Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TUGAS MATA KULIAH USER EXPERIENCE Nama : I Wayan Adi Lesmana NIM : Kelas : VV163.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TUGAS MATA KULIAH USER EXPERIENCE Nama : I Wayan Adi Lesmana NIM : Kelas : VV163."— Transcript presentasi:

1 TUGAS MATA KULIAH USER EXPERIENCE Nama : I Wayan Adi Lesmana NIM : 160030321 Kelas : VV163

2 1. PERSONA Dalam pelaksanaan UX Research sering kali digunakan sebuah Persona untuk menggambarkan karakteristik target user dari aplikasi yang akan dikembangkan. Pengertian dari Persona adalah sebuah profil atau dokumentasi dari user/pengguna produk, dimana didalamnya menggambarkan karakteristik dari user yang digabungkan dengan cerita, kebutuhan, tujuan atau motivasi personal mereka. Persona menjadi penting dalam merancang sebuah aplikasi yang berorientasi pada user. Menurut Mulder dan Ziv Yaar (2006) dalam merancang aplikasi yang berorientasi pada user harus mempunyai pemikiran target user tidaklah sama dengan perancang aplikasi. Oleh karena itu perlu melakukan penelitian tentang user agar lebih memahami user yang menjadi target. Pengertian Persona

3 BAGIAN PERSONA 1 2 3 MARKETING PERSONA PROTO PERSONA DESIGN PERSONA 4 USER PERSONA

4 BAGIAN PERSONA 1. Marketing Persona Marketing persona berfokus untuk mengetahui motivasi user untuk membeli sebuah benda, preferensi user saat akan melakukan pembelian, dan juga sikap terhadap pesan marketing atau media marketing. Persona ini menjelaskan perilaku customer atau pelanggan tanpa mencari tahu penyebab perilaku yang ada. Marketing persona digunakan untuk menentukan customer seperti apa yang akan ditargetkan dalam penjualan atau pemasaran sebuah produk.

5 BAGIAN PERSONA 2. Proto Persona Proto persona adalah sebuah model dari persona yang sesungguhnya. Persona ini biasa digunakan jika tidak terdapat waktu atau biaya yang cukup untuk melakukan user research. Proto persona dibuat oleh tim peniliti dengan melakukan perkiraan user dan kebutuhan user, namun hasil dari persona ini tentunya perlu di validasi kembali dengan penilitian yang sudah ada atau akan dibuat.

6 BAGIAN PERSONA 3. Design Persona Design persona berfokus pada tujuan user, perilaku atau keadaan sekarang, dan pain points atau kesulitan yang dihadapi oleh user. Isi dari persona ini didapatkan dengan melakukan research langsung ke lapangan dan berhadapan langsung dengan orang yang termasuk user target. Design persona digunakan untuk menentukan desain dari produk atau jasa yang akan dikembangkan agar sesuai dengan kebutuhan user dan memastikan user terlibat langsung dengan proses pengembangan produk atau jasa.

7 BAGIAN PERSONA 4. User Persona Persona ini adalah persona yang paling umum untuk digunakan oleh para user experience designer. Isinya adalah cerita singkat dari user’s goals, behaviours, dan pain points. The user-persona dibuat dengan user research.

8 Menarik banyak orang dengan pesan generik yang sama adalah tugas yang sulit bagi sebagian besar tim pemasaran dan tidak mengherankan jika kebanyakan strategi bisnis gagal ketika mereka datang untuk meningkatkan jangkauan pelanggan. Di sinilah peran model customer segmentation berperan. Customer segmentation yang dirancang secara efektif dapat membantu dalam memahami pelanggan dengan mengidentifikasi minat, perilaku, dan preferensi unik mereka. Karena itu, sangat penting bagi bisnis yang ingin meningkatkan personalisasi di semua saluran untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pelanggan. Setelah mengumpulkan data yang cukup tentang pelanggan, gunakanlah data tersebut untuk mengelompokkan pelanggan dan prospek ke dalam beberapa jenis customer segmentation. 2. CUSTOMER SEGMENTATION

9 JENIS-JENIS CUSTOMER SEGMENTATION Geographic Segmentation Demographic Segmentation Behavioral Segmentation

10 Demographic segmentation adalah pengelompokan pelanggan berdasarkan data demografis atau kependudukan, cara ini adalah cara yang sangat jelas untuk mempersonalisasi pesan pemasaran. Ada banyak faktor yang dapat digunakan sebagai alat ukur seperti usia, generasi, jenis kelamin, lokasi, etnis, status perkawinan, pendapatan rumah tangga, pekerjaan, dan tingkat pendidikan. Tapi ada trik tertentu untuk segmentasi demografis dan itu adalah menemukan cara paling efektif untuk mengelompokkan pelanggan sehingga lebih mudah untuk membuat yang otentik, dialog berkelanjutan semacam dengan mereka DEMOGRAPHIC SEGMENTATION

11 Geographic segmentation adalah salah satu jenis strategi segmentasi pelanggan yang umum digunakan yang memanfaatkan faktor-faktor seperti negara, kota, wilayah, daerah, iklim, dan kode pos untuk membagi basis pelanggan ke dalam berbagai kelompok. Kita perlu merangkai pesan ke berbagai segmen geografis dengan memperhatian pada budaya atau cuaca setempat. Memodifikasi penawaran dan pesan pemasaran untuk segmen geografis yang berbeda mampu memberikan nilai lebih bagi pelanggan dan mendorong mereka untuk membeli/menggunakan produk kita. GEOGRAPHIC SEGMENTATION

12 Behavioral segmentation adalah salah satu jenis strategi segmentasi pelanggan yang membagi populasi berdasarkan perilaku mereka dan respons atau cara mereka berinteraksi terhadap produk apa pun. Mungkin kita bisa membuat segmen bagi konsumen yang menambahkan produk ke keranjang mereka namun tidak menyelesaikan pembeliannya. Atau konsumen yang sama sekali tidak menambahkan produk ke keranjang tetapi hanya mencarinya. Kita juga bisa mengelompokkan konsumen dengan produk atau layanan yang mereka beli atau konsumen yang sekadar tertarik. Berikut beberapa variabel umum yang menentukan segmentasi perilaku. Acara/perhelatan: Segmentasi berdasarkan pembelian untuk acara/perhelatan tertentu seperti pernikahan, Lebaran, Natal, dan lainnya. Kegunaan: Segmentasi berdasarkan frekuensi pembelian. Proses pemikiran: Segmentasi berdasarkan kekuatan yang mendorong di belakang keputusan pembelian konsumen. BEHAVIORAL SEGMENTATION

13 3. MEMBANGUN PERSONA USER User persona adalah salah satu tools yang berharga dalam pengerjaan proyek User Experience. Persona memungkinkan seluruh design dan development team untuk menjaga user story yang simpel. Tools ini menghasilkan produk yang lebih baik kepada user dan kemungkinan besar proyek akan berhasil. Untuk membangun persona user kita perlu mengetahui metode penelitian yang ada dan mengetahui elemen- elemen yang ada pada persona user ini.

14 METODE PENELITIAN Penelitian Kualitatif Penelitian yang dilakukan pada sekelompok user dalam jumlah kecil (10-20 orang) untuk menemukan hal baru dari user. Biasanya hasil penelitian ini berupa ide baru atau konsep baru. Metode yang termasuk penelitian kualitatif ini adalah wawancara dengan user dan usability testing. Penelitian Kuantitatif Penelitian yang dilakukan dalam jumlah user yang lebih besar. Metode yang termasuk dalam penelitian kuantitatif adalah user survey dan site traffic atau log file analysis. Tujuan metode ini lebih penekanan pada membuktikan hipotesis yang sudah ada, dan menampilkan apa yang dilakukan user.

15 ELEMEN-ELEMEN PERSONA USER 1. Profile Area : berisi data pribadi dari user seperti foto, tempat tinggal, umur, atau pekerjaan. 2. Personality elements : bagaimana gambaran dari kepribadian user 3. Expertise : menggambarkan tingkat kemampuan user dalam menggunaka hal-hal yang berhubungan dengan produk yang akan dikembangkan. Seperti jika akan mengembangkan sebuah aplikasi mobile, maka kemampuan yang perlu diketahui dari user adalah kemampuan menggunakan mobile phone atau internet.

16 ELEMEN-ELEMEN PERSONA USER 4. Must Does / Must Never : dalam bagian must does, peniliti perlu mengetahui apa yang diinginkan dan diharapkan dari jenis produk yang akan dikembangkan, sedangkan pada must never perlu diketahui hal-hal apa saja yang dianggap mengganggu dan menyulitkan bagi user dari jenis produk yang akan dikembangkan. 5. Referents & Influences : merupakan hal-hal yang menghubungkan atau menjadi alasan bagi user untuk menggunakan jenis produk yang akan dikembangkan. 6. Devices & Platforms : menjelaskan perangkat dan platform yang familiar digunakan oleh user

17 ELEMEN-ELEMEN PERSONA USER 7. Used Product/Service : apa saja yang sering digunakan oleh user dalam platform atau device yang akan menjadi wadah dari produk yang akan dikembangkan. 8. Archetype : rangkuman singkat mengenai hubungan antara produk yang akan dikembangkan dan kepribadian user. 9. Key Quotes : pendapat utama yang meghubungkan user dengan produk yang akan dikembangkan

18 ELEMEN-ELEMEN PERSONA USER 10. Experience Goals : gambarkan tujuan yang ingin dicapai dengan produk yang akan digunakan dalam kata-kata singkat. 11. Brand-Relationship : hubungan antara user dengan produk-produk yang telah ada di pasaran.

19 REFRENSI Arifin. Yulyani. “Pengenalan Tentang Persona”. Binus University. 2016. Infinitiresearch.com. “3 Types Of Customer Segmentation Models That You Should Consider”. Infiniti Research. 2017. Dewi. Shaskia. “Persona”. Binus University. 2017. Tanudjaja. Christy. “Mengenal Persona Dalam User Experience”. Binus University. 2017.

20 TERIMA KASIH


Download ppt "TUGAS MATA KULIAH USER EXPERIENCE Nama : I Wayan Adi Lesmana NIM : Kelas : VV163."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google