Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)"— Transcript presentasi:

1 Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)
#1 Intro Bahasa Pemrograman Java

2 Tujuan Pertemuan Mahasiswa mengetahui sylabus (secara global tentang apa saja yang akan dipelajari dalam) materi bahasa pemrograman. Mahasiswa memahami basic building block pemrograman java. Mahasiswa memahami tentang variabel dan operator dasar. Mahasiswa memahami konvensi penamaan dalam pemrograman.

3 Sylabus Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual dengan Java Swing)
Intro bahasa pemrograman Prinsip dasar structured control (conditional statement, decision, iteration, break & continue). Prinsip dasar object oriented programming dengan java. Visual programming dengan java swing Object oriented programming lanjutan #1 (Lebih lanjut tentang class, field, method, dan object) Konsep inheritance, encapsulation dan polymorphism dalam object oriented programming Object oriented programming lanjutan #2 (implementasi inheritance, encapsulation dan polymorphism pada pemrograman java)

4 Intro Bahasa Pemrograman #Java Programming Building Block
Hello World… /*** The HelloWorldApp class implements an application that  * simply prints "Hello World!" to standard output. */ public class helloWorld { public static void main (String [ ] args) { System.out.println(“Hello World”); // Display the string } Nama class Main program comments comments

5 Intro Bahasa Pemrograman #Java Programming Building Block
Hello World… /*** The HelloWorldApp class implements an application that  * simply prints "Hello World!" to standard output. */ public class helloWorld { public static void main (String [ ] args) { System.out.println(“Hello World”); // Display the string } class helloWorld { …. Isi class di sini } class helloWorld { public static void main(String[] args) { …. Isi program utama di sini } Nama file (.java) = nama class

6 Intro Bahasa Pemrograman #Tubuh Utama (Main Program)
class helloWorld { public static void main(String[ ] args) { System.out.println("Hello World!"); } Pada program java main program terletak di dalam suatu class. Suatu blok area dimulai dengan simbol { dan ditutup dengan simbol } Pada contoh di atas nama class adalah helloWorld , blok area class adalah dimulai dari simbol { berwarna merah sampai } , blok area main program adalah dimulai dari simbol { berwarna biru sampai } Pada contoh diketahui main program terletak di dalam blok area class helloWorld. Penulisan memperhatikan atau mengikuti aturan case sensitive

7 Intro Bahasa Pemrograman #Primitive Data Types - Variables
Deklarasi Variabel pada Program Java Syntax: Contoh: int speed; int currentGear=3; char pilihan; boolean jawaban; <type> <namaVariable>; <type> <namaVariable>

8 Intro Bahasa Pemrograman #Primitive Data Types – Data Types
Primitive Type What It Stores Range byte 8-bit integer –128 to 127 short 16-bit integer –32,768 to 32,767 int 32-bit integer –2,147,483,648 to 2,147,483,647 long 64-bit integer –263 to 263 – 1 float 32-bit floating-point 6 significant digits ( 10–46, 1038 ) double 64-bit floating-point 15 significant digits (10–324, 10308) char Unicode character boolean Boolean variable false and true

9 Intro Bahasa Pemrograman #Naming Convention
Nama variable : case-sensitive Upayakan nama variable diawali dengan huruf, karakter berikutnya dapat berupa $, _ , angka, …dsb Nama variable <> reserved word atau keyword perintah. Disarankan: Jika variable hanya terdiri dari 1 kata: tulis dengan huruf kecil Contoh: speed, gear, ….. dst Jika variable terdiri dari 2 kata atau lebih: awali tiap kata dengan huruf besar mulai dari kata ke-2 Contoh: gearRatio, currentGear, currentSpeed, ….. dst

10 Intro Bahasa Pemrograman #Contoh Penggunaan Variabel
public class var1 { public static void main(String[] args) { int A; int B, C; A = 2; B = 3; C = A + B; System.out.println("A+B=" + A + "+" + B + " = " + C ); }

11 Intro Bahasa Pemrograman #Dialog Input/Output dengan JOptionPane
Untuk menggunakan JOptionPane anda harus melakukan import class swing sebelum deklarasi class: import javax.swing.JOptionPane; JOptionPane sebagai input: String varInput = JOptionPane.showInputDialog(“Input anda: "); Tulis perintah di atas disaat anda ingin membaca input dari user. varInput merupakan variabel yang akan menampung hasil input dari user.

12 Intro Bahasa Pemrograman #Dialog Input/Output dengan JOptionPane
Untuk menggunakan JOptionPane anda harus melakukan import class swing sebelum deklarasi class: import javax.swing.JOptionPane; JOptionPane sebagai input: JOptionPane.showMessageDialog(null, "C = A + B = " + C); Tulis perintah di atas disaat anda ingin membaca input dari user. varInput merupakan variabel yang akan menampung hasil input dari user. Jika nilai C adalah 7, maka tampilan dialognya adalah sebagai berikut:

13 Intro Bahasa Pemrograman #Contoh Penggunaan Variabel
import javax.swing.JOptionPane; public class Variabel { public static void main(String[] args) { int A; int B, C; String strA = JOptionPane.showInputDialog("Nilai A: "); String strB = JOptionPane.showInputDialog("Nilai B: "); A = Integer.parseInt(strA); //konversi string ke int B = Integer.parseInt(strB); //konversi string ke int C = A + B; JOptionPane.showMessageDialog(null, "C = A + B = " + C); }

14 Intro Bahasa Pemrograman #Basic Operators
Operator Binary Arithmetic Nama Operator Operasi Keterangan + Penjumlahan 5 + 2  7 - Pengurangan 5 - 2  3 / Pembagian 5 / 2  2 * Perkalian 5 * 2  10 % Modulus (sisa pembagian) 5 % 2  1 Urutan prioritas dalam perhitungan: % * dan / + dan -

15 Intro Bahasa Pemrograman #Basic Operators
Operator Unary Arithmetic Nama Operator Operasi Keterangan -- Auto decrement x--  x = x -1 ++ Auto increment X++  x = x + 1

16 Intro Bahasa Pemrograman #Basic Operators
Operator Assignment Nama Operator Operasi Keterangan = Equals x = 4 atau x = y = 4 += Shorthand addition x += 4  x = x + 4 -= Shorthand substraction x -= 4  x = x - 4 /= Shorthand division x /= 4  x = x / 4 *= Shorthand multiplication x *= 4  x = x * 4

17 “The More You Share, The More You Get”
Terima Kasih “The More You Share, The More You Get”


Download ppt "Bahasa Pemrograman (Pemrograman Visual)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google