Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehTriyanta Triyanta Telah diubah "5 tahun yang lalu
1
MEDIA PEMBELAJARAN
2
LATAR BELAKANG Agar penyampaian materi pelajaran dapat diterima dengan baik serta menarik bagi peserta didik, tidak cukup hanya dengan memanfaatkan indera pendengaran saja
4
10 % dari apa yang kita baca 20 % dari apa yang kita dengar 30 % dari apa yang kita lihat 50 % dari apa yang kita lihat dan dengar 70 % dari apa yang kita katakan 90% dari apa yang kita katakan dan lakukan (Vernon A Magneson)
5
PENGERTIAN Menurut R.M.W Travers (1970), "istilah media biasanya digunakan untuk mewakili satu komunikasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu. Oleh itu kita menyebut tentang media televisi atau media film bergerak. Mungkin media pendidikan mewakili sesuatu yang lebih sedikit dari golongan bahan- bahan mendidik." Menurut B.J Enright (1972) pula, "media ialah cara- cara untuk memperoleh, memproses atau menyusun kembali penglihatan, pendengaran atau gabungannya dengan cara grafik, fotografik, elekronik ataupun cara mekanik".
6
PENGERTIAN Segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa sehingga proses belajar terjadi
7
GURU A A A2 C A1
8
GURU A A A A A Media A
9
Kelas Tradisional Lebih kurang 60% waktu anak untuk mendengarkan guru atau menonton temannya mengerjakan tugas di papan tulis. Pengaturan bangku berjajar Lebih banyak menyalin dari papan tulis dan menjawab pertanyaan yang ditulis oleh guru.
10
MEDIA GRAFIS Gambar/Foto Sketsa Diagram Bagan Grafik Kartun Poster Peta dan Globe Papan Planel Papan Buletin
11
MEDIA AUDIO Radio Alat Perekam Pita Magnetik
12
MEDIA PROYEKSI DIAM Film Bingkai Film Rangkai Transparensi (OHT) Proyektor Tak Tembus Pandang Mikrofis
13
MEDIA PROYEKSI GERAK Film Film Program Siaran TV Program Siaran TV Program Siaran TV Video (Cassette, LD, CD, DVD) Video (Cassette, LD, CD, DVD) Video (Cassette, LD, CD, DVD)
14
MULTI MEDIA File Program Komputer Multi Media
15
BENDA Benda Nyata Benda Tiruan/Miniatur Perlu adanya pembanding
16
Gambar/Foto Autentik Sederhana Ukuran
17
Sketsa Ganbar sederhana Menarik pehatian Murah
18
DIAGRAM Simbolik dan Abstrak Sulit dipahami Memperjelas suatu
19
Bagan/Chart Sederhana dan Lugas Mudah di Mengerti Up to Date
20
Grafik Media Visual Data kuantitatif dan hubungannya Jelas Hanya satu ide Mudah dibaca
22
Grafik Batang PETA MUTU PENDIDIKAN KAB. BELITUNG TIMUR BERDASARKAN SEBARAN SEKOLAH PER KECAMATAN KECAMATAN JUMLAH 55 24 36 26 2 0 1 0 0 10 20 30 40 50 60 DIKNAS 55243626141 DEPAG 20103 JUMLAH 57243726144 MANGGARDENDANGGANTUNGK.KAMPITJUMLAH
23
Gafik lingkaran PETA MUTU PENDIDIKAN KAB. BELITUNG TIMUR BERDASARKAN JUMLAH SEKOLAH
24
KARTUN Komunikasi Grafis Simbol-simbol Menarik perhatian Menggambarkan sesuatu
25
POSTER Sederhana Menyajikan satu ide untuk satu tujuan Berwarna Ringkas dan jitu Jelas Desain Menarik
26
PETA DAN GLOBE Menyajikan data-data lokasi Peserta didik cepat memahami Merangsang minat Peserta didik
27
PAPAN FLANEL Mudah Penggunaannya Serbaguna
28
PAPAN BULETIN Mudah Penggunaannya Serbaguna
29
RADIO Harga Murah Mobile Mengembangkan imajinasi Cocok untuk Musik dan Bahasa
30
Alat Perekam Pita Magnetik Dapat diputar berulang Relatif Mahal Merekam, menampilkan, dan mengapus
31
Film Bingkai Materi yang sama dapat disebarkan secara serentak Program dapat di buat dengan cepat
32
Film Rangkai Dapat menggabungkan beberapa media Cocok untuk mengajarkan keterampilan Kecepatan film dapat diatur
33
Transparensi (OHT) Perlu keahlian dalam membuatnya Dipakai berulang Perlu persiapan yang baik
34
Proyektor Tak Tembus Pandang Mudah dalam penggunan Cocok untuk semua pelajaran Tanpilan bisa diperbesar
35
Mikrofis Mahal Mudah rusak Bisa diproyeksikan kedalam layar lebar
36
Film Gerak Menarik Perhatian Dapat Mengatasi keterbatasan penglihatan
37
Program Siaran TV Banyak pilihan siaran Menarik Bisa di copy dan diputar lagi
38
Video (Cassette, LD, CD) Menarik perhatian pada periode singkat Menghemat waktu dan dapat diputar berulang Perlu persiapan sebelum pembelajaran
39
Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan Anak berpraktek dan menggunakan lingkungan sosial/ alam Hasil kerja ditulis dengan kata-kata sendiri Lebih banyak menggunakan alat bantu/ media belajar.
40
Fleksibel dalam pengelolaan kelasMemanfaatkan setiap sudut ruangan Hasil karya anak dipajangkan Praktek pengamatan tumbuhan
41
Masyarakat ikut berperan dalam proses pembelajaran PETANIPEDAGANG BAKSO
42
Singapura Belajar melalui permaian-permainan Mengerjakan “proyek”, di luar ruangan kelas.
43
Australia Memanfaatkan lingkungan alam sebagai bahan/ sumber belajar Ruang kelas penuh dengan pajangan
44
China Pembelajaran dengan MULTIMEDIA KOMPUTER Sumber belajar dari situs INTERNET sangat luas dan beragam
45
Lesson Study di Jepang Sejak 100 tahun yang lalu.
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.