Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

YENY SALKINA DOSEN: Prof. Ir. Nawawiy Loebis, M. Phil, Ph. D.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "YENY SALKINA DOSEN: Prof. Ir. Nawawiy Loebis, M. Phil, Ph. D."— Transcript presentasi:

1 YENY SALKINA 160406030 DOSEN: Prof. Ir. Nawawiy Loebis, M. Phil, Ph. D

2 Revolusi Perancis adalah masa dalam sejarah Perancis antara tahun 1789 dan 1799 di mana golongan demokrat dan pendukung republikanisme menjatuhkan monarki absolut di Perancis dan memaksa Gereja Katolik Roma menjalani restrukturisasi yang radikal. Meski Perancis kemudian akan berganti sistem antara republik, kekaisaran, dan monarki selama 75 tahun setelah Republik Pertama Perancis jatuh dalam kudeta yang dilakukan oleh Napoleon Bonaparte, Revolusi Perancis pun dimulai pada tahun 1789 dengan diadakannya pertemuan Etats-Généraux pada bulan Mei. Revolusi Perancis telah menimbulkan dampak yang mendalam terhadap perkembangan sejarah Modern. Pertumbuhan republik dan demokrasi liberal, menyebarnya sekularisme, perkembangan ideologi modern, dan penemuan gagasan perang total adalah beberapa warisan Revolusi Perancis.

3 Sebagian besar sejarawan berpendapat bahwa sebab utama Revolusi Perancis adalah ketidakpuasan terhadap Ancien Régime. Lebih khusus, para sejarawan juga menekankan adanya konflik kelas dari perspektif Marxis; hal yang umum terjadi pada akhir abad ke-19. Perekonomian yang tidak sehat, panen yang buruk, kenaikan harga pangan, dan sistem transportasi yang tidak memadai adalah hal-hal yang memicu kebencian rakyat terhadap pemerintah. Sistem keuangan Perancis terpuruk dan kerajaan tidak mampu menangani utang negara yang besar. Karena dihadapkan pada krisis keuangan ini, itu, keluarga kerajaan hidup nyaman di Versailles dan terkesan acuh tak acuh terhadap krisis yang semakin meningkat. Meskipun secara teori pemerintahan Raja Louis XVI berbentuk monarki absolut, namun dalam prakteknya ia sering ragu-ragu dan akan mundur jika menghadapi oposisi yang kuat.

4 Faktor lainnya yang dianggap sebagai penyebab Revolusi Perancis adalah kebencian terhadap pemerintah, yang muncul seiring dengan berkembangnya cita-cita Pencerahan. Ini termasuk kebencian terhadap absolutisme kerajaan; kebencian oleh masyarakat petani, buruh, dan kaum borjuis terhadap hak-hak istimewa yang dimiliki oleh kaum bangsawan; kebencian terhadap Gereja Katolik atas pengaruhnya dalam kebijakan publik dan di lembaga-lembaga negara; keinginan untuk memperjuangkan kebebasan beragama; kebencian para pendeta perdesaan miskin terhadap uskup aristokrat; keinginan untuk mewujudkan kesetaraan sosial, politik, ekonomi, serta (khususnya saat Revolusi berlangsung) republikanisme; kebencian terhadap Ratu Marie Antoinette, yang dituduh sebagai seorang pemboros dan mata-mata Austria; serta kemarahan terhadap Raja karena memecat bendahara keuangan Jacques Necker, salah satu orang yang dianggap sebagai wakil rakyat di kerajaan.

5 Proses pertama yaitu Etats Generaux proses ini yaitu dibuka kembali DPR Dewan Permusyawaratan Rakyat pada tanggal 5 Mei 1789. Dalam proses ini kemudian dilakukan persidangan yang menimbulkan polemik perbedaan suara antara golongan I dan II dengan III. Pada tahap ini, golongan III yang merasa ditindas semakin bertambah semangat dan percaya diri. Proses selanjutnya yaitu pada tanggal 17 Juni 1789 golongan III membentuk dewan nasional atau bisa disebut Assemblee Nationale. Proses revolusi Perancis selanjutnya yaitu pada tanggal 20 Juni tahun 1789 dewan nasional tersebut bersumpah bahwa tidak akan bubar sebelum Perancis memiliki Undang Undang Dasar (UUD). Selanjutnya dewan tersebut menamakan dirinya sebagai Constituante. Kemudian setelah UUD selesai dibentuk, Constituante dibubarkan dan selanjutnya diganti dengan Legislatif, tepatnya terjadi pada tahun 1791.

6 Setelah badan Legislatif terbentuk, kemudian muncul pertentangan antara kelompok Montagne dan kaum Borjuis. Pertentangan tersebut dimenangkan oleh kaum Montagne sehingga sistem kerajaan dihapus dan digantikan menjadi Republik pada tahun 1972. Akibat pergantian tersebut, raja Louis XVI dikenai hukuman mati. Sejarah revolusi Perancis mengalami puncaknya pada masa Napoleon Bonaparte. Ia berhasil membentuk pemerintahan baru di Perancis dengan kekuatan militer yang begitu kuat setelah berhasil membubarkan kekuasaan Directeur. Napoleon kemudian membentuk pemerintahan baru yang sering disebut dengan Consulat.

7 1. Dampak Revolusi Prancis bagi Prancis a. Dampak di Bidang Politik 1) Undang-undang merupakan kekuasaan tertinggi 2) Timbulnya ide republik. 3) Berkembangnya paham demokrasi modern. 4) Munculnya rasa nasionalisme. 5) Munculnya aksi revolusioner untuk menggulingkan kekuasaan absolut raja. 6) Liberalisme semakin berkembang. b. Dampak di bidang Ekonomi 1) Petani menjadi pemilik tanah. 2) Sistem pajak feodal dihapuskan. 3) Sistem monopoli dihapuskan. 4) Timbulnya industri besar.

8 c. Akibat di Bidang Sosial 1) Penghapus feodalisme. 2) Susunan masyarakat baru. 3) Pendidikan dan pengajaran merata disemua lapisan masyarakat 4) Code napoleon didasarkan atas hak asasi manusia dan di sesuaikan dengan keadaan prancis pada waktu itu. d. Perkembangan Teknologi dan Sains Perkembangan Teknologi dan Sains ( IPTEK ) pada abad 18 sebenarnya dipengaruhi oleh munculnya berbagai penemuan dan ilmuwan yang muncul. Penemuan mereka tidak hanya berpengaruh pada abad dimana mereka dilahirkan tetapi pada abad- abad setelahnya. Contoh penemuan yang hingga sekarang masih dipakai dalam kehidupan sehari-hari adalah baterai yang ditemukan oleh Alessandro Volta di tahun 1778, sepeda, piano, air berkarbonasi ( coca – cola, sprite ) dan yang paling penting adalah penemuan zona waktu 24 jam yang digunakan hingga sekarang.

9 f. Perkembangan Musik Gaya Galante adalah persamaan dari Rokoko dalam sejarah musik, berada di antara Barok dan Klasik, dan sulit untuk mengartikan kata-katanya. Gaya musik rokoko sendiri dikembangkan dari musik Barok, khususnya di Perancis. Bisa dijelaskan sebagai musik yang intim dengan penghalusan berbagai bentuk aransemennya. Contohnya meliputi karya Jean Philippe Rameau dan Louis- Claude Daquin Musik yang benar-benar instrumental dibuat oleh 2 orang ahli terompet,yaitu Michel Blavet dan Bodin de Boismortier. 30 tahun terakhir abad 18 di Paris,musik perancis didominasi oleh musik italia dan jerman sehingga dapat dikatakan musik perancis menghilang sampai saat dimana opera musik mulai berkembang. Pencetus musik ini antara lain Philidor,Monsigny dan Liégeois Gétry.

10 2. Akibat Revolusi Prancis bagi Dunia Internasional Bidang Politik Pengaruhnya dalam bidang Politik, antara lain adalah sebagai berikut: Berkembangnya paham liberalisme (kebebasan). Liberalisme adalah paham kebebasan yang berhasil mengahpuskan kekuasaan mutlak (absolut) di daratan Eropa. Berkembangnya paham berkebangsaan (Nasionalisme). Nasionalisme adalah paham kebangsaan yang berusaha menentang segala bentuk penjajahan Berkembangnya perlindungan hukum (The Rule of Law). Berkembangnya sisitem demokrasi dan bentuk republik. Berkembangnya paham kesamaan derajat. Revolusi Perancis diarahkan pula pada usaha-usaha menghapuska diskrimanasi dalam kedudukan, status sosial, agama, dan warna kulit. Bidang Sosial-Ekonomi Pengahapusan perbudakan karena tidak sesuia dengan perikemanusiaan dan perikeadilan Pemungutan pajak dilakukan secara adil dan merata. Menghapus diskriminasi dalam masyarakat Penghapusan sistem monopoli dalam perdagangan

11 Prancis pernah menjajah Belanda, padahal Belanda sendiri pada saat itu sedang menjajah Indonesia. Pada saat Belanda dipimpin oleh Louis Napoleon (seorang raja dari Prancis) ia mengatakan Herman Willem Daendels untuk memerintah di Indonesia dan mempertahankan pulau Jawa dari serangan Inggris. Oleh karena itu, ketika Prancis mengalami revolusi, hal itu berpengaruh terhadap situasi di Belanda, bahkan ke Indonesia. Hal itu terlihat dengan dihapuskannya tanam paksa oleh kaum liberal, mulai dilaksanakannya penanaman modal swasta di Indonesia, makin banyak digunakan sarana produksi dan usaha-usaha produksi, serta dikeluarkannya Undang-Undang Agraria (1870). Pelaksanaan liberalisme di Indonesia menimbulkan penderitaan rakyat. Namun, dalam perkembangannya paham ini menimbulkan semangat nasionalisme untuk mengusir penjajah. Paham-paham yang muncul pasca revolusi Prancis memberikan pengaruh yang cukup kuat bagi pergerakan nasional Indonesia. Hal itu terlihat dengan semakin berkembangnnya semangat nasionalisme, bahkan berhasil membina rasa persatuan dan kesatuan Indonesia. 3. Pengaruh Revolusi Prancis bagi Indonesia

12 Rococo, adalah nama dari sebuah arsitektur yang berkembang pada abad 18,perkembangan seni dan arsitektur pada abad pencerahan ini sebenarnya dimulai setelah “ Barok Akhir “, yang berkembang ketika seniman Barok mulai meninggalkan gaya simetris dan memulai dengan gaya yang lebih simetris dengan penambahan bunga dan tanaman,ornamen – ornamen kecil, hiasan patung kecil, cermin penuh ornamen dan permadani penuh melengkapi arsitektur,dinding yang penuh dengan cat warna. Gaya ini banyak digantikan oleh gaya Neoklasik. Definisi dari arsitektur Perancis sebenarnya sangat luas. Arsitektur Perancis atau French Architecture sebenarnya juga merupakan nama lain dari arsitektur Gotik. Hal ini dikarenakan arsitektur Gotik lahir dan muncul pertama kali di Perancis. Karena itulah, sebagian besar bangunan-bangunan di Perancis bergaya Gotik.

13 ARSITEKTUR ROCOCO Arsitektur Rokoko merupakan langgam arsitektur terutama yang menekankan pada bagian interior dan seni dekoratif. umumnya interior sangat ciamik,sementara eksterior cenderung biasa saja.Berkembang di Prancis sekitar 1700 hingga 1780, ekspresi yang ditonjolkan oleh Rokoko adalah langgam formal gedung pemerintahan masa transisional periode pencerahan. Arsitektur Rokoko memperhalus langgam abad 17 sebelumnya yang keras dan gagah menjadi langgam yang lebih elegan, khas selera abad 18. Kata Rokoko kemungkinan berasal dari kata Bahasa Prancis, rocaille dan coquille (karang dan kerang), bentuk alami yang populer di Italia masa barok, khususnya pada dekorasi interior maupun taman. ciri&ciri yang diusung bangunannya: warna-warna terang dan kuat digantikan oleh warna-warna pastel. Permainan cahaya difus melingkupi interior bangunan. Permukaan yang kasar digantikan oleh yang lebih halus dengan penekanan hanya pada titik-titik tertentu. struktur dari bangunan diringankan, untuk memberi kesempatan interior lebih berbicara. Memainkan imajinasi pengguna bangunan melalui detail-detail yang halus namun rumit. Masuknya unsur-unsur detail dari dunia timur, khususnya cina dan Arab. ciri lengkung, kurva, asimetri. Patung dekoratif serta lukisan yang menyatu dengan struktur.

14 Tokoh arsitektur Rococo adalah seniman Italian-swiss seperti Bagutti dan Artari sedangkan arsitek James Gibbs, dan saudara kali-lakinya Franchini bekerja di Irlandia sebagai arsitek dekorasi rumah gaya rokoko. Gaya rokoko ini biasa ditemukan juga di Versailles, dan gaya ini membentang disepanjang paris terutama Hotel Soubise. Di negara Jerman, Perancis dan seniman Jerman ( Cuvillies, Neumann, Knobelsdorff, dll.) juga mendembangkan gaya rokoko. Beberapa tempat berkembangnya gaya rokoko adalah Amalienburg dekat Munich, dan perbentengan wurzburg, Potsdam,charlottenburg, Bruhl, Bruchsal, kesunyian (Stuttgart), dan schonbrunn. Desain meja gaya rokoko oleh Juste-Aurèle Meissonnier, Paris tahun 1730

15 Di Perancis, arsitektur Gotik dapat banyak dijumpai pada kastil, gereja dan katedral. Salah satu contoh dari basilika Gotik di Perancis adalah Basilika Saint Denis. Selain pada gereja, arsitektur Gotik juga banyak digunakan pada istana, dan salah satu yang terkenal adalah Palais des Papes di Avignon. Sebenarnya sebelum muncul arsitektur Gotik, arsitektur Perancis banyak didominasi oleh arsitektur Romawi seperti kebanyakan wilayah di Eropa lainnya. Setalah revolusi industri, banyak bangunan di Perancis yang berubah menjadi gaya Neoklasik. Salah satu contoh bangunannya adalah Pantheon Paris atau Capitole de Toulouse. Palais des Papes di Avignon Capitole de Toulouse

16 Prancis mulai mulai mengalami dilema ketika proto-sosialsime lahir karena masih banyak pula borjuis lain yang lebih menyukai proto-kapitalisme. Masalah ideologi dan selera desain menjadi isu hangat dan ketika arsitektur barok dan arsitektur rokoko membumi maka munculah arsitektur neo-klasik khas Prancis yang masih menginginkan idealisme renaisans-klasik. Arsitektur neo-klasik kali ini memang lahir untuk menandingi arsitektur barok dan rokoko, lebih layaknya masa renaisans yang lahir untuk menandingi arsitektur gotik. Arsitektur neo-klasik kembali mengambil kosakata arsitektur klasik yang dinilai lebih teratur dan tidak berlebihan. Arsitektur neo-klasik yang berkembang di Prancis murni perkembangan dari masa renaisans. Langgam yang nantinya menjadi arsitektur prancis ini memiliki 3 karakter yang berbeda dalam perkembangannya. Classical revival style adalah arsitektur neo-klasik yang murni mengadopsi kosakata arsitektur klasik mulai dari bentuk, ornament, hingga fungsi Paris Pantheon, Prancis Royal Saltworks at Arc-et-Senans, Prancis

17 Geometrical style adalah permainan rasio yang lumrah di arsitektur klasik dan arsitektur neo-klasik yang satu ini tidak menelan mentah-mentah kosakata arsitektur klasik namun mempermainkan geomerti klasik dalam karya-karyanya Rotonde de la Villette, Prancis Château de Louveciennes, Prancis Neo-palladian style adalah perkembangan dari gaya palladian di era klasik karya Andrea Palladio yakni bentuk bangunan mengikuti arsitektur klasik yang melebar bahkan memiliki 'sayap' dengan kepala bangunan di tengah tidak seperti bangunan klasik pada umumnya yang memanjang dengan kepala bangunan di depan dan arsitektur neo-klasik ini memakai bentuk palladian namun dibumbui dengan kosakata arsitektur baru sehingga menjadi langgam baru (neo-palladian). Château de Bénouville, Prancis

18 Ciri-ciri arsitektur Neoklasik antara lain : Garis-garis bersih, elegan, penampilan yang rapi (uncluttered) Simetris Kolom-kolom yang berdiri bebas Kuil dianggap sebagai bentuk paling murni dari arsitektur klasik. Kolom pada kuil benar-benar berfungsi untuk menopang bangunan (bukan dekorasi). Garis atap umumnya datar dan horisontal Proporsi klasik pada eksterior sangat penting dimana pintu dan jendela tidak mengurangi kesempurnaan nilai- nilai arsitektur klasik meskipun diletakkan di belakang kolom-kolom depan. Di Perancis dan Italia tradisi taman formal berdasar pada pola-pola geometris dipertahankan, sedangkan di Inggris taman lebih luwes atau lebih meniru alam (membuat alam dengan skala lebih kecil). Universitas Virginia Osterley Park House

19 Petit Trianon Versailes French Neoklasikal pertama berkembang dan diperolah di London, melalui contoh dari bangunan Paris-Trained yang dirancang oleh tuan William chambers dan james " Athenian" Stuart, dan di Paris, melalui suatu generasi siswa seni Perancis yang training di Akademi Perancis di Roma dan yang dipengaruhi oleh kehadiran Charles-Louis Clérisseau dan tulisan Johann Joachim Winckelmann; Gaya neo klasik mengalami tantangan berat sejalan dengan pesatnya kemajuan tekno-logi. Keyakinan bahwa arsitektur adalah ‘seni bangunan’ yang berbeda dengan kegiatan ‘engineering’ mulai mengalami pergeseran, setelah muncul suatu jarak antara arsitektur dan kemajuan konstruksi bangunan. Perubahan-perubahan inilah yang kemudian mengarah pada munculnya arsitektur modern. Dari sekitar tahun 1800 Yunani merupakan contoh arsitektur yang segar, banyak mensketsa dan mengukir, memberi suatu daya dorong baru ke gaya meoklasikal atau yang disebut Kebangkitan kembali ilmu Yunani. Neoclassikal adalah suatu kekuatan utama di dalam seni akademis sampai abad ke 19 dan di luar daripada itu gaya ini merupakan lawan yang tepat dari gaya Romantis dan Gotik renasisans walaupun pada akhir abad ke 19 gaya ini diklasifikasikan sebagai gaya anti modern atau bahkan gaya yang reaksioner.

20 Berbicara mengenai arsitektur Perancis, kita tidak akan bisa lepas dari menara Eiffel yang terkenal di seluruh dunia. Menara Eiffel merupakan karya yang paling fenomenal dari Gustave Eiffel, seorang arsitek yang telah mendesain banyak jembatan pada abad ke 19. Pada abad ke 20, kemunculan arsitektur modern juga membawa pengaruh pada arsitektur Perancis. Salah satu arsitek paling terkenal yaitu Le Corbusier merancang beberapa bangunan bergaya modern di Perancis. Salah satu bangunan modern yang terkenal adalah piramida de Louvre karya I.M.Pei. De Louvre terbuat dari kaca dan besi untuk struktur bangunannya. Salah satu ciri dari arsitektur modern adalah penggunaan material dari bahan fabrikasi seperti kaca, baja, atau stainless. Contoh tokoh Arsitektur neoklasikal adalah Karl Friedrich Schinkel’s dan bangunan dari Schinkel'S adalah Museum Tua di Berlin, Tuan John Soane’s arsitek dari Bank Inggris di London dan bangunan baru " capitol" di Washington, DC. Arsitek skotlandia Charles Cameron menciptakan interior mewah gaya Italianate untuk warga kelahiran jerman Catherine II yang agung di Rusia yaitu bangunan St. Petersburg dengan mnggunakan gaya internasional

21 Louvre Menara Eiffel

22


Download ppt "YENY SALKINA DOSEN: Prof. Ir. Nawawiy Loebis, M. Phil, Ph. D."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google