Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROSEDUR PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROSEDUR PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN"— Transcript presentasi:

1 PROSEDUR PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN
Aristo Rahadi

2 Prosedur Umum Pengembangan Media
Analysis Design Development Implementation Evaluation

3 PROSES PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN
Analisis Kebutuhan Perumusan Tujuan Pengembangkan materi Penyusunan alat ukur pencapaian tujuan Penulisan naskah Evaluasi / Uji coba Revisi ? Pelaksanaan Produksi Ya tidak Siap pakai

4 Proses Pengembangan Media Pembelajaran
Perancangan Penulisan Naskah Evaluasi Perbaikan Produksi Pemanfaatan

5 Unsur Tim Pengembang Media Audio Pembelajaran
Perancang Pembelajaran Penulis Naskah Ahli Materi Ahli Media Produser (sutradara, penata suara, operator)

6 Pertimbangan dalam Pengembangan Media
1. Mengapa ingin membuat program media? 2. Apakah program media yang dibuat akan membantu dalam mencapai tujuan pembelajaran? 3. Untuk siapa program media tersebut dibuat? 4. Bagaimana karakteristik sasaran yang akan menggunakan? 5. Perubahan tingkahlaku apa yang diharapkan setelah mereka menggunakan media? 6. Apa kerugian jika tidak menggunakan media tersebut? 7. Apakah materi tersebut cocok disajikan dalam jenis media tersebut? (Anderson, dkk)

7 Prinsip Pengembangan Dapat mencapai tujuan
Sesuai dengan karakteristik pesdik Memberikan kemudahan bagi pesdik dalam belajar

8 Awal Penulisan:Gali Ide
Segala sesuatu berawal dari ide Tanpa ide tak akan ada kreatifitas dalam penulisan audio Kemunculan ide sulit direncanakan, bisa muncul tiba-tiba dan menghilang seketika Menemukan ide, langkah tersulit dalam menulis audio. Setiap orang berbeda cara menemukan ide

9 Tips Temukan Ide Hargai setiap ide muncul, dari siapapun, kapanpun, di manapun. Banyak baca Jadilah pengamat dan pendengar yang baik Sebagai penulis, jangan pernah berhenti bekerja Brainstorming, curhat, tukar ide Peka gejala yang muncul di sekitar kita

10 Ubah Ide jadi Pesan Pesan: ide yang telah dikomunikasikan dalam bentuk lambang Dalam program audio, lambang hanya berupa : kata-kata verbal, musik dan SFX Perhatikan: isi pesan, lambang pesan, format pesan, sasaran pesan

11 Prinsip Desain Pesan Mengarah tujuan Sesuai audience
Gunakan lambang/bahasa yang telah dimengerti pendengar Sajikan dengan akrab dan interpersonal Susun struktur pesan scr logis, runtut Buat format yang menarik Hemat kalimat, durasi radio sangat berharga.

12 Tahap Perencanaan Penulisan Naskah
Kaji GBIPM dan JM Tentukan format naskah Buat treatment / sinopsis, termasuk setting dan segmentasi Tentukan pemeran / pelaku (Anc, Narr, guru radio, tokoh utama dan tokoh pembantu. Konsultasikan

13 Tahap Penulisan Buat identifikasi program
Tuangkan ide dalam bentuk draft naskah Periksa apakah semua materi/pesan yang ditulis telah cukup mencapai TIK Periksa apakah alur dan bahasa sajian telah mengalir dan interaktif. Uji durasi Konsultasi dan Pengkajian Revisi dan finalisasi

14 MATERI POKOK DAN URAIAN MATERI
POLA DASAR KEGIATAN PEMBELAJARAN (PDKP) CETAK (LKM), DAN NON CETAK (AUDIO, VIDEO DAN MULTIMEDIA) S1 PGSD Mata Kuliah : KAJIAN BAHASA INDONESIA SD Semester/SKS : 2/3 SKS No STANDAR KOMPETSI KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI POKOK DAN URAIAN MATERI MEDIA C A V/SL MM Wkt (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) (9) (10) Mahasiswa mampu menguasai substansi dasar keilmuan dari materi keilmuan Bahasa Indonesia Mampu menjelaskan kaitan hakikat bahasa dengan teori pemerolehan dan perkembangan bahasa …… Mampu menjelaskan hakikat bahasa Mampu ………

15 MEDIA CETAK DAN NON CETAK
GARIS-GARIS BESAR ISI MEDIA (GBIM) MEDIA: AUDIO Mata Kuliah : Kajian Bahasa Indonesia SD Semester/SKS : 2/ 3 sks MEDIA CETAK DAN NON CETAK DAFTAR PUSTAKA JUDUL NOMOR KODE KOMPETENSI DASAR INDIKATOR RINCIAN MATERI (11) (12) (13) (14) (15) (16) Hakikat Bahasa IND.A.1 Mahasiswa mampu menguasai substansi dasar keilmuan dari materi keilmuan Bahasa Indonesia yang mendukung pembelajaran Bahasa Indonesia SD/MI Mampu memberikan contoh-contoh penerapan hakikat bahasa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Ujaran dapat dipandang sebagai simbol verbal dan tulisan: Simbol verbal artinya simbol-simbol bahasa yang digunakan pada peristiwa komunikasi lisan. Untuk itu, pemahaman simbol bahasa dikaitkan dengan bunyi-bunyi suprasegmental, misalnya irama, jeda, tekanan, dan nada. Simbol tulis artinya simbol-simbol bahasa yang digunakan pada kegiatan tulis-menulis.

16 Contoh IDENTIFIKASI PROGRAM
1. Judul/Topik : Berbicara Persuasif 2. Nomor Kode PKBS /15/ 3. Mata Kuliah Pengembangan Keterampilan Berbahasa dan Bersastra 4. Sasaran Mahasiswa PGSD 5. Durasi ± 20 menit 6. Kompetensi Dasar menggunakan bahasa yang baik dan benar untuk memupuk kemampuan berbicara. 7. Indikator 1. Mampu menjelaskan ihwal berbicara persuasif 2. mampu berbicara persuasif 8. Materi Pokok 1. Pengertian Berbicara Persuasif 2. Ihwal berbicara persuasif a. Watak pembicara dan kepercayaan terhadap pembicara. b. Kemampuan mengendalikan emosi c. Kemampuan menyajikan bukti-bukti 3. Contoh berbicara persuasif 9. Penulis 10. Pengkaji Materi 11. Pengkaji Media

17 Terima kasih To insert your company logo on this slide
From the Insert Menu Select “Picture” Locate your logo file Click OK To resize the logo Click anywhere inside the logo. The boxes that appear outside the logo are known as “resize handles.” Use these to resize the object. If you hold down the shift key before using the resize handles, you will maintain the proportions of the object you wish to resize. Terima kasih


Download ppt "PROSEDUR PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO PEMBELAJARAN"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google