Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ARTIFICIAL BAB I INTELLIGENCE MATA KULIAH KECERDASAN BUATAN Close

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ARTIFICIAL BAB I INTELLIGENCE MATA KULIAH KECERDASAN BUATAN Close"— Transcript presentasi:

1 ARTIFICIAL BAB I INTELLIGENCE MATA KULIAH KECERDASAN BUATAN Close
INFORMASI APLIKASI BAB I KONTRAK KULIAH To use this title animation slide with a new image simply 1) move the top semi-transparent shape to the side, 2) delete placeholder image, 3) click on the picture icon to add a new picture, 4) Move semi-transparent shape back to original position, 5) Update text on slide. MATERI AJAR ARTIFICIAL INTELLIGENCE QUIZ MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRONIKA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

2 TUJUAN PEMBELAJARAN 1 Mengetahui definisi AI. 2 Menjelaskan perbedaan kecerdasan buatan dan kecerdasan alami. 3 Menguraikan sejarah perkembangan AI. 4 Mengetahui penggunaan AI. 5 Mengetahui kelebihan AI. 6 Mengetahui jenis-jenis aplikasi dari AI.

3 APAKAH KECERDASAN BUATAN ITU ?
2/5/2019 2:53 PM Kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) merupakan salah satu bagian ilmu komputer yang membuat agar mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia. Pada awal diciptakan, komputer hanya difungsikan sebagai alat hitung saja. Namun seiiring dengan perkebangan jaman, maka peran komputer semakin mendominasi kehidupan umat manusia. Komputer tidak lagi hanya digunakan sebagai alat hitung, lebih dari itu, komputer diharapkan untuk dapat diberdayakan untuk mengerjakan segala sesuatu yang bisa dikerjakan oleh manusia. APAKAH KECERDASAN BUATAN ITU ? © 2014 Microsoft Corporation. All rights reserved. MICROSOFT MAKES NO WARRANTIES, EXPRESS, IMPLIED OR STATUTORY, AS TO THE INFORMATION IN THIS PRESENTATION.

4 Sudut pandang kecerdasan
2/5/2019 2:53 PM Lebih detilnya, kecerdasan buatan dapat dipandang dari empat sudut pandang, antara lain: Sudut pandang kecerdasan Kecerdasan buatan akan membuat mesin menjadi „cerdas‟ (mampu berbuat seperti apa yang dilakukan oleh manusia). Sudut pandang penelitian Kecerdasan buatan adalah suatu studi bagaimana membuat agar komputer dapat melakukan sesuatu sebaik yang dikerjakan oleh manusia. 3. Sudut pandang bisnis Kecerdasan buatan adalah kumpulan peralatan yang sangat powerful dan metodologis dalam menyelesaikan masalah-masalah bisnis. 4. Sudut pandang pemrograman Kecerdasan buatan meliputi studi tentang pemrograman simbolik, penyelesaian masalah (problem solving) dan pencarian (searching). © 2014 Microsoft Corporation. All rights reserved. MICROSOFT MAKES NO WARRANTIES, EXPRESS, IMPLIED OR STATUTORY, AS TO THE INFORMATION IN THIS PRESENTATION.

5 PERBEDAAN KECERDASAN BUATAN & KECERDASAN ALAMI
Jika dibandingkan dengan kecerdasan alami (kecerdasan yang dimiliki oleh manusia), kecerdasan buatan memiliki beberapa keuntungan secara komersial antara lain: 1. Kecerdasan buatan lebih bersifat permanen. Kecerdasan alami akan cepat mengalami perubahan. 5. Kecerdasan buatan dapat didokumentasi. 2. Kecerdasan buatan lebih mudah diduplikasi & disebarkan 3. Kecerdasan buatan lebih murah dibanding dengan kecerdasan alami. 6. Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih cepat dibanding dengan kecerdasan alami 4. Kecerdasan buatan bersifat konsisten. Hal ini di sebabkan karena kecerdasan buatan adalah bagian dari teknologi komputer. 7. Kecerdasan buatan dapat mengerjakan pekerjaan lebih baik dibanding dengan kecerdasan alami.

6 Sedangkan keuntungan dari kecerdasan alami adalah:
Kecerdasan alami memungkinkan orang untuk menggunakan pengalaman secara langsung. Sedangkan pada kecerdasan buatan harus bekerja dengan input-input simbolik. Kreatif. Kemampuan untuk menambah ataupun memenuhi pengetahuan itu sangat melekat pada jiwa manusia. Pada kecerdasan buatan, untuk menambah pengetahuan harus dilakukan melalui sistem yang dibangun. Pemikiran manusia dapat digunakan secara luas, sedangkan kecerdasan buatan terbatas.

7 SEJARAH Artificial Intelligence (AI)
1. Era Komputer Elektronik (1941) Pada tahun 1941 telah ditemukan alat penyimpanan dan pemrosesan informasi. Penemuan tersebut dinamakan komputer elektronik yang dikembangkan di USA dan jerman. Komputer pertama ini memerlukan ruangan yang luas dan ruang AC yang terpisah. Saat itu komputer melibatkan konfigurasi ribuan kabel untuk menjalankan suatu program. Hal ini sangat merepotkan bagi para programmer. Tip: When using complex image as full-bleed background add a transparency (70%-90%) fill layer to give contrast to text.

8 SEJARAH Artificial Intelligence (AI)
2. Masa persiapan AI (1943 – 1956) Pada tahun 1943, Warren McCulloch dan Walter Pitts mengemukakan tiga hal: pengetahuan fisiologi dasar dan fungsi sel syaraf dalam otak, analisis formal tentang logika proporsi (propositional logic), dan teori komputasi turing. Mereka berhasil membuat suatu model syaraf tiruan (artificial neuron) di mana setiap neuron digambarkan sebagai on dan off. Mereka menunjukkan bahwa setiap fungsi dapat dihitung dengan suatu jaringan sel syaraf dan bahwa semua hubungan logis dapat di implementasikan dengan struktur jaringan yang sederhana. Tahun 1950, Norbert Wiener mebuat penelitian mengenai prinsip-prinsip teori feedback. Contoh yang terkenal adalah thermostat. Penemuan ini juga merupakan awal perkembangan AI. Pada tahun 1956, John McCarthy meyakinkan Minsky, Claude Shannon dan Nathaniel Rochester untuk membantunya melakukan penelitian. Hasilnya adalah program yang mampu ber-pikir non-numerik dan menyelesaikan masalah pemikiran, yang dinamakan Principia Mathematica. Hal ini menjadikan McCarthy disebut sebagai Father of AI (Bapak AI). Tip: When using complex image as full-bleed background add a transparency (70%-90%) fill layer to give contrast to text.

9 SEJARAH Artificial Intelligence (AI)
3. Awal perkembangan AI (1952 – 1969) Awal perkembangannya AI diawali dengan kesuksesan Newell dan Simon dengan sebuah program yang disebut General Problem Solver. Program yang dirancang untuk memulai penyelesaian masalah secara manusiawi. Pada tahun 1958, McCarthy di MTT Lab Memo No. 1 mendefinisikan bahasa pemrograman tingkat tinggi yaitu LISP, yang sekarang mendominasi pembuatan program- program AI. Kemudian, McCarthy membuat program yang dinamakan Programs With Common Sense. Di dalam program tersebut, dibuat rancangan untuk menggunakan pengetahuan dalam mencari solusi. Pada tahun 1959, Nathaniel Rochester dari IBM dan mahasiswa-mahasiswanya mengeluarkan program AI Geometry Theorm Prover. Program ini dapat membuktikan suatu teorema menggunakan axioma-axioma yang ada. Pada tahun 1963, program yang dibuat James Slagle mampu menyelesaikan masalah integral tertutup untuk mata kuliah kalkulus. Pada tahun 1968, program analogi buatan Tom Evan menyelesaikan masalah analogi geometris yang ada pada tes IQ. Tip: When using complex image as full-bleed background add a transparency (70%-90%) fill layer to give contrast to text.

10 SEJARAH Artificial Intelligence (AI)
4. Perkembangan AI Melambat (1966 – 1974) Hal ini disebabkan adanya 3 kesulitan utama yang dihadapi AI, yaitu: Masalah pertama: program-program AI yang bermunculan hanya mangandung sedikit atau bahkan tidak mengandung sama sekali pengetahuan (knowledge) pada subjeknya. Masalah kedua: banyak masalah yang harus diselesaikan oleh AI. Karena terlalu banyaknya masalah yang berkaitan, maka tidak jarang banyak terjadi kegagalan pada pembuatan program AI. Masalah ketiga: ada beberapa batasan pada struktur dasar yang digunakan untuk menghasilkan perilaku intelejensia. Tip: When using complex image as full-bleed background add a transparency (70%-90%) fill layer to give contrast to text.

11 5. Sistem Berbasis Pengetahuan (1969 – 1979)
SEJARAH Artificial Intelligence (AI) 5. Sistem Berbasis Pengetahuan (1969 – 1979) Pengetahuan adalah kekuatan pendukung AI. Hal ini dibuktiikan dengan program yang dibuat oleh Ed Feigenbaum, Bruce Buchanan dan Joshua Lederberg yang membuat program untuk memecahkan masalah struktur molekul dari informasi yang didapatkan dari spectometer massa. Program ini dinamakan Dendral programs yang berfokus pada segi pengetahuan kimia. Dari segi diagnosis media juga sudah ada yang menemukannya, yaitu Saul Amarel dalam proyek computer in biomedicine. Proyek ini diawali dari keinginan untuk mendapatkan diagnosa penyakit berdasarkan pengetahuan yang ada pada mekanisme penyebab proses penyakit. Tip: When using complex image as full-bleed background add a transparency (70%-90%) fill layer to give contrast to text.

12 SEJARAH Artificial Intelligence (AI)
7. Kembalinya jaringan syaraf tiruan (1986 – sekarang) Para ahli seperti Hopfield (1982) menggunakan teknik-teknik mekanika statistika untuk menganalisa sifat-sifat penyimpanan dan optimasi pada jaringan syaraf. Para ahli psikologi, David Rumelhart dan Geoff Hinton, melanjutkan penelitian mengenai model syaraf pada memori. Pada tahun 1985-an sedikitnya empat kelompok riset menemukan kembali algoritma belajar propagasi balik (Back-Propagation Learning). Algoritma ini berhasil diimplementasikan ke dalam bidang ilmu komputer dan psikologi 6. AI Menjadi Sebuah Industri (1980 – 1988) Industrialisasi AI diawali dengan ditemukannya expert system (sistem pakar) yang dinamakan R1 yang mampu mengkonfigurasi sistem-sistem komputer baru. Hampir semua perusahaan besar di USA mempunyai divisi AI sendiri yang menggunakan ataupun mempelajari sistem pakar. Tip: When using complex image as full-bleed background add a transparency (70%-90%) fill layer to give contrast to text.

13 Proses Image (Image Processin) Perencanaan (Planning)
PENGGUNAAN Artificial Intelligence (AI) Artificial Intellegence dapat diaplikasikan untuk berbagai jenis: Peramalan Pengontrol Proses Image (Image Processin) Perencanaan (Planning)

14 KELEBIHAN Artificial Intelligence (AI)
Artificial Intelligence mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan sistem konvensional, diantaranya: Tidak memerlukan persamaan matematik. Dapat melakukan proses pembelajaran Dapat bersifat adaptif Dapat kokoh terhadap perubahan parameter obyek.

15 APLIKASI-APLIKASI dari Artificial Intelligence (AI)
2/5/2019 2:53 PM APLIKASI-APLIKASI dari Artificial Intelligence (AI) Kecerdasan buatan (AI) telah dipelajari selama kira-kira 45 tahun. Hingga saat ini telah dihasilkan beberapa produk aplikasi AI secara komersial. Aplikasi-aplikasi AI antara lain: ANALISA KECERDASAN MILITER GAME PLAYING KONFIGURASI KOMPUTER RAMALAN SENYAWA KIMIA SISTEM BAHASA ALAMI KENDALI DAN PEMANGGILAN INFORMASI DISK VIDEO SISTEM OTOMISASI KANTOR SISTEM PERANCANGAN & PEMBUATAN CAD /CAM KENDALI ROBOT SISTEM PAKAR OPERATOR KOMPUTER SISTEM PAKAR REPARASI PERANGKAT KERAS ANALISA PROGRAM KOMPUTER MANAJEMEN KENDALI SENJATA SISTEM UCAPAN MANAJEMEN DATA CERDAS DIAGNOSIS PENYAKIT © 2014 Microsoft Corporation. All rights reserved. MICROSOFT MAKES NO WARRANTIES, EXPRESS, IMPLIED OR STATUTORY, AS TO THE INFORMATION IN THIS PRESENTATION.

16 GOOD JOB! THANK YOU


Download ppt "ARTIFICIAL BAB I INTELLIGENCE MATA KULIAH KECERDASAN BUATAN Close"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google