Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia"— Transcript presentasi:

1

2 Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia fathiah@uui.ac.id
PENDAHULUAN IMK Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia 2015

3 Apa itu HCI ??

4

5

6

7

8 Interaksi Manusia-Komputer
Disiplin ilmu yang mempelajari tentang Sistem komputer interaktif untuk digunakan manusia perancangan implementasi evaluasi Course Introduction

9

10

11

12

13 Hukum Moore Computer Abilities/kemampuan komputer
Hukum Moore adalah salah satu hukum yang terkenal dalam industri mikroprosesor yang menjelaskan tingkat pertumbuhan kecepatan mikroprosesor transistors speed discs cost 1950 1990 2030 Course Introduction

14 Psikologi human abilities 1950 1990 2030 Course Introduction

15 Dimana hambatannya? system performance Course Introduction

16 Model Konseptual dan Model Pengguna
Design Model User Model System Image Pengguna mendapatkan model dari pengalaman menggunakan suatu sistem Lewat system image Apa yang terjadi jika dua model tidak cocok? Course Introduction

17 Ketidak cocokan model Konsekuensi Kinerja yang rendah Kesalahan
Dan ketidak mampuan untuk recovery/ pembaharuan Frustrasi ... Course Introduction

18 Contoh Course Introduction

19 Penempatan ‘antarmuka’
Course Introduction

20 Proses perancangan antarmuka
Artikulasi: Siapa penggunanya Apa tugas mereka Rancangan kasar Rancangan lebih rinci Rancangan lengkap Tujuan: Rancangan berpusat tugas Rancangan partisipatori Rancangan berpusat pengguna Psikologi dari benda sehari-hari User involvement Penyajian dan metafor Rancangan tampilan layar Interface guidelines Style guides Interaksi partisipatori Task scenario Evaluasi Usability testing Heuristic evaluation Test lapangan Metode: Metode prototipe kasar Metode prototipe terinci Produk: Pengguna dan rincian tugasnya Throw-away paper prototypes Prototipe yang dapat ditest Spesifikasi alpha/betha atau spesifikasi lengkap Course Introduction

21 Mengapa perlu proses perancangan antarmuka?
63% proyek besar over budget Alasan manager Pengguna menginginkan perubahan Tugas-tugas yang tidak teridentifikasi sebelumnya Pengguna tidak mengetahui kebutuhannya Komunikasi dan pemahaman yang jelek antara pengguna dan pengembang Course Introduction

22 Mengapa perlu proses perancangan antarmuka?
Rekayasa kebergunaan (usability) adalah rekayasa perangkat lunak Sekarang bayar sedikit dan nanti bayar banyak Sangat mudah untuk langsung melompat ke rancangan terinici: Berdasarkan analisis kebutuhan yang salah Tidak mudah untuk digunakan Tidak pernah ditest sebelumnya Course Introduction

23 Fondasi perancangan antarmuka
Memahami pengguna dan tugas-tugsanya Perancangan sistem berpusat (pada) pekerjaan Bagaimana mengembangkan contoh tugas Bagaimana mengevaluasi rancangan Melibatkan pengguna Perancangan berpusat (pada) pengguna dan prototipe Metode-metode yang digunakan untuk merancang bersama-sama dengan pengguna Prototipe kasar dan setengah halus Mengevaluasi antarmuka dengan pengguna Peranan evaluasi dalam perancangan antarmuka Bagaimana mengamati manusia yang menggunakan sistem untuk mendeteksi persoalan yang mungkin muncul /detect interface problems Course Introduction

24 Fondasi perancangan antarmuka
Merancang antarmuka visual Merancang benda (yang digunakan) sehari-hari Apa yang membuat rancangan visual berhasil? Lebih dari sekedar rancangan layar Penyajian dan metafor Rancangan tampilan Penempatan komponen pada layar Prinsip Perancangan Gunakan guideline dan temukan persoalan kebergunaan This is a great design! Course Introduction

25 Konsep Interaksi Manusia-Komputer

26 Pengguna (yang) Sempurna
Minggu 7/PIS/TKI

27 Desain web yang baik Desain Visual
Desain adalah kreatifitas, tidak ada yang salah selama tidak merugikan orang lain. Desain adalah ‘rasa’ , nilai estetika (Warna, Layout, Elemen, Tipografi) ditentukan dari apresiasi dan persepsi setiap orang (user) 2. Loading time Load time website adalah waktu yang diperlukan oleh browser untuk menampilkan website secara keseluruhan. Banyak hal yang mempengaruhi kecepatan tersebut, seperti elemen-elemen CSS, elemen-elemen HTML, elemen-elemen javascript, kecepatan akses internet, image dsb 3. Interactivity (bersifat interaktif) memiliki kemampuan untuk mengakomodasi respon pengguna website. Pengunjung akan segera meninggalkan website kita jika mereka tidak mendapatkan kejelasan tentang apa yang ditawarkan pada website kita

28 Lanj… 4. Content. Alasan orang mengunjungi blog atau website kita adalah karena isi dari blog atau website tersebut. Jadi blog atau website yang baik adalah blog atau website yang memiliki isi atau konten yang bagus. Ingat hal yang paling penting dari suatu blog atau website adalah isi atau kontennya, karena “content is a king”. Selain itu isi dari konten tersebut harus banyak dicari oleh orang lain dengan menggunakan keyword tool, untuk mengetahui keyword apa yang paling banyak dicari oleh orang lain. Jangan pernah menempatkan iklan yang lebih banyak daripada konten, karena pengunjung tidak mencari iklan melainkan konten dari website.

29 5. Aksesabilitas dan kompatibilitas
5. Aksesabilitas dan kompatibilitas. Adalah kemampuan sistem agar dapat diakses oleh pengguna yang memiliki keterbatasan. Setiap orang dapat menikmati informasi yang ada dalam sebuah situs tak terkecuali bagi orang-orang dengan keterbatasan (fisik, teknologi, dll) 6. Funcsionality. Pengaksesan informasi dengan cepat dan baik adalah salah satu faktor penting sebuah situs web. Sehingga waktu download, kemampuan cross platform, dan browser independent sangat dominan dalam penilaian fungsionalitas sebuah situs

30 7. Usability. Adalah kemampuan sistem agar mudah digunakan dan sederhana dalam pengoperasiannya. Usability terdiri dari : Learnability: Kemudahan penggunaan dan waktu belajar , Efficiency: kecepatan kinerja , Memorability: daya ingat , Errors: tingkat kesalahan, dan Satisfaction: kepuasan subyek

31 Tugas Cari metafor / pencangan antar muka di sekitar kehidupan kita yang telah mellaui proses perancangan, implemtasi dan evaluasi yang baik AAAAA7.

32 Selesai


Download ppt "Fathiah, S.T.,M.Eng Universitas Ubudiyah Indonesia"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google