Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM INFORMASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE INTELEGENSI BUATAN PERTEMUAN KE-1 (3 SKS – 16 X PERTEMUAN) Yaya Suharya

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM INFORMASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE INTELEGENSI BUATAN PERTEMUAN KE-1 (3 SKS – 16 X PERTEMUAN) Yaya Suharya"— Transcript presentasi:

1 SISTEM INFORMASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE INTELEGENSI BUATAN PERTEMUAN KE-1 (3 SKS – 16 X PERTEMUAN) Yaya Suharya yaya@cdi.co.id yaya@cgy.co.id 08112031124 UNIBBA

2 YAYA SUHARYA, S.KOM., M.T. MYPROFILE JENJANG MASUK LULUS NAMA SEKOLAH/ PERGURUAN TINGGI TEMPATJURUSAN MI1983-1989MI Al FurqonKarawang- SD1984-1990SD Negeri 1 TelagasariKarawang- SMP1990-1993SMP Negeri 1 TelagasariKarawang- SMA1993-1996SMA Negeri 1 TelagasariKarawangFisika (A1) S-1 2000-2002 *(Pindah) Universitas Budi LuhurJakarta Ilmu Komputer Sistem Informasi D-32003-2006STMIK BandungBandung Ilmu Komputer Manajemen Informatika S-12006-2008Universitas KebangsaanBandung Ilmu Komputer Sistem Informasi AKTA IV2008-2009Universitas Islam BandungBandungPendidikan/Tarbiyah S-22014-2017Universitas Langlang BuanaBandung Magister Teknik Informatika Keamanan Komputer

3 KRITERIA PENILAIAN UTS  30% UAS  30% TUGAS  25% QUIZ  5% ABSENSI  10% NILAI AKHIR = (UTS*30%)+(UAS*30%)+(TUGAS*25%)+ (QUIZ*5%)+(ABSENSI*10%) (BISA NEGOSIASI)

4 Grading Grades are based on the accumulation of points. Points are based on: –Class participation (effort) –Completion of assignments (daily work) –Major projects, exams, and self-reflection Grades are posted and updated Our Grading Scale 90-100% = A 80-89% = B 70-79% = C 60-69% = D Below 60% = F Grades are calculated on cumulative percentage and are rounded up whenever possible.

5 CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH Mengerti dan memahami konsep dasar kecerdasan buatan yakni: perbedaan kecerdasan buatan dengan kecerdasan alami, representasi pengetahuan, masalah dan ruang keadaan, teknik pencarian, representasi pengetahuan, sistem pakar, ketidakpastian, logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan, dan algoritma genetika. Mahasiswa termotivasi dan mampu mengikuti perkembangan terkini teknologi kecerdasan buatan. Mahasiswa mengerti bidang-bidang penelitian yang berkaitan dengan kecerdasan buatan.

6 DESKRIPSI MATA KULIAH Mata kuliah ini akan memberikan dasar tentang kecerdasan buatan yang berfokus pada beberapa aplikasi dari kecerdasan buatan dan beberapa teknik penyelesaian masalah dalam kecerdasan buatan yang dikenal dengan soft computing. Selain itu mempelajari beberapa teori dan aplikasi dari sistem cerdas dan penerapan beberapa aplikasi algortima kecerdasan buatan.

7 BAHAN KAJIAN Pengenalan kecerdasan buatan, searching (pencarian), representasi pengetahuan, sistem pakar, logika fuzzy, jaringan syaraf tiruan (jst), algoritma genetika dasar

8 REFERENSI Vincent Suhartono, Kecerdasan Buatan, Penerbit Andi, 2011. Kusumadewi, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), Graha Ilmu, 2003. Suyanto, Soft Computing Membangun Mesin Ber-IQ Tinggi, Penerbit Informatika, 2008. Suyanto, Artificial Intelligence, Penerbit Informatika, 2011

9 KITA SAKSIKAN DULU MOVIE : 12 MANUSIA CYBORG YANG HIDUP DIDUNIA NYATA DENGAN ORGAN TUBUH ROBOT12 MANUSIA CYBORG YANG HIDUP DIDUNIA NYATA DENGAN ORGAN TUBUH ROBOT Robocop (2014) - Show Me The Terminator 1984 Final Scene 4K (Full Version)The Terminator 1984 Final Scene 4K (Full Version) Artificial Intelligence

10 GAMBARAN UMUM KECERDASAN BUATAN 10 Expert System Stores knowledge and makes inferences. Robotics Mechanical and computer devices that perform tedious tasks with high precision. Vision Systems Capture, store, and manipulate visual images and pictures.

11 KONSEP DASAR KECERDASAN BUATAN SEJARAH MASA LAMPAU Aristotle – 2000 years ago –The nature of world –Logics –Modus ponens and reasoning system Copernicus – 1543 –Split between human mind and its surroundings Descartes (1680) –Thought and mind –Separate mind from physical world –Mental process formalized by mathematics

12 SEJARAH MODERN Formal logic –Leibniz –Boole –Turing –Frege – first-order predicate calculus Graph theory –Euler State space search

13 Sejarah awal mula Di awal abad 20, seorang penemu Spanyol, Torres y Quevedo, membuat sebuah mesin yang dapat men’skak- mat’ raja lawannya dengan sebuah ratu dan raja Artikel ilmiah pertama tentang Kecerdasan Buatan ditulis oleh Alan Turing pada tahun 1950 dan

14 Sejarah awal mula Kelompok riset pertama dibentuk tahun 1954 di Carnegie Mellon University oleh Allen Newell and Herbert Simon. Namun bidang kecerdasan Buatan baru dianggap sebagai bidang tersendiri di konferensi Dartmouth tahun 1956, dimana 10 orang peneliti muda memimpikan mempergunakan komputer untuk memodelkan bagaimana cara berfikir manusia.

15 Sejarah yang utama Turing Test –Seorang penanya dan 2 objek yang ditanyai –Penanya tidak melihat langsung kepada obyek yang ditanyai –Penanya diminta untuk membedakan jawaban komputer / jawaban manusia berdasarkan jawaban kedua obyek tersebut –Jika tidak dapat membedakan - CERDAS

16 The Test Turing The interrogator cannot see and speak to either does not know which is actually machine May communicate with them solely by textual device If the interrogator cannot distinguish the machine from the human, then the machine may be assumed to be intelligent.

17 Acting Like Humans? Turing (1950) ``Computing machinery and intelligence'' –``Can machines think?''  ``Can machines behave intelligently?'' –Operational test for intelligent behavior: the Imitation Game –Predicted by 2000, a 30% chance of fooling a lay person for 5 minutes –Anticipated all major arguments against AI in following 50 years –Suggested major components of AI: knowledge, reasoning, language understanding, learning

18 Imaging the Brain

19 Brains ~ Computers 1000 operations/sec 100,000,000,000 units stochastic fault tolerant evolves, learns 1,000,000,000 ops/sec 1-100 processors deterministic crashes designed, programmed

20 Areas of Artificial Intelligence Perception –Machine vision –Speech understanding –Touch ( tactile or haptic) sensation Natural Language Processing –Natural Language Understanding –Speech Understanding –Language Generation –Machine Translation

21 Areas of Artificial Intelligence...  Robotics  Planning  Expert Systems  Machine Learning  Theorem Proving  Symbolic Mathematics  Game Playing

22 KONSEP DASAR KECERDASAN BUATAN Think like humansThink rationally Act like humansAct rationally The science of making machines that:

23 Definisi Cerdas Kemampuan untuk … Belajar atau mengerti dari pengalaman, Memahami pesan yang kontradiktif dan ambigu Menanggapi dengan cepat dan baik atas situasi yang baru, menggunakan penalaran dalam memecahkan masalah serta menyelesaikannya dengan efektif (Winston dan Pendergast, 1994)

24 Definisi Cerdas CERDAS = memiliki pengetahuan + pengalaman, penalaran (bagaimana membuat keputusan & mengambil tindakan), moral yang baik.

25 Definisi Kecerdasan Buatan H. A. Simon [1987] : “ Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah- cerdas”

26 Definisi Kecerdasan Buatan Encyclopedia Britannica: “Kecerdasan Buatan (AI) merupakan cabang dari ilmu komputer yang dalam merepresentasi pengetahuan lebih banyak menggunakan bentuk simbol-simbol daripada bilangan, dan memproses informasi berdasarkan metode heuristic atau dengan berdasarkan sejumlah aturan”

27 Definisi Kecerdasan Buatan Menurut Rich (1991), Kecerdasan Buatan adalah “Sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer mengerjakan sesuatu yang dapat dikerjakan manusia”. Menurut Suparman (1991) Artificial Intelligence atau Kecerdasan Buatan merupakan sub bidang pengetahuan komputer yang khusus ditujukan untuk membuat software dan hardware yang sepenuhnya bisa menirukan beberapa fungsi otak manusia.

28 Definisi Kecerdasan Buatan Cabang ilmu komputer yang mempelajari otomatisasi tingkah laku cerdas (Setiawan,1993) Suatu perilaku dari sebuah mesin yang jika dikerjakan oleh manusia akan disebut Cerdas (Turing dkk, 1996)

29 Definisi Kecerdasan Buatan Salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia (Sri Kusuma Dewi, 2003).

30 Definisi Kecerdasan Buatan Lebih detilnya, pengertian kecerdasan buatan dapat dipandang dari berbagai sudut pandang, antara lain:

31 Definisi Kecerdasan Buatan Sudut pandang Kecerdasan. –Kecerdasan Buatan akan membuat mesin menjadi ‘cerdas’ (mampu berbuat seperti apa yang dilakukan oleh manusia). –Sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia (Rich and Kinight,1991) Sudut Pandang Penelitian –Kecerdasan buatan adalah studi bagaimana membuat komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dilakukan manusia

32 Definisi Kecerdasan Buatan Sudut Pandang Bisnis Kecerdasan buatan adalah kumpulan peralatan yang sangat powerful dan metodologis dalam menyelesaikan masalah bisnis Sudut Pandang Pemrogram Kecerdasan buatan meliputi studi tentang pemrograman simbolik, problem solving, dan pencarian (searching)

33 Definisi Kecerdasan Buatan Sudut Pandang Bisnis Kecerdasan buatan adalah kumpulan peralatan yang sangat powerful dan metodologis dalam menyelesaikan masalah bisnis Sudut Pandang Pemrogram Kecerdasan buatan meliputi studi tentang pemrograman simbolik, problem solving, dan pencarian (searching)

34 Kesimpulan H. A. Simon [1987] : “ Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang dalam pandangan manusia adalah- cerdas”

35 NEXT … PERBEDAAN KECERDASAN BUATAN & KECERDASAN ALAMI KOMPUTASI KECERDASAN BUATAN SUB DISIPLIN ILMU DALAM KECERDASAN BUATAN


Download ppt "SISTEM INFORMASI ARTIFICIAL INTELLIGENCE INTELEGENSI BUATAN PERTEMUAN KE-1 (3 SKS – 16 X PERTEMUAN) Yaya Suharya"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google