Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tantangan Era Digital ABOUT RISK HIGH SCORELOW SCORE POOR RICH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tantangan Era Digital ABOUT RISK HIGH SCORELOW SCORE POOR RICH."— Transcript presentasi:

1

2

3

4

5 Tantangan Era Digital

6

7

8

9 ABOUT RISK HIGH SCORELOW SCORE POOR RICH

10

11

12 Profesi Unik

13 Imajinasikan KOTA / DESA Anda Tahun 2045

14 RUMAH LITERASI INDONESIA ADALAH KOMUNITAS ANAK-ANAK MUDA YANG PEDULI UNTUK MENGKAMPANYEKAN BUDAYA MEMBACA DAN MENGINISIASI RUMAH BACA SECARA MANDIRI

15 VISI Pemuda Produktif Masyarakat Peduli Negara Partisipatif Harapan Baru Pendidikan di Banyuwangi

16 MEMANTIK MASYARAKAT AGAR LEBIH PEDULI PENDIDIKAN ANAK BERSINERGI DENGAN SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER MENGEMBALIKAN PERAN RUMAH SEBAGAI TEMPAT YANG NYAMAN UNTUK BELAJAR DAN MENGEMBANGKAN DIRI MENJADIKAN RUMAH BACA SEBAGAI TEMPAT REKREASI YANG EDUKATIF MISSION

17

18 Kenapa Harus Rumah Baca? Berbasis Riset Gerakan Jaringan Muda Terbuka Sustainable Nol Rupiah Pemberdayaan Bahagia

19 RUMAH LITERASI INDONESIA KOTA PENDIDIKAN KARAKTER 1000 RUMAH BACA BOOKBUSTER PENDAMPING SEKOLAH LITERASI INSIPRASI SEKOLAH LITERASI VCB (Voluntery Capacity Building) STREETSHOPDESA LITERASILITERART WISATA LITERASI ENTERPRISE (Fun Rising)

20 Gerakan 1000 Rumah Baca (#1000rumahbaca) Kegiatan sosialisasi (himbauan dan ajakan) secara terbuka bagi masyarakat umum untuk mendirikan dan menyelenggarakan pembelajaran alternatif berbasis Rumah Baca. Gerakan bermaksud mengadvokasi publik atas peran penting keluarga dalam pendidikan generasi muda Boobuster Program yang bertujuan untuk mengatasi kesenjangan akses terhadap buku bacaanmelibatkan komunitas Traveling atau Club Motor, terutama bagi anak anak dan remaja di pelosok daerah. Dengan kata lain, program ini memiliki misi pemerataan penyebaran buku di masyarakat. Pendamping Sekolah Literasi Program kolaborasi untuk melibatkan komunitas dalam peningkatan gerakan literasi di sekolah sehingga terciptanya ekosistem belajar yang positif.

21 Inspirasi Sekolah Literasi (ISL) Sebuah kegiatan yang dilakukan secara periodic berupa kunjungan ke sekolah me;libatkan para profesional dengan tujuan memberi gambaran imajinasi tentang cita cita bagi para murid murid di sekolah. Voluntery Capacity Building (VCB) Sebuah program yang dilakukan secara reguler untuk meningkatkan kapasitas relawan yang menjadi penggerak literasi baik di rumah baca, sekolah, perguruan tinggi atau di masyarakat. Street Shop Sebuah kegiatan yang dilakukan untuk penggalangan donasi dengan cara mengumpulkan barang bekas yang masih berkualitas. Barang hasil donasi akan di branding ulang kemudian dijual untuk komunitas tertarget. Hasilnya kita kembalikan untuk gerakan literasi (Beasiswa, operasional, pengadaan buku dan sebagainya)

22 Desa Literasi (ISL) Sebuah upaya kolaborasi beberapa komponen yang ada pada masyarakat Desa, bersinergi dan bergerak bersama dalam hal mengembangkan minat/budaya baca, meningkatkan wawasan serta menstimulasi berbagai kreatifitas dan inovasi masyarakat dalam pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pedesaan LiterArt Sebuah kegiatan yang berangkat dari seni dan hobi untuk menumbuhkan karakter dan budi pekerti. NIlai-nilai tersebut diajarkan menggunakan media permainan dan seni. Mulai dari beragam permainan tradisional, seni tari, seni drama, seni music, seni teater, seni pantomime dll. Wisata Literasi Sejenis paket kunjungan atau perjalanan yang menggabungkan antara piknik dan pendidikan. Bukan saja menghadirkan keistimewaan Sumber Daya (alam dan sosial) lokal, namun juga memposisikan asset asset tersebut jadi bahan pembelajaran yang bermutu

23 KETERPADUAN 3 UNSUR

24 Gold Triangle Rumah Literasi Indonesia Character EducationPublic ParticipationLiteracy

25 TALK ABOUT SOLUTION

26 Just Dream It start with why, Inna mal a’malu binniyah, dream large, stay tune)

27 DESA LITERASI

28 Kebijakan Publik Tingkat Desa - Desa Literasi

29 Kebijakan Publik Tingkat Desa - Draff Desa Layak Anak

30 #1 Sekolah Orang Tua

31

32 #2 1 Dusun 1 Rumah Baca

33 #3 Panggung Literasi

34

35 INSPIRASI SEKOLAH LITERASI

36

37 #4 i-Desa (Ide, Inklusi dan Inovasi)

38

39 #5 Kelas Relawan

40

41 #6 Street Shop

42

43

44 Bookbuster

45 #Ecoliterasi #7 Ecoliterasi

46 #8 LiterART

47

48 #9 Taman Anak

49

50

51 Kisah Inspiratif Sebuah film yang diangkat dari kisah nyata. Kayla, seorang anak penyandang tunarungu dan tunadaksa yang sebelumnya sempat berusaha digugurkan oleh ibu kandungnya sendiri. Kemudian Kayla mengalami proses adopsi dua kali dari keluaga yang berbeda. Karena Kayla mengalami keterbatasan fisik, orang tua angkatnya merasa tidak tega menyekolahkannya. Namun, berkat kerja kolaborasi antara relawan RLI dan pihak SLB Kalipuro, Kayla bisa sekolah dan bakatnya di bedang seni terus diasah. Saat ini Kayla mulai jatuh cinta dan meneuki dunia Pantomim dan Teater. Kayla rutin belajar di Rumah Baca yang diinisiasi oleh guru-guru SLB Kalipuro.

52 Kisah Inspiratif Film ini mengangkat kisah kelompok Punk di Banyuwangi yang mampu mengambil peran dalam dunia pendidikan. Mereka berhasil membuat rumah baca untuk mengajak kelompok punk dan anak- anak sekitar memiliki semangat untuk terus belajar. Film berdurasi pendek ini telah diputar serentak di berbagai kota di Indonesia. Serta kami keliling ke seluruh jaringan rumah baca yang telah bersinergi dengan Rumah Literasi Indonesia.

53 Bersinergi Dibawah Yayasan Rumah Literasi Indonesia

54 MERDEKA DALAM KARYA SOSIAL PROJECT LACI KECIL

55

56

57

58 Belajar Tematik

59 MENJADI PENGGERAK Berfikir Kritis Kreatif Komunikasi Kolaborasi

60 Indonesia, Shining On, Again 081938108181 Akun/Grup FB : Rumah Literasi Banyuwangi Page FB : Rumah Literasi Indonesia IG : @rumahliteraasiindonesia @rumahliterasibanyuwangi www.rumahliterasiindonesia.org


Download ppt "Tantangan Era Digital ABOUT RISK HIGH SCORELOW SCORE POOR RICH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google