Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ragam Interaksi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ragam Interaksi."— Transcript presentasi:

1 Ragam Interaksi

2 Kerangka kerja memahami cara manusia berinteraksi dengan komputer

3 STEE Siklus Tindakan eksekusi evaluasi
Gol Membentuk keinginan Menentukan urutan tindakan yang akan dilakukan mengeksekusi Status dunia nyata Interpretasi persepsi Evaluasi Donald Norman

4 contoh Gol Membuat gambar ilustrasi

5 contoh Membentuk Keinginan Mengaktifkan software pengolah gambar

6 Urutan Tindakan Contoh Nyalakan laptop
Klik ganda pada icon (software pengolah gambar) Pilih menu dst

7 contoh Eksekusi semua tindakan yang berurutan dijalankan

8 Evaluasi Setiap kali user harus melakukan
contoh Evaluasi Setiap kali user harus melakukan evaluasi atas hasil yang diperoleh disesuaikan dengan gol

9 Evaluasi Memahami dunia nyata 
contoh Evaluasi Memahami dunia nyata  Selama proses mengelola gambar , ternyata user melakukan tindakan diluar rencana, meskipun pada akhirnya user kembali melanjutkan tindakan sesuai dengan rencana semula

10 Evaluasi contoh Menginterpretasi persepsi 
menyimpulkan/menginterpretasikan bahwa user akan mengambil kesempatan yang terjadi

11 GULF of Execution Jarak antara representasi mental user – komponen fisik dan status sistem Kesulitan yang dihadapi user dalam menyelesaikan tugasnya baik dalam tahap eksekusi maupun evaluasi disebabkan oleh bberapa aspek Misal pada saat akan menyimpan file, seperti biasanya kita akan berkeinginan memilih file dan save, ternyata save-nya tidak bisa di-klik atau bahkan tidak tersedia Semakin besar jarak eksekusi maka berarti sistem tidak dapat mendukung tugas pengguna, mengakibatkan user frustasi

12 GULF of Evaluation Tingkat kesulitan user untuk mengartikan status sistem, dan seberapa jauh artifak mendukung user untuk menginterpretasi sistem Gol akan menyimpan berkas, tetapi posisi simpan belum jelas Gulf evaluation  pada proses run, install sebaiknya diberi bantuan jam pasir, perputaran seperti gambar supaya user dengan mudah mengetahui apakah computer sedang menjalankan proses

13 STEE fokus pada cara pandang user tentang interaksi
Sistem Menggunakan bahasa mesin User Menggunakan bahasa tugas Input Menggunakan bahasa inputan Output Menggunakan bahasa output

14 FASE EKSEKUSI Artikulasi User memformulasikan sebuah gol yang kemudian dinyatakan dalam bahasa inputan Ex. User ingin membuat file master  user menulis perintah / klik icon harus menerjemahkan menjadi bahasa inputan yang direpresentasi oleh interface

15 FASE EKSEKUSI Pengerjaan sistem menggunakan data dari bahasa inputan Ex. Membuat file barang, memasukkan data nama produk, jenis produk, harga

16 FASE EKSEKUSI Penyajian Sistem menyajikan hasil operasi, yang menggunakan bahasa mesin bahasa output Ex. Ditunjukkan dengan jam pasir Ex. Sistem harus menunjukkan perubahan statusnya dalam bahasa keluaran

17 FASE EKSEKUSI Observasi User menentukan apakah sudah mendapat gol yang diinginkan. Observasi melibatkan hal lain. Ex. Pengolah kata melibatkan (punya) kemampuan merespons yang tinggi

18 MENGATASI KOMPLEKSITAS
Designer harus bisa memahami user (sudut pandang dari sisi user) Supaya sistem yang akan dibuat dapat dipergunakan oleh user dengan nyaman, dan mudah maka Pada saat akan membangun sistem, designer harus memahami bagaimana user melihat kekompleksan didunia nyata

19 Model mental v.s. konseptual

20 AFFORDANCE SIMPAN SIMPAN
HUBUNGAN ANTARA OBYEK DENGAN USER-NYA. MEMBERI PETUNJUK YANG KUAT MESKI TANPA PETUNJUK SIMPAN SIMPAN

21 METAFOR BERGANTUNG KEPADA ASOSIASI YANG DIPANDANG SESUAI ANTARA DESIGNER DAN USER. JIKA KEDUANYA TIDAK PUNYA BACKGROUND KULTUR YANG SAMA, METAFOR GAGAL CONTOH GAMBAR PESAWAT BERARTI CEK INFORMASI KEDATANGN ATAU LAKUKAN RESERVAS

22 Disiplin dan semangat menuju kemajuan
Terima kasih Disiplin dan semangat menuju kemajuan


Download ppt "Ragam Interaksi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google