Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Bapak/ibu Bergabung Di Materi
Terima Kasih Bapak/ibu Bergabung Di Materi Pengembangan Media pembelajaran
2
Siklus Pengembangan Media
Perencanaan Pengembangan Policy Implementasi Penilaian
3
Bagaimana Orang dewasa Belajar?
Kesadaran Diri Arahkan diri sendiri Mandiri (status dan Peran)
4
Akrab Istilah yang Mirip
Media Segala sesuatu yang dapat mengantar kan Pesan dari pengirim kepada penerima Sumber Belajar Segala sesuatu yang dapat menghasilkan Pesan sebagai bahan/obyek kajian dalam pembelajaran Bahan Ajar Segala sesuatu yang berisi pesan yang Dimanfaat dalam pembelajaran (materi )
5
M E D I A "between" APA? TUJUAN?
MEDIA-MEDIUM: Cara berkomunikasi dari sumber ke penerima (Smaldino, 2005:9) "between" APA? LATIN: “BETWEEN” PENGHANTAR/PERANTARA/MEMFASILITASI. Perantara pesan dari komunikator ke komunikan MEDIA KOMUNIKASI TUJUAN? Media Pembelajaran: Segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan, merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong proses belajar.
6
A A1 B A
7
PERANAN MEDIA MENGATASI BATAS-BATAS RUANG KELAS MENGATASI PERBEDAAN
(OBYEK TERLALU KECIL, TERLALU BESAR, BERGERAK TERLALU CEPAT ATAU LAMBAT, KOMPLEKS, BUNYI HALUS, RINTANGAN GEOGRAFIS, DSB) MENGATASI PERBEDAAN PENGALAMAN PRIBADI SISWA INTERAKSI LGS SISWA DENGAN LINGKUNGAN MEMBERI PENGALAMAN INTEGRAL DAN KOMPREHENSIF KESERAGAMAN PENGAMATAN PERANAN MEDIA MENANAMKAN KONSEP DASAR DENGAN BENAR DAN KONGKRIT MEMBANGKITKAN MOTIVASI DAN MERANGSANG BELAJAR MEMBANGKITKAN KEINGINAN DAN MINAT BARU
8
LANDASAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN & SUMBER BELAJAR
PENGALAMAN BELAJAR ABSTRAK KONKRIT
9
PENGALAMAN BELAJAR (EDGAR DALE)
75 % MATA 13 % TELINGA 12 % LAINNYA
10
PENGALAMAN BELAJAR (GEORGE WILSON)-----------------(HARGINSON)
10% DARI YG DIDENGAR 50% DARI YG DILIHAT 60% DARI YG DIKATAKAN 90% DARI YG DILAKUKAN 82 % MATA 12 % TELINGA 6 % LAINNYA
11
BELAJAR TERJADI DENGAN: (Magnesen)
MEMBACA 10 % MENDENGAR 20 % MELIHAT 30% MELIHAT DAN MENDENGAR 50% MENGATAKAN 70% MENGATAKAN SAMBIL MENGERJAKAN 90%
12
Prinsip Media Pembelajara
1. Mudah 2. Murah SK KD 7 M Media Pembelajaran Media Pembelajaran. 3. Menarik 4. Mempan 5. Mustajab 6. Manfaat 7. Menstimulasi Materi 13 - Sosialisasi/Pelatihan Depdiknas 2006
13
Klasifikasi Media DIRANCANG (BY DESIGN)
Media yang dipersiapka untuk menyampai pesan (papan panel, Alat peraga, kartu, gambar, komputer, TV dsb) DIMANFAATKAN (BY UTILIZATION) Media yang dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan (lingkungan sekitar, aktivitas, pekerjaan, benda-disekitar)
14
Jenis-Jenis Media Audio Cetak Audio-Cetak Proyeksi visual diam
Proyeksi audio visual diam Audiovisual gerak Obyek Fisik : benda nyata Manusia dan lingkungannya Elektronika (komputer)/multimedia
15
1950 Saat ini 1980 TREND MEDIA Text (buku) Media Gerak (film) Obyek
Audio phonograph Obyek (benda nyata, model) Visual (photo, slide, film strip) TREND MEDIA 1950 Saat ini Digital video interactive Desktop publishing audio Virtual reality CD-ROM 1980
17
Pertimbangan Pemanfaatan Media
Karakteristik Warga belajar; jenis kelamin, pekerjaan, kebutuhan, kecakapan/ kemampuan awal Tujuan pembelajaran Materi pembelajaran Metode pembelajaran Kondisi pembelajaran
18
Alur pemanfaatan media
Materi pemb. Tujuan pemb. Karakteristik Metode pemb. kondisi pemb. Media
19
Contoh: pemanfaatn media
WB : ibu-ibu rumah tangga di desa Tujuan : wb mampu membaca, menulis, berhitungan dan berbahasa indonesia dengan baik. Materi : aktivitas kehidupan rumah tangga (tema: bumbu masak di dapur) . metode ; Ceramah, peragaan, tutorial, . Kondisi: pemanfaatan jenis bumbu dapur - Media : Gambar, benda kongkrit,
20
Pemanfaatan bumbu masak di dapur
Menulis dan membaca : menulis jenis-jenis ,warna-warnanya, baunya, manfaatnya, bentuknya bumbu dapur Berhitung : menjumlahkan barang-barang Berbahasa: menyusun kalimat dari unsur- unsur tersebut
21
Contoh Media Gambar:
22
Mohon ceritakan/tulis
B C APA YANG BAPAK/IBU DENGAR TADI MALAM APA YANG BAPAK/IBU LIHAT TADI MALAM APA YANG BAPAK/IBU LAKUKAN TADI MALAM
24
Rancangan Produksi Alat Permainan
Nama alat permainan: Sasaran :anak klp apa? Aspek yg akan dikembangkan/fungsi Tema yang dikembangkan Bahan dan alat Cara/langkah pembuatan Gambar/sketsa Cara Penggunaan
25
Selamat berprestasi dan berkarya
Semoga Sukses Dalam Memberdayakan masyarakat
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.