Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehputra viratama Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
CARA KERJA KOMPUTER Tujuan : -Mahasiswa mampu menjelaskan proses suatu data diolah pada komputer -Mahasiswa mampu menyebutkan dan mengetahui fungsi dari setiap bagian-bagian komputer Next About Us
2
Perangkat Perbandingan Pengenalan Perangkat Interaksi merupakan perangkat yang digunakan untuk berinteraksi dengan alat alar elektonik, baik untuk memberikan perintah (input) atau membaca informasi (output). Gambar disamping merupakan beberapa contoh perangkat interaksi. Perangkat interaksi ini dibagi menjadi 2 jenis yaitu input device dan output devise. Pemilihan penggunaan perangkat interaksi harus disesuaikan dengan kebutuhan, seperti contoh keyboard untuk mengetikkan data ke komputer. diagram
3
Pengenalan Perbandingan Perangkat Input Output MOUSE Pengertian Mouse merupakan salah satu perangkat keras (hardware) komputer yang berfungsi sebagai peralatan masukan (input) pada computer yang berfungsi sebagai penggerak pointer. Fungsi Mouse : Memasukkan perintah kepada komputer Penggerak pointer untuk menunjukkan lokasi tertentu di layar monitor Berfungsi untuk menggulung (scrolling) layar dengan menggunakan roda scroll. Membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat. Memperbesar atau juga memperkecil tampilan Untuk perintah yang tidak menyediakan menu shortcut, tombol kanan pada mouse berfungsi sebagai tombol enter. Jenis Mouse : a.Mouse Kabel b.Mouse Wirelles c.Mouse Gaming Next diagram
4
Pengenalan Perbandingan Perangkat Input Output Keyboard Pengertian Keyboard merupakan alat input pada komputer yang berfungsi sebagai papan ketik. Macam-macam Keyboard : 1.Keyboard Kabel 2.Keyboard wireless 3.Gaming Keyboard 4.Virtual Keyboard Next Prev diagram
5
Pengenalan Perbandingan Perangkat Input Output Joystick Sesuai dengan pengertiannya untuk masalah fungsi joystick ternyata ada beberapa macam, yaitu: Pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol. Untuk megontrol permainan video. Joystick juga banyak diimplementasikan pada mesin-mesin seperti pada kursiroda bermotor dan truk. Cara Kerja Joystick Joystick merupakan piranti penuding tidak langsung. Gerakan kursor dikendalikan oleh gerakan tuas atau dengan tekanan pada tuas. Pada joystick biasanya terdapat tombol yang dapat dipilih atau diasoasikan dengan papan ketik. Dalam pengoperasiannya, joystick tidak memerlukan tempat yang luas. Joystick mempunyai perbndingan K/T yang berubah-ubah. Jenis Joystick : a. Joystick Rumble b. Joystick Racing Wheel c. Joystick Extreme 3D Pro Next Prev diagram
6
Pengenalan Perbandingan Perangkat Input Output Trackball Pengertian Trackball adalah perangkat input yang fungsinya hampir sama seperti mouse. Trackball adalah peranti penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Bola jejak umumnya terdapat pada tetikus modern. Fungsi Trackball memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu untuk memilih perintah- perintah dari menu tampilan grafis. Bedanya, jika ingin menggerakkan pointer mouse di layar diperlukan pergeseran mouse, sementara pada trackball dilakukan dengan menggulirkan bola trackball dengan jari ke arah yang dikehendaki. Trackball biasanya digunakan pada komputer laptop karena dapat menghemat ruang gerak, karena dapat ditempelkan langsung pada laptop. Jenis piranti ini perlu sering dibersihkan karena lebih mudah ditempeli kotoran dari jari tangan pengguna. Next Prev diagram
7
Pengenalan Perbandingan Perangkat Input Output Trackpad Trackpad adalah perangkat penunjuk (pointer) yang terdiri dari permukaan khusus yang bisa menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke posisi relatif di layar. Touchpad adalah fitur umum dari laptop dan juga digunakan sebagai pengganti mouse komputer di space meja yang kecil. Touchpad memberikan bantuan khusus bagi pengguna untuk mengerjakan pekerjaan yang selalu mengandalkan mouse secara berlebihan. Touchpad mempunyai ukuran yang bervariasi tetapi jarang dibuat lebih dari 40 cm² (6,3 x 6,3 cm atau sekitar 6 inci²). Touchpad juga dapat ditemukan pada Personal Digital Assistant (PDA) dan beberapa media player portabel, seperti iPod menggunakan click wheel. Tujuan diciptakannya touchpad adalah membuat nyaman pemakaian mouse, yang dulunya pemakaian mouse memerlukan tempat yang cukup luas, serta diperlukan alas yang rata. Dengan adanya touchpad, user masih dapat menggunakan komputer atau laptop dimana saja walaupun di tempat yang sempit pula. Next Prev diagram
8
Pengenalan Perbandingan Perangkat Input Output Touchscreen Pengertian Merupakan peranti interaktif yang bekerja dengan fungsi ganda, yaitu sebagai output dan sebagai input perintah. Peranti ini bekerja dengan cara mendeteksi ada tidaknya sentuhan tangan atau stylus langsung ke layar komputer. Cara Kerja Cara kerja sebuah layar sentuh adalah menerjemahkan sentuhan yang diterima pada permukaan layar menjadi posisi koordinat pada layar, kemudian mengeksekusi perintah tertentu yang sesuai dengan gambar yang disentuh pada layar. Sebenarnya bukan gambar tersebut yang memicu eksekusi perintah, tetapi koordinat dari sentuhanlah yang memicu eksekusi perintah. Jadi, kira-kira logikanya seperti ini : "Jika koordinat = (x,y) maka kerjakan perintah X". Next Prev diagram
9
Pengenalan Perbandingan Perangkat Input Output Light Pen Penjelasan Pena cahaya (light pen) merupakan suatu alat input yang digunakan pada piranti layar sentuh untuk menggantikan fungsi tangan juga merupakan salah satu input device dari sistem komputer yang banyak digunakan untuk keperluan menggambar teknis ataupun grafis. Lightpen dapat digunakan seperti layaknya anda menulis pada sebuah kertas. Fungsi Light Pen Light Pen berfungsi untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.Light pen ada juga yang digunakan untuk membaca bar- code. Cara Kerja Light Pen Cara penggunaannya adalah dengan menunjuk ujung alat ke monitor komputer yang peka terhadap cahaya, dengan begitu apabila pena ditempelkan dan digerakkan pada layar komputer maka sensor ektronik tersebut akan dihantarkan dan akan dimengerti oleh program dalam komputer. Prev diagram
10
Pengenalan diagram Perbandingan Perangkat Input Output Screen (Layar Monitor) Menampilan hasil output yang berupa image(gambar), teks, dan video Speaker Mengeluarkan ouput audio atau suara Cara Kerja Light Pen Cara penggunaannya adalah dengan menunjuk ujung alat ke monitor komputer yang peka terhadap cahaya, dengan begitu apabila pena ditempelkan dan digerakkan pada layar komputer maka sensor ektronik tersebut akan dihantarkan dan akan dimengerti oleh program dalam komputer.
11
Diagram Umum Komputer Peralatan Input Keyboard Mouse Scanner Kamera Digital Peralatan Pemroses Central Processing Unit (CPU) Control Unit Unit Logika Aritmetika Memori Peralatan Output Monitor Printer Plotter Speaker Tempat Penyimpanan Harddisk Disket CD/DVD
12
Pengenalan PerangkatDIAGRAM Perbandingan Apa bedanya perangkat interaksi ini? Mouse -membutuhkan ruangan lebih besar -Tidak dapat ditempelkan langsung di laptop -Tidak mudah rusak hanya karena debu Trackball -Tidak membutuhkan ruangan yg besar -Dapat ditempelkan langsung pada laptop -Rentan terhadap debu sehingga lebih mudah rusak Light Pen -digunakan untuk pengganti tangan sebagai alat sentuh -mudah digunakan untuk menggambar, karena bentuknya yang runcing menyerupai pensil/pena Touch Screen -sulit untuk menekan tombol-tombol kecil, harus di zoom terlebih dahulu agar tepat -sulit menggambar jika hanya dengan menggunakan sentuhan tangan Handsfree dilengkapi mikrofon dan tombol fungsi yang terintegrasi menjadi satu untuk menerima atau memutus panggilan, memainkan atau menghentikan pemutar media, dan beberapa tipe tertentu menyediakan tombol audio seperti play, pause, next, prev dan stop. Earphone tidak terdapat microfon hanya dapat digunakan untuk mendengarkan suara dan lebih ringan, mudah dibawa kemana-mana Headphone tidak terdapat microfon hanya dapat digunakan untuk mendengarkan suara Headset gabungan antara headphone dan mikrofon digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer, misalnya untuk VoIP 1 1 2 2 3 3 4 4
13
Siklus pemrosesan data dan informasi INPUTOUTPUT PROSES DATAINFORMASI
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.