Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Algoritma dan Pemrograman
PERTEMUAN I
2
Aturan Selama Mengikuti Kuliah
Harus punya niat untuk belajar Perkuliahan diawali dengan doa Berpakaian rapi (baju berkerah, sepatu) Silent/matikan HP saat perkuliahan berlangsung Keterlambatan maksimal 30 menit Mengikuti perkuliahan min 14 kali pertemuan Wajib hadir UTS & UAS Kalau mau izin, HARUS menyertakan surat dokter/surat resmi. Komting/ketua kelas
3
Sistem Penilaian Tugas 40% UTS 30% UAS 30%
4
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
RPS RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER
5
Kompetensi Dasar Setelah mengikuti kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat: Memahami tujuan kuliah algoritma pemrograman Mengetahui pokok bahasan yang merupakan cakupan pembelajaran dalam mata kuliah algoritma pemrograman Mengetahui paradigma pemrograman
6
REKAYASA PERANGKAT LUNAK(RPL)
???
7
Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak
Menurut IEEE “Rekayasa perangkat lunak adalah sebuah studi dan aplikasi dari sebuah pendekatan kuantifiabel, disiplin, dan sistematis kepada pengembangan, operasi dan pemeliharaan perangkat lunak yang kesemuanya itu merupakan aplikasi rekayasa yang berkaitan dengan perangkat lunak.” “Suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan” (Sumber
8
Tahapan dalam RPL Analisis Desain Coding Pengujian Pemeliharaan
9
Coding/Pengkodean/Pemrograman
Pemrograman = Algoritma + Bahasa Pemrograman (Program) adalah kumpulan dari pernyataan yang dapar dieksekusi oleh computer Algoritma adalah metode dan tahapan sistematis dalam sebuah program Bahasa yang dimaksud disini adalah bahasa yang dimengerti oleh komputer
10
Bahasa Pemrograman Sebuah instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantik yang dipakai untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi. (Sumber wikipedia)
11
Contoh Bahasa Pemrograman
Bahasa Tingkat Tinggi Bahasa pemrograman masuk tingkat ini karena bahasa tersebut mendekati bahasa manusia. Contohnya bahasa Basic, Visual Basic, Pascal, Java, PHP. Bahasa Tingkat Menengah Disebut tingkat menengah karena bisa masuk ke dalam bahasa tingkat tinggi maupun rendah. Contohnya bahasa C. Bahasa Tingkat Rendah Bahasa pemrograman masuk tingkat ini karena bahasanya masih jauh dari bahasa manusia Contohnya bahasa Assembly.
12
Masih ngga ngerti, apa sih maksudnya
Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (bah.Inggris Assembly), yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode- kode singkat (kode mnemonic), contohnya kode_mesin|MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb. Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb. Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb. Komputer dapat mengerti bahasa manusia itu diperlukan program compiler atau interpreter.
13
Contoh Bahasa Pemrograman
A# .NET A# (Axiom) C C-- C-script C++ - ISO/IEC 14882 C# - ISO/IEC 23270 C shell (csh) Java JavaScript Python Ruby Visual Assembler Visual Basic Visual Basic .NET Visual DataFlex Grass Green dsb
14
Definisi Algoritma Yaitu susunan logis dan sistematis yang digunakan untuk memecahkan atau pun menyelesaikan suatu permasalahan tertentu Dalam dunia pemrograman, algoritma digunakan untuk membangun berbagai macam software yang digunakan pada perangkat computer, Tanpa algoritma yang tepat, susunan sintax atau pun baris - baris kode bahasa pemrograman yang telah dibuat tidak akan ada artinya sama sekali. Hal ini dikarenakan seluruh baris - baris kode yang dibuat itu diatur sepenuhnya oleh algoritma yang dibuat
15
Contoh Kasus Pencarian Algoritma
B Bagaimana caranya menukar isi cairan di kedua ember? A B Terdapat dua buah ember. Ember A dan ember B. Ember A berisi cairan berwarna biru, ember B berisi cairan berwarna kuning.
16
Tambahkan 1 ember kosong (Ember C)
Tuangkan cairan biru dari ember A ke ember C Tuangkan cairan kuning dari ember B ke ember A Tuangkan cairan kuning dari ember C ke ember B
17
Kasus I Case : Membuat Nasi Goreng Requirement : Bahan Baku
Algoritma : Panaskan minyak dalam wajan Masukkan bumbu Tumis hingga wangi Masukkan nasi Aduk nasi dan bumbu hingga merata
18
Tugas Kelompok 4 orang Buat contoh kasus beserta algoritma penyelesaian kasus tersebut
19
PR Pahami mengenai materi hari ini
Cari tahu mengenai flowchart dan pseudocode Download dan install Netbeans di PC masing-masing Sumber :
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.