Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Studi Kasus Penjualan Online
11/12/2018
2
Pengantar Berorientasi objek atau Object oriented merupkan paradigma baru dalam rekayasa perangkat lunak. Paradigma ini memandang sistem sebagai kumpulan objek-objek diskrit yang saling berinteraksi satu sama lain. Berorientasi objek juga bisa bermakna kegiatan mengorganisasikan perangkat lunak sebagai kumpulan objek-objek diskrit yang bekerja antara informasi (atau struktur data) dan perilaku (behavior) yang mengaturnya. Objek adalah segala sesuatu yang ada disekitar kita. Objek lah yang menyusun dunia ini, misalkan mobil, motor, becak, sepeda adalah contoh –contoh objek kendaraan, kucing, harimau singa, ayam adalah objek-objek binatang. 11/12/2018
3
Penjualan Online Sebuah toko komputer menawarkan pemesanan komputer lewat internet. Pelanggan dapat memilih komputer lewat halaman web toko tersebut. Komputer yang dijual diklasifikasikan menjadi server, PC dan notebook. Untuk melakukan pemesanan, pelanggan harus mengisi informasi pengiriman dan pembayaran. Pembayaran yang diperbolehkan adalah menggunakan kartu kredit atau tunai (cash). Setiap kali sebuah pemesanan dimasukkan, sistem akan mengirimkan konfirmasi kepelanggan dengan rincian pemesanan. Sambil menunggu barang dikirim, pelanggan bisa memantau status pemesanannya secara online setiap waktu. 11/12/2018
4
Requirement actor dan use case pada belanja online
11/12/2018
5
Use Case 11/12/2018
6
Pemodelan Aktivitas 11/12/2018
7
Activity Diagram 11/12/2018
8
Pemodelan Class 11/12/2018
9
Class Diagram 11/12/2018
10
Sequence Diagram Gambar pada slide berikut adalah sequence diagram untuk ‘DisplayCurrentConfiguration’. Saat pelanggan memilih menu Display Current Configuration sebuah message OpenNew dikirim ke boundary class:ConfigurationWindow. Hasilnya adalah membuat (instantiate) objek:ConfigurationWindow yang baru. Objek:ConfigurationWindow perlu untuk menampilkan dirinya sendiri dengan data-data konfigurasi. Oleh karena itulah sebuah message dikirim ke objek:Komputer. Faktanya:komputer adalah objek dari class StandardComputer atau ConfiguredComputer. Jadi Komputer adalah abstrak class. Objek :Komputer menggunakan output argumen item_rec untuk mengkomposisi dirinya sendiri dari objek:KonfigurasiItem. Hasilnya adalah konfigurasi item yang dikirimkan ke:ConfigurationWindow sebagai argumen input item dari message DisplayComputer. Objek:ConfigurationWindow sekarang bisa menampilkan dirinya sendiri. 11/12/2018
11
Sequence Diagram Sequence diagram untuk ‘Display Current Configuration’ 11/12/2018
12
Statechart Diagram Dari model use case dapat diketahui bahwa pelanggan menentukan cara pembayaran dengan cash atau kredit, akan tetapi use case tidak menjelaskan kapan pembayaran tersebut akan diterima. Dari class diagram dapat diketahui bahwa faktur atas pesanan dibuat oleh bagian penjualan dan selanjutnya dikirimkan ke bagian gudang dan bagian gudang akan mengirimkan faktur tersebut bersama dengan komputer pesanannya. Statechart diagram biasanya disambungkan dengan class meski tidak menutup kemungkinan untuk disambungkan dengan use case. Ketika disambungkan ke class, diagram tersebut menentukan bagaimana objek tersebut bereaksi terhadap event. Lebih tepatnya action apa yang akan dilakukan oleh objek ketika menerima sebuah event. Bisa jadi objek yang sama akan melakukan action yang berbeda tergantung pada state objek tersebut. 11/12/2018
13
Statechart Diagram Statechart diagram untuk class ‘Faktur’ 11/12/2018
14
ANALISA PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
11/12/2018
15
SELESAI 11/12/2018
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.