Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehRussell Kelly Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
11/15/2018 Pertemuan 1 Siti Mukaromah,S.Kom
2
Tujuan 11/15/2018 Mahasiswa dapat mengerti dan memahami Pendahuluan mengenai Software Engineering Mahasiswa mengerti yang dimaksud Software Engineering dan mengapa Software Engineering itu penting. Mahasiswa memahami ethical and professional issues yang penting untuk Software Engineering.
3
Literatur 11/15/2018 Pressman, Roger S.; Software Engineering : A Practitioner’s Approach, 5ft edition, McGraw- Hill International, 2001. Sommerville, Ian; Software Engineering, 6th Addison Wesley Publishing Company, 2001
4
Acara Perkuliahan Handout Pertemuan: Penilaian:
11/15/2018 Handout Pertemuan: Penilaian: 30% Tugas: kelompok, perorangan 30% Ujian Tengah Semester 40% Ujian Akhir Semester
5
What is Software ? 11/15/2018 Merupakan program-program komputer dan dokumentasi yang berkaitan seperti dokumen kebutuhan, rancangan dan user manual
6
Jenis Software 11/15/2018 Sistem Software Application Software
7
Jenis Software Application Software Sistem Software custom-made,
packaged software wordprocessor, desktop publishing, spreadsheet, dbms, graphics, etc Sistem Software Operating system : program yang mengelola hardware dan menyediakan user interface Programming Languages System Utility : mendukung sistem 11/15/2018
8
Jenis Software 11/15/2018
9
Hak Cipta Software piracy is illegal ! Jenis software:
11/15/2018 Software piracy is illegal ! Jenis software: Freeware : dapat digunakan secara bebas Shareware : bebas digunakan dalam jangka waktu tertentu, jika mau dilanjutkan harus membayar. Demoware. Commercialware : harus membayar
10
Istilah Public domain : ada dalam ranah (=domain) umum (=public)
11/15/2018 Public domain : ada dalam ranah (=domain) umum (=public) User : pengguna Vendor : penjual Open source Licenses: GNU (FSF = Free Software Foundation), BSD
11
Produk SE 11/15/2018 Generik – dibuat untuk dijual ke suatu kumpulan pengguna yang berbeda Bespoke (custom) – dibuat untuk suatu pengguna tunggal sesuai dengan spesifikasinya
12
Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
Pembuatan PL 11/15/2018 Program baru Konfigurasi sistem PL Gunakan lagi (reuse) program yang sudah ada. Rekayasa Perangkat Lunak (Software Engineering)
13
What is SE ? 11/15/2018 adalah suatu disiplin rekayasa yang berkonsentrasi terhadap seluruh aspek produksi perangkat lunak
14
What is SE ? Pendekatan sistematis & teratur
11/15/2018 Pendekatan sistematis & teratur Menggunakan Tool & Teknik yang sesuai dengan Permasalahan Memperhatikan batasan Pengembangan & Resources yang tersedia
15
Teori ilmu komputer masih kurang sebagai penyangga RPL.k
RPL Vs Ilmu Komputer 11/15/2018 Ilmu komputer berkaitan dengan teori dan konsep-konsep dasar; RPL berkaitan dengan praktek pembangunan PL. Teori ilmu komputer masih kurang sebagai penyangga RPL.k
16
RPL Vs Rekayasa Sistem 11/15/2018 Rekayasa sistem berkaitan dengan semua aspek dalam pembangunan sistem berbasis komputer termasuk hardware, rekayasa PL dan proses. RPL adalah bagian dari rekayasa sistem yang meliputi pembangunan PL, infrasktruktur, kontrol, aplikasi dan database pada sistem. Para ahli sistem (system engineers) terlibat dalam spesifikasi sistem, desain arsitektural, integrasi dan peluncurannya
17
Software Process 11/15/2018 Serangkaian aktifitas yang tujuannya adalah pembangunan atau evolusi PL
18
Aktifitas dalam SW Process
11/15/2018 Spesifikasi – apa yang dilakukan sistem dan batasan pembangunan
19
Aktifitas dalam SW Process
11/15/2018 Pembangunan – Produksi dari Sistem perangkat lunak
20
Aktifitas dalam SW Process
11/15/2018 Validasi – Pemeriksaan apakah PL sesuai dengan pemesanan
21
Aktifitas dalam SW Process
11/15/2018 Evolusi – Pengubahan PL sesuai dengan perubahan permintaan dan kebutuhan zaman.
22
SW Process Model (Next Session)
11/15/2018 Gambaran sederhana dari proses PL, berdasarkan pandangan tertentu.
23
Contoh Workflow – aktivitas yang berurutan. Dataflow – arus informasi.
11/15/2018 Workflow – aktivitas yang berurutan. Dataflow – arus informasi. Role/action – siapa melakukan apa. Model process (contoh: waterfall, iterative development, component-based software engineering).
24
Seberapa besar biaya RPL
11/15/2018 Secara kasar 60% dari biaya untuk pembangunan dan 40% untuk pengujian. Untuk PL custom, biaya evolusi sering melebihi biaya pembangunan. Biaya bervariasi tergantung pada tipe sistem yang dibangun dan kebutuhan sistem seperti kinerja dan kehandalan sistem. Distribusi biaya bergantung pada model pembangunan yang digunakan.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.