Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya"— Transcript presentasi:

1 Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya
Siklus hidup activity pada aplikasi berbasis Android

2 Capaian Pembelajaran Memahami Folder Resources dan isinya
Mampu mengakses Mengenal siklus hidup activity aplikasi berbasis Android. Memahami fungsi state pada siklus hidup activity aplikasi berbasis Android. Membuat aplikasi berbasis Android yang menerapkan pemanfaatan state pada siklus hidup activity aplikasi berbasis Android.

3 Isi Folder Resources (Res)
Directory Deskripsi anim/ Tempat file XML yang berisi definisi property animasi. Lokasi folder: res/anim/ Akses melalui: class R.anim color/ Tempat file XML yang berisi definisi property warna (color). Lokasi folder: res/color/ Akses melalui: class R.color drawable/ Tempat file gambar (.png, .jpg, .gif) atau file XML yang di-compile menjadi bitmap, gambar untuk animasi, dsb. Lokasi folder: res/drawable/ Akses melalui: class R.drawable layout/ Tempat file XML yang berisi definisi layout UI (user Interface) Lokasi folder: res/layout/ Akses melalui: class R.layout menu/ Tempat file XML yang berisi definisi menu aplikasi, seperti, Options Menu, Context Menu, atau Sub Menu. Lokasi folder: res/menu/ Akses melalui : R.menu class

4 Isi Folder Resources (Res)
Directory Deskripsi raw/ Tempat menyimpan sembarang (segala) file dalam bentuk mentah. Untuk membuka file raw: callResources.openRawResource() dengan resource ID: R.raw.namaFile values/ Tempat file XML yang berisi nilai (value), seperti; strings, integers, dan colors. Berikut adalah aturan penamaan file pada directory ini: arrays.xml  resource arrays, diakses melalui: class R.array integers.xml  resource integers, diakses melalui: class R.integer bools.xml  resource boolean, diakses melalui: class R.bool colors.xml  color values, diakses melalui: class R.color dimens.xml  dimension values, diakses melalui: class R.dimen strings.xml  string values, diakses melalui: class R.string styles.xml  styles, diakses melalui: class R.style xml/ Tempat menyimpan berbagai file konfigurasi dala bentuk XML yang dapat dibaca saat runtime. Untuk membaca file XML: Resources.getXML()

5 Mengakses Resource dari Code Java
Saat aplikasi android di-compile, class R akan dibuat, class R ini akan berisi semua ID resource yang ada di dalam directory res/ (termasuk subfoldernya). Dengan demikian kita dapat mengakses resource dengan : Menggunakan class R disertai sub-derectory dan nama resource-nya (nama file maupun name pada tag), contoh: R.drawable.gambarLogo Artinya: mengakses file gambarLogo yang berada pada directory res/drawable/ Menggunakan class R disertai dengan resource ID-nya, contoh: R.id.setinganGambar Artinya: mengakses nilai yang didefinisikan dengan ID setinganGambar pada file yang terdapat di dalam folder res/ atau res/sub-directory/ ImageView imageView = (ImageView) findViewById(R.id.myimageview); imageView.setImageResource(R.drawable.myimage);

6 Mengakses Resource dari Code Java
Contoh: ImageView imageView = (ImageView) findViewById(R.id.myimageview); imageView.setImageResource(R.drawable.myimage); Contoh: Misal suatu file Strings.xml berisi definisi seperti berikut: <?xml version="1.0" encoding="utf-8"?> <resources> <string name="hello">Hello, World!</string> </resources> Mengakses nilai yang ada pada id msg TextView msgTextView = (TextView) findViewById(R.id.msg); msgTextView.setText(R.string.hello); Mengakses nilai pada tag string dengan name:hello

7 Mengakses Resource dari XML
Contoh: Misal suatu file strings.xml; <resources> <string name="pesan">Pesan ini diambil dari di Strings.xml</string> </resources> dan colors.xml : <resources> <color name="colorPrimary">#3F51B5</color> <color name="colorPrimaryDark">#303f9f</color> </resources> Untuk mengakses nilai tsb di atas dari tag TextView pada activity.xml: @string/pesan , artinya: lokasi nilai ada di tag string dengan name: pesan <TextView android:layout_width="wrap_content" android:layout_height="wrap_content" android:layout_centerVertical="true" android:layout_centerHorizontal="true" /> @color/colorPrimaryDark , artinya: lokasi nilai ada di tag color dengan name: colorPrimaryDark

8 Siklus Hidup Activity

9 State pada Siklus Hidup Activity
Aplikasi android merupakan aplikasi yang siklus hidupnya memiliki beberapa state (kondisi). Berdasarkan diagram siklus hidup aplikasi android di atas diketahui terdapat beberapa method utama terkait state (kondisi) dari activity yang ada pada aplikasi android: onCreate() onStart() onResume() onPause() onStop() onRestart() onDestroy() Berikut adalah state lainnya yang tidak memiliki method: 8. Activity is shutdown 9. Process is killed

10 Log untuk Debug State Activity
Sistem Android menggunakan sistem terpusat untuk setiap log. Log ini juga bisa digunakan untuk mengetahui state suatu activity pada siklus hidup activity. Berikut yang harus dilakukan untuk mengakses log: Import class Log Import android.util.Log; Buat di dalam class field TAG (penanda) agar log mudah dikenali Pivate static final String TAG="Augury"; Pada method state yang ingin dideteksi, tambahkan method Log berikut Log.i(TAG, "tuliskan nama state disini");

11 Contoh Log untuk Debug State Activity
import android.util.Log; public class MainActivity extends Activity { private static final String TAG = "KataAugury"; @Override protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) { super.onCreate(savedInstanceState); setContentView(R.layout.activity_main); Log.i(TAG, "Method onCreate Jalan"); } @Override protected void onStart() { super.onStart(); Log.i(TAG, "Method onStart Jalan"); }

12 Monitor Log di Konsol Untuk memonitor log, gunakan konsol android monitor. Akan tampil Konsol seperti di bawah ini: Click Android Monitor pada tab paling bawah di IDE Click dan pilih Edit Filter Configuration, akan tampil dialog spt pada slide berikut ini. Click dan pilih Info pada Monitors, sesuai method Log yang kita gunakan. Dalam hal ini info, karena kita menggunakan Log.i( )

13 Monitor Log di Konsol Dialog yang tampil setelah pilih Edit Filter Configuration: Isi dengan String yang kita isi pada field string TAG. Misal data field: private static final String TAG = "KataAugury"; Nama filter yang akan kita buat

14 Monitor Log di Konsol Dialog yang tampil setelah pilih Edit Filter Configuration: Pilih nama filter yang sebelumnya kita buat Tampilan konsol sesuai filter yang kita tentukan, yaitu; hanya menampilkan info yang mengandung kata: KataAugury

15 Activity State Monitor saat activity pertama kali jalan:
… com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onCreate Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onStart Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onResume Jalan Monitor kalau tombol home ditekan, meninggalkan Activity: … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onCreate Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onStart Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onResume Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onPause Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onStop Jalan

16 Activity State Monitor saat activity dijalankan lagi melalui menu history aplikasi: … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onCreate Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onStart Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onResume Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onPause Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onStop Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onRestart Jalan Monitor kalau tombol back ditekan, keluar dari Activity: … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onCreate Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onStart Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onResume Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onPause Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onStop Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onRestart Jalan … com.contoh.augury.aplikasi2 I/KataAugury: Method onDestroy Jalan

17 TIPS - Log untuk Debug State Activity
Sistem Android menggunakan sistem terpusat untuk setiap log. Log ini juga bisa digunakan untuk mengetahui state suatu activity pada siklus hidup activity. Berikut yang harus dilakukan untuk mengakses log: Import class Log Import android.util.Log; Buat di dalam class field TAG (penanda) agar log mudah dikenali Pivate static final String TAG="Augury"; Pada method state yang ingin dideteksi, tambahkan method Log berikut Log.i(TAG, "tuliskan nama state disini");

18 Log Method Method yang bisa digunakan pada log: Log.v()  verbose
Segala sesuatu hal akan di-log Log.d()  debug Untuk keperluan debug (nilai variable akan di-log) Log.i()  info Untuk me-log informasi yang diperlukan, contoh; menampilkan informasi sukses saat koneksi ke server berhasil. Log.w()  warning Untuk me-log warning Log.e()  error Untuk me-log error Log.wtf()  what a terrible failure Untuk me-log kesalahan yang benar-benar parah

19 TIPS - Auto Generate Method
Alt+Insert Akan tampil menu seperti dibawah, kemudian pilih method yang ingin di auto generate.

20 Terima Kasih

21 Referensi Android Tutorial: Simply Easy Learning by tutorialspoint.com
TheNewBoston YouTube Playlist: Android App Development for Beginners Playlist.


Download ppt "Mobile Programming Folder Resources (Res) dan tata kelolanya"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google