Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehedison icon Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
ASSALAMU’ALAIKUM WR.WB TIK.MM01.007.01 Memilih dan memakai Software dan Hardware untuk Multimedia
2
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 1.Mengidentifikasi persyaratan fungsi yang akurat, komplit dan sesuai prioritas sesuai keperluan dengan referensi semua tipe media. 2.Mengidentifikasi persyaratan yang berlawanan dan overlapping. 3.Menentukan persyaratan fungsi yang didokumentasi dan divalidasi oleh klien. 4.Menentukan sumber-sumber dan pembiayaan yang tersedia diidentifikasi dan divalidasi oleh klien. 5.Mengidentifikasi dan mengevaluasi produk-produk dan peralatan yang relevan dengan referensi persyaratan fungsi. 6.Mengidentifikasi dan menganalisa kemandirian produk dan peralatan dengan referensi pada persyaratan fungsi dan arsitektur sistem. Tujuan Pembelajaran
3
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 7.Mengidentifikasi dan mendokumentasikan produk terbaik dan solusi peralatan, termasuk keterbatasan-keterbatasan 8.Memilih dan memesan peralatan sebagaimana diperlukan sehubungan dengan kebijaksanaan perusahaan penjualan. 9.Memasang dan mengkonfigurasi peralatan menurut petunjuk dari vendor dengan referensi pada sistem arsitektur dan persyaratan fungsi pelanggan. 10.Menyesuaikan sistem arsitektur dan konfigurasi sebagaimana keperluan 11.Menyiapkan dan menjadwalkan tes untuk dilaksanakan sebagaimana keperluan 12.Melacak, menterjemahkan dan memperbaiki error sebagaimana keperluan. Tujuan Pembelajaran
4
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 13.Membuat perubahan sebagaimana berdasar pada hasil pengujian. 14.Mendokumentasikan konfigurasi peralatan sesuai permintaan pelanggan 15.Mengidentifikasi, mendokumentasi, dan melaporkan Implikasi pembuatan professional dengan referensi pada kebijaksanaan perusahaan. 16.Melakukan pendidikan dan pelatihan pemakai peralatan sesuai keperluan dengan referensi pada kebijaksanaan perusahaan. 17.Menggunakan peralatan sesuai petunjuk dari vendor 18.Mengevaluasi peralatan kebutuhan klien. Tujuan Pembelajaran
5
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA a.Perangkat keras multimedia 1)Perangkat konektor Small computer system interface (SCSI) SCSI merupakan perangkat standar utuk penghubung secara fisik dan pertukaran data antara computer dan peripheral 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia
6
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA a.Perangkat keras multimedia 1)Perangkat konektor Media control interface (MCI) MCI merupakan perpanjangan dari API untuk mengendalikan peripheral multimedia yang terhubung dengan computer. MCI terdiri dari empat bagian, yaitu AVI video, CD audio, sequencer dan wave audio 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia AVI Video / CD Audio Sequencer Wave Audio
7
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA a.Perangkat keras multimedia 1)Perangkat konektor Universal serial bus (USB) USB merupakan standard bus serial untuk menghubungkan beberapa perangkat. USB didesain untuk memungkinkan berbagai peripheral terhubung menggunakan sebuah soket antarmuka standard dan memiliki kemampuan plug and play, artinya perangkat dapat dipasang dan dilepas tanpa harus mematikan computer terlebih dahulu. 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia
8
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA a.Perangkat keras multimedia 1)Perangkat konektor Integrated drive electronic (IDE) Antarmuka IDE merupakan standard untuk media penyimpan yang terhubung ke komputer 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia
9
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA a.Perangkat keras multimedia 1)Perangkat konektor High-definition multimedia interface (HDMI) HDMI adalah sebuah standard koneksi digital yang dirancang untuk menampilkan gambar dan suara resolusi tinggi. Kelebihannya adalah kabel HDMI dapat menampilkan gambar Full-HD, surround sound, control signal, bahkan data Ethernet, hanya dengan satu kabel 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia
10
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 2)Perangkat input Perangkat input adalah perangkat yang berfungsi untuk mentransformasi informasi dari dunia luar untuk diolah oleh computer. Perangkat input biasanya dikendalikan secara langsung oleh pengguna. Keyboard 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia
11
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 2)Perangkat input Perangkat pointing (mouse, touchpad, touchscreen, trackball, lightpen) 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia Mouse touchpad touchscreen trackball lightpen
12
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 2)Perangkat input Perangkat input gambar dan video (scanner, webcam) 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia Scanner Web Cam
13
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 2)Perangkat input Perangkat input audio (microphone) 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia
14
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 3)Perangkat Output Perangkat Output adalah perangkat yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data dari computer kepad a pengguna. Speaker Amplifier 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia Speaker Amplifier
15
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 3)Perangkat Output Monitor Proyektor Printer. 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia Monitor Proyektor Printer
16
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 4)Perangkat Penyimpanan Perangkat penyimpanan adalah perangkat untuk merekam atau menyimpan informasi (data). Perangkat penyimpan dapat digunakan untuk menahan maupun memproses data Random access memory (RAM) Read Only Memory (ROM) Hardisk 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia RAM ROM HARDISK
17
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 4)Perangkat Penyimpanan Perangkat penyimpanan adalah perangkat untuk merekam atau menyimpan informasi (data). Perangkat penyimpan dapat digunakan untuk menahan maupun memproses data Compact disk (CD) Digital versatile disk (DVD) 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia Yang membedakan kapasitas penyimpanan
18
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA 5)Perangkat komunikasi Aplikasi multimedia dibuat oleh tim yang terdiri dari beberapa orang, yang bisa jadi bekerja dalam satu gedung, namun dapat pula bekerja pada gedung yang berlainan dan berjauhan jaraknya. Sehingga dibutuhkan perangkat komunikasi untuk saling menghubungkan mereka. modem ISDN (Integrated Services Digital Network) adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan antara data, suara, dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan, yang menyediakan konektivitas digital ujung ke ujung untuk menunjang suatu ruang lingkup pelayanan yang luas. 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia X Modem ISDN
19
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA b.Perangkat lunak multimedia 1)Bahasa Pemrograman Multimedia Bahasa pemrograman multimedia adalah bahasa-bahasa yang digunakan programmer untuk membuat aplikasi multimedia Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Deplhi, SQL, Visual Basic dan Java. 2) Perangkat Lunak System (System Software) ▪ DOS (Disc Operating System) ▪ Windows 95/98/ME ▪ Windows NT/2000 ▪ Windows XP ▪ Windows Vista ▪ UNIX, Linux atau Mac OS. 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia X
20
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA b. Perangkat lunak multimedia 3)Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh personal atau organisasi untuk user yang beroperasi dalam bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, modeling dan animasi Perangkat Pengolah Teks Microsoft Word, Word Star for Windows, Word Perfect dan Star Writer Open source misalnya Open Writer, Kwriter dan Abi Word Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Grafik 2D ▪ Grafik 2D Vector, misalnya Corel Draw, Macromedia Freehand dan Adobe Illustrator. ▪ Grafik 2D Image (Raster), misalnya Adobe Photoshop, Jasc Paint Shop Pro, Gimp. Animasi, misalnya Macromedia Flash. 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia X X
21
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA b. Perangkat lunak multimedia 3)Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia Perangkat Lunak Pengolah Animasi dan Modelling Grafik 3D Contoh dari perangkat lunak animasi dan modelling grafik 3D adalah 3D Studio MAX, Maya, Softimage, LightWave, Blender dan lain sebagainya. Perangkat Lunak Authoring Multimedia Authoring merupakan aplikasi computer yang memberikan peluang kepada pengguna untuk mengembangkan sebuah perangkat lunak dengan dragging dan dropping berbagai objek multimedia tanpa harus mengetahui penggunaan dan pemahaman Bahasa pemrograman, misalnya Macromedia Authoring, sedangkan aplikasi authoring yang dilengkapi dengan pemrograman misalnya Macromedia Director dengan dilengkapi Lingo (Bahasa Pemrograman). Jenis perangkat ini dibagi menjadi tiga kategori yaitu authoring berbasis halaman, authoring berbasis icon dan authoring berbasis waktu 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia X X
22
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA b. Perangkat lunak multimedia 3)Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia Perangkat Lunak Aplikasi Berbasis Web Contoh produk-produk mendesain web antara lain adalah macromedia flash yang digunakan untuk membuat animasi grafis pada web, macromedia dreamweaver dan Microsoft front page. 1.Mengembangkan persyaratan fungsi dalam memilih dan memakai software dan hardware multimedia X X
23
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA Freeware ( suatu software atau aplikasi yang dapat digunakan oleh semua orang atau pengguna tanpa membayar ) Contoh : Photoscape, winamp, tag scanner, irfanview. Shareware ( software atau aplikasi yang dapat di-download dan digunakan secara gratis. Namun penggunaannya atau pemakai memiliki batas waktu tertentu dalam penggunaanya) Contoh: Winrar, microsoft office, coral draw, nero, real. Open Source ( software yang dapat dimodifikasi ulang sesuai keinginan penggunanya ) Contoh : Ubuntu, linux, notepad++, audacity, pidgin, inkscape, gimp, wine, amarok, tunderbird. Commercial Software ( software berbayar yang disuport resmi oleh perusahaan pembuatnya. Pengguna tidak bisa memodifikasi software tersebut) Contoh : microsoft windows, Macromedia Flash Full Version, adobe photoshop, zope, Adobe Acrobat. 2.Memilih peralatan yang digunakan dalam pembelajaran multimedia X
24
Titi Endri Astuti, S.kom | Andi Saputro, S.Kom LSP – LPTK KPTK GOWA Lembar Kerja 1.Buat kelompok 3-4 orang! 2.Tuliskan lima kelompok perangkat keras yang dibutuhkan untuk multimedia! 3.Tuliskan dan jelaskan yang dimaksud perangkat lunak multimedia! 4.Dalam pemilihan perangkat lunak multimedia, dibagi dalam kelompok perangkat lunak berdasarkan sifatnya, Jelaskan! 5.Jelaskan tampilan area kerja pada aplikasi Adobe Photoshop! 6.Jelaskan tampilan area kerja pada aplikasi Macromedia Flash! 7.Susun dalam bentuk power point! 8.Presentasikan di depan kelas KG!
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.