Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAHAN AJAR Nama Mata Kuliah : Laboratorium Aplikasi Komputer 1

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAHAN AJAR Nama Mata Kuliah : Laboratorium Aplikasi Komputer 1"— Transcript presentasi:

1 BAHAN AJAR Nama Mata Kuliah : Laboratorium Aplikasi Komputer 1
Kode Mata Kuliah : Semester/SKS : 1 / 2

2 Pendahuluan Nama Mata Kuliah : Laboratorium Aplikasi Komputer 1
Identitas Mata Kuliah : Nama Mata Kuliah : Laboratorium Aplikasi Komputer 1 Kode Mata Kuliah : Semester / SKS : 1 / 2 Syarat Mata Kuliah : Tidak bersyarat Deskripsi Mata Kuliah : Mata kuliah ini merupakan Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) bagi Program Studi S1 Teknik Arsitektur, dengan bentuk sebagai mata kuliah praktikum yang dilaksanakan di Laboratorium Komputer. Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan ketrampilan kepada mahasiswa dalam membuat gambar menggunakan komputer dengan aplikasi Computer Aided Design (CAD), dikhususkan untuk lingkup Dua Dimensi (2D). Software aplikasi CAD yang digunakan dalam praktikum adalah AutoCAD yang dipublish oleh Autodesk Inc. Kompetensi Dasar: Mahasiswa dapat menggambar garis, lingkaran, busur (arc) dan poligon

3 Materi pertemuan ke-2: Membuat Objek / Entity
1. Line Line adalah objek berupa garis. Untuk membuatnya, dengan menggunakan rumusan system koordinat. Ada 3 macam: Sistem Koordinat Relatif Sistem Koordinat Polar Sistem Koordinat Kartesius. Untuk materi ini, yang akan dibahas adalah 2 buah sistem, yaitu Koordinat Relatif dan Koordinat Polar.

4 Materi pertemuan ke-2: Membuat Objek / Entity
a. Sistem Koordinat Relatif Koordinat relatif adalah sistem koordinat yang dipergunakan untuk menentukan titik berikutnya berdasarkan pemasukan jarak panjang (x) dan lebar (y). Rumusan: @panjang, lebar

5 Materi pertemuan ke-2: Membuat Objek / Entity
sudut panjang b. Sistem Koordinat Polar. Koordinat polar adalah sistem koordinat yang dipergunakan untuk menentukan titik koordinat berikutnya dari titik koordinat saat ini dengan memasukkan nilai jarak penempatan dan arah (sudut) penempatan. Rumusan Cara memberikan perintah/syntax: Command: line Specify first point: (klik X1) Specify next point or Specify next point Specify next point or or Specify next point or or [Close/Undo]: C

6 Materi pertemuan ke-2: Membuat Objek / Entity
2. Rectangle Rectangle adalah objek berbentuk segi empat, untuk membuatnya, tulis RECTANG atau Rec, pada command line, lalu jalankan dengan rumus: @panjang,lebar: Cara memberikan perintah/syntax: Command: rectang Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/ Thickness/Width]: (klik X1) Specify other corner

7 Materi pertemuan ke-2: Membuat Objek / Entity
3. Circle Perintah CIRCLE dipergunakan untuk membuat objek lingkaran Cara memberikan perintah/syntax: Command: CIRCLE Specify center point for circle or [3P/2P/Ttr (tan tan radius)]: (Klik X1, sebagai pusat lingkaran). Specify radius of circle or [Diameter] : 50 atau Specify radius of circle or [Diameter] : D Specify diameter of circle < >: 100

8 Materi pertemuan ke-2: Membuat Objek / Entity
4. Arc Perintah ARC dipergunakan untuk membuat busur, yaitu suatu objek lingkaran yang terbuka (tidak sempurna). Cara memberikan perintah/syntax: 1. Metode start/second/end : Command: arc Specify start point of arc or [CEnter]: (klik X1) Specify second point of arc or [CEnter/ENd]: (klik X2) Specify end point of arc: (Klik X3) 2. Metode Center/start/end : Specify start point of arc or [CEnter]: c Specify center point of arc: klik X1 Specify start point of arc: klik X2 Specify end point of arc or [Angle/chord Length]: klik X

9 Sekian Selamat Belajar


Download ppt "BAHAN AJAR Nama Mata Kuliah : Laboratorium Aplikasi Komputer 1"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google