Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Membuat Electronic Book (e-book)
Short Training Membuat Electronic Book (e-book) Aplikasi Kotobee
2
E-book (electronic book) atau, buku elektronik atau dikenal juga dengan digital book, adalah evolusi dari buku cetak yang biasa kita baca sehari-hari. E-book adalah buku yang dipublikasikan dalam format digital berisi menggabungkan teks, grafik, audio, video, yang dapat dibaca melalui perangkat komputer atau perangkat digital lainnya yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi Short Training E-Book
3
Kelebihan E-Book Minat baca semakin meningkat, di jaman sekarang ini, orang menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar monitor daripada di depan buku cetak. Daya tahan buku lebih awet, e-book tidak mengenal umur atau tahan lama (tidak terbakar, berjamur, keropos, busuk, atau hancur lebur). E-book juga menjamin bahwa literatur akan tetap ada Memperbaharuinya lebih mudah, untuk memperbaiki kesalahan atau me- nambah informasi baru. Bisa dibawa kemana saja (portable). Kita dapat membawa koleksi seluruh perpustakaan di dalam satu DVD. Dapat dilengkapi dengan multimedia: gambar diam, gambar bergerak, dan suara
4
Kekurangan E-book Membutuhkan suatu perangkat lunak untuk membukanya, baik komputer atau alat lainnya. Sehingga kita membutuhkan waktu yang cukup lama hanya untuk membukanya, sedangkan buku biasa dapat langsung kita buka dan tutup sesuka hati. E-book memiliki berbagai format, yang terlihat dari extension filenya seperti pdf, txt, doc, chm, dejavue, iSilo, dan lain-lain. Hal ini membuat dibutuhkan berbagai aplikasi berbeda untuk membukanya maupun membuatnya Mata yang tidak terbiasa untuk membaca di monitor. Hal ini membuat kebanyakan orang cenderung mencetak e-book dengan printer, setelah membaca beberapa halaman dari e-book.
5
Penetapan isi dan model
Alat bantu mengajar Guru Guru Media Media Penetapan isi dan model Tujuan Siswa Belajar mandiri siswa Apa yang ingin Anda buat dengan aplikasi E-Book ini untuk pembelajaran ?
6
Prinsip yang perlu Anda pertimbangkan ketika akan mengembangkan E-Book
Menyajikan pelajaran yang abstrak menjadi lebih konkrit Menyajikan pelajaran yang terkendala keterbatasan ruang dan waktu Sumber belajar; untuk pengayaan dan remedial Dapat menyajikan objek pembelajaran yang langka dan bahaya ke dalam kelas Modul; kesatuan bahan belajar yang disajikan dalam bentuk “self- instruction”, Menyajikan pelajaran yang keterbatasan indra manusia
7
Langkah menyusun E-Book
4 tahapan dasar proses pengembangan suatu intruksional media berbasis multimedia Planning Intructional design Prototype Test berkaitan dengan perencanaan data media berdasarkan kurikulum dan tujuan pembelajaran. perencanaan direalisasikannya dalam bentuk rancangan hasil rancangan kemudian diwujudkan dalam bentuk purwarupa atau produk. produk yang dihasilkan kemudian diujicoba, ujicoba dilakukan untuk menguji reliabilitas, validitas, dan objektivitas media.
8
Tahap planning
9
Tahap Intructional design
Rancangan Buku Rancangan Modul PENDAHULUAN KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 Ø TUJUAN PEMBELAJARAN URAIAN: contoh - contoh, ilustrasi/diagram, ump an balik LATIHAN/AKTIVITAS KEGIATAN PEMBELAJARAN 2 ilustrasi/diagram, umpan balik KEGIATAN PEMBELAJARAN …. LATIHAN/AKTI VITAS PENUTUP/TES
10
Tahap Prototype Aplikasi Kotobee
hasil rancangan kemudian diwujudkan dalam bentuk purwarupa atau produk. Aplikasi Kotobee Kotobee Author adalah perangkat lunak pembuat ebook untuk Windows dan Mac yang memungkinkan Anda membuat ebooks yang kaya dengan konten interaktif yang didukung untuk berbagai format Kotobee Author cocok untuk pendidikan, pelatihan, dan penerbitan. Penulis Kotobee adalah pemenang Smart Media Award 2016 dari Academics 'Choice Anda dapat dengan mudah membuat ebook interaktif dengan video, audio, 3D, widget buku, pertanyaan, dan banyak lagi.
11
Instal Kotobee Download Aplikasi dan sesuaikan
Instal sesuai dengan keadaan computer WIN 32 atau WIN 64
12
Mendapatkan seriar number untuk lisensi gratis
Buka aplikasi kotobee Membuat e-book dengan tampilan menyesuaikan dengan perangkat.
13
Mendapatkan seriar number untuk lisensi gratis
Masukan Anda seriar number untuk lisensi gratis yang akan dimasukan ke dalam aplikasi kotobee Lengkapi identitas disamping lalu klik submit
14
Area kerja kotobee Klik enter seriar number Seting tampilan Manajemen
Menu kerja Publish akhir Area kerja kotobee
15
Menu penyutingan Membuka berkas baru Menyimpan berkas Import PDF
Import EPUB Memberikan judul buku Import WEB Insert cover Memberikan judul buku Memberi ISDN Mencantumkan penerbit Mengganti penyajian tampilan Memberi deskripsi singkat ebook Menambah bab dan sub bab menghapus bab dan sub bab duplikasi bab dan sub bab Mengatur urutan bab dan sub bab Keluar manager
16
Menu formating Menu sisipan
Digunakan untuk mengatur formating dari tulisan yang kita buat. Dalam menu ini kita dapat mengatur bentuk, besar dan jenis huruf yang kita gunakan seperti yang terdapat pada aplikasi word. Menu sisipan Menyisipkan 1 buah gambar Menyisipkan banyak gambar Fokus kita dalam pelatihan singkat ini adalah menyisipkan : Menyisipkan anchor Membuat link Membuat pertanyaan Menyisipkan video Menyisipkan suara Menyisipkan widget (aplikasi luar) membuat gambar 3d Membuat kotak isian
17
Menyisipkan gambar Mengatur ukuran gambar Mengatur letak gambar
Mengatur posisi gambar
18
Mengatur ukuran gambar
Menyisipkan galeri Mengatur ukuran gambar Mengatur letak gambar Beri judul gambar
19
Menyisipkan video Mengambil dari youtube Mengatur ukuran gambar
Mengatur letak gambar
20
Mengambil dari internet
Menyisipkan suara Mengambil dari internet
21
Isikan alamat web di internet
Menyisipkan link Isikan alamat web di internet
22
Jenis soal dan nambah soal
Membuat soal Judul tes Jenis soal dan nambah soal soal
23
Export hasil Menjadi epub Publish secara online
24
Hasil publish Publish secara online Menjadi epub
25
Melihat hasil kerjaan (KOTOBEE reader)
Instal kotobee di HP
26
Terima Kasih
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.