Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Perancangan dan Implementasi PL
2
Topik Perancangan Berorientasi Obyek menggunakan UML
Pola-pola Perancangan Isu-isu Implementasi Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
3
Perancangan dan Implementasi
Perancangan dan implementasi perangkat lunak adalah dimana perangkat lunak dikembangkan Aktivitas perancangan dan implementasi perangkat lunak saling berkaitan Perancangan perangkat lunak adalah aktivitas mengidentifikasi komponen perangkat lunak dan hubungannya berdasarkan kebutuhan pelanggan Implementasi adalah proses mewujudkan rancangan menjadi program Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
4
Membangun atau Membeli
Saat ini, memungkinkan untuk membeli sistem yang bisa diadaptasi dan disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Misal, Anda bisa membeli paket sistem yang digunakan di rumah sakit untuk menyimpan catatan medis pasien. Sistem ini bisa jadi lebih murah dan cepat dibandingkan harus membangunnya dengan suatu bahasa pemrograman. Sehingga perlu dipertimbangkan apakah untuk membangun sistem dari awal atau membeli sistem yang ada Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
5
Proses Perancangan Berorientasi Obyek
Proses perancangan berorientasi obyek melibatkan pengembangan sejumlah model sistem yang berbeda Proses ini membutuhkan usaha pengembangan dan perawatan sehingga tidak efektif dalam masalah biaya, khususnya untuk sistem yang kecil Bagaimanapun juga, untuk sistem besar yang dikembangkan oleh kelompok yang berbeda, model perancangan adalah mekanisme komunikasi yang penting Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
6
Tahap-tahap Proses Ada bermacam-macam proses perancangan berorientasi obyek. Jenis-jenis prosesnya tergantung pada organisasi yang menggunakan. Berikut ini adalah aktivitas dalam proses perancangan yang biasa digunakan: Mendefinisikan lingkungan dan cara penggunaan sistem; Merancang arsitektur sistem; Mengidentifikasi obyek-obyek utama dalam sistem; Mengembangan model perancangan; Menentukan antarmuka obyek. Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
7
Konteks dan Interaksi Sistem
Memahami hubungan perangkat lunak dengan lingkungan eksternalnya sangat penting untuk memutuskan bagaimana menyediakan fungsionalitas sistem dan menyusun struktur komunikasi sistem dengan lingkungannya. Memahami konteks sistem membantu memutuskan batasan sistem. Mengatur batasan sistem membantu memutuskan fitur apa yang diimplementasikan pada sistem dan fitur apa yang ada pada sistem lain. Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
8
Model Konteks dan Interaksi
Model konteks sistem adalah model struktural yang mendemonstrasikan sistem lain di lingkungan sistem yang saat ini sedang dibangun. Model interaksi adalah model dinamis yang memperlihatkan bagaimana sistem berinteraksi dengan lingkungannya. Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
9
System context for the weather station
Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
10
Kasus Penggunaan Stasiun Pengamat Cuaca
Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
11
Deskripsi kasus penggunaan—laporan cuaca
System Weather station Use case Report weather Actors Weather information system, Weather station Description The weather station sends a summary of the weather data that has been collected from the instruments in the collection period to the weather information system. The data sent are the maximum, minimum, and average ground and air temperatures; the maximum, minimum, and average air pressures; the maximum, minimum, and average wind speeds; the total rainfall; and the wind direction as sampled at five-minute intervals. Stimulus The weather information system establishes a satellite communication link with the weather station and requests transmission of the data. Response The summarized data is sent to the weather information system. Comments Weather stations are usually asked to report once per hour but this frequency may differ from one station to another and may be modified in the future. Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
12
Desain Arsitektural Arsitektur sistem dirancang berdasarkan interaksi sistem dengan lingkungannya. Komponen sistem dan interaksinya diidentifikasi kemudian disusun menggunakan pola arsitektur seperti model berlapis atau model client-server. Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
13
Arsitektur level atas stasiun pengamat cuaca
Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
14
Arsitektur sistem pengumpulan data
Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
15
Identifikasi Kelas Identifikasi kelas sering menjadi bagian yang sulit dalam perancangan berorientasi obyek. Tidak ada formula instan dalam mengindetifikasi obyek. Semuanya tergantung pada keahlian, pengalaman dan pengetahuan desainer sistem Identifikasi obyek adalah proses iteratif karena tidak mungkin langsung mengidentifikasi dengan benar di awal proses Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
16
Pendekatan Identifikasi Obyek
Pendekatan gramatikal berdasarkan deskripsi bahasa natural sistem Identifikasi benda-benda berwujud pada domain aplikasi Pendekatan perilaku dengan mengidentifikasi obyek yang terlibat pada suatu perilaku sistem Analisa berbasis skenario Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
17
Kelas-kelas pada Sistem Stasiun Pengamat Cuaca
Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
18
Model Perancangan Model perancangan menunjukkan obyek, kelas dan hubungan di antara entitas-entitas ini Model statis mendeskripsikan struktur statis sistem dalam bentuk kelas dan hubungan antar kelas. Model dinamis mendeskripsikan interaksi dinamis antar obyek Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
19
Contoh Model Perancangan
Model subsistem yang menggambarkan pengelompokan obyek ke dalam subsistem yang. Model sekuens menunjukkan urutan interaksi obyek. Model state machine menggambarkan bagaimana suatu obyek berubah kondisi karena suatu kejadian. Model lainnya misalkan model kasus penggunaan (use case), model agregasi, model generalisasi, dll. Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
20
Model subsistem Menunjukkan pengelompokan obyek ke dalam grup yang sesuai. Pada UML, model ini ditunjukkan menggunakan paket. Berupa model logis, sehingga organisasi obyek sebenarnya pada sistem bisa jadi berbeda. Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
21
Model Sekuens Model sekuens menggambarkan urutan interaksi obyek
Obyek disusun secara horizontal sepanjang bagian atas obyek; Waktu direpresentasikan dari atas ke bawah; Interaksi antar obyek direpresentasikan dengan panah berlabel, bentuk panah yang berbeda menunjukkan jenis interaksi yang berbeda; Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
22
Contoh diagram sekuens pengumpulan data
Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
23
State diagram State diagram menunjukkan respon obyek terhadap permintaan layanan yang berbeda dan transisi dari satu kondisi ke kondisi lain yang disebabkan permintaan tersebut. Biasanya tidak dibutuhkan state diagram untuk semua obyek dalam sistem karena obyek-obyek tersebut biasanya sederhana sehingga state diagram hanya akan menambahkan detail yang tidak diperlukan ke dalam sistem. Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
24
State diagram stasiun pengamat cuaca
Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
25
Spesifikasi antarmuka
Antarmuka obyek harus ditentukan sehingga obyek dan komponennya dapat dirancang secara paralel. Obyek mungkin memiliki beberapa antarmuka yang merupakan sudut pandang dari metode yang berbeda. UML menggunakan diagram kelas untuk menentukan antarmuka. Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
26
Antarmuka stasiun pengamat cuaca
Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
27
Referensi Sommerville, I., Software Engineering 8th edition, Addison-Wesley, 2007 Perancangan dan Implementasi PL 14/11/2018
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.