Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehAndri Amri Telah diubah "5 tahun yang lalu
1
Anggota Kelompok 1. Andri Fatkhul Amri (165090701111008) 2. Silvy ramadhanti (165090701111009) 3. M Yusril Iqbal Habibana (165090701111010) 4. Erlangga Putra (165090701111013) 5. Erika Divani Ajeng P (165090701111014) PANDANGAN ISLAM TERHADAP POLITIK
2
Kata Politik berasal dari bahasa latin Politicos, artinya sesuatu yang berhubungan dengan war ga negara dan warga kota Pengertian Politik sebagai kata benda ada tiga: –Pengetahuan mengenai kenegaraan –Segala urusan dan tindakan mengenai pemerintahan atau terhadap negara lain –Kebijakan, cara bertindak dalam menangani suatu m asalah Definisi
3
DEFINISI AGAMA, ISLAM, dan POLITIK Agama adalah prinsip kepercayaan kepada Tuhan dengan aturan-atur an syariat tertentu Islam merupakan agama Allah SWT sekaligus agama yang terakhir ya ng disampaikan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat jibril dengan tujuan untuk mengubah akhlak manusia ke arah yang lebih bai k di sisi Allah SWT. Politik Islam berarti mengurusi urusan masyarakat melalui kekuasaan, melarang dan memerintah, dengan landasan hukum/syariah Islam
4
Politik dalam Islam Politik dalam literasi Islam dikenal dengan istilah “siyas ah” yang berarti pengaturan masalah keummatan Islam sangat mencela orang-orang yang tidak mau tah u terhadap urusan ummat. siyasah tidak diorientasikan kepada kekuasaan karena ia hanya berfungsi sebagai sarana menyempurna peng abdian kepada Allah
5
Tujuan Siyasah dalam Islam Islam memandang kehidupan dunia sebagai ladang bagi kehid upan akhirat. Kehidupan dunia harus diatur seapik mungkin seh ingga manusia bisa mengabdi kepada Allah secara lebih sempu rna. Tata kehidupan di dunia tersebut harus senantiasa tegak di a tas aturan-aturan dien. Konsep ini sering dianggap mewakili t ujuan siyasah dalam Islam: –iqamatud din (hirasatud din) –wa siyasatud dunya (menegakkan din dan mengatur urusan dunia).
6
Kontribusi Agama dalam Bidang Politik Islam bukanlah semata agama (a religion) namun juga m erupakan sistem politik (a political sistem), Islam lebih da ri sekedar agama Dalam hal politik Islam mengatur bagaimana seorang pe mimpin harus bersikap terhadap rakyatnya. Dan bagi se orang pemimpin ada pertanggung jawaban atas apa yan g telah dilakukan terhadap rakyatnya di akirat nanti. Ada batas-batasan yang diberikan terhadap seorang pemimpi n.
7
Penjelasan dalam Al-Quran Al-Quran menjelaskan hal ini: ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَ نْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ Serulah manusia ke jalan Tuhanmu dengan hikmah (argumentasi ya ng kuat) dan nasihat yang baik serta bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah Yang mengetahui tentan g siapa yang tersesat dari jalan-Nya, dan Dia pula yang lebih menge tahui orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS an-Nahl [16]:125).
8
Norma Politik dalam Islam 1. Politik merupakan alat atau sarana untuk mencapai tujuan, bukan dijadikan sebagai tujuan akhir atau satu- satunya. 2. Politik Islam berhubungan dengan kemashlahatan umat. 3. Kekuasaan mutlak adalah milik Allah. 4. Manusia diberi amanah sebagai khalifah untuk mengatur alam ini secara baik. 5. Pengangkatan pemimpin didasari atas prinsip musyawarah. 6. Ketaatan kepada pemimpin wajib hukumnya setelah taat kepada Allah dan Rasul.
9
PRINSIP-PRINSIP DASAR POLITIK ISLAM a. Tauhid berarti mengesakan Allah SWT selaku pemilik kedaulatan tertinggi. b. Risalah merupakan medium perantara penerimaan manusia terhadap hukum- hukum ALLah SWT. c. Khalifah berarti pemimpin atau wakil Allah di bumi.
10
Syarat Kepemimpinan Politik dalam Islam 1. Amanah yaitu bertanggung jawab dengan tugas dan kewenangan yang diemban 2. Adil yaitu mampu menempatkan segala sesuatu secara tepat dan proporsional 3. Taat kepada Allah dan Rasul 4. Menjadikan quran dan sunnah sebagai referensi utama.
11
Islam dan Kekuasaan Orientasi utama seorang Muslim terkait dengan masalah keku asaan ialah menegakkan hukum-hukum Allah di muka bumi. Ini menunjukkan bahwa kekuasaan tertinggi ialah kekuasaan A llah Sementara, manusia pada dasarnya sama sekali tidak me miliki kekuasaan. Bahkan Islam menentang adanya penguasaan mutlak seorang manusia atas manusia yang lain, karena yang demikian ini bert entangan dengan doktrin Laa ilaha illallah yang telah membeb askan manusia dari segenap thaghut (tiran). Sehingga, kekuas aan manusia yang menentang hukum-hukum Allah adalah tida k sah.
12
Hubungan antara Islam dan Politik Islam merupakan agama yang mencakup keseluruhan sendi kehidupan manusia (syamil). Islam bukanlah sekedar agama kerahiban yang hanya memiliki prosesi-prosesi ritual dan ajaran kasih-sayang. Islam bukan pula agama yang hanya mementingkan as pek legal formal tanpa menghiraukan aspek-aspek mor al. Politik, sebagai salah satu sendi kehidupan, dengan de mikian juga diatur oleh Islam. Akan tetapi, Islam tidak h anya terbatas pada urusan politik.
13
Islam Tidak Bisa Dibangun Secara Sempur na Tanpa Politik Tegaknya hukum-hukum Allah di muka bumi merupakan amanah yang harus diwujudkan. Hukum-hukum tersebut tidak akan mungkin b isa tegak tanpa politik pada umumnya dan ke kuasaan pada khususnya. Ibnu Taimiyyah mengatakan bahwa Islam har us ditegakkan dengan dua hal : Al-Qur’an da n pedang. Al-Qur’an merupakan sumber huk um-hukum Allah sedangkan pedang melamb angkan kekuatan politik atau kekuasaan yan g menjamin tegaknya isi Al-Qur’an.
14
HASAN AL-BANNA “ Sesungguhnya seorang muslim belum sempurna keislamannya kecuali jika ia menjadi seorang politik us, mempunyai pandangan jauh ke depan dan me mberikan perhatian penuh kepada persoalan bangs anya. Keislaman seseorang menuntutnya untuk me mberikan perhatian kepada persoalan-persoalan b angsanya"
15
Follow Us :
16
Terima Kasih Any question ?
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.