Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

studi-edukasi-konsultasi-kreasi-selebrasi

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "studi-edukasi-konsultasi-kreasi-selebrasi"— Transcript presentasi:

1

2 studi-edukasi-konsultasi-kreasi-selebrasi
BINA LITURGI studi-edukasi-konsultasi-kreasi-selebrasi sanggar Pondok Ungu Permai DD 6/22 Kaliabang Tengah, Bekasi Utara 17125 Tel

3 MUSIK LITURGI Ernest Mariyanto

4 TUJUAN PESPARANI Menggali dan mengembangkan khazanah musik Gereja Katolik Universal Nasional Lokal / etnik / inkulturatif Musik liturgi Gereja Indonesia yang 100% katolik, 100 % Indonesia [lokal] ERNEST MARIYANTO

5 Tidak bisa dipisahkan scr tegas dan jelas
BERBAGAI ISTILAH musik religi musik suci musik gereja musik liturgi musik ibadat / liturgi musik rohani musica religiosa musica sacra musica ecclesiastica musica liturgica ? Tidak bisa dipisahkan scr tegas dan jelas

6 Empat Jenis Musik Musik Religi Musik Gerejawi Musik Liturgi
Musik Rohani Musik Liturgi

7 Musik Religi musik yg mengungkapkan atau me-ngandung tema-tema keagamaan (religi) musik yang mempunyai kaitan dengan iman akan Allah. musik yg diterima umat mana pun karena bersifat universal: melodi dan syairnya mengungkapkan pengalaman keagamaan orang beriman, apa pun juga agamanya. Beberapa contoh ....?

8

9 Musik Religi ... Ketika musik religi mengungkapkan pengalaman khusus umat agama tertentu, maka ia tidak lg menjadi musik religi universal, tetapi menjadi musik yang khas umat agama yang bersangkutan misalnya: musik Yahudi, Hindu, Buddha, Kristen, Islam; ... ERNEST MARIYANTO

10 Musik Religi > Musik Gerejawi
Ketika musik religi mengungkapkan pengalaman iman orang katolik / kristiani > musik gerejawi [musica ecclesiastica] ERNEST MARIYANTO

11 Musik Rohani musik gerejawi yg mengungkapkan pengalaman iman/rohani Gereja tetapi tidak dimaksudkan untuk digunakan dalam perayaan liturgis. Musik ini biasanya utk pertemuan rohani, mis rekoleksi, retret, persekutuan doa, pelajaran BIA (Bina Iman Anak), tayangan TV, acara2 hiburan umat, pentas keagamaan, misalnya waktu Natal, Paskah. Msk suci Msk Gerejawi   MusRoh–MusLit

12 Musik Liturgi musica liturgica
Sebagian dr musik gerejawi digubah khusus utk ibadat atau perayaan liturgis. Inilah yang disebut musik-liturgi. ERNEST MARIYANTO

13 Musik Liturgi ... Musik yang digubah untuk melagukan teks liturgi
Musik yang dari maksud penggubahnya memang digubah untuk perayaan liturgi. Musik utk mengiringi acara-2 liturgi [pem-buka, persiapan persem- bahan, komuni,..] Musik yg disahkan oleh Gereja utk dipakai dlm liturgi. Msk suci Msk Gerejawi   MusRoh – MusLit ERNEST MARIYANTO

14 Musik Liturgi ... Musik liturgi mencakup nyanyian gregorian,
polifoni suci dengan aneka bentuknya baik kuno maupun modern, musik ibadat untuk organ dan alat musik lain yang telah disahkan oleh Gereja, dan musik ibadat rakyat. [SC 116] ERNEST MARIYANTO

15 Nyanyian Gregorian disusun dgn sungguh memperhatikan keserasian melodi dan syair. Melodi mengabdi pada syair karena syair dlm nyanyian liturgi adalah doa, pujian kpd Tuhan Nyanyian Gregorian adalah nyanyian monofon, mengikuti tradisi yg dimulai di Masa Penganiayaan Gereja. Mnrt tradisi Nyanyian Gregorian dibawakan scr a cappela dengan alasan: a). estetika nyanyian Gregorian; b) kesetiaan pd tradisi (spt no. 2 di atas); c) syair ditangkap dgn lebih jelas ERNEST MARIYANTO

16 Musik Liturgi ... nyanyian-nyanyian lain yang berakar dari budaya setempat dapat digunakan dalam Liturgi [artinya menjadi nyanyian liturgi] asalkan selaras dengan Liturgi dan mendapatkan izin resmi dari uskup setempat. (bdk. SC 39). membantu memantabkan pengha-yatan umat beriman [bdk. SC 120] disahkan Gereja utk dipakai dlm liturgi. ERNEST MARIYANTO

17 Musik Liturgi ... Masalah: Seringkali dalam Perayaan Liturgi [Ekaristi, Pernikahan, dan lain-lain] Musik Rohani digunakan bersama-sama dengan Musik Liturgi atau, ironisnya, malah menggantikan Musik Liturgi . ERNEST MARIYANTO

18 Ciri-ciri Musik Liturgi
Mengungkapkan iman Gereja yg diraya-kan dlm liturgi: yg dilakukan Allah (karya agung keselamatan) dan tanggapan manusia beriman (syukur-pujian, sembah-sujud, dan permohonan). merupakan doa, bukan sekedar ekspresi seni untuk ditonton >> yg menyanyi dengan baik berdoa dua kali (qui bene cantat bis orat) melibatkan umat (utk kemuliaan Tuhan dan keselamatan manusia, bukan hanya demi diri sendiri).

19 Jenis Musik Liturgi (1) Musik sebagai kegiatan liturgis:
sbg aklamasi/dialog P/I >< U (mis. “Tuhan sertamu” – “Dan sertamu juga “); sbg pewartaan (misalnya dalam mazmur tanggapan); sbg syukur (misalnya dalam Kemuliaan, Kudus, Madah Syukur sesudah komuni); sbg permohonan (mis. Tuhan Kasihanilah, Bapa Kami, ...); sbg pernyataan iman (misalnya dalam Syahadat Iman, Anamnesis). ERNEST MARIYANTO

20 Jenis Musik Liturgi (2) Musik sbg pengiring kegiatan liturgis:
perarakan (nyanyian pembukaan, Bait pengantar Injil, nyanyian penutup); persiapan persembahan: kolekte, perarakan, pendupaan (nyanyian persembahan); pemecahan roti (nyanyian Anak Domba Allah); perjamuan Tuhan (nyanyian komuni); pembasuhan kaki (Kamis Putih); penghormatan salib (Jumat Agung) dsb. ERNEST MARIYANTO

21 Tempat Musik Liturgi Musik merupakan bagian penting dan integral / utuh dr liturgi sendiri, bukan sekedar tempelan, selingan, tambahan, atau “dekorasi” demi kemeriahan liturgi (SC 112). > syair dan lagu sungguh terpadu; bukan sebagai suatu unsur luar yang dicopot dan dimasukkan ke dalam perayaan liturgis seakan-akan suatu barang asing atau hal lain dari liturgi lalu diletakkan di tengah perayaan liturgi.

22 Tujuan Musik Liturgi memuliakan Allah
menguduskan kaum beriman [bdk. SC 112] melayani ibadat kepada Tuhan. ERNEST MARIYANTO

23 Terlaksana penebusan kita
Pemuliaan Allah Pengudusan manusia Terlaksana penebusan kita Mengalir rahmat kpd kita LI TUR GI ERNEST MARIYANTO

24 MEMULIAKAN ALLAH... bukan hanya asal menya-nyi tapi me-nyanyi sege-nap hati, sepenuh suara > bdk KV II: sadar, aktif, dan penuh atau segenap hati

25 MEMULIAKAN ... bagian-bagian liturgi di mana umat memuliakan Allah misalnya: Madah Kemuliaan Kudus [PS 390] Madah Syukur [PS 672] dan lain-lain @ ERNEST MARIYANTO

26 Dua dimensi pengudusan:
MENGUDUSKAN MANUSIA Dua dimensi pengudusan: dikuduskan menguduskan @ ERNEST MARIYANTO

27 MENGUDUSKAN ... Bagian-bagian liturgi di mana umat dikuduskan misalnya: “wudhu” > kita ambil air suci di pintu gereja tobat perecikan dengan air suci sabda Tuhan Pengalaman Anda? Efek pengudus-annya bagi Anda? @ ERNEST MARIYANTO

28 Bapa Kami [dan ampunilah kesalahan kami] komuni Berkat dan lain-lain.
MENGUDUSKAN ... Bapa Kami [dan ampunilah kesalahan kami] komuni Berkat dan lain-lain. Pengalaman Anda? Efek pengudus-annya bagi Anda? @ ERNEST MARIYANTO

29 MENGUDUSKAN ... Liturgi tidak hanya menguduskan umat yang hadir...tapi juga menguduskan umat yang tidak hadir, bahkan seluruh “dunia,” misalnya lewat: doa umat Doa Syukur Agung doa-doa lain Berkat pelayanan komuni orang sakit @ ERNEST MARIYANTO

30 Musik-liturgi membantu peraya meng-arahkan seluruh diri kpd misteri yg diraya-kan dlm liturgi yaitu kpd Tuhan sendiri sbg sumber segala karya seni. Oleh karena itu cara-cara yg mengalihkan perhatian kpd hal lain atau kpd tokoh tertentu perlu diwaspadai. Misalnya: kita memilih seorang artis sebagai pemazmur atau penyanyi solo > ketika ia menjalankan tugasnya tidak boleh ditonjolkan keartisannya, tetapi “fungsi liturgisnya”. ERNEST MARIYANTO

31 Pertimbangan yg sama dpt kita pakai utk menilai kebiasaan kor yg menyanyikan semua lagu selama liturgi. Kor dgn dirigen yg bagus melaksanakan fungsi liturgisnya secara tepat kalau dpt membantu pr peraya liturgi utk menyanyi bersama dgn lebih baik spt atau mendekati cara kor menyanyi. Kalau dr awal smp akhir liturgi semua nyanyian dibawakan hanya oleh kor, meski sangat mempesona, kor tlh meng-khianati perannya sbg pelayan liturgi. ERNEST MARIYANTO

32 Fungsi Musik Liturgi Membantu umat memahami dan menghayati misteri iman dengan lbh baik [Kristus Gembala, Sengsara, Bangkit, Naik ke surga, ...] > Nyanyian liturgi harus mempunyai syair-syair yg sesuai dgn ajaran iman Gereja.

33 Fungsi ... membuat liturgi lebih agung (IML 5)
membuat doa lebih bermutu – Qui bene cantat bis orat > Bapa Kami, Alleluya menciptakan kesatuan hati yang lebih mendalam (IML 5) > Kristus Jaya; Ave-ave membantu umat mengangkat hati ke arah hal-hal surgawi (IML 5) > Dialog pembuka DSA; Exultet membantu menciptakan suasana ibadat ERNEST MARIYANTO

34 Musik liturgi memberi kontribusi kepada keindahan dan keagungan liturgi;
melingkupi teks liturgi dengan melodi yang cocok demi pemahaman umat beriman; Meningkatkan daya dampak teks; > umat dapat lebih didorong kepada devosi dan diarahkan dengan lebih baik kepada penerimaan buah-buah rahmat yang dihasilkan oleh perayaan misteri-misteri kudus [Tra le Sollecitudini 1]. ERNEST MARIYANTO

35 Refleksi ... Sudahkah dipersiapkan dgn sungguh baik?  dipilih lagunya dgn seksama, dilatih, didukung paduan suara, pemaz-mur, dilatih iringannya dgn sebaik mungkin Sudahkah para petugas/seksi liturgi paroki bahkan imam meneliti lagu-lagu yg akan dibawakan oleh paduan suara yg akan bertugas Apakah lagu-lagu yg akan dibawakan dlm perayaan perkawinan sudah diseleksi dgn baik. Dan lain-lain. ERNEST MARIYANTO

36 MENCIPTA NYANYIAN LITURGI
ERNEST MARIYANTO

37 KAIDAH SYAIR NYANYIAN LITURGI
Isi Syair Syair harus selaras dengan ajaran Katolik, hendaknya ditimba terutama dari Kitab Suci dan dari sumber-sumber liturgi [SC 121] Sesuai dengan misteri luhur yang dirayakan Sesuai dengan pandangan teologi yang berkembang ERNEST MARIYANTO

38 Menggunakan teks dr baku/resmi liturgi
Menggunakan teks Kitab Suci yg dikutip dgn cermat. Isi syair harus tepat dgn gagasan teologi/liturgi Syair menyampaikan gagasan scr jelas dan logis Syair dgn jelas merumuskan suatu: doa permohonan, persembahan, syukur, dll. Keindahan syair penting, jangan sampai mengurbankan isi. ERNEST MARIYANTO

39 > Kemuliaan, Bapa Kami ---
Juga naskah-naskah liturgi yang disusun oleh Gereja hendaknya diberi penghargaan setinggi-tingginya. Maka tak seorang pun boleh mengubah, mengganti, menghapus atau menambahkan sesuatu atas prakarsa sendiri [Instruksi III: Liturgicae instaurationes No. 3 > Kemuliaan, Bapa Kami --- ERNEST MARIYANTO

40 Penulisan Syair Menggunakan bahasa yang baku dan umum > KBBI
Mengikuti tata bahasa baku Bhs Indonesia Bermutu & indah dari sudut sastra Benar dari sudut tata bahasa ERNEST MARIYANTO ERNEST MARIYANTO

41 KAIDAH MUSIK Utk perayaan liturgis, tdk ada jenis musik ibadat yg ditolak Gereja, asal sesuai dgn jiwa perayaan liturgis itu sendiri selaras dgn hakekat masing-masing bagian, tidak menghalangi partisipasi aktif dari umat [Mrk. 9] Musik digubah untuk perayaan ibadat suci ERNEST MARIYANTO ERNEST MARIYANTO

42 Keserasian Melodi dan Syair
Dalam hal jiwa: Melodi yang dibuat harus sesuai dengan ini syair, apakah sedih/memohon atau riang/gembira atau agung dan megah. Dalam hal pemenggalan kalimat: Kalimat melodi harus sesuai dengan kalimat syair. Dalam hal aksentuasi: Aksen melodi jatuh pada aksen syair. ERNEST MARIYANTO

43 INTKULTURASI ERNEST MARIYANTO

44 Gereja mengakui dan menerima semua yg baik dan indah yg ditemukan dlm musik para bangsa [bdk TlS, 5]
“Di wilayah2 tertentu [...] terdapat bangsa2 yg mempunyai tradisi musik sendiri, yg memainkan peran penting dlm kehidupan beragama dan bermasyarakat. Hendak-nya musik itu mendapat penghargaan yg layak dan tempat yg wajar, baik dlm membentuk sikap religius umat, maupun dlm menyerasikan ibadat dgn sifat-perangai mereka,...” [bdk. SC 119] ERNEST MARIYANTO

45 Musik modern juga diterima Gereja, sebab musik tersebut dapat menyerasikan kom-posisinya dgn keistimewaan, keagungan dan kedalaman, sehingga layak bagi fungsi-fungsi liturgis. Namun karena musik modern kebanyakan untuk melayani penggunaan profan, maka diperlukan perhatian khusus agar kompo-sisi musik dgn gaya modern yg diterima oleh Gereja tidak mengandung apa pun yg profan, bebas dari motif yg diangkat dari teater, dan tidak disusun dlm bentuk-bentuk teatrikal seperti cara menyusun lagu-lagu profan. [bdk TlS, 5]

46 sesuai dan dapat disesuaikan dengan fungsi kudus liturgi
Dalam upaya inkulturasi alat musik etnik dapat juga diperhitungkan asal: sesuai dan dapat disesuaikan dengan fungsi kudus liturgi keanggunan gedung gereja, membantu memantapkan liturgi. [MS 62] Juga dalam tata suara perlu diperhatikan nuansa khas etnik; jangan sampai sesudah dilengkapi dengan aransemen lagu kehilangan nuansa etniknya. ERNEST MARIYANTO

47 Semua upaya ini harus selalu sesuai dengan kaidah-kaidah liturgi.
ERNEST MARIYANTO

48 ERNEST MARIYANTO


Download ppt "studi-edukasi-konsultasi-kreasi-selebrasi"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google