Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8"— Transcript presentasi:

1 PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8
Kelompok 4 Anggota : 1. Aziz Nur Rahman 2. Fajar Bayu Wicaksono 3. Idha Aprian Firmansyah 4. Muhammad Syaikhan 5. Desta Ari Kuncoro 6. Permadi Endro Tanoyo 7. Dani Khoirul Wafa 8. Panji Dwi Suwarna 9. Doni Damara 10. Adiftian Al Azizi 11. Rifki Kurniawan Fauzi 12. Casro

2 PENGERTIAN ACTIVITY Activity adalah komponen yang dapat dilihat oleh pengguna, sehingga mereka dapat berinteraksi dengan aplikasi. Bila dibandingkan dengan aplikasi web dan desktop, Activity sama seperti halaman dan form. Activity tidak hidup abadi selamanya, dia bisa diciptakan dan dihancurkan. Activity memiliki siklus hidup (lifecycle) yang merupakan kondisi yang akan dialami saat diciptakan sampai dihancurkan.

3 SIKLUS HIDUP ACTIVITY

4 SIKLUS HIDUP ACTIVITY onCreate()
Di-method ini Activity sudah dimulai tapi belum terlihat oleh pengguna. Inisialisasi sebagian besar dimulai di sini. Misalnya memanggail setContentView() untuk membaca layout, membaca View, dll. onStart() Activity sudah terlihat tapi belum bisa berinteraksi. Method ini jarang dipakai, tapi bisa sangat berguna untuk mendaftarkan sebuah BroadcastReceiver untuk mengamati perubahan yang dapat mempengaruhi UI. onResume() Activity sudah terlihat dan pengguna sudah dapat berinteraksi. Di sini adalah tempat terbaik untuk menjalankan animasi, membuka akses seperti camera, mengupdate UI, dll.

5 SIKLUS HIDUP ACTIVITY onPause()
Kebalikan dari onResume(). Activity sudah akan bersiap-siap meninggalkan layar (masih terlihat) dan sudah tidak berinteraksi dengan pengguna. Biasanya bila perlu melakukan undo untuk pekerjaan yang dilakukan di onResume() kita lakukan di sini. onStop() Kebalikan dari onStart() Activity sudah tidak terlihat. Biasanya kita melakukan undo untuk pekerjaan yang dilakukan di dalam onStart(). onDestroy() Kebalikan dari onCreate(). Method ini dapat terpanggil karena memanggil method finish() atau karena sistem membutuhkan memori lebih. Di dalam onDestroy() kita biasanya membersihkan proses-proses yang ada di belakang layar. Misalnya pengunduhan data dari internet yang mungkin masih berjalan jika tidak dihentikan di onDestroy(). onRestart() Dipanggil saat activity sudah melalui onStop() tapi akan diaktifkan lagi. Method ini jarang di implementasi.

6 Memulai Activity Dengan/Tanpa Mengirim Data
Dengan Mengirim Data Di Android, passing data antar Activity ada dua cara, yaitu menggunakan Intent, dan menggunakan Bundle. Data yang akan dikirim pun tipenya bisa bermacam- macam, bisa berbentuk String, angka (integer, float, double), ArrayList, boolean, array, character, dan sebagainya. Namun tidak semua tipe data support untuk dikirim antar Activity, tipe data yang berukuran besar seperti gambar (image bitmap) atau file, tidak bisa dipassing antar Activity melalui metode ini.

7 Bundle bundle = new Bundle(); bundle
Bundle bundle = new Bundle(); bundle.putString("data1", "somestring data"); bundle.putString("data2", "somestring data 2"); Intent intent = new Intent(TWOHActivityConcept3.this, TWOHActivityConcept4.class); intent.putExtras(bundle); startActivity(intent);

8 Memulai Activity Dengan/Tanpa Mengirim Data
Jika memulai aktivity tanpa mengirim data maka kita tidak perlu menambahkan atribut putExtra() pada actifity yang mengirimkan data dan menambahkan atribut getExtra pada actifity yang menerima data, kita cukup mendefinisikan intennya saja.

9 INTENT Intent adalah sebuah kelas dalam programming Android yang berfungsi untuk perpindahan halaman. Intent juga merupakan suatu objek yang terdapat dalam suatu activity dimana objek tersebut dapat komunikasi dengan activity yang lain, baik activity pada fungsi internal android misal seperti memanggil activity dalam satu package atau beda package yang masih berada dalam satu project. Intent merupakan objek tipe android.content.Intent. Melalui metode startActivity() yang digunakan untuk memulai sebuah activity lain.

10 IMPLICIT INENT Implicit intent adalah intent yang memanggil fungsi activity yang sudah ada di fungsi internal android seperti Dial Number, Open Browser dan lainya. Contoh :

11 EXPLICIT INTENT Explicit Intent yang memanggil Activity lain yang masih dalam 1 project atupun beda project. Contoh :

12 Sumber : 598d779a83dbf activity?hl=id jembatan-interaksi-antar-komponen-599a ef


Download ppt "PEMROGRAMAN MOBILE 1 RPS 8"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google