Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERSPEKTIF SEJARAH MEDIA

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERSPEKTIF SEJARAH MEDIA"— Transcript presentasi:

1 PERSPEKTIF SEJARAH MEDIA
ADHI GURMILANG

2 LUKISAN GUA Aborigin Australia SM dan lukisan gua di Altamira, Spanyol, SM,

3 Salah satu tema umum lukisan gua adalah binatang besar seperti bison, kuda, rusa dan pola-pola telapak tangan manusia serta pola-pola abstrak.

4 shaman atau dukun. Sang dukun bertapa di dalam gua, berada dalam kondisi kesurupan dan menggambar berdasarkan visi-visi mereka.

5 PERCETAKAN

6 PERCETAKAN Mesin cetak adalah mesin mekanik yang menggunakan tekanan pada tinta ke sebuah media, berupa kertas atau kain. Dibangun oleh Johannes Gutenberg di tahun 1440. Beberapa unsur mesin Gutenberg mengacu kepada teknologi Cina > penemuan kertas dan meningkatnya permintaan Eropa akan buku yang murah.

7 Tingginya tingkat melek huruf pada kelas menengah dan siswa.
Tersebarnya buku mengurangi monopoli gereja terhadap melek huruf.

8 PENGARUH MESIN GUTENBERG
ilmuwan saling berkomunikasi mengenai penemuan mereka melalui jurnal ilmiah sehingga menolong penemuan ilmiah

9 Kompas Edisi 1, 28 Juni 1965 Video Mesin cetak koran

10 Apa kelebihan dan kekurangan surat kabar cetak ?
DISKUSI : Apa kelebihan dan kekurangan surat kabar cetak ? Silakan diskusi dulu agar mahasiswa menemukan sendiri kelebihan dan kekurangan surat kabar cetak

11 KELEBIHAN SURAT KABAR Market coverage : surat kabar mampu menjangkau daerah-daerah sesuai cakupan wilayahnya. Karakter yang kuat  memiliki berita-berita yang sesuai dengan perkembangan pemikiran masyarakat yang semakin dewasa Harga relatif murah  semua bisa konsumsi Comparison Shopping (catalogue product)  referensi belanja Mempunyai target pasar sendiri sesuai dengan khalayak pembacanya Dapat dibeli tanpa harus menjadi pelanggan/eceran Ada ruang beriklan/space yang khusus buat produk Fleksibel ketika menjadi bagian dari iklan produkk.

12 KEKURANGAN SURAT KABAR
Clutter  Tidak beraturan ketika produk dan berita bersanding Short life span  Koran dibaca dalam waktu yang singkat dan cepat. Koran hari minggu biasanya lebih berat daripada hari lainnya, karena tingkat membaca lebih cepat daripada hari biasanya Limited coverage of certain groups  meski sirkulasi luas namun tetap saja kelompok pasar tertentu tidak bisa terlayani dengan baik Medium statis  karena tidak dilengkapi dengan audio video

13 hak cipta penerbit menjadi penting dan memiliki nilai ekonomi
hak cipta penerbit menjadi penting dan memiliki nilai ekonomi. Menjadi penting, siapa yang berkata atau menulis, apa yang dikatakan dan kapan dikatakan.

14 DEMOKRATISASI PENGETAHUAN
seluruh buku-buku penting dicetak dan tersebar luas. orang-orang memiliki akses pada pengetahuan baik lama dan baru, diskusi buku-buku menjadi meningkat.

15 menurunnya Latin sebagai bahasa penulisan, digantikan oleh bahasa daerah masing-masing.

16 TELEKOMUNIKASI

17 Definisi telekomunikasi adalah transmisi sinyal yang menempuh jarak yang jauh, seperti telegram, radio dan televisi. Telekomunikasi adalah komunikasi elektrik jarak jauh untuk suara, data, citra.

18 Telepon merupakan alat telekomunikasi yang membawa suara dan televisi menggunakan data dan citra.
PC (personal computer) merupakan sebuah convergent media yang menggabungkan data, suara, bahkan citra. Alat lainnya adalah remote televisi, CD, pager, bahkan sampai remote alarm mobil.

19 MEDIA INTERAKTIF

20 Media interaktif adalah produk jasa yang didasarkan sistem komputer yang memiliki respon terhadap tindakan pengguna dan berisi konten seperti teks, grafik, animasi, video, audio.

21  media interaktif berhubungan konsep desain interaktif, new media, interaktivitas, cyberculture, digital culture, televisi interaktif, interactive advertising, videogames, social media, virtual reality, augmented reality.

22 Fitur dasar interaktif adalah mutualitas
Fitur dasar interaktif adalah mutualitas. Pengguna dan komputer memiliki peran aktif satu sama lain. Sistem komputer interaktif ditujukan untuk beberapa tujuan dan interaksi dengan manusia lainnya.

23 Media interaktif tidak hanya media elektronik atau digital.
Board games, pop-up books, gamebooks, flip books dan constellation.

24 TERIMA KASIH


Download ppt "PERSPEKTIF SEJARAH MEDIA"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google