Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMROGRAMAN MOBILE 1 PERTEMUAN 4

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMROGRAMAN MOBILE 1 PERTEMUAN 4"— Transcript presentasi:

1 PEMROGRAMAN MOBILE 1 PERTEMUAN 4
Pengenalan Widget View

2 HELLO! KELOMPOK 5: Charir Maulana Achsan 16.11.0217
Bagus Anjas P Mustofa Bayu Rahmat Esa Rizki Anandrian Danang Aldy Kurniawan Tri Wahyono Sarif Hidayatulloh Muchamad Arief Sidik Adent Bima Prasetya Dhimas Galih Prasetyo Eva Faiza Ikhsan Setiawan

3 DASAR PEMBUATAN WIDGET
Pada dasarnya widget memiliki fungsi sebagai antarmuka untuk berinteraksi dengan pengguna. Tujuannya yaitu untuk memberikan suatu proses pada aplikasi hasil dari aksi yang dilakukan pengguna seperti menekan tombol, memilih menu, dan sebagainya.

4 MACAM-MACAM WIDGET VIEW
Widget dalam android terdiri dari banyak jenis seperti TextView, EditText, Button, RadioButton, dan sebagainya. Gambar dibawah ini merupakan komponen-komponen widget yang disediakan oleh android studio.

5 CARA MEMBUAT WIDGET DI ANDROID STUDIO
Terdapat 2 cara dalam pembuatan widget di android studio, yaitu: Drag and Drop Mengedit dengan XML

6 TEXT VIEW TextView adalah salah satu widget yang digunakan untuk menampilkan Text ataupun angka serta simbol lainnya.

7 ATRIBUT PADA TEXT VIEW <TextView //menentukan nama ID android:layout_width="300dp" //Ukuran lebar Layout dari UI Control android:layout_height="200dp" //Ukuran tinggi Layout dari UI Control android:text="hello_world" //berisi text yang akan tampil di layar //Warna teks android:textStyle=“bold” //Gaya Teks android:textAlignment="center“ //Posisi teks Android:typeface=“sans” //Jenis huruf android:textSize="50dp“ //Ukuran teks />

8 EDIT TEXT EditText adalah cara standar untuk memasukkan teks diaplikasi Android. Jika pengguna diminta untuk memasukkan suatu teks, maka View ini lah yang menjadi sarana utama untuk melakukannya.

9 ATRIBUT PADA EDIT TEXT <EditText
android:hint="Input Text…“ //mengatur nama ID android:layout_width="match_parent“ //Ukuran lebar Layout dari UI Control android:layout_height="wrap_content“ //Ukuran tinggi Layout dari UI Control android:inputType=“Masukkan nama…“ //mengatur teks android:inputType=“textPassword” //mengatur jenis inputan android:maxLength=“20“ //maksimal karakter

10 BUTTON Button adalah sebuah Elemen antarmuka pengguna yang dapat diketuk atau klik oleh pengguna untuk melakukan suatu tindakan. Sebuah tombol terdiri dari teks atau ikon (atau teks dan ikon) yang mengkomunikasikan tindakan apa yang terjadi ketika pengguna menyentuhnya.

11 ATRIBUT PADA BUTTON <Button
//menentukan nama ID android:layout_width="match_parent“ //Ukuran lebar Layout dari UI Control android:layout_height="wrap_content“ //Ukuran tinggi Layout dari UI Control android:text="Click Me“ //mengatur nama teks android:textColor="#FFFFFF“ //mengatur warna android:textSize="30sp“ //mengatur ukuran teks android:onClick="onPressme" /> //mengatur nama method

12 RADIO BUTTON Radio Button adalah salah satu elemen layout di Android yang sering dipakai, yang biasanya berfungsi untuk menginputkan data yang berupa pilihan dan hanya satu saja yang bisa dipilih, contoh: memilh Jenis Kelamin atau pilihan Yes or No

13 ATRIBUT PADA RADIO BUTTON
<RadioGroup //menentukan ID radio group android:layout_width="wrap_content" //Ukuran lebar Layout dari UI Control android:layout_height="wrap_content" //Ukuran tinggi Layout dari UI Control <RadioButton //menentukan ID radio button android:checked="true«  //menentukan radio button yang pertama kali di klik /> //menetntukan nama radio button </RadioGroup>

14 RATING BAR Widget ini berfungsi untuk memberi nilai dalam suatu kontent. Widget ini banyak digunakan bagi penyedia konten untuk melihat, atau mereview penilaian dari user (pengguna) konten tersebut.Biasanya ini ditemukan di Play Store,

15 ATRIBUT PADA RATING BAR
//menetukan ID ratingbar android:layout_width="wrap_content"//Ukuran lebar Layout dari UI Control android:layout_height="wrap_content"//Ukuran lebar Layout dari UI Control android:isIndicator="false« // agar rating bar bisa diubah android:numStars="5«  //jumlah bintang android:rating="0«  //nilai mulai rating android:stepSize="0.5"/> //step rating

16 GRID VIEW GridView adalah salah satu container, yang digunakan untuk menampilkan konten View, konten View dalam GridView akan tersusun bentuk kotak- kotak seperti sebuah rak lemari, , yang dimana kita dapat menyimpan barang- barang. Penulisan coding beserta struktur datanya, hampir sama dengan ListViw, hanya saja data yang ditampilkan secara Grid atau Kotak- kotak.

17 ATRIBUT PADA GRID VIEW android:columnWidth : Menentukan lebar tetap pada masing-masing kolom. android:gravity : Menentukan gravitasi di dalam setiap sel. android:verticalSpacing : Mendefinisikan default jarak vertikal antar baris. android:stretchMode : Mendefinisikan bagaimana kolom harus meregang untuk mengisi tersedia ruang kosong, jika ada. android:horizontalSpacing : Mendefinisikan default jarak horisontal antara kolom. android:numColumns : Menentukan berapa kolom yang akan ditampilkan.

18 IMAGE BUTTON ImageButton adalah salah satu widget dari komponen User Interface yang berfungsi untuk menampilkan gambar, namun tidak hanya gambar, ImageView bisa juga kita navigasikan menjadi sebuah Button

19 ATRIBUT PADA IMAGE BUTTON
//menetukan nama ID android:layout_width="wrap_content«  //Ukuran lebar Layout dari UI Control android:layout_height="wrap_content«  //Ukuran lebar Layout dari UI Control //sumber gambar android:background="#000"/> //menetukan warna background button

20 THANKS! Any questions?


Download ppt "PEMROGRAMAN MOBILE 1 PERTEMUAN 4"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google