Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Kebutuhan dan Pemodelan Analisis
Tim PPL Teknik Informatika
2
Definisi Kebutuhan Pernyataan abstrak tingkat tinggi tentang layanan atau fungsional sistem yang terperinci Jenis kebutuhan Kebutuhan pengguna Pernyataan dalam bahasa alami ditambah diagram dari layanan yang disediakan sistem dan batasan operasionalnya Kebutuhan sistem Deskripsi terperinci fungsi, layanan, dan batasan operasional sistem Kebutuhan perangkat lunak Dokumen terstruktur yang menetapkan deskripsi terperinci dari fungsi perangkat lunak
3
Kebutuhan Fungsional dan Non-Fungsional
Kebutuhan fungsional Pernyataan layanan yang harus disediakan sistem, bagaimana sistem harus bereaksi terhadap masukan tertentu dan bagaimana sistem harus berperilaku dalam situasi tertentu Kebutuhan non-fungsional Batasan pada layanan atau fungsi yang ditawarkan oleh sistem seperti batasan waktu, batasan pada proses pengembangan, standar, dll
4
Masalah Kebutuhan Kurang kejelasan Kejelasan tentang pernyataan kebutuhan yang sulit dapat membuat dokumen sulit dibaca Amalgamasi kebutuhan Beberapa persyaratan yang berbeda dapat diekspresikan bersama. Persyaratan fungsional dan non-fungsional cenderung campur aduk Kebutuhan tidak disebutkan secara tepat Kebutuhan ambigu dapat ditafsirkan dengan cara yang berbeda oleh pengembang dan pengguna Kebutuhan dinyatakan dalam bahasa domain aplikasi Ini sering tidak dipahami oleh para pengembang perangkat lunak yang mengembangkan sistem. Pakar domain memahami area tersebut dengan baik sehingga mereka tidak berpikir untuk membuat kebutuhandomain eksplisit Konflik antara persyaratan non-fungsional yang berbeda dalam sistem yang kompleks
5
Review Pemodelan Analisis
Terstruktur Model berorientasi proses : DFD Model berorientasi entitas : ERD Berorientasi Objek Model berorientasi scenario : Use Case Diagram, Activity Diagram Model berorientasi perilaku : Sequence Diagram Model berorientasi kelas : Class Diagram
6
DFD Elemen utama dari notasi DFD
Data Flow, dengan label untuk menunjukkan data apa yang mengalir Proses, yang menangani data Data store, di dalam sistem (diary, lemari arsip atau file komputer) External / Outside entities / Terminator, sumber data luar
7
Use Case Diagram Aktor mewakili apa pun yang berinteraksi dengan sistem. Aktor adalah EKSTERNAL! Use case adalah urutan tindakan yang dilakukan oleh sistem yang menghasilkan hasil nilai yang dapat diobservasi oleh aktor tertentu.
8
Activity Diagram Pendukung use-case dengan menyediakan representasi grafis dari aliran interaksi dalam skenario tertentu Mirip dengan diagram alur / flowchart Persegi panjang bulat digunakan untuk mewakili fungsi Belah ketupat digunakan untuk mewakili poin keputusan Panah berlabel mewakili aliran sistem Garis horizontal padat menunjukkan aktivitas
9
Tugas SKPL
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.