Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Cyber Competition Robotik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Cyber Competition Robotik."— Transcript presentasi:

1 Cyber Competition Robotik

2 Deskripsi Kegiatan Pada lomba ini, kategori yang akan dilombakan adalah “Autonomous Line Follower Robot”. Kegiatan Line Follower Robotic ini merupakan ajang adu cepat robot dimana robot akan mengikuti garis sebagai lintasan hingga sampai garis finish. Peserta dari tiap sekolah akan berkompetisi dalam tim yang beranggotakan maksimal 3 orang, dan didampingi dengan 1 pembimbing. Para anggota diminta untuk memprogram sebuah robot yang memiliki kecepatan dan ketepatan mengikuti lintasan/garis

3 Autonomus Line Follower Robot
Rules Autonomus Line Follower Robot

4 Peraturan Peserta Peserta berstatus pelajar SMP/sederajat dan SMA/sederajat. Setiap peserta harus terdaftar di sekolahnya masing-masing. Masing-masing tim terdiri dari maksimal 3 orang. Satu tim harus dari sekolah yang sama.

5 Peraturan Umum Peserta harus datang tepat waktu.
Pada saat pertandingan berlangsung, peserta tidak diperbolehkan menggunakan perangkat komunikasi. Tidak diperbolehkan meminjam sesuatu dari tim lain. Peserta yang melanggar peraturan akan dikenakan sanksi atas pertimbangan dari dewan juri dan panitia. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. Panitia tidak bertanggung jawab atas kerusakan robot sebelum, saat, dan sesudah acara perlombaan. Peserta harus menjaga kebersihan arena pertandingan. Saat memasuki area pertandingan, peserta tidak diperbolehkan menggunakan alas kaki kecuali kaos kaki.

6 Spesifikasi Robot Panjang maks: 20 cm Lebar maks: 20 cm
Tinggi maks: 20 cm Robot dapat berupa robot set kit/modifikasi atau robot yang dibuat sendiri oleh peserta. Robot tidak boleh mempunyai bagian yang bisa merusak lapangan. Tegangan baterai maksimal 14 V Robot dan tools yang diperlukan, dipersiapkan oleh masing masing tim. Rekomendasi: Robot di desain untuk dapat mengatasi kemungkinan gangguan interferensi cahaya dari luar. (Panitia tidak bisa menjanjikan lapangan bebas dari interferensi cahaya dari luar misalnya lampu blitz kamera, lampu sorot ruangan atau cahaya lain dari luar ruangan)..

7 Spesifikasi Track

8 Ukuran Track Panjang Track : 366 cm tanpa garis tepi.
350 cm menggunakan garis tepi masing masing 8 cm Lebar Track : 122 cm tanpa garis tepi. 104 cm menggunakan garis tepi masing masing 8 cm

9 Pertandingan Sebelum Pertandingan
Semua peserta diberi waktu 1 jam untuk memprogram robot, dan uji coba robot. Setelah pemograman dan uji coba selesai, robot harus dikarantina. Peserta harus tertib dan tidak mengganggu peserta lainnya baik yang sedang ada di lintasan maupun berada di luar lintasan pertandingan. Tidak boleh merusak robot lawan. Saat dikarantina robot akan dicek oleh panitia. Robot harus lulus pengecekan yang dilakukan panitia. Pembimbing tidak diperbolehkan membantu anggotanya.

10 Pertandingan Saat Pertandingan
Saat pertandingan dimulai robot berada di belakang garis start lintasan sebelum aba-aba mulai. Dilarang mengganti baterai dan suku cadang robot saat pertandingan berlangsung. Sistem perlombaan adalah battle dengan adu kecepatan. Saat start tidak diperkenankan memberikan bantuan berupa dorongan kepada robot. Robot harus bisa mengikuti track yang sudah dibuat panitia, robot tidak diperbolehkan memotong jalur untuk meraih kemenangan.

11 Perlombaan Bila robot memotong jalur atau gagal berfungi robot melakukan retry dari check point terakhir yang telah dicapai. (Gagal berfunsi: tidak dapat di-start, terguling, “hang”) Robot yang menang merupakan robot yang tercepat dalam mencapai melahap Apabila sampai waktu yang ditentukan (2 menit) jika belum ada yang mencapai 2 lap, robot yang melahap lap terbanyak dan terdekat dengan finish yang menjadi pemenang. Peserta tidak boleh menutupi robot dengan menggunakan bagian tubuh peserta. Peraturan dapat berubah sesuai ketentuan panitia. Keputusan wasit tidak bisa diganggu gugat.

12 Pertandingan Setelah Pertandingan
Peserta dapat mengeluarkan robotnya dari lintasan dan menjaganya mencapai 2 lap atau telah habis waktu yang ditentukan. Kerusakan robot sebelum, saat, dan sesudah acara perlombaan berlangsung bukan menjadi tanggung jawab panitia.

13 Sistem pertandingan Setiap pertandingan akan mengadu 2 robot sekaligus dalam satu lintasan. Pertandingan dimulai di garis start masing-masing yang telah ditentukan. Robot dianggap mencapai finish apabila salah satu bagian robot sampai ke area finish. Waktu maksimal 1 ronde adalah 2 menit. Bila belum ada robot yang mencapai garis finish setelah 2 menit, maka pemenangnya adalah robot yang melahap lap terbanyak dan mencxapai jarak terdekat dari garis finish. Babak penyisihan menggunakan sistem grup, dimana tim-tim nya dibagi menjadi dua grup. Babak penyisihan terdiri dari 2 ronde jika menang mendapat 2 point, seri 1 point, dan kalah 0 point. 2 tim teratas dari masing-masing grup akan memasuki babak selanjutnya yang menggunakan sistem knockout. Babak semifinal terdiri dari 3 ronde. Final terdiri dari 5 ronde. Waktu pemanggilan peserta 1 menit/panggilan selama 2X pemanggilan, kalau sampai batas waktu maksimal pemanggilan belum datang maka peserta dianggap kalah atau mengundurkan diri.


Download ppt "Cyber Competition Robotik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google