Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

YULI ASTUTI, S.KOM.  Algoritma yaitu urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan sebuah masalah yang disusun dengan sistematis.  Program yaitu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "YULI ASTUTI, S.KOM.  Algoritma yaitu urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan sebuah masalah yang disusun dengan sistematis.  Program yaitu."— Transcript presentasi:

1 YULI ASTUTI, S.KOM

2  Algoritma yaitu urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan sebuah masalah yang disusun dengan sistematis.  Program yaitu kumpulan instruksi/perintah komputer dengan bahasa tertentuyang berfungsi menghubungan user dengan komputer. Atau bisa juga disebut implementasi dari bahasa pemrograman

3 - Setiap langkah/step harus jelas dan pasti - Boleh tidak ada inputan tetapi harus memiliki output minimal 1 output, output ini merupakan solusi akhir dari penyelesaian masalah - Efektif/tepat guna dan efisien/membutuhkan waktu singkat dan memori sedikit - Jumlah langkah/step harus ada batasannya, baik ada solusi ataupun tidak - Terstruktur/runtun, jelas (ipo)

4  Mendefinisaikan masalah  Menentukan solusi  Memilih algoritma  Menulis program  Menguji program  Menulis dokumentasi  Merawat program

5  Kalimat Deskriptif  Flow Chart (bagan alir)  Pseudo Code (kode semu)

6  Menggunakan untaian kalimat untuk menjelaskan langkah – langkah  Contoh PROGRAM GanjilGenap Diberikan sebuah bilangan bulat positif X untuk dicek apakah termasuk ganjil atau genap ALGORITMA 1.Jika X habis dibagi 2 maka tulis “Genap”, jika tidak maka tulis “Ganjil”

7  Menggunakan simbol – simbol untuk menggambarkan aliran atau langkah – langkah  Contoh mulai baca X X mod 2 = 0 selesai Tulis “Genap Tulis “Ganjil” tidak ya

8  Menggunakan kode – kode untuk menyatakan langkah – langkah  Mirip bahasa pemrograman  Contoh DEKLARASI X : integer ALGORITMA read(X) if X mod 2 = 0 then {apakah X habis dibagi 2} write(“Genap”) {jika ya} else write(“Ganjil) {jika tidak}

9 KETERANGANSIMBOL Mulai / Selesai (Terminator) Aliran Data Input / Output Proses Percabangan (Decision) Pemberian nilai awal suatu variabel (Preparation) Memangggil prosedur / fungsi (Call)

10 Connector (di halaman yang sama) Connector (di halaman lain) Sequence process Perulangan

11 - Kasus : menghitung luas segitiga - Algoritma : §Masukkan alas (a) §Masukkan tinggi (t) §Hitung luas (L), yaitu 0.5 * alas * tinggi §Cetak luas (L)

12

13 AlgoritmaPseudo-code Masukkan panjangInput panjang Masukkan lebarInput lebar Nilai luas adalah panjang x lebarLuas  panjang x lebar Tampilkan luasPrint luas

14 Contoh lain: AlgoritmaPseudo-code Jika sudah selesai, cetak invoice IF KONDISI_SELESAI = “DONE” THEN PRINT INVOICE Nilai A dibagi dengan 2A ← A / 2 Jika nilai A lebih besar dari 2 maka nilai A dikalikan 3 IF A > 2 THEN A ← A x 3 Dari dua bilangan A dan B, cari bilangan yang terbesar IF A > B THEN PRINT A ELSE PRINT B Masukkan semua mata kuliah yang ingin diambil pada semester ini DARI MATKUL = 0 SAMPAI MATKUL <= MATKUL_DIINGINKAN, MASUKAN DATA MATKUL

15  Sebenarnya tidak ada aturan mengikat tentang penulisan algoritma dan pseudo-code, karena fungsi kedua hal ini adalah untuk memudahkan seseorang untuk menggambarkan urutan suatu kejadian. Sedangkan untuk para programmer, kedua hal ini berfungsi sebagai dasar alur pembuatan program. Di mana dapat merepresentasikan alur cerita dari client tentang kebutuhan dasar dari sebuah program, sehingga lebih mudah untuk dipahami.  Jadi pseudo-code bisa dikatakan juga sebagai algortima yang sudah sedikit digabungkan dengan bahasa pemrograman yang akan digunakan.

16 Terdapat 2 buah ember A dan B masing – masing memiliki isi yang berbeda. Tuliskan algoritma untuk menukarkan isi masing – masing ember tersebut.

17  ALGORITMA - untuk menukar air dari ember A ke ember B,dibutuhkan satu ember kosong yaitu C. - air yang ada di ember A kita pindah dahulu ke ember C. - sekarang ember A kosong, kemudian isi yang ada di ember B kita pindah ke ember A. - sekarang ember A terisi dan ember B kosong. - kemudian isi yang ada di ember C kita pindah ke ember B. - sehingga ember A dan B sudah terisi dan tertukar sedang ember C menjadi kosong.

18  FLOWCHART mulai baca A,B,C selesai Tampilkan A,B C = A A = B B = C C = A A = B B = C

19  Pseudo code  DEKLARASI  A,B,C : integer  ALGORITMA A = 2 B = 5 C A isi di variabel A sudah pindah ke variabel C A B isi yang ada di variabel B sudah pindah ke variabel A B C isi yang ada di variabel C sudah pindah ke variabel B sehingga A 5 B 2


Download ppt "YULI ASTUTI, S.KOM.  Algoritma yaitu urutan langkah-langkah logis untuk menyelesaikan sebuah masalah yang disusun dengan sistematis.  Program yaitu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google