Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI GAME BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA 3-7 TAHUN BERBASIS FLASH MULTIMEDIA DI TK BINDA ASUH NANDA Maya Andriati 10508345 PROGRAM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI GAME BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA 3-7 TAHUN BERBASIS FLASH MULTIMEDIA DI TK BINDA ASUH NANDA Maya Andriati 10508345 PROGRAM."— Transcript presentasi:

1 PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI GAME BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA 3-7 TAHUN BERBASIS FLASH MULTIMEDIA DI TK BINDA ASUH NANDA Maya Andriati PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK DAN ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS KOMPUTER INDONESIA BANDUNG 2012

2 Latar Belakang Penelitian
Perkembangan teknologi dan persaingan kini semakin ketat, namun semakin ketatnya perkembangan teknologi tidak membuat pencarian informasi dan media menjadi sulit, bahkan menjadikan pencariannya semakin mudah. Media komukikasi komputerisasi pun hampir semua menggunakan Bahasa Inggris. Maka agar dapat menguasai Bahasa Inggris yang merupakan Bahasa Internasional, ada baiknya mempelajari sedini mungkin. Oleh karena itu pendidikan Bahasa Inggris perlu diperkenalkan pada anak-anak sejak usia dini. Namun, pada umumnya anak-anak mengalami kesulitan dalam mempelajari bahasa asing, termasuk Bahasa Inggris.

3 Identifikasi masalah Akibat dari kurang adanya pelengkap dalam aplikasi educations game saat ini menjadikan adanya beberapa permasalahan yang muncul seperti : Belum adanya pelengkap aplikasi education Bahasa Inggris di TK. Bunda Asuh Nanda. Belum adanya sarana pembelajaran Bahasa Inggris berbasis multimedia. Belum adanya game edukasi yang menarik di TK. Bunda Asuh Nanda.

4 Rumusan Masalah Adapun rumusan masalah dalam pembuatan aplikasi education game ini adalah sebagai berikut : Bagaimana cara memberikan sarana anak dalam memfokuskan pada pembelajaran Bahasa Inggris yang menarik sebagai pengenalan dasar bagi anak-anak ? Bagaimana merancang aplikasi education game berbasis multimedia yang interaktif dengan menggunakan adobe flash macromedia ? Bagaimana implementasi aplikasi edukasi sebagai alat bantu pembelajara ?

5 Tujuan Penelitian Tujuan yang ingin penulis capai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : Untuk mengetahui pembuatan education game dengan mendalam menggunakan adobe flash macromedia Dapat memberikan sarana yang baik dalam bentuk game edukasi dan dapat diterapkan sebagai sarana pengajaran Bahasa Inggris yang peraktis baik dengan atau pun tanpa pengajar secara menarik Untuk mengimplementasikan aplikasi edukasi sebagai alat bantu pembelajaran

6 Batasan Masalah Melihat uraian latar belakang masalah diatas, maka akan menjadi batasan masalah dalam penelitian ini adalah: Aplikasi game yang di buat sesuai kriteria sebagai bahan pembelajaran untuk anak usia dini dalam rentang usia 3-7 tahun yang sudah dapat membaca dan menulis. Aplikasi education game ini menggunakan adobe flash macromedia , php dan base mysql. Untuk bahan evaluasi akhir anak dalam mengetahui hasil akhir sebagai alat ukur hasil system kerja otak dalam ketertarikan anak pada education game tersebut.

7 Gambaran Umum Aplikasi yang Diusulkan
Game ini dibuat untuk diimplementasikan pada personal computer dengan system oprasi windows , game bersifat single player . Adapun gambaran pada aplikasi ini : Menggunakan Bahsa Inggris. Terdapat empat materi pada menu kosa kata ( Mengenal binatang, Mengenal warna, Mengenal buah, Mengenal alphabet, Mengenal angka, Mengenal Sayuran). Game bersifat edukasi. Terdapat tiga level dalam menu game ( Menemukan gambar, Menemukan nama dan kuis mengetik).

8

9 Perancangan Aplikasi Diagram Navigasi Aplikasi

10 Perancangan Aplikasi Flowchart menu utama

11 Perancangan Aplikasi Flowchart navigasi main menu

12 Perancangan Aplikasi Flowchart navigasi menu hewan

13 Perancangan Aplikasi Flowchart game tebak gambar

14 Perancangan Aplikasi Flowchart ketik kuis

15 Kesimpulan Berdasarkan uraian dan hasil analisa yang telah dilakukan selama pengerjaan game edukasi bahasa inggris ini, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : Dengan adanya game edukasi ini penyampaian materi bisa cepat dihafal oleh anak. Game ini dapat memicu daya tarik anak dalam belajar bahasa inggris karena dalam penyampaian materi sudah berbentuk edukasi. Setelah adanya game edukasi ini, pengajar dapat mengetahui score hasil anak dalam penyimpanan data base.

16 Saran Sebagai saran yang dapat diberikan dalam pembuatan game edukasi bahasa inggris ini yaitu : Pembuatan permainan yang dibuat penulis dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran, terutama dalam pembuatan modul ajaran lain dengan content dan materi yang lain. Pembuatan game yang dibuat penulis dapat dikembangkan lebih beragam lagi dalam hal animasi, desain, fitur, musik serta pemograman yang lebih efektif. Membuat game yang bagus agar hasilnya lebih memuaskan, harus di lakukan secara tim.

17 Terima Kasih Maya Andriati


Download ppt "PERANCANGAN APLIKASI EDUKASI GAME BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK USIA 3-7 TAHUN BERBASIS FLASH MULTIMEDIA DI TK BINDA ASUH NANDA Maya Andriati 10508345 PROGRAM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google