Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehIrwan Johan Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN PADA SMA PASUNDAN 3 BANDUNG
Disusun Oleh : Muhammad Rifky Ruswandi Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Unikom 2012
2
Latar Belakang SMA Pasundan 3 Bandung adalah sebuah sekolah tingkat menengah atas yang terletak di Jl.Kebon jati No.31 Bandung. Untuk melaksanakan kegiatan pendaftran anggota perpustakaan, peminjaman buku, pengembalian buku, pengadaan buku yang masih bersifat pencatatan dalam buku besar dan belum terkomputerisasi, sehingga dalam laporan data anggota, laporan peminjaman buku, laporan pengembalian buku, laporan pengadaan buku kurang efektif dan efisien. Metodologi penelitian yang digunakan dalam pembuatan sistem informasi perpustakaan ini adalah metodologi Prototype yang meliputi identifikasi kebutuhan pemakai, pembuatan prototype, pengujian prototype, evaluasi prototype dan pengembangan versi produksi yang diharapkan dapat membantu dalam perancangan sitem ini. Untuk metode desain penelitian dengan menggunakan metode deskriftif, sedangkan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Alat yang digunakan untuk menggambarkan model sistem adalah berupa diagram alir data (FlowMap), diagram konteks, dan Data Flow Diagram (DFD), serta dalam perancangan basis data menggunakan kamus data, normalisasi, dan Entity Relationship Diagram (ERD). Adapun perangkat lunak untuk perancangan dan implementasi program menggunakan MySQL Server 2000 sebagai server dan database. Kemudian Visual Basic sebagai bahasa pemograman yang digunakan untuk membuat program sistem informasi perpustakaan ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa perancangan sistem informasi perpustakaan di SMA Pasundan 3 Bandung ini dapat membantu petugas perpustakaan dalam mengolah data perpustakaan. Melakukan pengujian terhadap sistem aplikasi dengan menggunakan metode Blackbox. Tahap akhir adalah mengimplementasikan sistem informasi perpustakaan ini yang meliputi implementasi perangkat lunak, perangkat keras, basis data, dan antarmuka dari aplikasi yang dihasilkan.
3
Identifikasi dan Rumusan Masalah
Pengidentifikasi dan rumusan masalah merupakan proses yang boleh dikatakan paling penting karena menentukan ada dan tidak nya permasalahan pada saat penelitian pada SMA Pasundan 3 Bandung, berikut merupakan identifikasi dan rumusan masalah: Identifikasi Masalah Dari pengamatan yang dilakukan, maka dapat diidentifikasi masalah-masalah seabagai berikut: Pada proses pendaftaran anggotanya masih ditulis di dalam buku anggota dan dalam pencetakan kartu anggota masih menggunakan pencatatan pada buku sehingga proses kerja yang ada pada perpustakaan membutuhkan waktu yang cukup lama. Proses pengolahan data peminjaman dan pengembalian buku masih ditulis di dalam buku peminjaman dan buku pengembalian yang masih menggunakan pencatatan pada buku sehingga proses kerja dibutuhkan waktu yang cukup lama dan menjadi tidak optimal. Proses pengadaan buku pada perpustakaan SMA Pasundan 3 Bandung masih dilakukan dengan cara pencatatan dalam pembukuan buku besar, sehingga mudah terjadi penggandaan data. Belum adanya pembuatan laporan mengenai pengembalian buku dan laporan buku yang ada.
4
Rumusan Masalah Dengan teridentifikasinya masalah yang terjadi, maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut : Bagaimana sistem perpustakaan yang berjalan pada SMA Pasundan 3 Bandung tentang pendaftaran anggota, peminjaman dan pengembalian buku, pengadaan buku dan laporan-laporan. Bagaimana merancang atau membangun proses mengimplementasi sistem informasi perpustakaan dalam pengolahan transaksi peminjaman dan pengembalian buku pada SMA Pasundan 3 Bandung Bagaimana perancangan dari sistem informasi perpustakaan pada SMA Pasundan 3 Bandung yang diusulkan. Bagaimana pengujian dari sistem informasi perpustakaan pada SMA Pasundan 3 bandung yang diusulkan.
5
Maksud dan Tujuan Penelitian
Maksud Penelitian Maksud penulis dalam melakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem yang berjalan dilingkungan SMA Pasundan 3 Bandung dan memperbaiki sistem lama kemudian merancang sistem informasi perpustakaan pada SMA Pasundan 3 Bandung. Sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja pada bagian Kurikulum pada sekolah tersebut, serta penggunaan teknologi informasi betul–betul dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh sekolah tersebut. Tujuan Penelitian Untuk menganalisis dan merancang Sistem Informasi yang berjalan pada Perpustakaan di SMA Pasundan 3 Bandung Merancang dan mengembangkan sistem yang sedang berjalan di SMA Pasundan 3 Bandung Untuk mentesting Sistem Informasi Perpustakaan pada SMA Pasundan 3 Bandung agar sistem informasi yang dirancang dapat berjalan dengan optimal dan berjalan sesuai dengan harapan. Untuk mengimplementasikan Sistem Informasi Perpustakaan pada SMA Pasundan 3 Bandung agar dapat menunjang dan mengurangi permasalahan yang ada.
6
Batasan Masalah Mengingat banyak permasalahan yang terdapat dalam lingkup kerja pada perpustakaan SMA Pasundan 3 Bandung, maka permasalahan akan di batasi hanya mencakup pada proses sistem informasi perpustakaan yang meliputi : Pendaftaran anggota dan peminjaman buku hanya dapat dilakukan oleh siswa/i SMA Pasundan 3 Bandung Peminjaman maksimal 2 buku untuk setiap anggota. Pengembalian buku dengan waktu pinjam maksimal satu minggu. Pembuatan laporan-laporan yang diantaranya hanya laporan anggota, data buku peminjaman, pengembalian dan laporan buku, laporan pengadaan & laporan terima buku. Syarat meminjam buku kembali, anggota harus mengembalikan buku sebelumnya bersamaan dengan waktu yang sama. Proses denda keterlambatan buku sehari sebesar Rp 500,- perbuku Proses peminjaman hanya membahas peminjaman perminggu.
7
Flowmap Pendaftaran Anggota yang sedang berjalan
8
Flowmap peminjaman buku yang sedang berjalan
9
Flowmap Pengembalian buku yang sedang berjalan
10
Flowmap pengadaan buku yang sedang berjalan
11
Diagram konteks yang sedang berjalan
12
DFD level 1 yang sedang berjalan
13
DFD level 2 proses 1 pendaftaran anggota yang sedang berjalan
14
DFD level 2 proses 2 peminjaman yang sedang berjalan
15
DFD level 2 proses 3 Pengembalian yang sedang berjalan
16
DFD level 2 proses 4 pengadaan buku yang sedang berjalan
17
DFD level 2 proses 5 membuat laporan yang sedang berjalan
18
Flowmap Pendaftaran Anggota yang diusulkan
19
Flowmap Peminjaman Buku yang diusulkan
20
Flowmap Pengembalian Buku yang diusulkan
21
Flowmap Pengadaan Buku yang diusulkan
22
Diagram Konteks yang diusulkan
23
DFD Level 1 yang diusulkan
24
DFD level 2 proses 1 pendaftaran yang diusulkan
25
DFD level 2 proses 2 update anggota yang diusulkan
26
DFD level 2 proses 3 peminjaman yan diusulkan
27
DFD level 2 proses 4 pengembalian yang diusulkan
28
DFD level 2 proses 5 pengadaan yang diusulkan
29
Kesimpulan Dari hasil pembahasan yang telah di uraikan pada bab-bab sebelumnya, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Dengan adanya sistem informasi perpustakaan berjalan yang dibangun ini, mampu menciptakan efektifitas dan efisiensi dari proses pendaftaran anggota. Dengan adanya sistem informasi perpustakaan yang telah dibangun ini, proses kerja yang dibutuhkan menjadi lebih cepat dan optimal dalam pengolahan data transaksi peminjaman dan pengembalian buku. adanya sistem informasi perpustakaan yang telah terkomputerisasi ini dapat memudahkan petugas perpustakaan dalam proses pengadaan buku karena sudah tidak menggunakan pencatatan dalam pembukuan buku besar sehingga tidak terjadi lagi penggadaan buku. Dengan adanya Sistem informasi perpustakaan yang baru ini memudahkan petugas dalam mengolah data laporan mengenai pengembalian buku dan laporan buku yang sudah ada sehingga memudahkan petugas perpustakaan dalam pembuatan laporan.
30
Saran Adapun saran yang diberikan penulis yaitu sebagai berikut:
Diadakannya Sistem Informasi Perpustakaan Pada SMA Pasundan 3 Bandung sebagai fasilitas sekolah yang bisa membuat sekolahan tersebut menjadi lebih maju dibidang teknologi terutama Sistem Informasi Perpustakaannya. Guna mendukung performa aplikasi yang penulis buat ini, diharapkan agar SMA Pasundan 3 Bandung menyediakan perangkat-perangkat keras pendukung, untuk mensupport agar sistem ini bisa di aplikasikan. Bagi peneliti lain yang akan mengembangkan sistem ini selanjutnya diharapkan agar mampu mengembangkan sistem ini jauh lebih baik dari sebelumnya.
31
Terima Kasih
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.