Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
MASALAH & RUANG MASALAH
Review : Sistem yang menggunakan AI
2
Memilih teknik penyelesaian masalah yang terbaik.
membangun sistem yang mampu menyelesaikan masalah menggunakan AI : Mendefinisikan masalah dengan tepat, mencakup spesifikasi yang tepat mengenai keadaan awal dan solusi yang diharapkan. Menganalisis masalah tersebut dan mencari beberapa teknik penyelesaian masalah yang sesuai. Merepresentasikan pengetahuan yang perlu untuk menyelesaikan masalah tersebut. Memilih teknik penyelesaian masalah yang terbaik.
3
RUANG MASALAH (state space) goal state initial state
Untuk Mendefinisikan Suatu Masalah : Definisikan/buat ‘state space’ atau ruang masalah Tentukan keadaan awal (initial state) Tentukan keadaan akhir/tujuan (goal state) Tentukan operatornya/aturannya yg dapat digunakan untuk mengubah keadaan awal menjadi keadaan tujuan. goal state initial state
4
A water jug problem Production Rules :
Sistem Produksi/Production System terdiri dari: Sekumpulan Aturan (a set of rules) Knowledge Base /Data Base Sebuah strategi pengontrol (Control Strategy) Urutan yang dipakai (a rule applier) 4
5
Contoh 1 : “Permainan Catur”
Yang harus ditentukan adalah : Posisi awal pada papan catur Aturan-aturan untuk melakukan gerakan secara legal Tujuan (goal) yang ingin dicapai adalah posisi pada papan catur yang menunjukkan kemenangan seseorang terhadap lawannya. Production Rule : adalah aturan2 main pada permainan catur secara lengkap.
6
A water jug problem Initial state: Goal state: Solusi: ?
Diketahui dua buah kendi masing-masing berkapasitas 3 lt dan 5 lt, dan sebuah air mancur. Goal state: Dapatkan air 4 galon !!! Solusi: ?
7
A water jug problem Deskripsi Ruang Keadaan :
Misalkan : x = volume kendi 3 lt dan y = volume kendi 5 lt. Ruang Keadaan : Dapat digambarkan sbg himpunan pasangan bil. Bulat (x,y), dgn x = 0,1,2,3 dan y = 0,1,2,3,4,5. x/y 1 2 3 4 5 (0,0) (0,1) (0,2) (0,3) (0,4) (0,5) (1,0) (1,1) (1,2) (1,3) (1,4) (1,5) (2,0) (2,1) (2,2) (2,3) (2,4) (2,5) (3,0) (3,1) (3,2) (3,3) (3,4) (3,5)
8
A water jug problem INITIAL STATE ( Keadaan Awal)
Dua gelas dalam keadaan kosong X = 0 dan Y = 0 atau ditulis (0,0). GOAL STATE ( Kondisi Akhir/Tujuan) Dapatkan air 4 lt. Dapat ditulis (0,4), (1,4), (2,4), (3,4).
9
A water jug problem Kumpulan Aturan (Production Rule)
1. Isi penuh kendi X , maka menjadi (3,y) 2. Isi penuh kendi Y, maka menjadi (x,5) 3. Kosongkan kendi X, maka menjadi (0,y) 4. Kosongkan kendi Y, maka menjadi (3,0) 5. Tuangkan isi kendi X ke kendi Y 6. Tuangkan isi kendi Y ke kendi X
10
A water jug problem Dengan deskripsi seperti diatas dapat ditemukan salah satu solusinya adalah : Keadaan Sekarang Aturan Keadaan Selanjutnya Kendi X Kendi Y 2 5 6 3 4 Selesai
11
Representasi Ruang Masalah(1)
Pohon Pelacakan
13
Representasi Ruang Masalah(2)
Graph Keadaan Graph berarah dengan satu tujuan (T) Graph berarah yang menemui jalan buntu Graph dengan siklus M-A-B-C-E-T M-A-B-C-E-H-T M-D-C-E-T M-D-C-E-H-T M-A-B-C-E-F-G M-A-B-C-E-I-J M-D-C-E-F-G M-D-C-E-I-J M-D-I-J D-E-C-E-I-D
14
TERIMA KASIH PERHATIANNYA
Selesai TERIMA KASIH PERHATIANNYA
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.