian % : untuk sisa hasil bagi (modulus) + : untuk penjumlahan - : untuk pengurangan

20 OPERATOR ARITMATIKA OperatorMaknaContohHasil +penjumlahanprintf(“3 + 4=%d\n”,3+4);3 + 4=7 -penguranganprintf(“10-5=%d\n”,10-5);10-5=5 /pembagianprintf(“15/3=%d\n”,15/3);15/3=5 Pembagian pecah print(“10/5=%2.2f\n”,10.0/5.0);10/5=2.00 *perkalianprintf(“ 5 x 10=%d\n”,5*10);5 x 10=50 %Sisa bagiprintf(“23 mod 10=%d\n”,23%10);23 mod 10=3 Sisa bagiprintf(“3 mod 2=%d\n”,3%2);3 mod 2 = 1

21 OPERATOR PEMBANDING

22 OPERATOR LOGIKA

23

24 Operator Bitwise ⌘ << : Pergeseran bit ke kiri ⌘ >> : Pergeseran bit ke kanan ⌘ &: Bitwise AND ⌘ ^: Bitwise XOR (exclusive OR) ⌘ |: Bitwise OR ⌘ ~: Bitwise NOT

25 Operator Unary Operator Unary merupakan operator yang hanya membutuhkan satu operand saja. Dalam bahasa C++ terdapat beberapa operator unary, yaitu :

26 FUNGSI INPUT SYNTAX :  printf(“…….text………”);  printf(“…….text…%d….”,variable); %d = type data variabel

27 FUNGSI INPUT SYNTAX :  printf(“…….text………”);  printf(“…….text…%d….”,variable); %d = type data variabel

28 PERINTAH MASUKKAN/ INPUT SYNTAK INPUT :  scanf(“ …..%type data”, &variable)  scanf(“%d “,&variabel);  integer  scanf(“%c”,&variabel);  character  scanf(“%s”,&variabel);  string  scanf(“%ld”,&variabel);  long integer / double  scanf(“%f”,&variabel);  float /pecahan  scanf(“%lf”,&variabel);  long float /pecahan digit banyak SYNTAK INPUT KHUSUS HURUF :  gets(variable);

29 PERINTAH OUTPUT TERHADAP INPUT SYNTAX :  printf(“…….text………”);  printf(“…….text…%d….”,variable); %d = type data varibel

30 KOMENTAR Perintah komentar atau keterangan merupakan program yang tidak melakukan eksekusi apa-apa hanya untuk keterangan atau dokumentasi program saja. SYNTAX : /*……komentar di sini……………..*/ Contoh : #include /*…ini hanya tulisan ketergangan program tidak dieksekusi */

31 CONTOH PENGGUNAAN GETS #include main() { char nama[12], alamat[20], kota[12]; clrscr(); /** menghapus layar */ printf("Masukkan Nama Anda = ");gets(nama); /** gets untuk char **/ printf("Masukkan Alamat Anda = ");gets(alamat); /** gets untuk char **/ printf("Masukkan Kota= ");gets(kota); /** gets untuk char **/ printf("======================= \n"); printf("Hasil masukan \n"); printf("Nama Anda adalah = %s \n",nama); /** menampilkan dengan %s **/ /** tanda \n ke bawah **/ printf("Alamat Anda adalah = %s \n",alamat); /** menampilkan dengan %s **/ /** tanda \n ke bawah **/ printf("Kota Anda adalah = %s \n",kota); /** menampilkan dengan %s **/ /** tanda \n ke bawah **/ getch(); }

32 CONTOH PENGGUNAAN SCANF UNTUK ANGKA INTEGER /**** program menggunakan scanf untuk integer ***/ #include main() { int no, nilai; clrscr(); /** menghapus layar */ printf("Masukkan Nomor Anda = ");scanf("%d",&no); /** scanf utk angka **/ printf("Masukkan Nilai Anda = ");scanf("%d",&nilai); /** scanf utk angka **/ printf("======================= \n"); printf("Hasil masukan \n"); printf("Nomor Anda adalah = %d \n",no);/** menampilkan dengan %d **/ /** tanda \n ke bawah **/ printf("Nilai Anda adalah = %d \n",nilai); /** menampilkan dengan %d **/ /** tanda \n ke bawah **/ getch(); }

33 CONTOH SCANF PADA PECAHAN = FLOAT /**** program menggunakan scanf untuk pecahan /float ***/ #include main() { int no; float hasilbagi, nilai; clrscr(); /** menghapus layar */ printf("Masukkan Nomor Anda = ");scanf("%d",&no); /** scanf utk angka **/ printf("Masukkan Nilai Anda = ");scanf("%f",&nilai); /** scanf utk angka**/ printf("======================= \n"); hasilbagi=nilai/2; printf("Hasil masukan \n"); printf("Nomor Anda adalah = %d \n",no);/** menampilkan dg %d **/ printf("Nilai Anda adalah = %f \n",nilai); /** menampilkan dg %f **/ printf("Nilai Hasil bagi = %8.2f \n",hasilbagi);/** menampilkan dg %f **/ //** %8.2f 8 di depan koma dan 2 digit di belakang koma */ getch(); }

34 MENGHITUNG LUAS PERSEGI PANJANG : /**** program menghitung Luas persegi Panjang ***/ #include main() { int panjang,lebar,hasil; clrscr(); printf("Program Hitung Luas Persegi Panjang \n"); printf("=================================== \n"); printf("Masukkan Panjang= "); scanf("%d",&panjang); printf("Masukkan Lebar= "); scanf("%d",&lebar); printf("=================================== \n"); hasil=panjang * lebar; printf("Hasil Perhitungan Luas Persegi Panjang \n"); printf("Luas Persegi Panjang = %d %s \n",hasil, "M persegi"); getch(); }

35 LATIHAN Buatlah program untuk menghitung luas segi tiga (alat * tinggi ) /2


Download ppt "PERTEMUAN 1 & 2. LINGKUNGAN PEMROGRAMAN BAHASA C Akar dari bahasa C adalah BCPL yang dikembangkan oleh Martin Richards pada tahun Selanjutnya bahasa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google