Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

This presentation uses a free template provided by FPPT.com Application of Anthropomorphism to Interaction Design.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "This presentation uses a free template provided by FPPT.com Application of Anthropomorphism to Interaction Design."— Transcript presentasi:

1 This presentation uses a free template provided by FPPT.com www.free-power-point-templates.com Application of Anthropomorphism to Interaction Design

2 This presentation uses a free template provided by FPPT.com www.free-power-point-templates.com Slide Title Interaksi adalah juga disebut proses hubungan timbal balik diantara manusia (aktif) dengan komputer (pasif).

3 This presentation uses a free template provided by FPPT.com www.free-power-point-templates.com Komponen yang melibatkan model interaksi diantara pengguna : Pengguna (manusia) Sistem (mesin) Interaksi

4 This presentation uses a free template provided by FPPT.com www.free-power-point-templates.com Beberapa jenis cara dan gaya interaksi Aplikasi Bebeberapa aplikasi sangat berbeda dalam cara dan gaya (style) interaksinya. Beberapa jenis style yang umum diantaranya adalah 1. Antar muka baris perintah (command lines) 2. Menu 3. Pertanyaan/jawaban dan dialog pertanyaan 4. Borang isian dan lembar kerja 5. WIMP (Windows, Icon, Menus dan Pointer)

5 This presentation uses a free template provided by FPPT.com www.free-power-point-templates.com COMMAND LINE INTERFACE Sering disebut command entry Membuat pemakai baru mengingat struktur and argumen perubah Kata perintah memberi “kebebasan” kepada pemakai Sangat flexibel, bahkan dapat dirangkai dan memiliki banyak argumen Hanya sedikit membutuhkan ruang pada layar komputerSebaiknya dipergunakan oleh pemakai berpengalaman atau ahli misalnya penggunaan system operasi seperti DOS, UNIX, linux Contoh : perintah-perintah pada DOS : type, dir Dapat berupa tombol-tombol fungsi, karakter tunggal, singkatan pendek, keseluruhan kata atau kombinasi dari hal-hal berikut ini:

6 This presentation uses a free template provided by FPPT.com www.free-power-point-templates.com MENUS DAN NAVIGASI Kumpulan opsi-opsi yang ditampilkan pada layar Dipilih menggunakan mouse, tombol numerik atau alphabet Memungkinkan pemakai mengingat berbagai pilihan yang tersedia Membimbing pemakai secara bertahap dalam menggunakan aplikasi Perlu di organisasikan, sehinga tidak fleksibel Membutuhkan banyak tempat pada layar komputer Sebaiknya di gunakan oleh pemakai pemula Contoh : Windows system

7 This presentation uses a free template provided by FPPT.com www.free-power-point-templates.com ANTARMUKA PERTANYAAN Antarmuka pertanyaan/jawaban : pengguna dipandu melalui interaksi menggunakan serangkaian pertanyaan Sesuai untuk pengguna pemula tapi fungsionalitasnya terbatas Sering digunakan dalam sistem informasi

8 This presentation uses a free template provided by FPPT.com www.free-power-point-templates.com ANTARMUKA BORANG ISIAN Borang isian (form-filling) utamanya untuk memasukkan data atau temu kembali data Layarnya berbentuk borang kertas Data diletakkan pada tempat yang relevan Membutuhkan desain yang baik dan fasilitas pengoreksi yang jelas Contohnya dapat dilihat pada gambar di bawah ini

9 This presentation uses a free template provided by FPPT.com www.free-power-point-templates.com LEMBAR KERJA Pertama kali yang ada adalah VISICALC (awal 1980) Lalu muncul lotus 1-2-3 Yang umum dipakai orang sekarang ini adalah excel Variasi canggih dari borang isian : - berbentuk grid dari sel-sel, setiapnya dapat mengandung nilai atau rumus - rumus dapat melibatkan nilai dari sel-sel yang lain,contoh : penjumlahan dari semua sel pada kolom tersebut - pengguna dapat memasukkan dan mengubah data dan lembar kerja akan menjaga konsistensi dan memastikan bahwa rumus-rumus tersebut benar adanya

10 This presentation uses a free template provided by FPPT.com www.free-power-point-templates.com ANTARMUKA WIMP Gaya default untuk sistem komputer interaktif sekarang ini, khususnya pada komputer pribadi dan mesin-mesin desktop adalah Windows, Icon, Menus Pointers.

11 This presentation uses a free template provided by FPPT.com www.free-power-point-templates.com ANTARMUKA WIMP Windows : - Daerah pada layar yang berlaku seperti halnya mereka itu merupakan terminal yang mandiri - Dapat mengandung teks atau grafik - Dapat digerakkan atau diubah ukuranya - Dapat saling menumpuk (overlapping) dan mengaburkan satu dan lainya, atau dapat ditempatkan satu dan sebelahnya seperti penempatan ubin (tiled) - Scrollbars (balok penggulung) mengijinkan pengguna untuk menggerakkan isi dari window ke atas dan ke bawah atau dari satu sisi ke sisi lainya - Title bars (balok nama) menampilkan nama dari window.

12 This presentation uses a free template provided by FPPT.com www.free-power-point-templates.com ANTARMUKA WIMP Icons : - Gambar atau citra kecil - Digunakan untuk merepresentasikan beberapa objek dalam antarmuka, seringkali sebuah window - Windows dapat ditutup/dialihkan bentuknya ke representasi kecil (di- ikon-kan) mengijinkan berbagai window untuk diakses - Terdapat berbagai macam dan variasi dari ikon – gaya kelas tinggi atau pun representasi realistic

13 This presentation uses a free template provided by FPPT.com www.free-power-point-templates.com ANTARMUKA WIMP Pointers - komponen yang penting, karena gaya WIMP bergantung pada penunjukan (pointing) dan pemilihan sesuatu seperti misalnya ikon dan item-item menu > biasanya menggunakan mouse untuk melakukan penunjukan ini > joystik, trackball, tombol kursor ataupun keyboard shortcut juga menggunakanya

14 This presentation uses a free template provided by FPPT.com www.free-power-point-templates.com ANTARMUKA WIMP Menus - Tawaran di layar mengenai pemilihan operasi atau layanan yang dapat dilakukan system - Membutuhkan opsi yang dipilih dengan pointer - masalah : menu dapat mengambil sebagian besar ruangan layar - solusi : gunakan menu pull-down atau pop-up

15 This presentation uses a free template provided by FPPT.com www.free-power-point-templates.com ANTROPOMORFIK & NONANTROPOMORFIK Antropomorfik = memanusiakan mesin Misalkan, saya akan menunggu anda memasukkan input. Non-antropomoorfik = dialog singkat dan praktis yang digunakan pada interface dengan mempertimbangkan hal- hal sebagai berikut : 1.Atribut tidak menyesatkan. 2.Perbedaan yang jelas antara user dengan komputer. 3.Walaupun menarik, desain antropomorfik kadang menimbulkan keragu-raguan. 4.Sebaiknya memilih non-antropomorfik. Contoh non-antropomorfik : masukkan input

16 This presentation uses a free template provided by FPPT.com www.free-power-point-templates.com Contoh instruksi: - Antropomorfik: Hi there, John! It’s nice to meet you, I see you’re ready now. - Nonantropomorfik: Press the Enter key to begin session.

17 This presentation uses a free template provided by FPPT.com www.free-power-point-templates.com Masalah-masalah dengan instruksi antropomorfik: - Pemberian sifat cerdas, bebas, berkehendak bebas, dan berpengetahuan kepada komputer dapat menipu, membingungkan, dan menyesatkan pemakai. - Penting untuk membedakan orang dengan komputer. - Antarmuka antropomorfik dapat mengganggu beberapa orang

18 This presentation uses a free template provided by FPPT.com www.free-power-point-templates.com Pedoman perancangan nonantropomorfik: - Hindari menampilkan komputer sebagai seorang pribadi (manusia). - Gunakan tokoh yang sesuai (manusia atau karakter fantasi) dalam pengenalan atau sebagai pemandu. - Hati-hati dalam merancang wajah manusia atau tokoh kartun dengan komputer. - Rancang antarmuka yang dapat dimengerti, dapat diramalkan, dan dapat dikendalikan. - Gunakan orientasi dan keadaan selesai dari sudut pandang pemakai. - Jangan gunakan “l” ketika komputer menanggapi aksi pemakai. - Gunakan “you” hanya untuk memnadu pemakai dan meyebutkan fakta-fakta.

19 This presentation uses a free template provided by FPPT.com www.free-power-point-templates.com


Download ppt "This presentation uses a free template provided by FPPT.com Application of Anthropomorphism to Interaction Design."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google