Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 14 UML Diagram State

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 14 UML Diagram State"— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 14 UML Diagram State
ANALISIS DAN PERANCANGAN BERORIENTASI OBJEK Citra Noviyasari, S.Si, MT

2 Struktur Dinamis Struktur dinamis adalah struktur yang menggambarkan tanggapan objek terhadap sebuah kejadian. Tanggapan objek tersebut dapat dibagi menjadi 3 macam : Perubahan status / kondisi objek , digambarkan dengan menggunakan Diagram State. Respon internal objek, digambarkan dengan menggunakan Diagram Action. Kolaborasi objek dengan objek lain, digambarkan dengan menggunakan Diagram Sequence.

3 State State adalah abstraksi nilai-nilai atribut link dan objek. Himpunan nilai dikelompokan bersama menjadi state berdasar properti-properti yang mempengaruhi perilaku objek. State menspesifikasikan tanggapan objek terhadap kejadian-kejadian masukan. Tanggapan terhadap kejadian yang diterima objek boleh secara kuantitatif bergantung pada nilai eksak atribut-atribut. Tanggapan secara kualitatif sama untuk semua nilai dalam state yang sama,dan mungkin secara kualitatif berbeda untuk nilai state - state berbeda. Tanggapan objek terhadap kejadian berupa aksi atau perubahan state objek. State berkorespondensi dengan interval di antara dua kejadian yang diterima objek. State objek bergantung barisan kejadian di masa lalu yang diterimanya. Kebanyakan kasus kejadian-kejadian di masa lalu tersembunyi oleh kejadian-kejadian yang mengikutinya.

4 Diagram State Diagram state mendeskripsikan perilaku suatu kelas objek. Karena semua instan satu kelas berperilaku sama, instan-instan itu mempunyai feature-feature yang sama. Tiap objek mempunyai nilai-nilai atribut sendiri. Masing-masing mempunyai statenya sendiri, hasil barisan kejadian unik yang diterimanya. Tiap objek tak bergantung objek-objek lain dan berproses sesuai langkah sendiri. Diagram state menghubungkan kejadian-kejadian dan state-state. Ketika kejadian di terima, state berikutnya bergantung state saat itu dan kejadian yang d terimanya. Perubahan state yang disebabkan kejadian disebut transisi. Diagram state adalah graph dimana simpul adalah state dan busur adalah transisi berlabel nama kejadian. Diagram state menspesifikasikan barisan state disebabkan barisan kejadian. Jika subjek pada satu state dan kejadian terjadi, objek memasuki target di ujung akhir transisi.

5 Dasar Diagram State Secara umum, State Machine Diagram atau Diagram State adalah sebuah teknik untuk menggambarkan perilaku dinamis sebuah sistem. Dalam pendekatan OO, sebuah State Machine Diagram memodelkan perilaku dari sebuah objek tunggal, menunjukkan urutan kejadian yang terjadi pada sebuah objek selama hidupnya dalam merespone suatu event. Elemen dasar adalah state dan transisi dari satu state ke state lainnya.

6 Jenis State Diagram Behavioral State Machines Protocol State Machines
Merupakan state machine diagram umumnya Digunakan untuk mendefinisikan perilaku sebuah object Protocol State Machines Digunakan untuk penggunaan protocol pada sebuah system Dapat didefinisikan ke spesifik Protocol State Machines atau ke Behavioral State Machines Didefinisikan sebagai diagram context (global overview) Notasi yang digunakan sama dengan Behavioral State Machines dengan penambahan kata {protocol} Tidak adanya internal activity seperti entry,exit,do Transition pada Protocol State Machines harus menggunakan Protocol Transition

7 Elemen State adalah sebuah state ditandai dengan sebuah kotak dengan sudut tumpul dan terdapat nama state yang ditulis di dalamnya. Initial dan Final States (pseudostate) : Initial State ditandai dengan sebuah kotak terisi warna hitam penuh dan dapat diberi label. Final State ditandai dengan sebuah lingkaran dengan titik ditengahnya dan dapat diberi label. Transition: sebuah transisi menyatakan perpindahan dari satu state ke state berikutnya dengan sebuah anak panah. Transisi memiliki label dalam 3 bagian: trigger [guard]/activity. Semuanya optional. Trigger : sinyal kejadian yang memicu perubahan state. Guard : jika ada, sebuah kondisi Boolean harus true sehingga trigger menyebabkan transisi. Activity : beberapa perilaku yang telah dijalakan selama transisi

8 Elemen Transitions: adalah sebuah transisi dimana state sumber dan sasaran sama.

9 Notasi Deskripsi Notasi
Initial State: Hal ini menunjukkan titik awal atau kegiatan pertama aliran. State: Merupakan keadaan objek pada suatu saat waktu. Transisi: Sebuah panah yang menunjukkan Objek untuk transisi dari satu keadaan ke keadaan yang lain. Event dan Aksi: Sebuah pemicu yang menyebabkan terjadi transisi disebut sebagai sebuah peristiwa atau tindakan. Sejarah State: Sebuah aliran mungkin mengharuskan objek pergi ke transisi, atau menunggu state, dan pada terjadinya peristiwa tertentu, Sinyal: Ketika sebuah peristiwa menyebabkan pesan / pemicu untuk dikirim ke sebuah state, yang menyebabkan transisi kemudian, pesan itu dikirim Final State: Akhir diagram state ditunjukkan oleh simbol mata banteng, juga disebut keadaan akhir.

10 Contoh


Download ppt "Pertemuan 14 UML Diagram State"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google