Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ARSITEKTUR SISTEM PAKAR

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ARSITEKTUR SISTEM PAKAR"— Transcript presentasi:

1 ARSITEKTUR SISTEM PAKAR

2 Struktur Sistem Pakar

3 PENJELASAN SETIAP BAGIAN
Knowledge base: mengandung pengetahuan domain,berbentuk aturan IF-THEN Database: fakta kalkulus predikat yang sesuai dengan bagian IF dari aturan dalam basis pengetahuan. Inference Engine: semua proses yang memanfaatkan basis pengetahuan untuk menyimpulkan apa yang diminta pengguna dan menyusun penalaran yang diperlukan sistem untuk mencapai solusi

4 PENJELASAN SETIAP BAGIAN (cont..)
Explanation subsystem: menganalisis struktur penalaran yang dikerjakan oleh sistem dan menjelaskan itu kepadapengguna, memberikan pengguna peluang untuk menanyakan sistem mengenai cara kesimpulan dicapai atau mengenai fakta yang digunakan. User interface: komunikasi antara pengguna yang mencari solusi dan sistem pakar. Terdiri dari beberapa jenis sistem pengolahan bahasa alami atau graphical user interfaces (GUI) bermenu.

5 PENJELASAN SETIAP BAGIAN (cont..)
Knowledge engineer: Biasanya ilmuwan komputer dengan pelatihan AI yang bekerja dengan pakar dalam bidang aplikasi dalam rangka menyediakan pengetahuan relevan dari pakar dalam bentuk yang dapat dimasukkan ke dalam basis pengetahuan. Knowledge acquisition subsystem: Memeriksa dan mengupdate basis pengetahuan (yang terus tumbuh) , mungkin ada informasi yang tak-konsisten dan tak-lengkap.

6 ARSITEKTUR SISTEM PAKAR

7 KOMPONEN SISTEM PAKAR antar muka pengguna (user interface)
basis data sistem pakar (expert system database) fasilitas akuisisi pengetahuan (knowledge acquisition facility) dan mekanisme inferensi (inference mechanism) fasilitas penjelasan (explanation facility)

8 Antar Muka Pengguna perangkat lunak yang menyediakan media komunikasi antara pengguna dengan sistem

9 Basis data sistem pakar
berisi pengetahuan setingkat pakar pada subyek tertentu berisi pengetahuan yang dibutuhkan untuk memahami, merumuskan dan menyelesaikan masalah terdiri dari 2 elemen: Fakta, situasi masalah dan teori yang terkait Heuristik khusus atau rules, yang langsung menggunakan pengetahuan untuk menyelesaikan masalah khusus

10 Fasilitas Akuisisi Pengetahuan
perangkat lunak yang menyediakan fasilitas dialog antara pakar dengan sistem digunakan untuk memasukkan fakta-fakta dan kaidah-kaidah sesuai dengan perkembangan ilmu Meliputi proses pengumpulan, pemindahan, dan perubahan dari kemampuan pemecahan masalah seorang pakar atau sumber pengetahuan terdokumentasi (buku, dll) ke program komputer bertujuan untuk memperbaiki dan atau mengembangkan basis pengetahuan (knowledge-base)

11 Mekanisme Inferensi perangkat lunak yang melakukan penalaran dengan menggunakan pengetahuan yang ada untuk menghasilkan suatu kesimpulan atau hasil akhir. Dalam komponen ini dilakukan pemodelan proses berpikir manusia

12 Fasilitas Penjelasan berguna dalam memberikan penjelasan kepada pengguna mengapa komputer meminta suatu informasi tertentu dari pengguna dan dasar apa yang digunakan komputer sehingga dapat menyimpulkan suatu kondisi

13 Tipe Penjelasan Penjelasan mengenai jejak aturan yang menunjukkan status konsultasi penjelasan mengenai bagaimana sebuah keputusan diperoleh penjelasan mengapa sistem menanyakan suatu pertanyaan penjelasan mengapa sistem tidak memberikan keputusan seperti yang dikehendaki pengguna

14 Memori Kerja bagian dari sistem pakar yang berisi fakta-fakta masalah yang ditemukan dalam suatu sesi

15 Agenda Urutan aturan yang dibangkitkan oleh mesin inferensi


Download ppt "ARSITEKTUR SISTEM PAKAR"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google