Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERSEPSI PUBLIK TERHADAP ORMAS ISLAM DAN TANTANGAN KEBERAGAMAAN

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERSEPSI PUBLIK TERHADAP ORMAS ISLAM DAN TANTANGAN KEBERAGAMAAN"— Transcript presentasi:

1 PERSEPSI PUBLIK TERHADAP ORMAS ISLAM DAN TANTANGAN KEBERAGAMAAN
Temuan Survei Nasional: Maret 2018 Burhanuddin Muhtadi, MA., Ph.D

2 Metodologi Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesi yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Dari populasi itu dipilih secara random (multistage random sampling) 1220 responden, (86.7%) di antaranya beragama Islam. Margin of error rata-rata dari survei dengan ukuran sampel tersebut sebesar +/- 2.9% pada tingkat kepercayaan 95% (dengan asumsi simple random sampling). Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih. Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20% dari total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti. Waktu wawancara lapangan 25 – 31 Maret 2018. 2

3 VALIDASI SAMPEL

4 PROFIL DEMOGRAFI RESPONDEN
4

5 PROFIL DEMOGRAFI RESPONDEN
5

6 ORGANISASI ISLAM [KHUSUS MUSLIM]

7 Ormas Islam Dalam masyarakat kita ada sejumlah organisasi sosial keagamaan seperti NU, Muhammadiyah, dll. Apakah Ibu/Bapak merasa sebagai bagian dari NU, Muhammadiyah, atau organisasi Islam lain, atau tidak merasa sebagai orang organisasi Islam manapun? Jika ada, seberapa dekat atau kuat Ibu/Bapak menjadi bagian dari NU/Muhammadiyah/Ormas Islam lainnya tersebut? … (%) Sekitar 43.4% muslim di Indonesia merasa bagian dari ormas NU, 4.7% merasa bagian dari ormas Muhammadiyah, 47.4% tidak merasa sebagai bagian dari ormas manapun, dan ormas lainnya masing-masing kurang dari 1%. 7

8 Tren Afiliasi dengan Ormas Islam
Axis NU & Bukan Ormas Manapun (%) Axis Muhammadiyah & Ormas Lainnya (%) Baik yang merasa sebagai bagian dari NU, Muhammadiyah atau tidak merasa sebagai bagian ormas Islam manapun, dalam delapan tahun terakhir tampak tidak banyak mengalami perubahan. 8

9 Keanggotaan dalam Ormas Islam
Perkenankan saya mengetahui keikutsertaan Ibu/Bapak dalam berbagai organisasi atau perhimpunan di bawah ini. Apakah Ibu/Bapak anggota atau bukan anggota dari organisasi/kelompok berikut?...(%) 9

10 Awareness & Dukungan Kepada Ormas Islam
Apakah Ibu/Bapak tahu (pernah dengar, lihat, atau baca) nama-nama organisasi keagamaan berikut ini? Bila tahu, apakah Ibu/Bapak setuju dengan yang diperjuangkan organisasi-organisasi atau kelompok-kelompok tersebut?...(%) 10

11 Awareness & Dukungan Kepada Ormas Islam (Front Pembela Islam/FPI)
Apakah Ibu/Bapak tahu (pernah dengar, lihat, atau baca) Front Pembela Islam (FPI)? ...(%) Jika tahu atau pernah dengar, apakah Ibu/Bapak tahu apa yang menjadi perjuangan Front Pembela Islam (FPI)? ...(%) Front Pembela Islam (FPI) merupakan ormas Islam yang berjuang untuk menerapkan syariat Islam dengan membantu aparat menertibkan moral masyarakat, menertibkan ormas Islam yang dianggap sesat atau menyimpang dan melakukan kegiatan kemanusiaan. Apakah Ibu/Bapak setuju dengan apa yang menjadi perjuangan Front Pembela Islam (FPI) tersebut? ...(%) (base: tahu FPI) 11

12 Awareness & Dukungan Kepada Ormas Islam (Hizbut Tahrir Indonesia/HTI)
Apakah Ibu/Bapak tahu (pernah dengar, lihat, atau baca) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI)?...(%) Jika tahu atau pernah dengar, apakah Ibu/Bapak tahu apa yang menjadi perjuangan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI)? ...(%) Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) merupakan ormas Islam yang berjuang untuk mengembalikan kejayaan Islam masa lalu dengan mendirikan Kekhalifahan Islam (Negara Islam lintas batas negara/transnasional) yang dipimpin oleh seorang Khalifah dan seluruh aktivitas kehidupan diatur sesuai hukum-hukum Islam. Apakah Ibu/Bapak setuju dengan apa yang menjadi perjuangan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) tersebut? (base: tahu HTI) 12

13 Apakah Ibu/Bapak tahu (pernah dengar, lihat, atau baca) ISIS?...(%)
Awareness & Dukungan Kepada Ormas Islam (ISIS/Negara Islam Irak dan Siria) Apakah Ibu/Bapak tahu (pernah dengar, lihat, atau baca) ISIS?...(%) Jika tahu atau pernah dengar, apakah Ibu/Bapak tahu apa yang menjadi perjuangan ISIS? ...(%) ISIS (Negara Islam Irak dan Siria) merupakan organisasi Islam yang berjuang untuk memurnikan Islam dari ajaran menyimpang dan menggunakan cara apapun untuk memerangi kelompok yang dianggap menghalangi tujuan tersebut. Apakah Ibu/Bapak setuju dengan apa yang menjadi perjuangan ISIS tersebut? ...(%) (base: tahu ISIS) 13

14 Awareness & Dukungan Kepada Ormas Islam (Al-Qaeda)
Apakah Ibu/Bapak tahu (pernah dengar, lihat, atau baca) Al-Qaeda?...(%) Jika tahu atau pernah dengar, apakah Ibu/Bapak tahu apa yang menjadi perjuangan Al-Qaeda? ...(%) Al-Qaeda merupakan organisasi Islam yang melakukan gerakan jihad global, target khususnya Amerika dan sekutunya, serta muslim yang dianggap bersekutu dengan Amerika. Apakah Ibu/Bapak setuju dengan apa yang menjadi perjuangan Al-Qaeda tersebut? ...(%) (base: tahu Al-Qaeda) 14

15 Awareness & Dukungan Kepada Ormas Islam (GNPF MUI)
Apakah Ibu/Bapak tahu (pernah dengar, lihat, atau baca) Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF MUI)?...(%) Jika tahu atau pernah dengar, apakah Ibu/Bapak tahu apa yang menjadi perjuangan GPNF MUI? ...(%) Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF MUI) merupakan gerakan politik Islam yang memiliki semangat bela Islam, bela ulama dan bela Indonesia. Apakah Ibu/Bapak setuju dengan apa yang menjadi perjuangan Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF MUI) tersebut? ...(%) (base: tahu GNPF MUI) 15

16 Ormas Islam 16

17 TINDAKAN ISLAMIS [KHUSUS MUSLIM]

18 Dalam tiga tahun terakhir, apakah Ibu/Bapak pernah …?
Tindakan Islamis Dalam tiga tahun terakhir, apakah Ibu/Bapak pernah …? Jika “tidak pernah” atau “tidak jawab”, apakah Ibu/Bapak bersedia ikut dalam kegiatan tersebut di atas bila ada kesempatan? 18

19 Tren Tindakan Islamis Tindakan dan kesediaan melakukan tindakan islamis menunjukkan tren penurunan sejak tahun 2010. 19

20 ISLAMISME [KHUSUS MUSLIM]

21 Islamisme Apakah Ibu/Bapak sangat setuju, setuju, tidak setuju, atau sangat tidak setuju dengan pernyataan-pernyataan di bawah ini? 21

22 Dukungan Terhadap Islamisme
Apakah Ibu/Bapak sangat setuju, setuju, tidak setuju, atau sangat tidak setuju dengan pandangan-pandangan di bawah ini? 22

23 Dukungan Terhadap Islamisme
Apakah Ibu/Bapak sangat setuju, setuju, tidak setuju, atau sangat tidak setuju dengan pandangan-pandangan di bawah ini? 23

24 Deprivasi Sosial Politik
Apakah Ibu/Bapak sangat setuju, setuju, tidak setuju, atau sangat tidak setuju dengan pandangan-pandangan di bawah ini? 24

25 Tren Pandangan Keagamaan (Setuju+sangat setuju)
Hukum rajam tampak berfluktuasi, tapi dalam delapan tahun terakhir tidak berubah. 25

26 Tren Pandangan Keagamaan (Setuju+sangat setuju)
Paling tidak dalam setahun terakhir trennya meningkat. 26

27 Tren Pandangan Keagamaan (Setuju+sangat setuju)
Deprivasi ekonomi kecenderungannya menurun dalam delapan tahun terakhir. Sementara deprivasi politik dalam dua tahun terakhir trennya meningkat. 27

28 Tren Pandangan Keagamaan (Setuju+sangat setuju)
Dalam setahun terakhir trennya meningkat, terutama peran ulama dalam politik. 28

29 Apakah Ibu/Bapak keberatan atau tidak keberatan JIKA ….. ?
Toleransi Ibadah Apakah Ibu/Bapak keberatan atau tidak keberatan JIKA ….. ? 29

30 Sejak 2010 intoleransi tampak menurun.
Tren Toleransi Ibadah Sejak 2010 intoleransi tampak menurun. 30

31 ISU-ISU ISLAMIS

32 Aksi 212 Apakah Ibu/Bapak tahu atau pernah dengar tentang “aksi 212”, yaitu aksi unjuk rasa atau demonstrasidari sekelompok masyarakat di Monas (Jakarta) dan sejumlah wilayah lain di Indonesia pada tanggal 2 Desember 2016 yang lalu?...(%) Jika tahu, apakah Ibu/Bapak sendiri ikut turun ke jalan melakukan “aksi 212” pada 2 Desember 2016 yang lalu? ...(%) 32

33 Gerakan 212 Apakah Ibu/Bapak tahu atau pernah dengar tentang “gerakan 212”, yaitu gerakan bela Islam sebagai kelanjutan dari aksi unjuk rasa atau demonstrasi (aksi 212) pada tanggal 2 Desember 2016 yang lalu?...(%) Jika tahu, apakah Ibu/Bapak mendukung, menentang, atau bersikap netral terhadap gerakan tersebut? ...(%) 33

34 Gerakan 212 Apakah Ibu/Bapak tahu atau pernah dengar tentang “gerakan 212”, yaitu gerakan bela Islam sebagai kelanjutan dari aksi unjuk rasa atau demonstrasi (aksi 212) pada tanggal 2 Desember 2016 yang lalu?...(%) Jika tahu, menurut Ibu/Bapak, apakah “gerakan 212” dilakukan murni untuk membela Islam atau telah disusupi oleh kepentingan politik tertentu? ...(%) 34

35 Islam Nusantara Apakah Ibu/Bapak tahu atau pernah dengar gagasan tentang Islam Nusantara?...(%) Jika tahu atau pernah dengar, apakah Ibu/Bapak setuju dengan gagasan tersebut? ...(%) 35

36 NASIONALISME & IDENTIFIKASI KELOMPOK SOSIAL

37 Kelompok Sosial Apakah Ibu/Bapak lebih suka menganggap diri sendiri sebagai warga etnis/suku tertentu, sebagai warga negara Indonesia, atau sebagai umat agama tertentu?...(%) 37

38 Tren Identitas Sosial Apakah Ibu/Bapak lebih suka menganggap diri sendiri sebagai warga etnis/suku tertentu, sebagai warga negara Indonesia, atau sebagai umat agama tertentu?...(%) Warga semakin merasa sebagai warga negara Indonesia. Yang merasa sebagai umat agama tertentu cenderung menurun, dan yang merasa sebagai warga etnis tertentu tidak berubah. 38

39 [Khusus Muslim] Kelompok Sosial Keagamaan
Sebagian orang Indonesia juga menganggap diri mereka menjadi bagian dari kelompok budaya tertentu, atau aliran. Di antara kelompok/aliran berikut, Ibu/Bapak merasa menjadi bagian dari kelompok/aliran mana?...(%) Mayoritas warga Muslim tidak bisa mengidentifikasi status sosial keagamaannya. 39

40 RELIJIUSITAS

41 Nilai-nilai Agama dalam Kehidupan
Seberapa sering Ibu/Bapak mempertimbangkan perintah atau nilai-nilai agama ketika membuat keputusan penting bagi hidup Ibu/Bapak sendiri?...(%) 41

42 [Khusus Muslim] Praktik Keagamaan
Apakah Ibu/Bapak rutin/selalu, cukup sering, jarang atau tidak pernah melakukan kegiatan ibadah berikut?...(%) 42

43 [Khusus Muslim] Praktik Keagamaan
Apakah Ibu/Bapak rutin/selalu, cukup sering, jarang atau tidak pernah melakukan kegiatan ibadah berikut?...(%) 43

44 [Khusus Muslim] Tren Relijiusitas
Berdasar praktik ibadah, dalam delapan tahun terakhir umat Islam Indonesia tampak tidak semakin relijius. 44

45 KELOMPOK ISLAMIS [KHUSUS MUSLIM]

46 Definisi Kelompok Islamis didefinisikan sebagai kelompok Islam yang memiliki kecenderungan lebih tinggi dalam sejumlah pengukuran, yaitu: Islamisme (Islam di atas agama-agama lain, penerapan hukum Islam, memilih pemimpin muslim, peran ulama dalam politik) Dukungan terhadap Islamisme (dukungan terhadap hukum-hukum jinayah dan muamalah) Tindakan radikal (pernah melakukan atau bersedia melakukan razia, demonstrasi, penyerangan rumah ibadah agama lain, dll.) Intoleransi (keberatan orang non muslim mengadakan ibadah dan membangun tempat ibadah di sekitar tempat tinggal) Dukungan terhadap Ormas radikal (dukungan terhadap FPI, HTI, ISIS, Al-Qaedah, Jamaah Islamiyah, Laskar Jihad) Identitas sosial (lebih merasa sebagai umat Islam ketimbang sebagai warga negara Indonesia atau warga etnis tertentu) Deprivasi ekonomi politik (ekonomi umat Islam dibanding non Islam, umat Islam diperlakukan tidak adil oleh umat agama lain, suara non Muslim lebih berpengaruh dibanding umat Islam) Skor Skor <= 50 didefinisikan sebagai kelompok “Tidak Islamis”, dan skor >50 – 100 didefinisikan sebagai kelompok “Islamis”. 46

47 Kelompok Islamis (%) Ada sekitar 28.4% Muslim di Indonesia yang lebih kuat agenda Islamisnya. 47

48 KELOMPOK ISLAMIS MENURUT DEMOGRAFI, ORMAS ISLAM, MEDSOS & TOKOH ISLAM [KHUSUS MUSLIM]

49 Kelompok Islamis Menurut Demografi
Kelompok perempuan, selain generasi menengah, warga Muhammadiyah dan ormas islam lainnya, selain etnis Jawa, Bugis dan etnis lainnya, kelompok Islamis lebih besar dari rata-rata umum. 49

50 Kelompok Islamis Menurut Demografi
Kemudian kelompok pendidikan rendah, pernah sekolah agama, kalangan blue collars dan ibu rumah tangga dan selain kelas menengah atas. 50

51 Kelompok Islamis Menurut Demografi
Terutama di wilayah pedesaan dan wilayah Indonesia bagian barat (Sumatera, DKI+Banten dan Jabar). 51

52 Kelompok Islamis Menurut Akses Internet & Media Sosial
Semakin sering mengakses Youtube, Instagram, Google+ dan Line, kelompok Islamis lebih besar. 52

53 Kelompok Islamis Menurut Akses Internet & Media Sosial
Semakin sering mengakses Youtube, Instagram, Google+ dan Line, kelompok Islamis lebih besar. 53

54 KESIMPULAN NU dan Muhammadiyah merupakan dua organisasi Islam terbesar di Indonesia. Paling tidak dalam delapan tahun terakhir tampak warga NU dan warga Muhammadiyah tidak banyak mengalami perubahan. Warga NU berkisar antara 40-50% dan warga Muhammadiyah berkisar antara 3- 5% dari total warga Muslim Nusantara. Selain ormas NU dan Muhammadiyah, ada cukup banyak ormas Islam lainnya, tapi masing-masing hanya sedikit orang yang merasa sebagai bagian daripadanya, kurang dari 1%. Warga dari ormas Islam lainnya tersebut secara total masih lebih sedikit dibanding warga Muhammadiyah, ini tampak konsisten dari tahun ke tahun. Selain itu, warga Muslim tidak merasa sebagai bagian dari ormas Islam manapun, jumlahnya kurang lebih berimbang dengan jumlah warga NU, antara 40-50%. Dengan demikian hingga saat ini belum ada ormas Islam lain yang lebih besar dibanding dua ormas Islam tradisional di Indonesia, NU dan Muhammadiyah. 54

55 KESIMPULAN Namun demikian, ada peningkatan yang berarti dalam beberapa pandangan Islamis yaitu terutama terkait dengan kepemimpinan Islam, memilih pemimpin Muslim dan peran ulama yang harus lebih besar dalam politik. Kemudian tentang umat Islam yang harus lebih mendapat prioritas dari pemerintah dibanding pemeluk agama lain, dan penerapan hukum Islam di Indonesia. Yang terakhir tidak mayoritas, tapi dibanding temuan sebelumnya juga menguat cukup besar. Peningkatan ini tampak bukan dilatarbelakangi oleh ketidakpuasan atas sistem demokrasi yang berjalan hingga saat ini, dukungan terhadap Pancasila dan UUD 1945 tampak solid, dan kelompok yang mempertentangkan nilai- nilai demokrasi dengan nilai-nilai Islam juga tidak mengalami perubahan berarti. Peningkatan ini juga tampaknya bukan dilatarbelakangi oleh kondisi umat Muslim Indonesia yang semakin relijius. Berdasar praktik ibadahnya, Muslim Indonesia hingga saat ini tidak lantas semakin relijius, trennya tidak banyak berubah dibanding beberapa tahun terakhir. Peningkatan ini tampak lebih banyak didorong oleh isu-isu Islamis yang terjadi beberapa tahun terakhir, kemungkinan besar sejak mencuatnya kasus Ahok pada Pilkada DKI Jakarta yang lalu. 55

56 TERIMA KASIH


Download ppt "PERSEPSI PUBLIK TERHADAP ORMAS ISLAM DAN TANTANGAN KEBERAGAMAAN"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google