Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehAdi Hartono Telah diubah "6 tahun yang lalu
1
SEMINAR ITEKOM PIKSI GANESHA Educating Innovation and Educating For Innovation The Power Of Digital Technolgies To Be a Young IT Innovators (5W1H) Candra Mecca Sufyana
2
WHAT? FOR PERCEPTION INFORMATION TECHNOLOGY? Perpanjangan Ide To Be a Young IT Innovators “Teknologi Informasi menjadikan dunia dalam satu gerbang portal waktu. Kecanggihanya menjadikan sekat ruang dan waktu menjadi maya”
3
WHAT INNOVATION? To Be a Young IT Innovators “Inovasi AI akan menjadi yang paling mengubah dunia. AI akan menimbulkan tantangan-tantangan baru bagi manusia. Namun, AI juga akan membuat hidup kita lebih produktif, efisien, dan lebih mudah.” (Bill Gates)
4
WHY? FOR OBJECTIVE Now 1980 1940 1960 1970 KOMPUTER GENERASI KEEMPAT KOMPUTER GENERASI KELIMA KOMPUTER GENERASI KEDUA KOMPUTER GENERASI KETIGA KOMPUTER GENERASI PERTAMA VLSI (Very Large Scale Integration) AI (Artificial Intellegence) tube vakum dgn silinder magnetik Transistor, Bahasa Pemograman, I/O IC, external disk, high memory To Be a Young IT Innovators
5
INNOVATION OF INFORMATION TECHNOLOGY
WHY? INNOVATION OF INFORMATION TECHNOLOGY PENINGKATAN PENGGUNAAN “BANDWITH” TUNTUTAN ZAMAN NOW SEGALA BIDANG SEGALA INSTITUSI arus informasi, penelusuran (searching), komunikasi, video, transaksi, dan lalu lintas intracompany To Be a Young IT Innovators “Karena inovasi memerlukan eksperimen, hal-hal baru harus dicoba, dan ini memerlukan cost dan biaya. Berarti startup jangan dicekik dengan regulasi berlebihan, jangan terlalu diatur-atur. Negara kita terlalu banyak aturan, regulasi, menyebabkan kita terjerat aturan sendiri. Itu yang kita potong, tapi jumlahnya masih banyak sekali, ada 42 ribu aturan. Sekali lagi berikan ruang yang sebesar-besarnya untuk startup berkembang.” Joko Widodo
6
WHO? Henry Jufri Nadiem Makarim Rini Sugianto Gojek Achmad Zaky
FOR INSPIRATION Nadiem Makarim Henry Jufri Rini Sugianto Gojek Ferry Unardi, Traveloka Natali Ardianto, tiket.com Achmad Zaky Animator, Hunger Game, Tintin, Ironman Educraft, lulusan 4 SD, Buruh Panggul, Makasar To Be a Young IT Innovators CEO BUKALAPAK, ITB, E-COMMERCE Andre Surya Digital Artist (Transformer, startreck, ironman) Wahyu Ichwandardi (Animator Starwars) WILLIAM T (Tokopedia) Hendrik Ti (Bhineka)
7
INNOVATION OF INFORMATION TECHNOLOGY?
WHO? INNOVATION OF INFORMATION TECHNOLOGY? 1. Bill Gates (US$67 Miliar) Microsoft 2. Larry Ellison (US$43 Miliar) Oracle 3. Jeff Bezos (US$25,2 Miliar) Amazon.com 4. Larry Page (US$23 Miliar) Google 5. Sergery Brin (US$22,8 Miliar) Google Sergery Brin 6. Michael Dell (US$15,3 Miliar) Dell Inc 7. Steve Ballmer (US$15,2 Miliar) Microsoft 8. Paul Allen (US$15 Miliar ) Windows 9. Mark Zuckerberg (US$13,3 Miliar) Facebook ELON MUSK To Be a Young IT Innovators
8
FOR BEGIN IMPLEMENTATION
WHEN AND WHERE FOR BEGIN IMPLEMENTATION To Be a Young IT Innovators
9
FOR GETTING (Individual)
HOW FOR GETTING (Individual) Meningkatkan Hardskill Keterampilan Teknis Yang Harus Dimiliki Oleh Orang dalam bidang yang ditekuni Mengikuti Pendidikan IT Formal Menentukan bidang keahlian IT Mengikuti workshop, seminar, dan bootcamp IT Mengikuti sertifikasi IT Belajar otodidak Meningkatkan “modern” IT skill Menambah terus pengetahuan yang mendukung bidang IT Meningkatkan kemampuan bahasa asing To Be a Young IT Innovators ”Some young university graduates face difficulties moving into paid employment or find themselves in jobs where they are under-employed (and may, in turn, crowd out lower-skilled youth). Their disappointment and frustration, having been told that higher education is the path to success, is magnified by the cost of their additional years in education and the burden of student debt. OECD Council - Ministerial Level [Paris, May 2013]
10
FOR GETTING (INDIVIDUAL)
HOW FOR GETTING (INDIVIDUAL) Meningkatkan Softskill Keterampilan Intrapersonal dan Interpersonal Yang Harus Dimiliki Oleh Orang To Become Young IT Innovators
11
FOR GETTING (INDIVIDUAL)
HOW FOR GETTING (INDIVIDUAL) Membangun Jaringan Bergabung Komunitas IT, Social Media, Membangun Komunikasi Perbanyak dan Pasarkan Portofolio IT Freelancer, Orang akan melihat apa karya anda “Early Adopter” Mencari Dukungan dari keluarga dan orang terdekat To Be a Young IT Innovators Mempertahankan Passion do what you love dan love what you do
12
Problem? Inauthentic Learning Industrial Age Values Lack Of Automy
To Be a Young IT Innovators Lecturing How We Learn No Room For Passion
13
12 Kompetensi SANGAT BARU Pelajar Berbasis IT
1. Searching, dengan search engine 2. Collecting, MP3, garfik, animasi, video 3. Creating, membuat web, membuat game 4. Sharing, web pages, blog 5. Communicating, , IM, chat 6. Coordinating, workgroups, mailing list 7. Meeting, forum, chatroom, 8. Socializing, beragam kelompok sosial on line 9. Evaluating, on line advisor 10. Buying-Selling, jual beli on line 11. Gaming, game on line 12. Learning, jurnal on line, riset on line Bernie Trilling, Toward Learning Societies, 2006 To Be a Young IT Innovators
14
PEMANFAATAN TI TELECOMMUTING BENEFIT Business Model Education
World Wide Web School, University and lecturers Information Database SMS info (grades info, class schedule, registration info) BENEFIT 1. Real-time and on-demands online information 2. Mobility access 3. User friendly 4. Benefit in cost 5. Less administrative papers To Be a Young IT Innovators Business Model
15
PEMANFAATAN TI PODCAST Topologi Podcast Education
To Be a Young IT Innovators Topologi Podcast
16
Efek Postif Pembelajaran
PEMANFAATAN TI Education E-learning Siswa/ Mahasiswa Keutamaan Pendidikan Berbasis TIK Sumber : DEPKOMINF0 Industri Profesional Bagi Mahasiswa Bagi Dosen Bagi Universitas Corporate Social Responsibility Infrastruktur TIK (Digital/Multimedia) e-Learning Kuliah yang fleksibel (Dapat diakses kapan saja) Materi Pengajaran Yang Lengkap (Multimedia) Manajemen dan Penggunaan Ulang Sumberdaya dan Materi Pengajaran Orang Tua/ Alumni Guru/ Dosen Power Point Excel Visio Word HTML SGML Power Point Excel Visio Word HTML SGML Professional Social Responsibility + … Pembelajaran 24x7 … Skalabilitas Tinggi Biaya Murah Efek Postif Pembelajaran Hemat Waktu/Biaya Interaksi dalam komunitas Pemerintah To Be a Young IT Innovators Meningkatkan Kemampuan Akademik Waktu Lebih Banyak Untuk Riset Usaha Baru Komunitas E-Learning
17
That’s all. Thank you! Any Questions? To Be a Young IT Innovators
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.