Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RPL untuk Pemrograman Berorientasi Obyek

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RPL untuk Pemrograman Berorientasi Obyek"— Transcript presentasi:

1 RPL untuk Pemrograman Berorientasi Obyek
Rekayasa Perangkat Lunak Ramos Somya

2 Analisis dan Desain Berorientasi Obyek
Analisis dan desain berorientasi obyek mulai berkembang sekitar tahun 1990an. Analisis berorientasi obyek atau Object Oriented Analysis (OOA) adalah tahapan untuk menganalisis spesifikasi atau kebutuhan akan sistem yang akan dibangun dengan konsep berorientasi obyek. Analisis ini harus dilakukan oleh orang yang memahami sistem berorientasi obyek.

3 Bahasa Pemodelan Berorientasi Obyek
CRC (Component, Responsibility, Collaborator) Metode Booch OMT (Object Modeling Technique) OOSE (Object-Oriented Software Engineering) Metode Coad Yourdon UML (Unified Modelling Language)

4 Pengenalan UML UML adalah suatu metode terbuka atau sebuah “bahasa” yang telah menjadi standar dalam industri, yang digunakan untuk: menspesifikasi, memvisualisasi, membangun dan mendokumentasikan sistem piranti lunak yang berbasis pada obyek. Merancang model sebuah sistem

5 ... UML merupakan hasil kompilasi best engineering practice yang sudah terbukti sukses dalam pemodelan sistem yang besar, sistem yang kompleks, khususnya pada level arsitektural.

6 Sejarah UML UML mengintegrasikan konsep dari Booch (OOD), OMT, OOSE dan juga Class-Relation dengan menggabungkan mereka menjadi suatu kesatuan bahasa modeling yang bisa berguna bagi siapa saja.

7 ... UML bertujuan untuk menjadi standar bahasa modeling yang mampu untuk memodelkan sistem yang konkuren dan juga terdistribusi. UML sudah menjadi standar industri yang dibuat di bawah pengawasan Object Management Group (OMG). OMG ditugaskan untuk memberi informasi mengenai object-oriented methodology yang mampu membuat bahasa untuk modeling software.

8 3 Aspek Utama dalam UML Functional Model Object Model
untuk menunjukkan fungsionalitas dari suatu sistem dari sudut pandang user atau pengguna. Ini dicapai dengan menggunakan Use Case Diagram. Object Model Untuk menunjukkan struktur dan substruktur dari suatu sistem dengan menggunakan object, atribut, operasi dan juga asosiasi. Ini dicapai dengan menggunakan Class Diagram.

9 ... Dynamic Model Menunjukkan internal behavior dari suatu sistem.
Ini dicapai dengan menggunakan Sequence Diagram, Activity Diagram dan juga Statechart Diagram.

10 13 Diagram UML Diagram UML terdiri dari 13 diagram dan dikelompokkan ke dalam 3 katagori, yaitu: Structure Diagrams: Class Diagram, Object Diagram, Component Diagram, Composite Structure Diagram, Package Diagram dan Deployement Diagram. Behavior Diagrams: Use Case Diagram, Activity Diagram dan State Machine Diagram. Interaction Diagrams: Sequence Diagram, Communication Diagram, Timing Diagram dan Interaction Overview Diagram.

11 ... Structure Diagrams yaitu kumpulan diagram yang digunakan untuk menggambarkan suatu struktur statis dari sistem yang dimodelkan. Behavior Diagram yaitu kumpulan diagram yang digunakan untuk menggambarkan kelakuan sistem atau rangkaian perubahan yang terjadi pada sistem. Interaction Diagrams yaitu kumpulan diagram yang digunakan untuk menggambarkan interaksi sistem dengan sistem lain maupun interaksi antar subsistem dalam suatu sistem.

12 ... Perbedaan simbol pada diagram UML dapat terjadi karena perbedaan penggunaan perangkat lunak / Case Tools yang dipakai. Case Tools untuk pembuatan diagram UML antara lain: StarUML (open source) Argo UML PoseidonCE Visual Paradigm Rational Rose

13 Diagram Use Case

14 ... Diagram ini menggambarkan suatu fungsionalitas dari sistem restoran sederhana. Aktor Food Critic  Eat meal, Pay for meal atau Drink wine. Aktor Chef  Cook meal. Kotak di tengah membatasi sistem restoran ini.

15 ...

16 Diagram Class

17 ... Diagram di atas menunjukkan struktur sederhana dari suatu sistem restoran. UML menunjukkan inheritance relationship dengan suatu segitiga dan dengan sebuah container dengan bentuk diamond. Sebagai tambahan, peran dari relationship ini bisa dispesifikasikan secara cardinality. Sistem restoran tersebut memiliki beberapa macam Food dishes(*), dengan sebuah Kitchen(1), sebuah Dining area (contains) dan beberapa orang Staff(*). Semua object tersebut diasosiasikan kepada sebuah restoran tersebut.

18 ...

19 Diagram Sequence

20 ... Diagram ini merepresentasikan suatu Patron mengenai proses order dari food dan wine; minum wine kemudian makan food; dan akhirnya membayar untuk food. Garis putus-putus yang tampak turun ke bawah menggambarkan timeline-nya. Sedangkan lambang panah, menandakan message (stimuli) dari seorang aktor atau object kepada object lainnya. Sebagai contoh, Patron mengirimkan pesan 'pay' kepada Cashier. Sedangkan panah yang tampak setengah, menandakan asynchronus method calls.

21 ...

22 Diagram Collaboration

23 ... Hampir sama dengan sequence diagram. Penekanannya lebih pada proses yang terjadi dari object ke object, menurut urutan berikut ini : 1. Order Food 1.1 Order Food 2. Serve Wine 3. Pickup 3.1 Serve Food 4 Pay

24 Diagram Activity

25 ... Actvity diagram tersebut memperlihatkan aksi yang terjadi pada saat menyelesaikan isian pada web form. User mulai dengan mengisi form yang tersedia, kemudian akan di-check; Hasil dari penge-check-an tersebut akan diketahui apakah form tersebut harus diisi lagi ataukah dinyatakan selesai.

26 ...

27 Diagram Deployement

28 ... Deployment diagram digunakan untuk melayani pemodelan hardware yang digunakan dalam implementasi sistem dan asosiasinya antara komponen-komponen tersebut. Elemen yang digunakan dalam deployment diagram adalah nodes (ditunjukkan sebagai sebuah cube), komponen (ditunjukkan sebagai sebuah kotak bujursangkar) dan juga asosiasi.

29 ... Deployment diagram ini menunjukkan hardware yang digunakan pada jaringan kantor yang kecil. Application server (node) terhubung dengan database server (node) dan database client (component) sudah terinstall dalam application server. Workstation juga terhubung (association) dengan application server dan juga ke printer.

30 Tugas 2 Take Home Buatlah Diagram Use Case, Diagram Activity, Diagram Sequence dan Diagram Deployment untuk Sistem Informasi Akademik Satya Wacana (SIASAT). SIASAT dibatasi untuk aktor mahasiswa dan dosen saja. Untuk aktor dosen: melihat data mahasiswa wali studi, melakukan update perwalian, melihat jadwal mengajar (melihat daftar mahasiswa), input nilai dan melihat hasil evaluasi PMB.

31 Ketentuan Dikerjakan secara kelompok (seperti tugas sebelumnya).
Ada penjelasan singkat untuk masing-masing diagram yang dibuat (UML adalah versi JEDI). Dikumpulkan dalam bentuk laporan, diprint dan tidak perlu dijilid (tulis nama dan NIM). Dikumpulkan pada hari Senin, 09 Juli 2018 pukul WIB – WIB di FTI304.

32 Selamat Mengerjakan 


Download ppt "RPL untuk Pemrograman Berorientasi Obyek"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google