Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengembangan Sistem dan Krisis Software

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengembangan Sistem dan Krisis Software"— Transcript presentasi:

1 Pengembangan Sistem dan Krisis Software
PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK Pengembangan Sistem dan Krisis Software

2 Topik Bahasan Sejarah Perlunya Paradigma Baru Costs dan Benefits Objek

3 1. Sejarah Pada tahun 1950 dan 1960, analisa sistem tidak terstruktur dan terorganisasi dengan baik. 30 puluh tahun berikutnya dilakukan perbaikan- perbaikan Namun software masih mengalami banyak bug Kode program untuk suatu proyek software menjadi semakin banyak(berjuta baris program)

4 Masalah pada Maintenance software
1. Sejarah Mengakibatkan Masalah pada Maintenance software

5 1. Sejarah Backlogs Invisible backlogs Backlogs menyebabkan 2 hal
- End user Computing pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis komputer oleh pemakai (user) - Pencarian cara yang lebih baik untuk pengembangan sistem

6 1. Sejarah Reliability(dpt dipercaya)
Apa yang menyebabkan dilakukannya maintenance software dan backlogs? Error program, design yang buruk  maintenance software menjadi sulit, memakan banyak waktu dan menghabiskan dana yang mahal  terjadi backlogs

7 1. Sejarah Reliability berkaitan dengan 3 hal berikut ini :
Flexibility  kemampuan sistem menangani suatu transaksi atau event/kejadian yang tidak biasa, tidak terduga Resilence  Kemampuan sistem beradaptasi ketika dilakukannya maintenance. Dalam artian ketika maintenance dilakukan dan terdapat perubahan, maka tidak terjadi/timbul masalah baru. Quality  Membangun sistem/software dengan baik, benar, tepat waktu, tidak crash, mengerjakan task dengan benar.

8 2. Perlunya Paradigma Baru
Banyak manajer yang tidak paham betapa kompleksnya pengembangan software Penggunaan hacker dan pemula pada pengembangan software Professional yang telah ketinggalan zaman Konsultan yang bagus sangat mahal Tuntutan ROI (Return of Investmen) terhadap proyek software yang dilakukan

9 2. Perlunya Paradigma Baru
Lahir paradigma baru yaitu Objek Oriented dalam rekayasa perangkat lunak. Memandang sistem adalah sekumpulan objek-objek yang saling berinteraksi. dengan kata lain Berorientasi objek adalah mengorganisasikan perangkat lunak sebagai kumpulan objek-objek diskrit yang bekerja sama antara struktur data dan behaviour.

10 2. Perlunya Paradigma Baru
“The Dead COBOL Programmers’ Society.”

11 3. Costs dan Benefits Objek
System Stability Maintainability Reusable software components Reality-based systems Data accessibility User involvement and ownership

12 3. Costs dan Benefits Objek
System Stability Resilence to change  sebuah program atau sistem informasi setelah diinstal dan running, sesuai dengan perjalanan waktu dapat mengalami maintence atau modifikasi sesuai kebutuhan user. Nah ketika proses tersebut dilakukan, sistem dikatakan resilence to change jika modifikasi tersebut tidak menimbulkan masalah baru pada sistem yang telah dibangun, dengan waktu yang singkat dan biaya yang sedikit. Resilence dan stability ini dapat kita dapatkan dari objek.karena sistem benar-benar dirancang untuk mendukung bisnis user yang berdasarkan pemahaman dasar akan kebutuhan data pada bisnis user daripada hanya sekedar pemenuhan laporan atau query ad hoc

13 3. Costs dan Benefits Objek
Maintainability Metode sebelum objek cenderung dibuat berdasarkan kebutuhan laporan dan kebutuhan sekarang, sehingga ketika terjadi maintenance menjadi lebih sukar. Metode berorientasi objek menghasilkan sistem yang lebih siap untuk proses maintenance dan peningkatan kualitas.

14 3. Costs dan Benefits Objek
Reusable software components Hasil analisa rekayasa perangkat lunak dan kode program dapat digunakan ulang. Reusable software components ini dapat dilakukan oleh adanya feature inheritance dan polimorphism. Contohnya pengembangan library untuk object classes pada JavaBean yang dapat digunakan ulang.

15 3. Costs dan Benefits Objek
Reality-based systems Memberikan gambaran yang lebih akurat terhadap operasi bisnis user dan kebutuhan informasinya. Sehingga nantinya sistem yang telah jadi akan lebih cocok,sesuai dengan kebutuhan aktual user untuk menjalankan bisnisnya.

16 3. Costs dan Benefits Objek
Data Accessibility Design database didasari oleh pemahaman dari data user dan relasi antar data.

17 3. Costs dan Benefits Objek
User involvement and ownership User dapat dilibatkan dalam pengembangan sistem karena menggunakan konsep objek yang lebih mudah dipahami oleh user meskipun berasal dari disiplin ilmu yang berbeda-beda. Sehingga analisa sistem dapat sesuai dengan apa yang diinginkan oleh user.

18 3. Costs dan Benefits Objek
Costs of Objects: Software yang telah diinstal harus diubah Legacy system  sistem yang telah ketinggalan zaman yang telah ada dan harus tetap digunakan untuk waktu yang belum dipastikan Training Ulang Bahasa pemrograman baru Konsep baru Perlu rencana yang matang untuk proses konversi ke Objek

19 Next …


Download ppt "Pengembangan Sistem dan Krisis Software"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google