Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MULTIMEDIA PEMBELAJARAN

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MULTIMEDIA PEMBELAJARAN"— Transcript presentasi:

1 MULTIMEDIA PEMBELAJARAN

2 Multimedia? Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

3 Sejarah Multimedia Istilah multimedia berawal dari teater, bukan komputer. Pertunjukkan yang memanfaatkan lebih dari satu medium seringkali disebut pertunjukan multimedia. Pertunjukkan “Multimedia” mencakup : Monitor Video Synthesizer Band Karya Seni Manusia Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

4 Sejarah Multimedia Sistem Multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada thn 1987 Kemudian th.1989,IBM mengumumkan ttg Audio Visual Connection (AVC) dan video adapter card untuk PS/2. Sistem Multimedia dimulai pada akhir 1980-an dengan diperkenalkannya Hypercard oleh Apple pada thn 1987 Kemudian th.1989,IBM mengumumkan ttg Audio Visual Connection (AVC) dan video adapter card untuk PS/2. Sejak permulaan tersebut, hampir setiap pemasok H/W dan S/W melompat ke multimedia Hati-hati dalam pengembangan aplikasi yang berbasis multimedia, karena banyak sekali memanfaatkan multimedia sebagai alat bersaing. Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

5 Definisi Multimedia Multimedia adalah :
Kombinasi dari komputer dan video (Rosch,1996) Kombinasi 3 elemen : suara, gambar dan teks. (McCormick,1996) Kombinasi dari paling sedikit dua media input/output dari data.Media ini bisa berupa audio (suara,musik), animasi, video, teks, grafis & gambar. (Turban,dkk,2002) Alat yg dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks,grafik, animasi,audio & gambar video (Robin&Linda,2001) Pemanfaatan komputer untuk membuat & menggabungkan teks, grafik, audio, video & animasi dengan menggabungkan link & tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. (Hofstetter,2001). Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

6 Definisi Multimedia Dalam definisi yg terakhir, terkandung 4 komponen penting multimedia : Harus ada komputer yang mengkoordinasikan apa yang dilihat & didengar, yang berinteraksi dengan kita Harus ada link yang menghubungkan kita dengan informasi Harus ada alat navigasi yang memandu kita, menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung Multimedia menyediakan tempat kepada kita untuk mengumpulkan, memproses dan menngkomunikasikan informasi dan ide kita sendiri. Dari beberapa definisi di atas, maka multimedia ada yang Online (internet) & ada yg offline (tradisional) Jika salah satu komponen tidak ada, maka bukan multimedia dalam arti yang luas namanya. Jika tidak ada komputer untuk berinteraksi, maka namanya media campuran bukan multimedia. Jika tidak ada link yang menghadirkan sebuah struktur dan dimensi, maka namanya rak buku, bukan multimedia. Jika tidak ada alat navigasi yang memungkinkan kita memilih jalannya suatu tindakan maka itu namanya film, bukan multimedia Jika kita tidak mempunyai tuang untuk berkreasi dan menyumbangkan ide sendiri, maka namanya televisi, bukan multimedia. Next…Pentingnya Multimedia Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

7 Pentingnya Multimedia
Pada Abad 21, Multimedia = ketrampilan dasar yang sama pentingnya dengan ketrampilan membaca Multimedia, mengubah hakikat membaca Multimedia, menjadikan kegiatan membaca itu dinamis dengan memberi dimensi baru pada kata-kata Coba bandingkan belajar dengan menggunakan multimedia dan belajar dengan membaca buku. Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

8 Perkembangan Multimedia
Morgan Stanley, mengemukakan untuk mencapai 50 juta penduduk Amerika : Radio membutuhkan 38 tahun Televisi membutuhkan 13 tahun TV Kabel membutuhkan 10 tahun Internet membutuhkan 5 tahun Multimedia mengikuti perkembangan internet Sekarang ini, ratusan ribu jaringan dari 200 negara dan lebih dari 400 juta orang bekerja di bidang pemerintahan, pendidikan, bisnis, dll menggunakan internet untuk bertukar informasi CD-ROM/DVD mendekati angka 200 juta Hampir 2/3 rumah tangga di Amerika telah memiliki komputer Di Indonesia baru mencapai 4 juta orang. Harga komputer yang berbasis Multimedia semakin bisa dijangkau, memicu para pengembang multimedia untuk membuat aplikasi multimedia Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

9 Perkembangan Multimedia
Layanan Multimedia On-Line Cisco System memperkirakan infrastruktur online akan menghasilkan pendapatan US$ 115 Milyar per Tahun & membuka lapangan kerja teknologi tinggi. Pusat Riset Universitas Texas memperkirakan pendapatan yang dihasilkan Internet lebih dari US$ 1 Triliun. Penggunaan Multimedia di dunia pendidikan. Menurut Software & Information Industry Association (SIIA), sekolah K-12 (sejenis TK) menghabiskan US$ 4.8 Milyar untuk teknologi peraga di tahun 1998, dengan peningkatan anggaran PC 20% pertahun. Game Online Mobile Multimedia Mobile Multimedia = Bergabungkan teknologi multimedia & industri telekomunikasi. Contoh : PDA, PC Tablet, HP (P800,N3650/3660/6600), XDA O2, Communicator. Layanan Multimedia On-Line Cisco System memperkirakan infrastruktur online akan menghasilkan pendapatan US$ 115 Milyar per Tahun & membuka lapangan kerja teknologi tinggi. Karena saat ini hanya 27,6% pemilik komputer yang memiliki layanan internet, maka masih ada peluang yang sangat besar dan terus tumbuh. AT&T Broadband & Internet Service telah menyediakan layanan program hiburan & informasi TV Kabel bagi lebih dari 10 juta pelanggan di seluruh negara. Pusat Riset Universitas Texas memperkirakan pendapatan yang dihasilkan Internet lebih dari US$ 1 Triliun. Penggunaan Multimedia di dunia pendidikan. Menurut Software & Information Industry Association (SIIA), sekolah K-12 (sejenis TK) menghabiskan US$ 4.8 Milyar untuk teknologi peraga di tahun 1998, dengan peningkatan anggaran PC 20% pertahun. Multimedia bekerja sebagai literatur awal. Mereka tidak harus membaca untuk menggunakannya, karena mereka dapat mengenal gambar pada layar dan lewat suara yang menyertainya. Animasi & warna dapat memegang peranan penting karena dapat menarik perhatian mereka. Mereka dapat bermain game untuk menghibur diri. Lebih dari itu game yang mereka mainkan dapat membantu dalam belajar mereka untuk keterampilan yang lebih lanjut. Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

10 Modern Computing Environment
Masuk sampah akan keluar sampah Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

11 Standalone Multimedia System
Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

12 Workstation Peers Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

13 Client and Server Configuration
Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

14 Klasifikasi Media Sesuai definisi “Multimedia” = “Banyak media”
Media yang dimaksud dapat diklasifikasikan berdasarkan : perception, representation, presentation, storage, transmission, information exchange. Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

15 Klasifikasi Media Berdasarkan perception
“How do humans perceive information in a computer environment?” Jawabannya : Dengan “melihat” dan “mendengar” Jadi berdasarkan persepsi manusia, media dapat dibedakan menjadi : Media yang bisa dilihat : Text, Image, Video, Graphics Media yang bisa didengar : Sound, Music, Speech Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

16 Klasifikasi Media Berdasarkan representation
“How is the computer information coded ?” Berdasarkan cara komputer dalam merepresentasikan informasi, maka media dapat dibedakan : Text Character direpresentasikan dalam ASCII/EBCDIC Audio stream direpresentasikan dalam PCM atau MP3 Image direpresentasikan dalam JPEG, BMP, GIF Audio + Video direpresentasikan dalam MPEG Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

17 Klasifikasi Media Berdasarkan presentation
“Through which medium is information delivered by the computer, or introduced into the computer?” Berdasarkan tools dan device yang digunakan sebagai alat input & output, media bisa dibedakan menjadi : Media Input : Keyboard, mouse, digital camera & microphone Media Output Kertas (paper), Layar Monitor (Screen), Speaker. Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

18 Klasifikasi Media Berdasarkan storage
“Where will the information be stored?” Berdasarkan tempat untuk menyimpan suatu informasi, media dapat dibedakan menjadi : Magnetic disc (floppy & harddisk) Optical disc (CD & DVD) Electronic (Smartmedia, flash disk) Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

19 Klasifikasi Media Berdasarkan transmission
“Over what will the information be transmitted ?” Berdasarkan media yang digunakan untuk mentransmisikan suatu informasi dalam jaringan komputer, media dapat dibedakan menjadi : Cable/Fiber : coaxial, UTP, fiber optic Free air space (wireless) Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

20 Klasifikasi Media Berdasarkan information exchange
“Which information carrier will be used for information exchange between different places?” Berdasarkan media yang digunakan untuk melakukan pertukaran informasi antara tempat yang berbeda, media dapat dibedakan menjadi : Intermediate Storage Media Transmisi langsung dengan menggunakan Computer Network Storage+Transmission dengan menggunakan Computer Network Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

21 Tipe Media Tipe media dibedakan berdasarkan waktu representasinya yaitu : Time-independent media (discrete media) Ex : Text, graphics, images Time-dependent media (continues media) Ex: Full-motion video, sound Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

22 Tipe-tipe Transmisi Asynchronous transmission Synchronous transmission
Komunikasi tanpa batas waktu Paket akan mencari si penerima secepat mungkin. Synchronous transmission Pada transimisi ini, terlebih dahulu terjadi kesepakatan antara pengirim & penerima dan didefinisikan “maximum end-to-end delay” antar paket pada suatu data stream. Isochronous transmission Pada transimisi ini, terlebih dahulu terjadi kesepakatan antara pengirim & penerima dan didefinisikan “minimum & maximum end-to-end delay” antar paket pada suatu data stream. Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

23 Contoh Multimedia 1. Ekosstem 2. Matematik 3. Evolusi 4. Karbohidrat
Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

24 Merancang Multimedia 1. Perencanaan dan Pembiayaan
2. Disain dan Produksi 3. Pengujian 4. Penyimpanan dan Pengiriman Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

25 1. Perencanaan dan Pembiayaan
Tujuan dan ruang lingkup Sasaran pengguna Pengaturan isi Perkiraan biaya Kebutuhan Hardware Kebutuhan Software Bentuk tim penyusun Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

26 a. Tujuan dan ruang lingkup
- Apa tujuan pembuatan multimedia - Definisikan ruang lingkup atau batasan - Pertimbangkan berapa lama waktu untuk menyusun multimedia - Pertimbangkan pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan. Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

27 b. Sasaran Pengguna Pertimbangkan sasaran pemakai aplikasi atau penerima informasi yg akan memengaruhi kompleksitas desain Pertimbangan dpt dilakukan dari segi karakteristik khalayak sasaran, seperti: Umur, Latar belakang pengetahuan atau pendidikan, Latar belakang teknologi, Bahasa, Jenis kelamin, Latar belakang ekonomi, dan Profesi. Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

28 c. Pengaturan materi isi
Isi informasi akan menentukan kompleksitas desain. Isi tergantung pada ketersediaan sumber yang ada serta kebutuhan sasaran. Ketersediaan jenis dan jumlah informasi harus berdasarkan pada harapan pemirsa. Aspek lain yg perlu dipertimbangkan sebelum menentukan materi isi : Perolehan hak untuk menggunakan sumber dari luar. Digitalisasi gambar, audio, dan video. Produksi materi terdiri dari text, grafik, efek audio dan animasi. Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

29 d. Perkiraan biaya Terdapat tiga elemen yang dapat bervariasi dalam estimasi biaya: waktu, uang dan tenaga kerja. Jika kita mengurangi salah satu elemen tsb, maka kita harus menambah satu atau dua elemen yang lainnya. Jika memiliki sedikit waktu untuk mengerjakan maka butuh biaya dan tenaga lebih banyak. Jika memiliki jumlah tenaga yang tepat proyek akan memakan waktu yang singkat. Dengan meningkatkan pengeluaran biaya, bisa mengurangi jumlah tenaga yang dibutuhkan dengan menyewa tenaga ahli ,dan mungkin menyingkat waktu yang dibutuhkan. Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

30 e. Kebutuhan Hardware Beberapa tipe komponen yang perlu dipertimbangkan : Tipe platform hardware. Perangkat Memori dan Penyimpanan Perangkat Input(keyboard,mouse, trackball,touch screen, tablet grafis, scanner, kamera digital) Perangkat Output (amplifier&speaker,monitor, proyektor,printer) -Perangkat Komunikasi (modem) Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

31 f.KebutuhanSoftware Software dg fitur2 terbaru dan powerful tapi mahal dan membutuhkan keahlian yang tinggi. Software murah dapat membantu menghemat biaya tapi lelet. Beberapa tipe software : Peranti Editing Teks dan Pengolah Kata(Microsoft Word, WordPerfect) Peranti Painting dan Drawing(Photoshop,Fireworks,Painter,Coreldraw) Peranti Animasi dan Pemodelan 3D(AutoDesk Discreet,Strata Vision 3D) Peranti Editing Image(HotTEXT,EyeCandy) Peranti Editing Suara(Apple QuickTime Player Pro, Sonic Foundry Sound Forge) Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

32 g. Tim penyusun/pengembang
Memerlukan sekumpulan orang dg ketrampilan yang khusus untuk melakukan tugas tertentu . Contoh anggota tim penyusun multimedia : Ketua / Manager Designer Multimedia Spesialis Audio/Video Programmer Multimedia Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

33 Kuat dalam aspek teknik maupun manajemen. Designer Multimedia
Ketua / Manager Pemimpin suatu proyek. Bertanggungjawab untuk keseluruhan pengembangan dan implementasi dari proyek, dan juga operasi penyusunan sehari-hari. Kuat dalam aspek teknik maupun manajemen. Designer Multimedia Berhubungan dengan hal-hal visual seperti disain grafis, ilustrasi, animasi, disain interface dan image processing. Memantau dan memelihara alur informasi, navigasi dan konsistensi. Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

34 Programmer Multimedia
Spesialis Audio/Video Fokus pada produksi audio dan video – pengambilan gambar dan editing video, mendisain dan memproduksi audio recording seperti musik latar, sound efek. Programmer Multimedia Bertanggungjawab untuk mengintegrasikan semua elemen multimedia menggunakan sistem authoring atau bahasa pemrograman untuk membuat produk multimedia berfungsi dan berguna. Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

35 3. Pengujian Pengujian atau memonitor untuk memastikan produk multimedia bebas gangguan(bug free), akurat, memenuhi target secara operasional dan visual, dan telah memenuhi keinginan sasaran. Setiap fitur dan fungsi harus dicoba, setiap tombol atau link harus diklik, proses yang sama diulang lagi dan lagi dengan perangkat keras yang ber-beda dan dengan kondisi yang beragam. Ada dua fase pengujian : a. Pengujian Alpha b. Pengujian Beta Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

36 Aplikasi mungkin kehilangan bagian isi atau fungsinya.
a. Pengujian Alpha Biasanya oleh pemakai dalam organisasi pengembangan software sebagai bentuk pengujian penerimaan secara internal. Produk yang dievaluasi sering merupakan rancangan awal dari fase pengembangan. Aplikasi mungkin kehilangan bagian isi atau fungsinya. Yang terpenting adalah mereview konsep, format, interface pemakai dan tampilan (desain produk & sistem navigasi). Penguji mungkin pemakai yang dipilih atau teman baik, kebanyakan – terkadang tim kerja pada proyek, yang dapat memberikan masukan atau kritik positif. Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

37 * Yang terpenting adalah menemukan kesalahan atau kekeliruan isi.
Pengujian Beta * Produk yang dievaluasi sebelum hasil akhir. Produk berfungsi sempurna dan bebas kesalahan. * Yang terpenting adalah menemukan kesalahan atau kekeliruan isi. * Kelompok penguji harus representatif pemakai akhir dan bukan orang yang terlibat dalam produksi produk. * Feedback dari penguji beta sangat penting dimana kesalahan dan masalah yang dilaporkan dalam deskripsi detail (konfigurasi hardware & software) Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

38 4. Penyimpanan dan Pengiriman
Mengupload ke Website: hanya upload web server dan mengatur beberapa seting dan selesai. Untuk aplikasi yang lebih kompleks dimana dibutuhkan penginstalan ke komputer pemakai. Penginstalan harus lancar, mudah dan cepat. Dokumentasi – mengenai proses instalasi shg pemakai memiliki prosedur langkah demi langkah yang jelas untuk diikuti. Troubleshooting guide – masalah potensial yang dapat terjadi dan bagaimana mengatasinya. Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018

39 4. Penyimpanan dan Pengiriman
CD-ROM Mayoritas produk multimedia yang dijual ke dalam chanel retail atau bisnis dikirim melalui CD-ROM. CD berawal dari teknologi read-only yang mana pengguna dapat menyimpan data hanya sekali dan mengaksesnya berkali-kali. Teknologi yang terakhir mengarah ke versi multi-session dimana pemakai dapat menambahkan isi ke dalam CD. DVD Media ini merupakan format terakhir untuk penyimpanan optikal sampai 17GB. DVD sangat popular berkembang sebagai DVD-Video dengan kualitas tinggi audio dan video-nya. Pelatihan AA ITT Telkom Agustus 2018


Download ppt "MULTIMEDIA PEMBELAJARAN"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google