Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WEBSITE, CSCW&UBIQUITOUS COMPUTING M.BAGUS R.A. NANDA MUCHTAR SAMUDRA A.P. YODI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WEBSITE, CSCW&UBIQUITOUS COMPUTING M.BAGUS R.A. NANDA MUCHTAR SAMUDRA A.P. YODI."— Transcript presentasi:

1 WEBSITE, CSCW&UBIQUITOUS COMPUTING M.BAGUS R.A. NANDA MUCHTAR SAMUDRA A.P. YODI

2 WEBSITE Sejarah Website Penemu website adalah Sir Timothy John ¨Tim¨ Berners-Lee, sedangkan website yang tersambung dengan jaringan, pertamakali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika membuat website adalah untuk mempermudah tukar menukar dan memperbarui informasi kepada sesama peneliti di tempat dia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimana Tim bekerja) menginformasikan bahwa WWW dapat digunakan secara gratis oleh semua orang.

3 WEBSITE Pengertian website Website adalah sering juga disebut Web, dapat diartikan suatu kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan berbagai macam informasi teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, suara, video maupun gabungan dari semuanya, baik itu yang bersifat statis maupun yang dinamis, yang dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berkaitan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.

4 WEBSITE Pengertian lainnya tentang website website adalah kumpulan dari berbagai macam halaman situs, yang terangkum didalam sebuah domain atau juga subdomain, yang lebih tempatnya berada di dalam WWW (World Wide Web) yang tentunya terdapat di dalam Internet. Halaman website biasanya berupa dokumen yang ditulis dalam format Hyper Text Markup Language (HTML), yang bisa diakses melalui HTTP, HTTP adalah suatu protokol yang menyampaikan berbagai informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para user atau pemakai melalui web browser.

5 WEBSITE Jenis atau macam-macam website Jenis-jenis website ada 3 (tiga) macam diantaranya, bisa dibaca dibawah ini: 1.Website Statis suatu website yang mempunyai halaman yang tidak berubah. Yang artinya adalah untuk melakukan sebah perubahan pada suatu halaman hanya bisa dilakukan secara manual yitu dengan cara mengedit kode-kode yang menjadi struktur dari website itu sendiri.

6 WEBSITE 2. Website Dinamis merupakan suatu website yang secara strukturnya diperuntukan untuk update sesering mungkin. Biasanya selain dimana utamanya yang bisa diakses oleh para pengguna (user) pada umumnya, juga telah disediakan halaman backend yaitu untuk mengedit kontent dari website tersebut. Contoh dari website dinamis seperti web berita yang didalamnya terdapat fasilitas berita, dsb.

7 WEBSITE 3. Website Interaktif suatu website yang memang pada saat ini memang terkenal. Contohnya website interaktif seperti forum dan blog. Di website ini para pengguna bisa berinteraksi dan juga beradu argument mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka.

8 WEBSITE PENGGUNAAN WEBSITE Fungsi Website: o Fungsi komunikasi o Fungsi informasi o Fungsi entertainment o Fungsi transaksi Tujuan Website: o Memperluas jangkauan promosi o Media tanpa batas o Promosi terluas o Media pengenalan perusahaan o Sebagai media promosi

9 WEBSITE Mengorganisasikan Isi Website (5 Atribut Kegunaan) Membangun Sebuah Situs o Model Proses:  Mengidentifikasi Objektif  Membangun sebuah daftar topic  Organisir konten  Menyediakan struktur  Perubahan konten o 5 Kegunaan Atribut:  Isi yang bersifat teks  Desain Grafis  Navigasi  Struktur  Link

10 WEBSITE Model Proses 1) Identifikasi Tujuan terlalu sering situs web digunakan untuk menggambarkan organisasi administratif, bukan untuk memberikan apa yang diinginkan pengguna. Seharusnya pembuat web bisa mengidentifikasi terlebih dahulu tujuan pembuatan web tersebut 2) Hasilkan Daftar Topik Brainstorming tentang apa saja

11 WEBSITE 3.Konten Kelompokkan item ke dalam kategori sehingga web menjadi lebih rapi dan tertata dengan baik, misalnya kita mengelompokan seperti dibawah  People  Fakultas  Students Undergraduates Graduates  Staff

12 WEBSITE College People FacultyStudents Undergrads Grads Staff ResearchAcademics Couses Degress 4. Menyediakan Struktur Sketsa organisasi tingkat tinggi dari kategori

13 WEBSITE 5. Perubahan konten Mulai beralih ke halaman, teks, gambar, interaksi, dll. Gunakan sketsa daftar gambar storyboard yang akan membantu mengatur pemikiran dan rencana.

14 WEBSITE Membangun Sebuah Situs – Kegunaan Atribut 1) Konten Tekstual o Konten merupakan domain yang sangat spesifik domain o Sangat penting bahwa informasi yang tepat ada di halaman Web. Membaca lebih lambat dan lebih canggung di monitor daripada dari kertas... Jadi Orang-orang cenderung membaca halaman web.

15 WEBSITE 2. Desain Grafis Semua prinsip desain grafis yang kita diskusikan sebelumnya masih menggunakan Metafora, kejelasan (clarity), konsistensi, keselarasan, kontras, kedekatan (proximity). 3. Navigasi –Masalah karena Pengguna tidak memiliki pengetahuan domain Struktur situs tidak memenuhi harapan –Beri pengguna pemahaman tentang struktur ruang informasi –Sediakan Daftar Isi (Peta Situs) Indeks Bilah navigasi Kemampuan pencarian

16 WEBSITE 4. Struktur o Konektivitas, kekompakan, faktor percabangan, panjang halaman, jumlah tautan o Structur: Linear, Hirearchi, Non Linear, Komposit o Homepage adalah penting, tetapi struktur dasar untuk semua halaman Web yang lain juga penting --- Ini mungkin muncul ribuan kali 5. Tautan Keberhasilan tautan bergantung pada o Seberapa baik pengguna dapat memprediksi ke mana tautan akan mengarah o Seberapa baik pengguna dapat membedakan satu tautan dari yang lain di dekatnya o Konten yang layak di ujung tautan lainnya

17 WEBSITE Analisis Website Web Analytics adalah alat yang digunakan dalam upaya pemasaran online dengan menganalisa, mengevaluasi, dan mengukur data kunjungan (traffic), waktu kunjungan, geografis pengunjung, dan data penting lainnya dari sebuah situs web. Langkah yang diperlukan untuk menciptakan dan mengimplementasikan strategi web analytics services yang efektif: –Google Web Optimizer –Social Media Analytics –Heat Maps –Funnel Optimization –Goal Tracking –Identify Traffic Sources –Online Advertising Integration

18 CSCW Computer supported cooperative work (CSCW) adalah bidang studi yang mempelajari perancangan, pengembangan, dan penggunaan groupware Groupware atau group productivity software adalah jenis software yang membantu kelompok kerja (workgroup) yang terhubung ke jaringan untuk mengelola aktivitas mereka

19 CSCW Berbagai system kerjasama (cooperative systems) : Complementary partners Lecture or demo Necessary partners Conference Directed conference Structured work process Electronic classroom or meeting room

20 CSCW Complementary partners (mitra komplementer) –Seseorang mempunyai pertanyaan dan orang lain punya jawaban –Menggunakan e-mail, voice mail, telepon, video mail Lecture or demo (kuliah atau demo) –Seseorang membagikan informasi kepada banyak pemakai di tempat yang sama atau berbeda –Waktu dijadwalkan untuk semua peserta Necessary partners (mitra saling membutuhkan) –Kerja sama diantara dua pihak yang saling membutuhkan untuk menyelesaikan tugas –Contoh : programmer yang membuat program bersama

21 CSCW Conference (konferensi) –Partisipasi kelompok pada waktu yang sama atau tidak dan tempat yang berbeda Directed conference (konferensi terarah) –Pemimpin mengawasi konferensi online –contoh : diskusi pada virtual classroom dengan dosen atau guru sebagai pemimpin

22 CSCW Structured work process (proses kerja terstruktur) –Sekumpulan orang dengan peran yang berbeda bekerja sama untuk tugas tertentu yang berhubungan –Contoh: panitia penerimaan mahasiswa baru Electronic classroom or meeting room (kelas elektronik atau ruang rapat elektronik) –Pertemuan tatap muka dengan menggunakan computer –Setiap pemakai dapat memberikan kontribusi –Anonimitas sangat berperan dalam rapat elektronik karena peserta yang pemalu dapat berbicara dan pemimpin yang keras dapat menerima saran tanpa konflik ego

23 CSCW 1. Taksonomi Groupware yang dapat menggabungkan pengguna yang terletak ditempat yang berjauhan. Dalam konteks ini aplikasi dapat berupa video conference, meeting room, chating ataupun messenger. Groupware jenis ini lebih banyak bebasis web, mengingat sifat aplikasi berbasis web yang dapat diakses secara bersamaan meski memiliki letak yang berjauhan. Groupware adalah aplikasi yang dibuat untuk mendukung kolaborasi bersama antar sekelompok pengguna dalam suatu lingkungan tertentu (Alan Dix, 1993). Groupware mewakili software yang membantu kelompok kerja/kolega terhubung ke jaringan komunikasi untuk mengelola aktifitas mereka. Operasi yang didukung antara lain: penjadwalan rapat dan alokasi sumberdaya, email, e-newsletter, distribusi file dan lain sebagainya

24 CSCW 2. komponen A. Manusia Manusia dipandang sebagai sistem yang memproses informasi. -Informasi diterima dan ditanggapi dengan proses input-output. -Informasi disimpan di dalam ingatan. -Informasi diproses dan diaplikasikan dengan berbagai cara. B. Komputer Didefinisikan perangkat elektronik yang dapat dipakai untuk mengolah data dengan perantaraan sebuah program yang mampu memberikan informasi dan hasil dari pengolahan tersebut. Atau suatu mesin yang menerima input untuk diproses dan menghasilkan output.

25 CSCW 3. Bentuk bentuk system Berikut adalah gambar matriks ruang dan waktu untuk mengelompokan sistem kerja sama:

26 CSCW 1Komunikasi media Komputer1. email 2. Instan messangers 3. sms 2.Konferensi dan komunikasi video 3.Meeting dan sistem pendukung keputusan a. Argumentation tools b. Meeting rooms c. Shared work surfaces 4.Aplikasi dan artefak Saling berbagi1. Shared editors 2. Shared Diaries 3.Shared PCs & Shared Windows Groupware yang dapat dijalankan dalam waktu yang berbeda. Contoh dari aplikasi basis web jenis ini adalah email, forum diskusi ataupun jenis shared editing. Selain itu ciri utama dari groupwarejenis ini adalah tampilan detail waktu terakhir seorang pengguna melakukan aktifitas. Dalam perkembangan teknologi web, groupware jenis ini sering juga disebut sebagai sosial networking seperti blog, forum sosial, bookmark aggregator, contoh : del.icio.us, blinklis ataupun office online. Contoh aplikasi groupware terdiri atas:

27 CSCW 4. SOFTWARE pendukung groupware A. Email Merupakan groupware tersukses yang ada. Email termasuk jenis komunikasi yang asynchronous (berbeda waktu) dan remote (berbeda tempat). Komponennya terdiri dari alamat tujuan (To), salinan (Cc) juga disertai dengan penanda waktu kirim. Mekanisme pengiriman e-mail membutuhkan delay dalam pengirimannya dan masalah ini tidak dapat diperkirakan dan sangat tergantung pada tingkat penggunaan komputer yang digunakan sebagai relay suatu pesan. Dalam suatu e-mail yang sederhana terdapat hanya satu penerima. Banyak sistem e-mail yang mengijinkan dapat diterima oleh banyak penerima dengan menuliskan (Cc: ) dalam e-mail yang dikirimkannya menjadi suatu group.

28 CSCW B. Instant messenger Seperti facebook messenger merupakan suatu fasilitas untuk mengirim pesan berbasis internet yang mendapat umpan balik secara langsung, selain itu juga bisa berkirim file, suara dan video dengan adanya fasilitas web camera. C. Konferensi dan komunikasi video Untuk berkomunikasi di antara beberapa orang yang terpisah secara lokasi memerlukan biaya yang tidak sedikit serta waktu tempuh yang tidak singkat. Untuk memenuhi kendala tempat, waktu dan biaya tersebut diatasi dengan teknologi video konferensi yang berbasis teknologi satelit. Masing-masing lokasi dalam sebuah sistem video konferensi membutuhkan sarana untuk mengirim dan menerima video yang dikirim melalui satelit. Konferensi video bukanlah pengganti komunikasi face to face karena memiliki kekurangan antara lain timbal balik dan kontak mata yang kurang. Solusi untuk mengatasi kurangnya kontak mata dengan adanya video tunnel.

29 UBIQUITOUS COMPUTING SYSTEM Ubiquitous computing system merupakan perubahan paradigma dari personal computing menjadi physical integration. Pada era personal computing membutuhkan perhatian penuh pengguna dan tidak menggimplentasikan context-awareness dalam pengembangannya, sementara itu pada era ubiquitous computing system sudah melibatkan context-awareness dan melibatkan human-computer pada sistem. ontext-awareness yang dimaksud adalah memodelkan aktifitas penggunanya (yang dapat diukur secara tenjibel) dalam berbagai situasi untuk mempelajari kebiasaan pengguna dalam mengoptimalkan sistem. Sehingga kita sulit membedakan aktifitas yang berinteraksi dengan komputer atau manusia.

30 UBIQUITOUS COMPUTING (UBICOMP) Isu-isu Seputar Ubicomp (ubiqoitouss computing) 1. Security Ubicomp membawa efek meningkatnya resiko terhadap security. Penggunaan gelombang, infra merah, ataupun bentuk media komunikasi tanpa kabel lain antara alat input dengan alat pemroses data membuka peluang bagi pihak lain guna menyadap data. Sebagai implikasinya sang penyadap dapat memanfaatkan data tersebut untuk kepentingan mereka. Saat ini berbagai riset tentang pengiriman data yang aman, termasuk penelitian terhadap protokol-protokol baru, menjadi salah satu fokus utama dari riset tentang ubicomp. 2. Privasi Penggunaan devices pada manusia menyebabkan ruang pada privasi semakin mengecil. Dengan alasan efisiensi waktu pegawai seorang pimpinan dapat meminta semua karyawannya memakai tag yang dapat memonitor keberadaan karyawan tersebut di kantor. Hal ini menyebabkan sang karyawan tidak lagi mendapatkan privasi yang menjadi haknya karena keberadaannya dapat dipantau setiap saat oleh sang pimpinan beserta data yang menyertainya, misalnya sang pimpinan menjadi dapat mengetahui berapa kali sang karyawan pergi ke toilet hari itu. Di dalam beberapa film fiksi ilmiah kita sering melihat bagaimana pemerintah suatu negara yang paranoid berusaha memberikan tag pada setiap warganya demi mendapatkan data dengan dalih keamanan nasional. Apabila tidak mempertimbangkan hak-hak privasi dan etika, dengan teknologi saat ini pun hal tersebut sudah dapat diaplikasikan.

31 UBIQUITOUS COMPUTING (UBICOMP) 3. Wireless Speed Dengan berbagai macam ubicomp devices tuntutan akan kecepatan teknologi komunikasi nirkabel menjadi sesuatu yang mutlak. Teknologi saat ini menjamin kecepatan ini untuk satu orang atau beberapa orang dalam sebuah grup. Tetapi ubicomp tidak hanya berbicara tentang satu device untuk satu orang, ubicomp membuat seseorang dapat membawa beberapa devices dan ubicomp juga harus dapat dimanfaatkan di area yang luas semacam stasiun, teknologi yang ada saat ini belum mampu menjamin kecepatan untuk situasi semacam itu karena itu ubicomp dapat menjadi tidak efektif apabila tidak didukung perkembangan teknologi nirkabel yang dapat menyediakan kecepatan yang dibutuhkan.

32 UBIQUITOUS COMPUTING (UBICOMP) Area dalam ubiquitous computing Ada banyak jenis layanan yang dapat ditawarkan dalam lingkungan AmI, antara lain layanan- layanan airport, perkantoran, perbankan, transportasi, supermarket, pendidikan, rumah tangga, dan lain- lain yang tercakup dalam suatu area perkotaan. Karakteristik dari lingkungan pelayanan ini adalah sebagai berikut: 1. Personal Device Pemakai dilengkapi dengan peralatan pribadi yang mudah dibawa (portable) seperti: PDA, smart phone, komputer kecil yang mudah dibawa, atau sejumlah peralatan nirkabel yang saling terhubung membentuk suatu Body Area Network. Peralatan-peralatan tersebut secara dinamis dapat menyesuaikan jenis protokol radio yang berbeda.

33 UBIQUITOUS COMPUTING (UBICOMP) 2. Network Architecture Para pemakai bergerak dalam suatu jaringan komunikasi nirkabel heterogen yang membentuk suatu jaringan berkabel yang lebih luas. Peralatan pemakai saling terhubung menggunakan jaringan nirkabel berbasis infrastruktur. Peralatan-peralatan tersebut juga dapat berhubungan dengan peralatan, sensor, dan layanan yang ada di lingkungan. 3. Service Provisioning Layanan bagi pemakai disediakan di berbagai tempat berbeda dalam lingkungan AmI di mana pemakai dapat menggunakan layanan yang tersedia dengan sumber-sumber daya yang terhubung tanpa kabel. Layanan-layanan ini diberikan oleh suatu sistem layanan gabungan dengan application server yang dapat diakses melalui infrastruktur jaringan.

34 UBIQUITOUS COMPUTING (UBICOMP) 4. Sensing Architecture Untuk mendukung pemberian layanan-layanan tersebut, lingkungan AmI dilengkapi berbagai jenis sensor. Sensor ini membuat interaksi antara pemakai dengan jenis layanan yang dibutuhkan menjadi lebih efisien. Sensor ini akan menangkap informasi dari lingkungan secara terus- menerus dan memantau aktivitas yang dilakukan para pemakai. Sensor ini kemudian membawa informasi tersebut ke sebuah modul AmI yang akan memprosesnya dalam suatu aplikasi. Jenis sensor yang digunakan meliputi jenis sensor tradisional seperti: sensor suhu, tekanan, cahaya

35 UBIQUITOUS COMPUTING (UBICOMP) 5. Modes of Interaction Pemakai berinteraksi dengan layanan melalui suatu multimodal user interface yang menggunakan peralatan pribadi untuk berkomunikasi. Multimodal communication memungkinkan pemakai mangakses layanan tidak hanya pada saat mereka duduk di depan PC, tetapi juga pada saat mereka bergerak bebas dalam lingkungan AmI


Download ppt "WEBSITE, CSCW&UBIQUITOUS COMPUTING M.BAGUS R.A. NANDA MUCHTAR SAMUDRA A.P. YODI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google